Apr 252014
 

Virgin Blue yang mendarat di Bali (Foto: Istimewa)

Matt Christopher (Foto: Istimewa)

JAKARTA – Komando Pasukan Khusus (Kopassus) batal diterjunkan guna menyelamatkan upaya pembajakan terhadap maskapai penerbangan Virgin Blue Air. Hal itu menyusul telah diamankannya seorang pelaku yang diduga mabuk dan melakukan upaya “pembajakan,” bernama Matt Christoper.

“Pasukan batal diterjunkan, anggap saja tadi latihan penanggulangan teror,” ujar Kepala Pusat Penerangan TNI Angkatan Darat Brigjen TNI Andika Perkasa kepada wartawan, Jumat (25/4/2014).

Andika menambahkan, Kepala Staf TNI AD (KSAD) Jenderal Budiman telah mendapatkan laporan tentang kemungkinan terjadinya pembajakan Virgin Australia di Bandara Ngurah Rai, Bali. Mendapat laporan tersebut, KSAD lalu memerintahkan agar pasukan Kopassus melakukan persiapan yang diperlukan.

“Pasukan sudah disiapkan di (Bandara) Halim. Tapi karena tadi mendapatkan informasi jika yang melakukan orang mabuk dan sudah ditangani maka batal diterjunkan,” tegasnya.  (http://news.okezone.com)

Christoper Ngamuk, Pilot Sempat Kunci Pesawat Virgin Blue

Matt Christopher (Foto: Istimewa)

Matt Christopher (Foto: Istimewa)

JAKARTA – Pilot Virgin Blue Air sempat mengunci pintu pesawat setelah berhasil mendarat di Bandara Ngruah Rai, Bali. Sebab, salah seorang penumpang Matt Christoper (28) yang diduga mabuk sempat menggedor-gedor pintu kokpit.

“Ruangan pilot (kokpit) memang dikunci dan pintu pesawat juga sempat dikunci karena pilot tak mau mengambil risiko,” ungkap Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri Brigjen Pol Boy Rafli Amar, kepada wartawan di Gedung Humas Polri, Jakarta, Jumat (25/4/2014).

Saat ini, kata Boy, seluruh penumpang yang berjumlah 139 orang sudah dievakuasi dengan selamat. Namun, dia mengaku belum mendapat identitas penumpang scara rinci.

“Penumpang sudah dievakuasi dan diturunkan. Belum dapat rincian ada berapa warga negara Indonesia (WNI). Sejauh ini tidak ada penumpang terluka, tetapi diduga ada kerugian psikis yang dialami penumpang,” paparnya.

Boy memastikan, tidak ada gangguan penerbangan di Bandara Ngurah Rai akibat adanya dugaan pembajakan pesawat milik maskapai Australia itu. “Sementara tidak, karena pesawat itu kan diparkirkannya di tempat yang tidak mengganggu penerbangan,” sambungnya (okezone.com).

 Posted by on April 25, 2014  Tagged with:

  59 Responses to “Pemabuk Berulah di Virgin Blue”

  1. padahal saya nunggu detik2 pembebasan sandera, sukses apa nggak ya team gultor kita???? eeh ternyata nggak jadi he he he…….
    (nebak juga siang tadi team mana yang turun…. gabungan 3 matra, atau cuma 1 matra)

    • Kalo pemabuk begini Matra Satpol PP sudah cukup bung…

      • Kode 7.5.0.0 Penyebab Virgin Blue Dianggap Dibajak

        JAKARTA – Pesawat Virgin Blue Australia rute Brisbane-Bali mendarat darurat di Bandara Ngurah Rai, Bali. Pesawat ini dikabarkan dibajak sehingga pilot diperintahkan otoritas penerbangan setempat untuk mendarat darurat.

        Andre Eri, salah seorang saksi mata di Bandara Ngurah Rai, mengatakan dari informasi yang dia peroleh, otoritas Bandara mendapatkan sinyal 7.5.0.0 yang dikirim oleh pilot Virgin Blue.

        “Sinyal 7.5.0.0 adalah kode pembajakan,” ujarnya saat dihubungi RCTI, Jumat (25/4/2014).

        Karena itulah pilot pesawat berpenumpang 139 orang itu memutuskan untuk mendarat darurat. Polisi juga telah berhasil menangkap satu pelaku yang diduga melakukan pembajakan.

        Belakangan diketahui, bahwa pelaku yang diduga hendak melakukan pembajakan adalah penumpang mabuk. Penumpang sedang mabuk dan menerobos ke kokpit. Jadi bukan pembajakan,” kata GM Angkasa Pura I Trikora saat dikonfirmasi Okezone.

      • Walaupun indikasinya karena mabuk, si Cris tetap harus di proses jalur hukum, biar bagaimanapun itu tetap sdh membahayakan penerbangan

      • yang menjadi pertanyaan ini orang mabuknya ketika di pesawat atau sebelum naik pesawat sudah mabuk…

    • cuma pemabuk katanya….
      coba kalo yg bajak orang arab / islam mereka pasti bilang Teroris!!

      • Harus diselidiki juga,siapa tahu ada kemungkinan untuk merusak dan menciptakan iklim investasi dan pelancongan ini efeknya besar juga loh buat perekonomian indonesia

      • Setuju bung, untung pelakunya orang bule bekantan coba klo wni atau beragama islam pasti langsung media rame2 bilang teroris!!! Walau pun niatnya bkn atas agama dan motifnya melakukan pembalasan jdi yg mulai siapa.
        Ada tu beritanya murid sekolah militer di amerika dicuci otak agar membenci islam, sebenarnya teroris Dan penebar ketakutan siapa.

      • Ah bung..tolong deh artikelnya jangan diseret ke hal2 yang berbau SARA. Ini juga pernah terjadi kok, ketika penumpang tujuan Batam ngamuk2 di pesawat. Akhirnya pesawat kembali lagi ke SHIA.

    • salam kenal bung gue
      sama, sy coba” tebak tim mn yg turun…eee g tauny orang mabook..jd mles ngikutinny..
      (maap buat bungsatrio, deh ngotorin artikelnye…:))

  2. Lumayan latihan kesigapan buat TNI…

    • betul bung Bootoot, kesigapan dan kesiapan otoritas berwenang patut diancungi jempol

      • @bung gue
        Kalo beneran dibajak kira2 pasukan mana yg berhak bertindak? (RI atau australia)

        • @ Bootoot, klo mengingat kasus woyla di don muang ( pasukan dimari nyang beraksi ), spt nya dimari akan memberikan akses pasukan oz utk beraksi ( pastinya under supervisi pasukan dimari ) tapi gak menutup kemungkinan utk pasukan dimari nyang beraksi ( dinilai dari urgensi nya )….. kira2 bgtu lah klo gak salah……..he,he,he

          • @bung erich, salam kenal makasih penjelasannya. kalo melihat kasus pembajakan bus di manila yang makan banyak korban dari negara lain jadinya repot juga ya.. hehehe

    • Salam kenal semua… Ijin gabung ya.. hehe

  3. apakah ini disebut juga pengetesan akan kesigapan pertahanan kita?.. 😀

  4. Adakah skenario lainnya dibalik kejadian ini? kenapa bisa sampai disuguhi minuman beralkohol sampai berlebihan dalam penerbangan ini? bukankah ada regulasi batas maksimal untuk mengkonsumsi minuman beralkohol di dalam sebuah penerbangan yang sudah pasti diketahui oleh awak pesawat? dst…dst…

  5. Awas waspada intelejen & skenario asing untung ina sigap salam

  6. Hadeh..

  7. Perlu juga dicurigai nih…kok dalam 1 minggu ada dua hal “aneh” dari org asing yg mencoba kesigapan pasukan TNI AU.

  8. waspada operasi clandestine dari pihak asing yg ingin memecah belah NKRI,.,

    SR mode on,.,

  9. pas liat beritanya.wah berulah lagi 😀

  10. Sedih sekaligus senang…sedihnya gak isa liat aksi pasukan khususTNI dalam menghadapi hal2 kyak gini padahal britanya udah ampe luar negeri ,senangnya gak ada satu pun korban baik wni dan wna yg terluka dalam pesawat….itung2 latihan bt TNI biar pihak luar tau bahwa TNI selalu siap dalam kondisi apapun

  11. Maaf OOT… Para Warjag yang terhormat, saya ada sedikit pertanyaan mengenai apa yang dapat kita (rakyat biasa) lakukan apabila Indonesia berada dalam skenario perang atau mengalami serangan. Apa yang dapat kita lakukan atau lebih tepatnya sejauh mana kita dapat berpartisipasi dalam usaha membela tanah air. Yang dalam hal ini saya maksudkan adalah usaha fisik yang nyata. Barangkali para sesepuh dapat memberi pencerahan sejauh mana kita dapat ikut berpatisipasi.

    • jika memang harus turun gelanggang dan bertempur saya OK saja, asal dibekali keahlian bertempur ( wamil) trus d kasih bedil. tp kalo hanya modal nekad tanpa bekal untuk turun gelanggang, perlu d pikir dulu krn sama saja setor nyawa dan akhirnya penjajah bebas melenggang. makannya WaMil harus disegerakan.

      • kagak ada jenewa jenewaan..
        ente nyerang negara ane berarti ente dah ganggu ketentraman idup ane, ente dah ngerampas masa depan ane, ente dah ngerusak impian2 ane..

        repotnya nganter sekolah si panjul tuyul ane tiap pagi, mesranya becengkrama ma bini ane di pinggir empang, senengnya tamasya ma kluarga ane, serunya nongkrong ma temen2 genk koplak ane, bergairahnya liat paha member jkt48 koleksi vcd ane, asiknya dengerin via vallen enjot enjotan..
        sepele emang, tapi ntu kehidupan damai yg luar biasa indah punya ane, kagak kebayang semua direbut dari ane..

        kalo ntu ampe terjadi, ane mo ngamuk, ane mo jadi penjahat perang..
        tentara musuh nyerah, ane dor..
        palang merah musuh, ane dor..
        tawanan musuh, ane dor..
        rumah sakit musuh, ane dor..
        peduli setan ma jenewa..

        kayak omong kosong emang, moga jadi omong kosong selamanya, karna ane benci perang..
        tapi resapin..kalo ente dah kehilangan kluarga ente, bini ente, anak ente, kerabat ente, temen2 ente apakah ente masih peduli ma hukum perang konpensi jenewa?
        kagak, yg ada cuman ente ato ane mana yg modar duluan..

      • bung INA itu unik
        kalo kita damai dan tentram musuh kita sama2 dalam negri
        contohnya bola, tauran SMA, tauran geng

        tapiiii ada 1 negara yg ganggu kita bahkan menjatuhkan bom nya dngan sengaja walau bamburuncing dan panah menyertai kita melawan jutaan peluru gk akan takut
        bangsa kita dari zaman kerajaan kutai hingga sekarang adalah bangsa pejuang
        mati 1 tumbuh 1000

        • @bang love..
          soal kita bangsa pejuang pa bangsa pengecut ntu belakangan, ntar kalo kejadian baru keliat, tapi jangan ampe lah..

          ane minta temen2 dimari sering buka2 inpoh tentang korban kekejaman perang n korban konplik2 berdarah didunia ne, cemana kondisi mereka baek yg idup ato yg koit..banyak tuh poto ma pidio kalo kuat liat..jadi ntar kagak ada yg gampang ngelontarin keinginan perang ato ngajakin perang..

          @bang delik..

          sori yah ane maen nyolot, isi konpensi jenewa banyak kog di inet..

          tapi ane pikir hukum ntu cuman menguntungkan n cocok buat negara penyerang doang karna korbannya cuman dia ma pasukannya..negaranya tetep aman, ortunya tetep aman, anak bininya tetep aman, ampe tempat lokalisasinya pun tetep jalan karna saking amannya..kalo dia idup, masih ada tempat buat kembali..

          sedang kita negara yg diserang cemana?

          liat irak, liat apganistan, liat kita dolo..mo nyari warung soto aja susah, karna yg jualan kalo kagak ngungsi ya modiar..

          soal bela negara dah jelas, wajib kifayah hukumnya kalo emang kita diserang..

          tapi kalo warjager dah banyak yg maju perang, ya ane pilih ngungsi ajalah ngurusin konsumsi 😀

  12. ak ra popo

  13. Harus
    diselidiki
    juga,siapa
    tahu ada
    kemungkinan
    untuk
    merusak dan
    menciptakan
    iklim investasi
    dan
    pelancongan
    Yang tidak sehat,ini efeknya
    besar juga loh
    buat
    perekonomia
    n indonesia

  14. jangan2 aksi ini ingin melihat seberapa cepat reaksi tentara kita.
    buat mengukur aksi kedepanya lagi. oleh asing.
    weleh2 ada-ada aja.

  15. Di Selat Malaka ada pembajakan kapal Jepang 3 WNI disandera, Malaysia menuduh WNI sbg pembajak dilanjutkan pembajakan pesawat Virgin Blue Air tertangkapnya ketua pembrontak di Ambon dan malasah penangkapan pesawat salah arah di Medan selanjutnya masalah jam jenderal.Sptnya tersistim utk memberikan trik2 bulsit thd kesiapan TNI, dlm menghadapi spt ini saya kira TNI sdh terbiasa dan sdh dilatihkan utk spt dadakan2 buatan asing. Panglima kita sdh menyatakan siap, berarti TNI………….

    • bung@sugianto..
      saya sependapat dengan anda bung. saya juga berpikir ada ‘sesuatu’ dari kejadian-kejadian belakangan ini.. rentang waktu yang pendek antara satu kejadian dengan kejadian lain. yang paling menonjol saat ini adalah kasus pembajakan Kapal di selat Malaka dimana pihak berwenang Malaysia langsung menuding Indonesia… hadeuuh

  16. Waspada boleh malah wajib, tp jgn paranoid. Ternyata si matt sdg depresi… tp ada blessing in disguise dr kejadian ini, barusan kapuspen TNI di acara bincang2 di slh satu tv swasta menyatakan bahwa kejadian ini smakin membulatkan tekad panglima TNI utk sgr membentuk pasus gabungan dari ketiga matra. Mantabbbb..
    Ayo p. Moel maju terus pantang mundur .. !

  17. Waspada..waspada…waspadalah..!!! Kejadian ini agar trs mengingatkan bangsa ini agar jgn lengah.terlihat memang sepele namun ada sesuatu yg bisa dicermati,kalo dilihat kejadian – kejadian belakangan ini secara beruntun tidak mustahil ada pihak luar yg sengaja ingin bermain . Entah niatan apa namun klo dilihat sepertinya selalu dg militer kita…mungkin bisa ditambahkan lagi oleh para sesepuh & kawan” warjager..mohon pencerahannya..!!

  18. Ada yg sengaja untuk menguji kesiapsiagaan TNI.. Mungkin untuk coba uji nyali agar TNI Show of force..
    Jayalah TNI.. NKRI Harga Mati.

    • @fren db…infiltrasi asing dr berbagai penjuru mata angin…intens terhadap nkri, mulai pake uav, poseidon, ks asing, lsm tentunya….pakai pswt siluman sekalipun walau terjejak oleh arhanud….sampai menjelang hari H pilpres akan tetap berlangsung…karena mereka ingin meng gol kan capres pilihan asing ….mudah2an pres RI nanti bukan dr pilihan asing…tni tetap tak bergeming pancingan2 agen2 asing…karena tni lah yg menentukan siapa pemenang pres besok…karena asing sudah memihak salah satu capres yg merasa pasti menang…tapi semua tuhan yg menentukan…hidup warjager

  19. Gabungan pasukan khusus s’segera mungkin di bentuk dan INTELEJEN kita harus kuat, menangkal ancaman sedini mungkin…

  20. Alaaah tu mah akal”annya autralia aja , byar wartwan internasional pd masuk trus mta”in indonesia lg .

  21. Bisa juga strategi promosi virgin blue itu sendiri.

  22. @bang love..
    soal kita bangsa pejuang pa bangsa pengecut ntu belakangan, ntar kalo kejadian baru keliat, tapi jangan ampe lah..

    ane minta temen2 dimari sering buka2 inpoh tentang korban kekejaman perang n korban konplik2 berdarah didunia ne, cemana kondisi mereka baek yg idup ato yg koit..banyak tuh poto ma pidio kalo kuat liat..jadi ntar kagak ada yg gampang ngelontarin keinginan perang ato ngajakin perang..

    @bang delik..

    sori yah ane maen nyolot, isi konpensi jenewa banyak kog di inet..

    tapi ane pikir hukum ntu cuman menguntungkan n cocok buat negara penyerang doang karna korbannya cuman dia ma pasukannya..negaranya tetep aman, ortunya tetep aman, anak bininya tetep aman, ampe tempat lokalisasinya pun tetep jalan karna saking amannya..kalo dia idup, masih ada tempat buat kembali..

    sedang kita negara yg diserang cemana?

    liat irak, liat apganistan, liat kita dolo..mo nyari warung soto aja susah, karna yg jualan kalo kagak ngungsi ya modiar..

    soal bela negara dah jelas, wajib kifayah hukumnya kalo emang kita diserang..

    tapi kalo warjager dah banyak yg maju perang, ya ane pilih ngungsi ajalah ngurusin konsumsi 😀

  23. yang aneh…kenapa tidak ada pemberitaan dengan penumpang sebagai saksi? tidak ada pemberitaan dari sisi penumpang satu pun..biasanya wartawan paling kepo n rajin ngulik

  24. Padahal Pasus anti teroris kita dah gatal banget mau action, eh ga taunya cuma bule mabuk…Suntuluyu!!

  25. kenapa harus kopassus, emang Den Bravo Paskhas kita tidak masuk itungan kemampuannya ? bukankah Den Bravo sudah dilatih khusus utk mengatasi pembajakan pesawat dan lebih sesuai dengan matra mereka??? saya sebagai WNI kadi semakin ragu dengan pasukan khusus matra laut dan udara kita…seperti pembebasan sandera KM. Sinar Kudus oleh pembajak Somalia,,, kenapa Denjaka dan Kopaska kita harus ditemani Kopassus, emang tanpa Kopassus mereka ga bisa pede???? apakah Den Bravo, Denjaka dan Kopaska kita hanya jadi cadangan Kopassus ??????

 Leave a Reply