Agu 232016
 

Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu mengatakan bahwa kebijakan pemangkasan anggaran oleh Kementerian Keuangan telah membuat kementeriannya harus menunda pembaruan alat utama sistem persenjataan (Alutsista).

“Ya kena semua. Sekarang ini berapa triliun lagi gitu setelah kemarin Rp 2,8 triliun. Jadi kita akhirnya menunda beberapa pembaruan Alutsista,” ujar Ryamizard di Kawasan Silang Monas, Jakarta, Selasa (23/8).

Ryamizard menjelaskan bahwa meski tak menggangu pembelian Alutsista, namun Kementerian Pertahanan harus melakukan penghematan. Menurutnya, proyek pengadaan Alutsista harus ditunda hingga periode berikutnya. Ia berharap, kondisi perekonomian ke depan akan semakin membaik.

Lebih lanjut, Ryamizard menjelaskan bahwa salah satu strategi untuk mengatasi pemangkasan anggaran adalah dengan membuat skala prioritas. Kementerian Pertahanan menjadikan kesejahteraan para prajurit sebagai salah satu yang tetap diprioritaskan. Menurut Ryamizard, hal itu tak bisa diganggu gugat karena berpengaruh pada keamanan dan kesejahteraan masyarakat.

Sumber: republika.co.id

 Posted by on Agustus 23, 2016

  173 Responses to “Pemangkasan Anggaran, Kementerian Pertahanan Tunda Pengadaan Alutsista”

  1.  

    Sangar

  2.  

    Hahahahaha kapooookkkk…

    •  

      kok kapok.?

    •  

      Bah cok

    •  

      Wekawekawekawekawekawekaweka…

    •  

      Kapok bung..gak mau lagi berharap tinggi tinggi dah..jalani saja tni mau beli gahar jangan berharap berharap berlebihan…

      Yg terakir Saya kapokkk janji janji waktu kampanye…pertumbuhan ekonomi diatas 7%…punya drone..punya armada maritim jaguh…saya kapoookk janji janji bung insyaff saya…saya rela ditaboookk…hahaha…

      •  

        Kalo boleh tau, siapa yg berani janji2 bung Sego Jagung.? Kan masih ada waktu 3 thn lg. Jd gak boleh berburuk sangka. Monggo ditunggu sampe 2019, siapa tau keajaiban datang pd tahun itu.
        Optimis pasti meningkat belanja alutsista bung, krn ada instrumen pendukung spt :
        – kenaikan hrg cukai rokok
        – tax amnesty
        – penghenatan BUMN

        Monggo kita tunggu atau tanya kpd agent2 pemerintah yg sering nimbrung di JKGR. Pasti mereka punya hitung2 diatas kertas yg bisa dibabar. Paling tdk bisa copy paste link situs internet.

        Yg terpenting kita selalu optimis. Walaupun Tank kita blom dilengkapi, walau pespur F-16 kita cuma rongsokan, walau alutsista kita banyak didapat dr hibah dan sdh tua, walau kalo beli selalu ngeteng dan tidak lengkap, namun hal yg paling nyata dr jaman presiden Suharto sampe jaman presiden Jokowi bahwa setiap pg kita bangun bukan suara dentuman bom atau senjata, masih bisa merasakan makanan di warung2 yg buka sejak pg, pergi kekantor dng rasa aman tanpa takut desingan peluru berseliweran, tanpa takut adanya bom yg meledak di jln dan yg sangat2 penting lg adalah kita bisa pulang dng selamat kerumah dan berkumpul dng keluarga yg telah menunggu dng perasaan aman. Itu yg mahal harganya dr apapun bung.
        Salam Damai…tanpa kepala berasap.

        Monggo dibabar pencerahan para agent.

      •  

        Jika pertumbuhan ekonomi di atas 7% maka anggaran pertahanan akan dinaikkan secara signifikan, jelas2 ucapan ini keluar dari orang yg berjiwa sipil tulen yg menomor duakan militer. Kalau ucapan ini diracik secara kasar : jika anggaran pertahanan naik, maka akan mengganggu pertumbuhan ekonomi.
        Berbeda jika yg mengucapkan adalah orang yg berjiwa militer : apapun keadaannya, anggaran pertahanan akan dinaikkan secara signifikan. Kemunduran ekonomi tidak ada hubungannya dgn kenaikan anggaran pertahanan. Bahkan dgn pertahanan yg kuat akan memacu pertumbuhan ekonomi.

        •  

          Saya ikut2 bung urusan itu, takutnya para agent jubir pemerintah lebih kalap lg dan more esmosi dlm menanggapinya. Nanti malah sumpah serapah dan tuduhan2 yg utk menjatuhkan pemerintah. Bung liat aja tuh dibawah, bagaimana tanggapan para agent nya.
          Yg penting bg saya dijalani saja dan dilihat hasilnya diakhir. Prinsipnya, tdk ada pemimpin yg sempurna tapi yg ada berusaha menuju kesempurnaan. Dan besok kita masih melihat Indonesia masih ada dan masih berdiri tegar, dan kita masih bekerja seperti biasa.
          Salam damai bung Kolong wewe dan bung Sego

      •  

        komen yg bermutu,semoga cebong lain pd insyaf.

  3.  

    Waduh…

  4.  

    Hm

  5.  

    Sangar mendengar nya,lesu lagi harapan

  6.  

    Kenapa gambarnya sukhoi?

  7.  

    yaaaa di tunda…..

  8.  

    Sebenarnya ekonomi kita menurun, menukik, atau anjlok. Kok penghematan semua. MEF hanya pelatakan batu pertama aja…

  9.  

    Emang kapan sih pak jaman bapak jd menhan ada pembelian alutsista baru? Perasaan blm ada deh… Jd apanya pembelian alutsista yg di tunda?
    Jgn nunggu dulu perang Pak, baru belanja..

  10.  

    Perokok tdk akan iklas rokok naik dan dijanjikan hasilnya sampai ratusan trilyun tapi kenyataan malah ada pemotongan anggaran kemhan..

    Perokok akan iklas harga naik asal semua kebutuhan alutsista bisa terbeli..

    Bagi para perokok, uang yg dipotong dr kemhan yg sejumlah bbrp trilyun tsb keciil sekali krn perokok bisa memberikan uang ratusan trilyun..

    Pemotongan anggaran yg tdk masuk nalar.. bagi para perokok..

  11.  

    MANGKANYA……………………IURAN……………………………….

  12.  

    Maaf Pak, yang saya tahu memang tidak ada yang di tunda, mau ditunda gimana lah memang tidak ada yang dibeli koq.

    Kalau ditunda itu…down payment sudah masuk tapi karena ekonomi menurun terus pelunasan nya di tunda.

    Semua alutsista yang datang itu Pembelian pada masa SBY.

    •  

      Setubuh.. Eh setuju… Saya setuju statment anda Bung… Dah mau dua taun kok gag ada sama sekali yg di beli, lontong kilo sama su-35 aja terus2an yg di bahas, realisasi pembeliannya kagak ada.. Kita di PHP in..!!

  13.  

    salam gigit jari saja

  14.  

    kasihan rusia fans boys yg yakin akan su 35 pasti kebeli puk puk puk yg sabar ya beli pesawat bekas aja bapak blm gajian

    •  

      Bukan cuma Rusia Fanboys yang kasian bung , Tapi jika ada yang menjadi Swedia atau usa Fansboys-pun sama2 kasihan’a . Dari kata2’a saja udah kelihat ” Karena pemotongan anggaran , penambahan alutsista di tunda sampai resta berikut’a ” ..Logika kalau Shukoi saja yang harganya murah meriah ( Us$65jt ) apalagi Grifen atau Viper yg harganya selangit

  15.  

    itu cuma strategy saja. biar kawasan tidak kacau. jd indonesia melakukan penghematan, pdahal lg ada yg dipersiapkn…. itu rahasia…

    •  

      Ngehibur diri ya Bung, biar gag gondok.. ?

      •  

        Wkk.. kata kata tsb sangat populer di jkgr bbrp taun kmrn..

        •  

          Dan sekarang trjadi pengulangan kata.. ane simpen kata2 itu buat taun depan kalo gitu bung..xixixixixi

        •  

          Bukan mengulang popular bung PKB…
          Tp ikut tenggang rasa dng kementrian yang lain….coba ga ikut potong anggaran dn blanja senjata…pasti lsm lsm Dan ahli ahli yg pakar komeng Di tipi ama medsos langsung menghukum pemerintah yg bla bla bla bla…
          Memang militer tdk boleh terjebak dlm politik..lebih baik blanja diam diam saja…jd politikus tdk banyak komeng…tp efeknya negara tetangga pada panas dalam…imho y bung

    •  

      kata2 yg menghibur, paling itu cuma strategi biar kawasan tidak heboh, padahal udah kebeli atau yg lebih parah yg goib2 sebenarnya udah ada, pasti ada kalimat seperti ini, ditengah berita lesu mengenai alusista benar2 menghibur bung,… Hahaha.. Mnding liat realitanya aja deh skrg ga usah berharap nanti kita punya ini kita punya itu, syukuri aja yg TNI punya skrg, yg pnting nasionalisme kita ga kendur sedikitpun

  16.  

    apa harus nunggu tiongkok meluncurkan rudal dulu ke Indonesia biar pertahanan negara di “geber”?

  17.  

    LEBAY (lemes bray)

  18.  

    Duitnya dibuat bangun Trans Sumatera, Trans Jawa, Trans Papua, pembangkit listrik, kreta di kalimantan dan sulawesi… jembatan baru dll.

  19.  

    hahahaha…. gw bilang juga apeee…??? negara kita duitnya banyak. Dari maneeee…?? bangun udah, jangan kebanyakan mimpi. Kerja kerja..!!

  20.  

    Menunggu tambahan dari pajak cukai tembakau nih 😛 sabar ya…

  21.  

    Ayo “Ngapusi” lagi bbm udah naik katanya ekonomi akan bagus rakyat manut…
    plastik berbayar rakyat manut….
    kerja di pajakin rakyat manut…

    kok ekonomi gak baik2 juga,sama aja dengan jaman dulu…

    ada yang aneh di INDONESIA ku ini…

  22.  

    Seandainya aku jadi Panglima ,aku akan mendirikan BUMTNI ( Badan Usaha Milik TNI) yang mana keuntungannya untuk memenuhi kebutuhan alutsista dan lain sebagainya.

  23.  

    Su35 sudah deal.tenag aj.g ngaruh pemangkasan anggaran.

  24.  

    pangkas..pangkas terus sampai nol,sungguh ironi,semoga masih tercukupi

  25.  

    Hehehe lha apa anggaran pertahanan tahun 2016 ini sudah habis Pak kok ampe bisa menunda pembelian Alutsista baru, apa iya Anggaran yg mencapai 100T Itu semuanya hanya digunakan utk kesejahteraan prajurit saja? Ato jumlah Nominal yg mencapai Ratusan T itu hanya angka di Kertas saja

  26.  

    Ada yang aneh ini… katanya perekonomian di jaman Jokowi sudah membaik… ternyata hanya pencitraan ya… hahahah… sakit perut saya klo ingat hal itu…

  27.  

    ini yg ane bilang td pagi, buat seremoni program bela negara anggaranya ada pdhal cm acara baris berbaris dan nyanyi2. tdk prpduktif pemborosan dan rawan korupsi. drpd acara2 seperti itu mending beli dipakai beli senjata keliatan wujudnya.

    •  

      bung @boss inget lagu Indonesia Raya, “Bangunlah Jiwanya, Bangunlah badanya” penguatan karakter bangsa lewat progrem BN jg sangat penting, apalagi perang skarang lbh modern,,,ingat Indonesia negara demokrasi, & rata2 negara demokrasi dihancurkan dr dlm

      •  

        Oportunis apa maksud anda Bung Wijaya. Yg oportunis adalah orang2 yg memilih capres dari sipil tulen yg berjiwa sipil murni (yg jelas2 jika capres ini terpilih, apa2 yg berbau militer dipinggirkan), kemudian orang2 ini dengan entengnya hilir mudik di forum2 dan blog2 militer sambil menunjukkan gaya penghobi militer dan pecinta alutsistanya. Mereka inilah yg oportunis. Dan anda termasuk diantataranya Bung Wijaya.

  28.  

    ndon miskin kah kah kah

  29.  

    “Ya kena semua. Sekarang ini berapa triliun lagi gitu setelah kemarin Rp 2,8 triliun. Jadi kita akhirnya menunda beberapa pembaruan Alutsista,” ujar Ryamizard

    Kemenhan bukannya nya ga akan beli alutsista tapi ada beberapa yang di tunda dulu

    Positif thinking aja dulu liat 2019 tar apa aja yg udah di beli

  30.  

    Media sekarang tak ubahnya seperti media pada masa ORBA, klo dulu digunakan oleh KEKUASAAN untuk pencitraan, klo media sekarang digunakan PARTAI untuk pencitraan pemerintah…

    BULSHIT semua…

  31.  

    Ironis sebagai bangsa yang kaya akan SDA tapi keadaannya SENGSARA. Oleh karena itu tingkatkanlah kemampuan SDM nya untuk mengelola SDA yang ada. Negara kita ini bagaikan “ENTOG NGOJAY DI SAGARA HAYANG NGINUM NEANGAN CAI”.
    Kok di komentar warjager sekarang jarang terdengar semboyan patriotismenya?

    NKRI HARGA MATI.

  32.  

    Ya kena semua. Sekarang ini berapa triliun lagi gitu setelah kemarin Rp 2,8 triliun. Jadi kita akhirnya menunda beberapa pembaruan Alutsista,” ujar Ryamizard di Kawasan Silang Monas, Jakarta, Selasa …

    Coba kita lihat sebelum kata alutsista ada bagian kalimat “menunda beberapa pembaruan …”

    Yang ditunda adalah PEMBARUAN artinya penggantian yang lama ke yang baru.

    Dan itu pun hanya BEBERAPA saja, lha pembaruan yang lain ? Ya jalan terus.

    Selain itu ada lagi paragraf ini :

    Ryamizard menjelaskan bahwa meski tak menggangu pembelian Alutsista, namun Kementerian Pertahanan harus melakukan penghematan. Menurutnya, proyek pengadaan Alutsista harus ditunda hingga periode berikutnya.

    Ada kata-kata TAK MENGGANGGU PEMBELIAN Alutsista namun ada juga kata-kata PROYEK PENGADAAN ALUTSISTA HARUS DITUNDA.

    Pak Ryamizard senantiasa membuat pernyataan yang ambigu (memiliki dua arti yang saling berlawanan).

    TAK MENGGANGGU KOK DITUNDA ?

    Pengertian kita : kalau ditunda pasti mengganggu dong…

    Jadi arti kalimat Pak RR bagaimana ?

    Alutsista yang tidak terganggu pengadaannya adalah alutsista yang strategis yang mutlak perlu pengadaannya. Misal penambahan kapal selam, pengerjaan PKR, penambahan pesawat MPA C295 (malah pesan 2 unit lagi), pengadaan pesawat amfibi untuk pemadam kebakaran, pengadaan pespur PEMBARUAN pengganti F5, pengadaan pespur untuk Kohanudnas, pengadaan PEMBARUAN pesawat tanker untuk isi BBM di udara.

    Yang juga tidak terganggu pengadaannya adalah juga alutsista yang sedang dibuat / sedang dikerjakan proyeknya. Misal pengadaan pesawat FA-50 untuk memenuhi TOT KFX, pengerjaan proyek pembuatan prototipe KFX.

    Dan alutsista yang ditunda proyeknya adalah alutsista yang belum begitu perlu diadakan alias masih bisa dijalankan fungsinya oleh jenis alutsista yang lain.

    Misalnya penundaan pengadaan Klewang Class (yang satu unit sedang dikerjakan jalan terus namun yang tiga unit lain masih ditunda), mengapa ditunda ? Sebab masih bisa dihandle oleh KCR 60meter.

    Pengadaan pembelian A400 misalnya sebab masih ada pesawat angkut yang lain yaitu Hercules.

    Penundaan karena belum ada kejelasan barangnya misal pengadaan beberapa puluh unit IFX misalnya karena prototipenya pun belum nongol.

    •  

      Mereka perlu kursus menggunakan BAHASA INDONESIA yang baik dan benar bung… Ngaku aja orang Indonesia, Menhan lagi… tapi sayang… bahasa masih kacau… kasihan negara tetangga yang sudah pusing terjemahin bahasa indonesia ke bahasa negaranya malah setelah diterjemahin semakin pusing memahami arti dan maksudnya 😛 hahaha

    •  

      Bung bung saya kapok janji janji bung …saya insyaff bung gak saya ulangi lagi..saya bilang pertumbuhan ekonomi 7% dan armada laut yg jaguh dan gahar…itu saya khilaff bung…maafkan saya..suerrr saya cuma terlalu pengen indonesia cepet maju tapi apa daya..ekonomi china slow down dan dunia lagi anjlokkk melorottt..

      Maafkan saya..wakakaka…

    •  

      anggaran patroli 2,5 kali lipat dari anggaran pengadaan jasa dan barang, anggaran suku cadang dan BBM 2 kali lipat anggaran pengadaan jasa dan barang

    •  

      Bung TN memang begitu klo makan baso dtelen bulet2….kasi tau bung cara mkan baso yg baik dan benar biar gk keselek (ama media)

  33.  

    Ditengah krisis gini kok malah dipotong, apa gak berpengarus sama stabilitas kawasan …
    Indonesia pasti akan dianggap lemah dan tak berdaya, jika itu terjadi maka kita akan mudah di serang oleh negara lain …

  34.  

    Email orang nyangkut
    Sepertinya pak Menhan sengaja menyampaikan statement seperti itu biar warjager kucewa wkwkwkwk
    Yg sabar ya,org sbr itu di sayang Tuhan loh hehe…

  35.  

    Apa nya yg ditunda??… beli aja belom..sy udah ga respect ama menhan skr, ga ada greget nya jd seorang mentri pertahanan…wis laah..mau ditunda kek, mau di jual kek, mau dibatalin kek, mau ga jadi beli kek….masaaaaa bodoooo….!! Ga uruusss lagiii…urusin aja sendiriiii…

  36.  

    Kita harus yakin bahwa Alutsista yg strategis pasti di beli oleh p RR,jgn terlalu serius menanggapi berita2 seperti ini,santai sj bro..

  37.  

    Tuku alutsista critane kayak sinetron ae… wong produsere kakean akting dadi ceritane yo mbulet ngalor ngidul…

  38.  

    Jangan Merokok bro..Pahiiit…

  39.  

    Pak RR kan bilang “Tidak mengganggu pengadaan alutsista” ya berarti pengadaan nya jalan trs dong. cuma perlu penghematan sampai ekonomi membaik. berdoa aja semoga ekonomi kita membaik. positive thinking dulu lah jangan langsung KO gitu.

    minum kopi campur potas biar hati adem

  40.  

    PHP lagi

  41.  

    apa kabar Tax Amnesty?

    •  

      Dengan sangat sedih bung…gak sampe target..

    •  

      Iya katanya sampai ada 2000 trillion masuk dengan tax amnesty…plus sudah 2 tahun bbm tidak disubsidi, lpg yg 12 kg tidak ada subsidi, listrik hanya 900 kva yg disubsidi. Apbn naik sampai 2000 trillion, tp utang di jaman jokowi jg naik yah? Jd kemana duit2nya ini? Mungkin disini ada yg bisa menjelaskan ke saya yg ngak mengerti?

  42.  

    pertamax

  43.  

    tunda terus sampai kiamat

  44.  

    Blegudhug, monyor..monyor..
    Monnyorr..monnyorr..

  45.  

    Blegudhug, monyor..monyor..
    Monnyorr..monnyorr…

  46.  

    Y mungkin nunggu gedung DPR kena rudal,baru anggaran militer dinaikkan berlipat2.Hmmmmm

  47.  

    TONG kosonG NyarinG BunyinYa….

    GedaBruS ToK ReziM e Mbah Bowo InI..

    NyeseK mlulu.. Raja PhP.. Gak Usa Ngarep Su-35 ,, Pakek Dron ae.. Bli Di toko online murah..

  48.  

    Ga masalah. waktunya fokus ke pengadaan kapal selam sama skyshield saja

  49.  

    Kan saya udah pernah bilang jgn berharap su35 ke beli.. Lawong negara kita tak ada uang… Terus beli dari duweke sopo……. Gini kok mau jadi macan asia.. Apabila negara kita di serang pasti lembut Tni kita.. Cuma gara2 orang2 mafia

  50.  

    Kecebong jagoan kebanyakan janji dulu … wkwkwkwk makan noh kecebong janji nabi luh. Wkwkwkwkwkk

  51.  

    TAI kbanyakan GAYA.bisanya KOAR KOAR mulu ke publik ngeyakinin PASTI.ga ada bukti PREEETT

  52.  

    solusi mulai dari subsidi bbm udaj
    tax Amnesty udah
    pajak udah
    ngutang sana sini udah
    penambahan investor asing plus tenaga kerja nya udah
    cukai rokok (mau)
    tp msh begini…
    kira2 apa lagi yah solusi ekonomi yg mau digunakan ???

  53.  

    Jamaah goibiyah pada pisan…..

  54.  

    kbanyakan GAYA.bisanya KOAR KOAR mulu ke publik ngeyakinin PASTI.ga ada bukti PREEETT

  55.  

    gw bingung ko di jaman jokowi belum Ada pembelian alutsista yg gahar..?? beda di jaman pk sby.. bnyak belanja alutsista.. gw kngen jmn pk sby.. ayo pk sby jd presiden lg…

  56.  

    Orang tidak waras pun akan berpikir : ” Untuk menjadikan TNI 10 besar terkuat/terbesar di dunia, beginikah caranya ” ………. ???????????????????????????????????????????????????????????????????

  57.  

    alasannya mgkn fokus utk pembangunan infrastruktur, tp klo bnr terjadi perang apa gak sayang tuh infrastructur ancur di bom musuh dan gak keburu dihalau sama s300 dn su35. ntr alesannya kan kita gak pnya musuh, cape dech.. ! kalau mau damai hrs siap perang jendral..!

  58.  

    Ha ha ha haa…
    Silakan dihitung lagi bung, biar harapan makin melambung..

    http://jakartagreater.com/?s=ayo+mari+berhitung

  59.  

    haha..janji mulu tuh duit rakyat pada di kemanain?? bangun oyy bangun

  60.  

    segera arahkan rudal rudal dr cina kegedung DPR,terbangkan pswt2 tempur dr cina dn pangakaln2 usa yg disekitar indonesia untuk menyerang indonesia,,dgn begtu mungkin smua akan teriak percapat pembelian pesawat2 tempur kelas berat dan pembom2 jarak jauh,sgera dtgkan rudal2 jarak sedang dan jauh,sgera belanja kapal selam dan destroyer sbanyak2 nya,bila perlu segera dtgkan nuklir,sya tak peduli sbrp pun duit harus kta beli…!!!mungkin gtu ya biar pd smangat,,,,??berdoa aja cina makin agresif dan negara2 tukang claim makin berani cr perkara keindonesia,malaysia keliatan diam dn tenang,,tp liat sja ktika nanti indonesia diserang oleh 1 negara,maka bs djamin 100% negara maling itu akan ikut bergerak menyerang indonesia

  61.  

    kita lihat saja seperti apa alutsista dlm 1 thn kedepan, terutama utk pengganti F5. apakah ada kemajuan atau tdk.. kalau tdk mgkn mentri satu ini layak di reshuffle. masih lbh cerdas & visioner panglima TNI kalau dilihat dari pernyataan nya.

  62.  

    Ditunda, bukan dibatalkan…

  63.  

    berhenti sejenak lebih bijak dari pada memaksakan diri tapi kondisi dalam negeri amburadul, toh kita tidak dalam kondisi mau perang dengan siapapun jadi ada benarnya utamakan pembangunan infra struktur di daerah hingga pedalaman dan perbatasan toh kalau rakyat dipedalaman bisa jual hasil bumi dengan mudah dan harga bisa bersaing karena biaya transport murah mereka jadi makmur, contoh konflik India dengan Cina. India pasang macam2 senjata diperbatasan tapi jalan keperbatasan tidak ada, Cina utamakan bangun jalan jembatan dan macam2 infrastruktur pendukung, kalau pecah perang Cina dalam hitungan jam bisa kirim tentara dan senjata ke perbatasan sementara India masih bingung gimana caranya kirim tentara dengan cepat ke perbatasan, mau diangkut pakai pesawat gak ada bandara, kirim pakai helikopter jumlah angkut terbatas belum resiko cuaca buruk dan seabrek kendala, kita sebaiknya bekerja bekerja dan bekerja saja dari pada mimpi2 punya senjata hebat tapi rakyat melarat dan hidupnya disangga oleh negara tetangga…..sabar broe….kalau kita makmur beli apa saja bisa tinggal bungkus….

  64.  

    Ikan belanak dibawa bawa
    Nak dibuat sigulai pedas
    Banyak cakap banyakla bual
    Hasil kerje tak ade yang jadi….

    Hadeuhh….. mak mano ni… kalah banyak kito.

  65.  

    semoga saja hanya sebuah upaya dummies untuk menutupi realita yg sebenarnya.. Kebenaran biasanya terpatri dari yang tersirat..

    Pengadaan ALutsista unpublished tetap jalan sesuai plan

  66.  

    Pertahanan Negara = Harga Diri Bangsa..

  67.  

    Gak bisa move on , kacian kaciannnn. Yakinlah pak jokowi akan naikkan anggaran tni , hanya ini rahasia negara yg gk mungkin diungakap ke publik

  68.  

    gampang solusinya..‘ternak tuyul‘yg banyak.hasilnya buat beli alutsista.ngono ae kok repot amat.

  69.  

    xixixi….
    masih ingat kasus penyadapan bpk besar,ibu besar dan bbrp menteri strategis dlm kabinetnya dlu?
    coba di inget2…

  70.  

    Berhasil pihak intelijent asing mrusak pendapatan negara… Yg akhirnya banyak juga dbatalkan dan di tunda tuk pembaharuan alutsista…
    Pdhl jika di pikir… Pajak bea cukai rokok… Katanya lebih 120 triliun pertahun… Jika nya di khusus kan tuk pembaharuan dan opeasional alutsista dan pertahanan…

  71.  

    SABAR 2 kemungkinan pesawat ini yg akan masuk ke indonesia..

    https://www.youtube.com/watch?v=7TKcRSsc_KM

  72.  

    Sudah kuduga….

  73.  

    kalo berita begini deh pasti rame, horeeee kos kosan rameee…
    Berarti pembaca nggak bisa memahami arti yng tersurat dan tersirat nih

  74.  

    Kangen dg sepak terjang…pak Poer,pak Moel dan pak Syaf… dibawah kepemimpinan bapak besar…

  75.  

    BOOOOOSSSSIIIIIIAAAAAAWWWWW………

  76.  

    Kita ternyata gak punya uang…

  77.  

    Biar gak stres..marilah kita merokok sambil nyeruput kopi susu. Coba bandhngkan..orang yg merokok biasanya suka berteman & suka berbagi. Sedangkan orang yg tidak merokok biasanya PELIIIITTT banget & suka mengambil hak orang lain. Betul..?!

  78.  

    Weeeiiisssss…..kok banyak komen yg bully pemerintah sekarang. Kalo ada berita bagus langsung di puji2. Ini yg dimaksud diskusi yg kurang sehat.

    Ya wajarlah dipotong anggarannya klo emang defisitnya terlalu jauh. Kan sdh dibilang bahwa pemotongannya tdk mengganggu / berpengaruh pd pengadaan. Masih 3 thn lg bung, masih banyak keajaiban yg bisa terjadi di 3 thn mendatang. Jd jng keburu membully pemerintah, dr pd nantinya ternyata tuduhannya tdk terbukti.
    Yg penting kita berdoa saja negara selalu aman dan damai sejahtera.
    Salam damai

  79.  

    Bibirnya belepotan apa itu rin? Mirip cairan apa gitu..

  80.  

    Jika Negara RI mau berjaya, anggaran gaji anggota DPR yg pantas di potong bukan anggaran pertahanan Negara. Sejauh ini kinerja mereka (DPR) tdk terealisasi secara nyata terhadap masyarakat, mereka hanya bisa menuntut kesejahteraan yg lebih, melakukan rapat pleno sebagai dalih utk menghabiskan kekayaan Negara sementara masyarakat masih banyak dibawah garis kemiskinan.

  81.  

    ( presiden sukarno ) EKONOMI PARAH ko bisayah sampe getar getir tu yg ngintai,,,????
    sekarang alasannya macam macam,,,,,
    NGA ADA MUSUH ( Sipadan dan Ligitan + timtim melayang )
    truss LAGI NGA PERANG ( papua di obok-obok )
    NETRAL ( kekayaan di natuna dimintain jatah )
    apa lagi,,,,ntar kalau dah di serang baru beli,emang alutsista datang hitung hari apa..?
    JANGAN LUPA MILITER KUAT NEGARA TERHORMAT,,MILITER KUAT otomatis tak ada yg macam macam ama NKRI…aduh cape dehhhhhh…potong anggaran apa mau dikata….ngarap-ngarap cemas aja,,,JANGAN SAMPE TERLAMBAT,,

  82.  

    Otak lu tu yg perlu dibersihkan isinya kok cmn benci n caci maki…. klo emg pendukung berat Jokowi jgn tuduh pihak diseberang ingin mengganggu Pemerintah. Tdk semuanya yg tdk suka Jokowi pasti benci Jokowi….banyak2 berdoa, banyakin piknik, kurangi baca berita yg tdk berimbang biar otak lu waras dan bs melihat yg benar itu benar yg salah itu salah. Yg namanya di caci maki, dituduh, difitnah itu sdh sarapan sehari2 pelayan masyarakat (pemerintah). Jd santai aja boss…. Salam dr Merdeka Barat NO 15….

  83.  

    bung @wijaya yg dibabar bung They terlalu extreem,plg tdk utk kondisi saat ini, lha wong kita ngimbangi efek pelemahan ekonomi dunia aja dah pontang panting,,,kenapa gak manfaatkan mayoritas Muslim dgn mendirikan Bank Zakat utk membantu pembiayan infrast dan sektor sosial, supaya gak utang mulu, 150trilyun cuma buat bayar bunganya,,,

  84.  

    Tenang semua alutsista gahar sudah terbayar lunas.. ^_^ (lunas ndas mu)

  85.  

    oh my gosh

  86.  

    ibu susi next presiden nkri 2019….!berani dan tangguh nasionalis tinggi

  87.  

    @mantap bung tukijo. di era demokrasi ini kritik adalh cek & balance thdp pemerintah, disaat media bungkam dgn kondisi yg ada. bukanlah benci tp sadar dgn keadaan yg ada. apa bedanya dgn zaman orba jika bersuara pun dihakimi ?

  88.  

    ada yg bilang diatas.. kemunduran ekonomi tidak ada hubungannya dgn anggaran pertahanan….. ckckckckckckk
    nih gwe heran … orang ngomong ky gini .. orang apa orang otanga sawah….???
    mungkinkh jika penghasilan berkurang tdk akn berpengaruh pd pengeluaran?????
    wwkwkwkkwkkkkkk skolah dimana sih ug koment ky diatas????

  89.  

    weleh weleh …

  90.  

    titik terang barang bekas makin bersinar, giliran beli yg anyar spek disunat habis2an, baru dipake langsung nyungsep semua, mulai tukino, KT1 wong belek & T50 golden duck crispy sukseeeesssss menghantarkan putra terbaik bangsa kembali ke Penciptanya

  91.  

    Hemat listrik, hemat air, hemat energi, hemat anggaran, hemat uang jajan… emang hemat pangkal kaya (kaya kiyeee).

  92.  

    maju kena mundur kena,tidak dipotong anggaran tidak mencukupin,hampir semua lini apbn tiap2 kementerian dipotong karena pendapatan tidak sesuai dengan pengeluaran.

    mengapa sri mulyani menawarkan paket hemat untuk apbn,kalo penghasilan pajak,eskpor impor menurun dan penghasilan menurun anda harus cermatin kalo penghasilan lebih sedikit dr PENGELUARAN(NAH INI sri mulyani dipanggil kembali)

    apakah elite2 politik (banyak duitnya katanya beribu2 trilyun rupiah)selain pengusaha class kakap adakah mau menyumbangkan uang ke bidang dephan?menyumbang artinya disini ikut tax aamesti

    tanyakan ke rumput bergoyang(opini pribadi saja kalo salah dimaafkan saja)

    salam damai selalu:)

  93.  

    bung tedjo van koplak gk nongol kemana yh biasanya selalu mengingatkan

  94.  

    Anggaran yang sudah di pangkas lebih baik di buat untuk maintenance, pengadaan spare part dan amunisi, pengembangan SDM serta alternatif teknologi pengganti. Kumpulkan orang-orang pintar se Indonesia untuk bikin satu pesawat tempur yang kemampuannya kayak SU-35 misalnya atau MBT sekelas Leopard misalnya atau buat satu rudal berhulu ledak tinggi yang bisa menjangkau Malaysia dan Australia misalnya. Pasti bisa…Bikin kapal canggih sudah bisa, kini saatnya garap yang lain.

  95.  

    to @ Bung Ubed diujung atas sy….
    Coba anda pahami kata2 sy diujung atas sana : Pak Jokowi adalah orang sipil tulen yg berjiwa sipil tulen….. Coba anda cermati karakteristik org2 ini menurut versi sy pribadi :
    1. Orang militer berjiwa militer, kategori ini bs msh militer aktif atau bs jg dah pensiun.
    2. Org militer berjiwa sipil. Kategorinya msh idem dgn yg di atas.
    3. Org sipil berjiwa militer. Kalangan ini jelas bukan dari kalangan militer, tp kebijakannya tak pernah menganaktirikan kepentingan militer.
    4. Org sipil berjiwa sipil (sipil murni). Kalangan sipil dan kebijakan militernya kebalikan dari nmr 3 di atas.
    Sukarno jelas masuk ke nmr 3 disebabkan tempaan sejarah berat perjuangannya untuk Ibu Pertiwi dan berdasarkan kebijakann dan pemikirannya ketika jadi presiden. Sedangkan presiden kita sekarang masuk golongan nmr 4 disebabkan kronologi sejarah hidup dan lingkungan kerjanya sebagai pengusaha, walikota dan gubernur. Dan juga jangan lupa…berdasarkan kebijakan dan pemikirannya skrg sebagai presiden.
    Jadi Jangan pernah menyamakan Sang Proklamator dgn presiden kt skrng dlm urusan militer. Sangat jauh.

    •  

      btw,

      berdasarkan argumen 1/ dan 2/ di atas, kesimpulannya malah : Jokowi orang sipil (atau presiden sipil pada umumnya) yg tulen berjiwa sipil justru akan MENINGKATKAN anggaran kemenhan secara signifikan dibandingkan presiden / orang militer berjiwa militer – bukan begitu ? ?

      artinya kesimpulan anda malah kebolak-balik…