Mar 182016
 

Sukoharjo – Jenazah terduga teroris Fonda Amar Sholihin yang tewas dalam baku tembak dengan pasukan TNI-Polri sudah dimakamkan di Polokarto, Sukoharjo, Jawa Tengah. Namun, sejumlah pemuda yang ikut mengiringi pemakaman Fonda, terlihat membawa bendera lambang ISIS.

Dari pantauan Liputan6.com, proses pelepasan jenazah Fonda dilakukan dari rumah duka di Brengosan RT 02/12 Purwosari, Solo, pukul 07.00 WIB. Selanjutnya, ratusan pelayat langsung mengiringi keberangkatan mobil jenazah menuju Tempat Pemakaman Muslim di Polokarto.

Sejumlah pelayat yang berkendaraan motor terlihat membawa bendera menyerupai lambang ISIS. Bendera berwarna hitam dengan tulisan putih itu, dikibar-kibarkan ketika mengiringi pemakaman jenazah, anak buah Santoso itu, menuju tempat peristirahatan terakhirn.

Juru bicara panitia pemakaman Fonda, Endro Sudarsono, mengatakan ditemukan sejumlah bekas luka di tubuh jenazah. Luka itu terlihat di bagian kaki, luka sobek di bagian perut, gigi bagian depan tanggal serta luka tembak di bagian kepala.

Endro menyayangkan jenazah Fonda yang terlihat dibiarkan saja. Bahkan, ketika peti jenazah dibuka di rumah duka, jenazah Fonda masih terbungkus kantong jenazah serta belum disucikan.

“Ini kayak tidak diurusi jenazahnya. Tadi sampai di rumah langsung dikafani,” keluhnya.

Liputan6.com

  51 Responses to “Pemakaman Anak Buah Santoso Diiringi Bendera ISIS”

  1. hancurkan isis daesh

    • Senjata paling mujarab buat menghadapi ISIS itu pancasila. .
      Percuma dilakukan operasi militer, toch akhirnya mati satu tumbuh seribu. .
      Hidupkan kembali penataran P4 (pedoman penghayatan dan pengamalan pancasila) disekolah2 seperti ditahun 70 – 80an. . karena terbukti yg direkrut para ISIS tsb rata2 masih muda yg belom mengenal pancasila secara mendalem, apalagi ikut wajib penataran P4. .

      Penataran P4 terpaksa dihentikan oleh politisi2 busuk yang mengatas namakan agama. . yg akhirnya memberikan kesempatan pada paham2 keagamaan yg ga karuan. .

    • Senjata paling mujarab buat menghadapi ISIS itu pancasila. .
      Percuma dilakukan operasi militer, toch akhirnya mati satu tumbuh seribu. .

      Hidupkan kembali penataran P4 (pedoman penghayatan dan pengamalan pancasila) disekolah2 seperti ditahun 70 – 80an. . karena terbukti yg direkrut para ISIS tsb rata2 masih muda yg belom mengenal pancasila secara mendalem, apalagi ikut wajib penataran P4. .

      Penataran P4 terpaksa dihentikan oleh politisi2 busuk yang mengatas namakan agama. . yg akhirnya memberikan kesempatan pada paham2 keagamaan yg ga karuan. .

    • Perlu dipantau dan diawasi masyarakat setempat almarhum. Dan kLo perlu dibina wawasan kebangsaan diantara mereka.

    • Wah-wah, macam menantang militer RI saja mereka ini. Emang mereka ini dari orok sampe tua ini makan dan hidup serta dpt perlindungan dr isis? Gak tau juga ya pola prmikiran mereka akhir2 ini, kok maunya dimanfaatkan pihak asing. Emang mereka sbg manusia sdh tdk menggunakan otak dan hatinya dlm bertindak? Hanya emosional dan setia yg salah ygmeggerakan tindakan mereka sampai2 pemikiran mereka tdk digunakan. Seblm berkembangbiak organisasi mereka, pemerintah harusmengawasi masyrkat sekitar almarhum. Dan kalo perlu diberikan prndidikan wawasan kebangsaan, pancasila dan sejarah bangsa secarakprehensip dan berkelanjutan supaya terpupuk rasa nasionalmenya utk bersama2 membangun negara RI.

    • Ada yang perlu diluruskan..
      1. Bendera bertuliskan lafadz “Laa illaha illallah muhamad rasulullah, dan lingkar putih bertulis Allah wa Muhammad rasul” adalah bendera panji Islam di era Rasulullah dan cap kenegaraan Islam yakni yg terdapat di cincin Rasulullah. Dan bendera dan lambang tsb kemudian di gunakan oleh ISIS dan diklaim oleh ISIS secara tdk bertanggung jwb.
      2. Kebencian kita pada ISIS jangan sampai menjurus pada Lambang suci dan kalimat suci yg diklaim Isis tsb.
      3. Hal ini dikarenakan lafadz yg trdapat pada bendera tsb berisi Syahadat (keyakinan umat Islam seluruhnya). Moga kita bisa menempatkan secara proposional antara bendera dan lafadz yg disalah gunakan dengan kelompok yg mengklaim tsb.
      4. Mengingat kata “Terorisme” lahir dari rahim tragedi 11 september wtc di As yang merupakan tragedi kemanusian yg sampai detik ini menyisahkan perdebatan dan tanda tanya. Oleh karena itu, kita harus secara objektif memandang Islam dan Muslim secara adil. Sehingga tdk terjebak overgeneralisasi terhadap kelompok Muslim yang taat namun bukan trmasuk dlm ideologi terorisme tsb.
      5. terakhir, komentar ini bukan bermaksud untuk membela kelompok teror. Justru komentar ini membela muslim Indonesia yg tdk terkait sama sekali dgn kelompok teror manapun. Komentar ini hanya sbg pengingat dalam melihat Islam dan muslim secara adil tanpa syahwat sangka. Sehingga tdk melihat yg berjenggot dan taat, yang berhijab syari dan taat, dinilai anti toleransi dan teroris, mereka menjalankan Islam sesuai pemahaman dan keyakinan. Krna bnyk dari mereka yang justru nasionalis dan cinta pancasila. Kelompok teror hanya segelintir org yg akhirnya merusak citra Islam sbg rahmat lil alamin.

      Salam Lestari.. salam Rimba
      Jayalah NKRI

      • setuju….. Ujung dari fitnah daes/ISIS ini adalah kebencian pada panji-panji Islam dan Islam itu sendiri…
        ketahuilah…
        Ketentuan Allaah lebih kuasa dari fitnah-fitnah ISIS ini…. Semoga Allaah Subhanahuwata’alaa melindungi kita semua dari fitnah yang keji…

      • Ane non muslim. Saya setuju kalo itu hanya sebuah bendera yang bertuliskan lafadz, hanya saja ISIS menggunakannya sebagai lambang mereka dengan dasar hitam dan tulisan putih. Jadi jangan yang non muslim, yang muslim pun akan mengatakan itu bendera ISIS. Coba aja mereka pake bendera dengan dasar warna hijau ato biru ato bahkan putih. Asal jangan warna gelap deh. Itu sih menurut saya.

    • harusnya densus 88 segera bertindak

  2. hancurkan daesh daesh yg ada di negara kita

  3. Lha kok didiamkan….
    Nangndhi wong2 iki….

  4. Jenasah tidak perlu dimandikan apabila kondisi matinya seperti ituu… pelajari lebih lanjut ajaran Islam.. atau anda yang bukan Islam

    • Itu kan kalo matinya syahid karena jihad/perang membela Islam atw membela Negara. Nah, teroris itu mati karena membela apa? Membela Islam kayaknya enggak, membela negara juga enggak. Bung Tukang Beling lah yg harus belajar lebih lanjut tentang ajaran Islam,.. atau anda yang bukan Islam ??

  5. Itu panji Rasulullah ( stempel kenaifan), kemudian di klaim sebagai bendera Daesh di Abad 21 masehi.
    Supaya kita paham dan tidak sekedar ikut2an tanpa belajar dari sejarah 🙂

    • @rajajawa
      Pertanyaan saya pada anda, apa tujuan dari orang yg membawa bendera yg kata anda panji Rasulullah tersebut pada saat pemakaman sang penyebar teror.?
      Tahukan anda pada jaman Rasulullah, panji tersebut dibawa pada saat kejadian apa.? Lebih arif kita tidak berkomentar jika kita tidak paham benar

  6. Pemahaman ISIS masih lemah dalam masyarakat, perlu sekali pemerintah mengandeng MUI atau lembaga dakwah islam indonesia lebih berperan aktiv tentang ISIS sebenarnya dengan KAMPANYE anti ISIS khusus nya di daerah indonesia yang rawan seperti daerah pertumbuhan ekonomi nya menanjak naik seperti Sulawesi, Jawa, Bali

    sebenarnya ISIS itu hanya lambang dari kelompok boneka DAESH ciptaan ISROHELL untuk menghancurkan islam oleh islam itu sendiri, ISIS itu Proxy yang menjadi kekhawatiran kita masyarakat lemah mudah di susupi ideology Jihat dan masuk surga

  7. Betul tapi perlu ada usaha kearah itu, setidaknya kalau sudah akan teredam mana mungkin rakyat mau terseret dalam Ideology Daesh, seperti contoh kerumunan masa diatas pengantar jenasah berbendera ISIS.

  8. Bung Rusia. bagaimana pun itulah letak beda nya RI dengan negara lain, pada adat istiadat kita orang indonesia seseorang yang sedang dirundung duka kita masih menghormati walau mereka salah.

  9. berani juga bawa2 bendera isis… ngga kaya palu arit “masih” sembunyi2

  10. Kita kan bukan kuda yg gampang ditunggangi.

  11. @faj

    Kalo diiringi bendera klub sepakbola, takut diserang musuh bebuyutannya

  12. Waduhh

  13. katanya isis bentukan yahudi, kenapa di sini justru di jadikan junjungannya…..jadi ketawa saya lihatnya…….mudahnya negara ini dihasut
    mau gagah gagahan…mau beringas beringasan, mau punya budak sex jg…seperti yg di timteng enyah aja kalian kesana dan jangan kembali lagi….dasar bebal..

  14. ngebaca judulnya ajah takut.

  15. Sherli dan rekannya Victor serta
    mantan suaminya Mohammad menyalurkan TKI
    ilegal dari Indonesia ke Malaysia, Turki, Dubai dan
    beberapa negara lain di Timur Tengah. Di Turki,
    para korban ditempatkan di perkampungan
    penampungan WN Suriah.
    “Jadi mereka direkrut lagi oleh pengungsi Suriah
    yang miskin untuk dipekerjakan kepada
    pengungsi Suriah kelas menengah ke atas,” kata
    Kasubdit III Direktorat Tindak Pidana Umum
    Bareskrim Polri Kombes Umar Surya Fana dalam
    konferensi pers di Bareskrim, Jl Trunojoyo,
    Jakarta Selatan, Jumat (18/3/2016).

  16. Bung “jangan suka fitnah” itu pasti simpatisan isis, temennya yg ngebom di Sarinah kemarin. Apalagi gak berani nyantumin nama asli. Lagian mana buktinya kalo itu bendera yg dipake sejak jaman Rasulullah , anda punya referensinya ?? tautin dong, jangan asal ucap aja.

  17. aneh. disini yang dibahas bendera isis dan sudah di diskusikan isis itu aliran salah karena itu isis dapat pertentangan dunia islam kecuali negara awak (MALON)

    Siapa muslim yang tidak tahu bendera panji rasull ??? kami tidak memperdebat bendera rasul tapi ISIS yang menggunkan lambang panji islam, ISIS adalah proxy bentukan yahudi lon, dimana daeslah yang menjadi otak israhell untuk menyebar paham yang salah, seandainya ISIS adalah murni bentukan kelompok ISLAM tentu respon nya berbeda lon.

    Sudahlah lon hari ini kau berdakwah besok – besok anak gadis orang kau embat apakah pantas bagimu ber tausiah ??? kalau gagal paham mendingan kau istirahat dan tidur itu baik untuk kesehatan mental mu.

  18. aparat mana ??? aparat mana ??? aparat mana ??? kok d biarkn sih !!! sdh nyata” kibarkn bndera isis tpi tdk d tindak, org” sprti mreka hrus d sdrkn tpi klw tdk mw ya musnhkn aj, lbh baik musnhkn 1 klompok dri pda negara mnjdi kacau, lihatlh irak, suriah atw libya, fatal klw d biarkn …. #RinduSosokSoeharto#

  19. Teroris jangan dibiarkan berkeliaran bebas….harus cepat2 “digulung”….NKRI HARGA MATI!!!!

  20. Lambang bendera seperti itu, sudah ada jauh sebelum adanya ISIS. Justru Isis lah yang sepertinya sengaja seolah untuk bendera itu mereka berjuang. Ane curiga itu siasat untuk mendapatkan dua keuntungan sekaligus dari bender itu…

  21. Pemerintah gmn kok malah di biarin payah..payah.

    • Undang2 nya Nggak ada ya?
      1.Mengibarkan bendera isis = Hukum MATI !

      jadi kerjaan nya anggota DPR RI yg terhormat ( kata mereka sendiri doank )
      Ngapain ya Selama ini???

  22. Rencana operasi militer potensi beri
    umpan balik luar biasa; Pemrov
    Papua Minta Luhut Kaji
    Pernyataannya bit.ly/1UlvMFm #
    AkuPapua

  23. @jangan suka fitnah. Hendaknya anda faham dulu sejarah bangsa Indonesia tidaklah bisa disamakan dengan bangsa lain. Indonesia itu merdeka atas jasa para pahlawan muslim dan non muslim. Sehingga ketika Indonesia merdeka di perlukan payung untuk menyatukan kemajemukan/perbedaan yaitu PANCASILA. pancasila sebagai dasar negara. Yang mana umat beragama di Indonesia berkebebesan untuk menjalankan ibadahnya. Berbeda dengan di malaysia dimana malaysia mendapatkan kemerdekaan hasil pemberian British sehingga mayority para tokoh dimalaysia bisa mendirikan negara Islam tampa ada keberatan dari yang non muslim. Anda bayangkan jika Indonesia dipaksakan menjadi negara islam maka akan timbul perang saudara yang tiada berkesudahan. Sehingga pihak barat dan yahudi ikut bermain dengan alasan kemanusiaan sehingga mereka yang diuntungkan dengan penguasaan SDM dan SDA. umat islam sendiri berada pada pihak yang dirugikan. Front pertempuran pun bisa meluas kemalaysia sehingga malaysia pun akan ikut kacau bahkan bisa menyulut perang dunia. Jika sudah begitu yang ada kemudhorotan bukan lagi manfaat. ISLAM sendiri adalah Rahmatanlilalamin atau Rahmat keberkahan untuk seluruh alam. Jika kita bisa menciptakan dan menjaga kondisi damai,aman,sejahtera itulah RAHMAT bukan berperang atau menebar kebencian dan teror.

  24. Kl punya prinsip bgt, knp gak pindah aja ke tempat yg sesuai dg keinginan mu ? Knp hrs memaksakan kehendak mu disini ? Harusnya km belajar bgm sejarahnya negara ini terbentuk dmn dasar & falsafahnya sdh disepakati & dpt diterima oleh mayoritas saat itu.

  25. Ente juga gak paham rupanya dgn ISIS. Asal anda tau, ISIS tidak akan berperang melawan Isroel, apalagi membela Palestina. ISIS hanya dibentuk kelompok jaringan super rahasia yang didanai oleh negera-negara besar tugasnya untuk mengadu-domba negara-negara timur tengah, supaya dikawasan itu terus melemah baik secara ekonomi, kekuatan dan politik. tentu saja ada yang mengambil keuntungan dari semua itu. Bendera yang digunakanpun menyerupai simbol agama tertentu karena itu akan lebih melipat gandakan keuntungan mereka. Bahkan negara-negara yang jauh dari timur tengah pun, teruma raktyat-rakyatnya yang memeluk agama yang mempunyai simbol seperti yang dibawa ISIS secara psikologis akan merasakan dampaknya……

  26. klo di tutup kayaknya tidak bijak bung justru yang mengajarkan islam damai di Indonesia itu kiai2 dan wali nusantara ….harusnya pesantren bekerja sama dan dilindungi pemerintah agak tak di serang paham radikalis

  27. lo set**

  28. Bendera hitam dan lingkaran putih bertuliskan nama Tuhan dan Nabinya itu aslinya bukan bendera, itu stempel surat Nabi Muhammad S.A.W untuk syi’ar kepada para penguasa kerajaan” disekitar jazirah arab pada waktu itu untuk memeluk Dienul Islaam.
    ISIS atau Daesh di timteng pakai stempel tadi jadi bendera, yang di indonesia ini sekarang jadi sama derajat “terlarangnya” dengan bendera palu arit komunis. Ini sama kasusnya dengan nama “israel” yang artinya Isra = hamba dan El = Elohim (Tuhan), dalam bahasa Arab Abdullah = hamba Allah, sungguh arti yang mulia. Tapi dibajak oleh yahudi eropa (ashkenazi) yang berkuasa di Palestina sekarang, dimana yahudi eropa tsb aslinya adalah bangsa KHAZAR dari kaukasus dan nggak ada hubungannya dengan orang Semit keturunan Nabi Ibrahim/Abraham a.s, Nabi Ya’kuub/ Jacob a.s, Nabi Musa/Moses a.s, dan Nabi Daud/David a.s serta Nabi Sulaiman/Solomon a.s (lihat buku” The 13th tribes”, karya Arthur Koestler, seorang yahudi ashkenazi dari Austria.

  29. Itu satu kampung jangan2 isis…wkwk

  30. haduhh. itu apaan ya. sok2x an berani bawa bendera kyk gitu. tp muka nya di tutup.. di tandain org nya. baru di caplok2x in.. damai indonesia.

  31. Lho rek….???
    Kok kayak gini bung@Diego??
    Td komen saya ngak bisa masuk, waktu bisa masuk yg td2 jg ikut masuk.

  32. TAQLID BUTA…

  33. Bung admin,tolong d filter untuk coment2 yang berbau radikalisme dan simpatisanya…berbeda pendapat wajar..tetapi msih dlm konteks nkri.seperti perdebatan bung kmbing dan bung indonesia banget bagus untuk pemahaman kita..sedang coment bung jangan suka fitnah cenderung destruktif…trims.salam damai.nkri harga mati.

  34. Sudah layak dihidupkan kembali petrus. Karena sdh kelewatan ngeyel nya. Sdh Dilarang mbawa atribut, masih tetep aja dibawa

  35. Terserah mereka, kalian atau saya. Asal ga melanggar hukum biarkan saja. Tong-tong kosong biar pada diem. Biar dunia tentukan. Yang mana yg bener. Yang mana yg salah. Asal eloe jangan.

  36. Woi , yg meninggal itu baru TERDUGA kuq sudah dihakimi begitu, baca yg bener BOTOL..

 Leave a Reply