May 312016
 

Korea Utara (Korut) kembali meluncurkan rudal balistik dari pantai timur Korut, di dekat kota Wonsan. Berdasarkan keterangan salah seorang pejabat militer Korea Selatan (Korsel) kepada Reuters, Selasa (31/5/2016), rudal diluncurkan sekitar pukul 05:20 waktu Seoul, Selasa pagi (31/5/2016). Namun, peluncuran rudal balistik kali ini dilaporkan lagi-lagi gagal meledak.

“Kami meyakini, peluncuran itu gagal. Soal mengapa dan bagaimana peluncuran itu gagal, kami masih dalam proses analisis dan tidak bisa memberikan informasi detail untuk saat ini,” ujar juru bicara Kepala Staf Gabungan Militer Korsel, Jeon Ha-Gyu, seperti dilansir¬†AFP.

Lokasi peluncuran rudal balistik jarak menengah jenis Musudan ini dilakukan di lokasi yang sama dengan peluncuran rudal Musudan sebelumnya. Aksi ini diduga merupakan respon kebencian Korut atas latihan militer besar-besaran yang dilakukan Korsel dan Amerika Serikat. Korut menilai upaya tersebut sebagai persiapan invasi. Korea Utara juga marah atas sanksi keras yang dijatuhkan PBB setelah negara komunis itu melakukan uji coba nuklir dan peluncuran roket jarak jauh baru-baru ini.

Ketegangan di kawasan Asia Timur semakin meningkat setelah Korut menggelar uji coba nuklir keempat pada Januari 2016 lalu, yang disusul dengan peluncuran satelit serta uji coba rudal lainnya. Pada bulan April lalu, Korut setidaknya telah meluncurkan tiga rudal Musudan, yang dilaporkan oleh Korsel dan Amerika Serikat, namun ketiganya gagal meledak. Peluncuran rudal Musudan pertama tanggal 15 April, kemudian uji coba kedua dilakukan tanggal 28 April dengan meluncurkan dua rudal balistik.

Sejauh ini, peluncuran rudal Musudan oleh Korut belum pernah berhasil. Rudal jenis Musudan ini diklaim memiliki jangkauan antara 2.500 hingga 4.000 kilometer atau secara teori mampu menjangkau wilayah Jepang dan wilayah Guam, yang dikuasai Amerika Serikat. Rudal jenis ini dipandang sebagai ancaman khusus lantaran ditembakkan dari peluncur bergerak sehingga menyulitkan pendeteksian dan pelacakan saat terjadi konflik militer. Rudal ini juga dapat membawa hulu ledak nuklir.

Menanggapi aksi Korut tersebut, pihak militer Korsel sendiri tetap menjaga posisi bertahan yang kuat terhadap provokasi Korut di masa mendatang. Sementara otoritas Jepang telah menyiagakan militernya untuk menghadapi peluncuran rudal balistik Korut.

Bagikan :

  9 Responses to “Peluncuran Rudal Balistik Korut Gagal dan Meledak”

  1.  

    rudal lagi

  2.  

    hmmmm….

  3.  

    Ow..ow..ow

  4.  

    uji cobanya langsung aja kearah pangkalan asu..

  5.  

    Tau gagal tau kaga, orang potonya aja itu mulu..

  6.  

    Gimana ga gagal terus lha wong ujung hulu ledaknya mirip kepalanya si jong un… Jadinya rudal koplak. Hahahaha…..

 Leave a Reply