JakartaGreater.com - Forum Militer
Dec 132014
 
Astros 2 TNI AD

Astros 2 TNI AD

Jakarta – Kekuatan pertahanan Indonesia semakin maju seiring dengan bertambahnya alutsista yang dimiliki TNI. Seperti peluncur roket baru milik TNI Angkatan Darat yang bisa menghancurkan sasaran yang ditujunya hingga cakupan 2 hektar.

Adalah Multiple Launcher Rocket System (MLRS) milik Pusdik Armed (Pusat Pendidikan Artileri Medan) TNI AD yang tak bisa dipandang sebelah mata. Bentuknya yang besar seperti mobil-mobil pada film Transformer cukup mencolok di pameran Alutsista peringatan Hari Juang Kartika TNI AD di Monas, Jakarta Pusat.

Artileri ini merupakan buatan Avibras Aerospacial Brazil dan memiliki kecepatan tembak hanya dalam waktu 16 detik saat melemparkan amunisi roketnya. Sekali tembak, MLRS dapat menghancurkan sekitar 2 hektar terhadap sasarannya.

“Kecepatan daya luncur roket 16 detik sekali lepas amunisinya. Daya hancurnya 2 hektar, sekali tembak bisa menghancurkan setara kompleks Monas atau Gelora Bung Karno,” ujar prajurit Armed yang menjaga MLRS di stand pameran, Serka Rusmiyanto, Jumat (12/12/2014).

MLRS yang memiliki panjang 9,9 meter dan tinggi 3,2 meter serta lebar 2,8 meter dapat mengangkut 4 orang awak dalam sekali operasi. Memiliki berat 24 ton membuat artileri yang juga dikenal dengan sebutan Astros (Artilery Saturation Rocket System) tak bisa dianggap enteng. Terutama karena MLRS memiliki daya jangkauan sejauh 85 km, setara dengan kurang lebih jarak Jakarta-Bogor.

4 Jenis Amunisi MLRS ASTROS 2

4 Jenis Amunisi MLRS ASTROS 2

“Untuk sekarang yang kita punya daya jangkaunya baru sekitar 80 km. Kita lagi pesan untuk yang bisa sejauh 300 km. Astros biasanya disimpan di Pusdik Armed di Cimahi, Bandung untuk pelatihan prajurit,” kata Rusmiyanto.

Roket yang digunakan pada MLRS ini adalah jenis SS-80 untuk jangkauan jarak 85 km. Sementara dengan Caliber 450 mm Guided (Tactical Missile), artileri ini mampu menjangkau musuh hingga 300 km. MLRS dilengkapi dengan radar trajectography untuk kendali akurasi perkenaan sasaran dengan sistem Navigasi GPS dan INS.

Untuk kendaraannya, MLRS berjenis Tatra (6×6) yang bisa digunakan di segala medan. Untuk on road, kendaraan bisa dipacu hingga 100 km/jam dan untuk off road 50 km/jam. Daya jelajah kendaraan yang baru saja di Indonesia pada bulan Oktober lalu ini adalah 600 km.

“Baru sampai di kita bulan Oktober terus langsung dipamerkan di Surabaya 5 Oktober (HUT TNI). Habis ini besok pameran di Papua,” tutur Rusmiyanto.

Beberapa pengunjung pameran di Monas tampak terkagum-kagum melihat MLRS. Seperti Agung (21) yang terlihat penasaran dengan artileri tersebut. Tak henti-hentinya ia memegang body MLRS, termasuk ban-ban nya yang sangat besar.

“Emang keren pertahanan kita. Alutsistanya canggih dan keren-keren. Ini kayak Transformer,” ucap Agung sambil memfoto MLRS. (Detik.com).

Berbagi

  51 Responses to “Peluncur Roket TNI AD Bisa Hancurkan Areal 2 Hektar”

  1.  

    Up

    •  

      Caliber 450mm yg bisa diusung, ini membuat merinding krn indonesia sdh bisa membuat roket 450mm bahkan 550 mm, bisa jadi dari te oo te yg di berikan brazil pada indonesia, akan meningkatkan multi launcher syistem buat lapan kedepan,,
      Bahkan di isi dengan caliber 550mm dr pindad dan lapan,
      Akan menjadi roket ala indonesia yg bisa memluluh lantakan tetangga yg siap mencaplok di masa mendatang

  2.  

    tongkrongin d perbatasan…

  3.  

    andai S300

  4.  

    “Emang keren pertahanan kita. Alutsistanya canggih dan keren-keren. Ini kayak Transformer,” ucap Agung sambil memfoto MLRS.
    gak pernah berkunjung ke formil ya?
    Ini belum seberapa….. Masih banyak yang lebih keren dan keramat, kayak S-60, Saladin, ferret, saracen, AMX, V-150, BTR-40, PT-76, BTR-50, dll….. Walaupun udah tua tapi tetep keren plus punya efek gentar (magis) tinggi

  5.  

    Kasian si Agung, ……………………..tahunya cuma Transformer ( propaganda ASu ) !!!

  6.  

    Siapa duluu Bpk yg peseeenn..

    •  

      yesss…mantep pesanan Pak jokowi.

      •  

        itu pesenan pak SBY

        •  

          mas sih bung. Metro tv bilang itu salah satu pembelian pak Jokowi, termsuk kapal selam korea, lalu kapal baru dari perancis.
          ane gagal paham nih

          •  

            alutsista tersebut nyampe di
            indonesia sebelum jokowi jd
            presiden. dan untuk kapal selam
            yg dr korea itu pun jokowi hanya
            tinggal meneruskan dr
            programnya pak SBY

          •  

            Bung @Ultraman setau ane pak Jokowi tidak membeli/memesan 3kapal selam dari pt daewo seoul,karena pemesanan itu telah dilakukan pada masa MEF pertama 2009-2014 yang mana pada kurun waktu tersebut RI 1 masih dijabat oleh bapak SBY yang sekarang jadi mantan RI 1 dan tongkat estafet kepemimpinan digantikan oleh pak JOkowi untuk masa jabatan/periode jabatan 2014-2019.Pertanyaannya:”lalu kenapa media masaa/salah satu media mainstream memberitakan kunjungan pak Jokowi ke korea salah satunya untuk memebeli/memesan 3 buah kapal selam bikinan pt daewo?” jawabannya menurut ane simple yaitu karena pencitraan.Karena lewat pemberitaan tersebut sang pemilik media( owner red ) ingin mengatakan/menyampaikan pesan kepada” rakyat awam” Indonesia bahwa dimasa tampuk kekuasaan pak Jokowilah alutsista NKRI perlahan mulai bangkit.Hal itu ditandai dengan pengakuan sepihak suatu media massa, salah satunya dengan pemberitaan “pak Jokowi membeli/memesan 3 buah kapal selam dari pt daewo seoul 9 ( korea selatan- red ). IMHO

          •  

            Ooo tau dari metrotv ya???? Pantesan..coba obrak-abrik postingan di warung ini..pasti faham…dan wawasan anda soal alutsista akan sedikit tercerahkan

          •  

            Ha,ha,ha,he,he,he wartawan metro tv wawasan pengetahuan umumnya masih kurang !!! kontrak pembelian kapal selam changbogo u-209/1400 diteken awal tahun 2012 yg lalu. gak ada pembelian lagi!!! makanya jadilah pembaca yg teliti.

      •  

        mAS Ultraman, yang datang itu kontrak tahun 2013, dimasa pemerintahan pak SBY, bahkan sampai tahun 2017 nanti masih ada yang belum datang. sedangkan kontrak yang dibuat oleh bapak Jokowi belum ada. Salam.

      •  

        Maksudnya Bung Ultraman itu Sarkasme…nyindir Jokowi dan Metro

  7.  

    btw nih mlrs lumayan battle proven juga….. Pernah digunain di perang irak, teluk, ma perang saudara angola….. Yang make juga banyak, 8 negara termasuk jiran sebelah yang punya 54 unit. Kita malahan cuma 36 unit…. Walaupun udah punya Grad, tapi daya jangkaunya masih kurang greget……Rhan 122mm juga gak jauh beda….. RX series (more than 122) juga gak ada tanda2 produksi masal

  8.  

    Hahahaha…. Lucu si agung mimpi apa mabok nih ngakak mode on 😀

  9.  

    Cba kalo punya Smerch sama iskander pasti tni lebih serem dh

  10.  

    met malem. mnrt saya, sebaik apapun senjata… cuma yg bedaya hancur radius 40 s/d 80 km plus efek radiasi aja yg bisa bungkam lawan. nubie neh…salam kenal bwt semua.

  11.  

    beeggghh cluenya kluar “Kita lagi pesan untuk yang bisa sejauh 300 km” >> yg ini bisa multi tapir eh tapsir… ^^

    •  

      klo ga salah [email protected] yg 300km itu ASTROS II lagi pesen ama Brazil, kalo ga salah lagi jangkauan nya sama aja kaya JAKARTA-SEMARANG 🙂 dan klo ga salah lagi akurasi nya uda 100% sampe pada target sasaran, alias ga melenceng, yg pasti lebih canggih dari punya tetangga sebelah

      •  

        “Kita lagi pesan untuk yang bisa sejauh 300 km” ini nih s300 versi amerika latin. Gagal dapetin TOT s300 dari timur,bukan berarti jalan buntu. Seperti kata pepatah :”Banyak jalan menuju roma” bravo TNI#CMIW

      •  

        tadi pagi di inbox petugasnya bilang MLRS ASTROS kalau di instal rudal yg bisa menjangkau 300 km itu tu… muat 2 biji.
        nah yg di maksud “rudal yg bisa menjangkau 300 km itu tu…” rudal yag mana ya?? hehehe…

  12.  

    alutsista tersebut nyampe di indonesia sebelum jokowi jd presiden. dan untuk kapal selam yg dr korea itu pun jokowi hanya tinggal meneruskan dr programnya pak SBY

  13.  

    bikin robot tempur donk, transformer!
    negara tanpa sekutu harus lebih kuat. coba saja game travian tanpa sekutu, gak akan menang kalau gak besar dan kuat.

  14.  

    makasih banyak bung….paham bener skrng ane

  15.  

    ada berita d tv td pagi,pengadaan MLRS ASTROS ini tercium aroma korupsi.markup 1,3t

  16.  

    tv metro mini ya..

  17.  

    saya lupa tv ap bung ultraman taro,cuma skilas gtu,wktu itu lg urus pajak motor d samsat.
    Yg jelas gk mungkin tvone/rcti mreka mewakili oposisi,derita korban lumpur sidoarjo aj di hindari

  18.  

    O’om …Seenggak enggak nya agung juga memfoto asrtos ma cewekmya tuh tengok digambar,,,eello??…nengok gambar astros aja sambil ngocok!ha,,,ha.,,

  19.  

    jgn hanya mikirin kemampuan nimpuk musuh pake astros …
    kita kudu mikir jg kalo musang mo nimpuk kita pake MLRS, apa kita sdh siap dg antidotnya … ???
    beli pantsyr yg banyak! !!!

  20.  

    @kembali ke pokok bahasan utama ,
    tidak dibenarkan untuk membahas berbau kasar, kotor, porn*, JKGR dsini dibangun dengan susah payah oleh para pendahulu kalau Har*m menyebut sesepuh ,

    JKGR ini bukan formil yang lainnya sepert K*s**s atau T*p*c , tetaplah membina persatuan .tidak saling ejek ,
    Maklum bila si Agung tidak mengikuti perkembangan militer indonesia ,
    justru andalah yang sudah lama dsini ( katanya ) memberi pencerahan dengan santun ,

    haraplah di ingat formil ini , juga di pantengin oleh Asing ( karena mereka berusah mencari tahu tentang militer Indonesia )

    debat kusir boleh , tapi tetap santun bila perlu dsertai fakta.
    untuk penampakan goib militer indonesia terbaru , tdak ada dsini , justru anda sendiri menemukan clue-cluenya saja

    dan paling penting , sebelum anda mengirim pesan , sent , lalu publish .

    silakan anda baca sekali lagi

    mending SR , tapi sudah mengerti semuanya …..
    dari pada …..

    note: silakan memulai baca JGKR artikel-2 terdahulu sebelum komentar

    •  

      yupp betul sekali bung!!!! forum ini dipantau oleh pihak asing !!! lebih bahas alutsista yg RESMI aja…..

      •  

        @Bapermas ,

        sampean iki dari saya jelasin panjang lebar , sampean hanya bilang Yup betul bung …..

        mulai dari artikel satu ke artikel satunya ….

        wedeh , capek saya , giliran bung Bapermas kasih reply deh … ane tak SR dahulu
        nanti diperingatkan bung Diego / bung Gue kalo sering-sering nongol ,tapi ga nyumbang artikel .

  21.  

    Kenapa alutisista sebagian besar di tumpuk di jawa?…..apakah faktor maintenance….sedangkan masalah krusial ada di belantara dan lautan indonesia pada umumnya yg kondisi pertahannya masih kosong melompong….kapal asing gelap saja yg berlayar bisa mencapai ratusan………nanti kalau ada kasus di suatu titik baru deh tergopoh gopoh…..coba cek di sekitar pesisir papua-laut arafuru-natuna, belantara perbatasan kalimantan dll yg maha luas, jalur laut international 1-2-3 alutsistanya minimal sekali…..sedangkan kalau di jawa hanya di parkir di garasi atau buat pameran……selama bertahun tahun

  22.  

    berilah kawan yg belum pahan pencerahan,,,,jangan terlalu menghina dan sinis kepada agung

  23.  

    Sebntr lagi di sebar mas .hanya masih btuh waktu.pola penyebarannya menunggu skillprajurit sampai mampu mengoperasikan sampai perawatan .
    Sambil menunggu memeperbanyak LHD dan LPD disamping menunggu pesanan pesawat transport sprt Globemaster datang …. nah clue lagi….

    PErcayakan pada TNI kita .mereka lebih mengerti dan paham betul apa arti militer dalam penjabaranya termasuk deploy serta strategi.kita ini masyarakat hanya bantu mendoakan dan mensupport melalui pajak yang anda bayar.

  24.  

    Yg perlu di waspadai usia propelan roketnya.
    Sedahsyat / segarang apapun daya gem[ur / rusak roket tsb, , kalau propelannya “expiried” MLRS.
    tsb tidak akan berdaya apa=apa.alias “lumpuh”.
    Maka jangan terlalu memuja-muja justru disiapkan secara sungguh-sungguh pembuatan pabrik propelan jangan tergantung dg pihak luar.
    Karena propelan merupakan bahan yg sangat di awasi oleh MTCR..(Missile Tecnology Control Regime)

  25.  

    negara kita adalah kepulauan, musuh masuk lewat laut dan udara bung!! sebelum menduduki daratan kepulauan kita, terjadilah lebih dulu peperangan di laut dan di udara !! kalau di laut dan di udara kita kalah……….bisa ditebak selanjutnya gmn.

 Leave a Reply