Jun 192015
 

image

Jakarta – Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Malaysia Tan Sri Abdul Aziz Jaafar mencuit dalam twitternya bahwa ada 8 warga negara Indonesia (WNI) ditangkap di Vietnam. Apakah 8 WNI adalah perompak kapal tanker Orkim Harmony ?.

“Pukul 06.30 hari ini, ditemukan 8 WNI di Pulau Tho Chu di sekoci yang mengaku bahwa kapal mereka tenggelam. Investigasi masih berlangsung,” demikian cuit KSAL Malaysia Tan Sri Abdul Aziz Jafaar dalam akun twitternya, Jumat (19/6/2015).

Beberapa saat kemudian, Jafaar kembali mencuit dengan menyertakan foto 8 WNI yang ditangkap tersebut. “8 WNI ditemukan di Pulau Tho Chu tanggal 19 pukul 06.30. Kami masih menunggu konfirmasi dari otoritas terkait,” cuitnya.

Apakah 8 WNI tersebut merupakan perompak kapal tanker Orkim Harmony ?. Belum ada konfirmasi.

image

Sebelumnya, Wakil Dubes RI untuk Malaysia Hermono mendapat informasi bahwa 8 perompak sudah tertangkap di Vietnam. “Kami baru mendapat laporan bahwa 8 orang sudah tertangkap di Vietnam,” jelas Wakil Dubes RI untuk Malaysia Hermono dalam keterangan tertulis pada detikcom, Jumat (19/6/2015).

KBRI Kuala Lumpur berkoordinasi dengan KBRI Hanoi untuk mengkonfirmasikan laporan tersebut. Pihaknya juga membenarkan bahwa petinggi AL Malaysia menyebutkan perompak beraksen Indonesia. KBRI masih mencari tahu akan hal ini.

“Betul Panglima Angkatan Laut Malaysia mengatakan perompak berbicara dengan aksen Indonesia. Kami sudah minta KBRI Hanoi untuk konfirmasi,” tutur Hermono saat dikonfirmasi detikcom hari ini.

Kapal tanker Orkim Harmony membawa BBM setara pertamax plus senilai Rp 75 miliar. Saat ini kapal tengah menuju ke Pelabuhan Kuantan, Malaysia, dengan dikawal kapal perang AL Malaysia. Perompak telah kabur dengan sekoci dan melepas kapal beserta 22 ABK itu pada Jumat dini hari.

Perampok Amatir
Tanker Orkim Harmony milik perusahaan Malaysia tidak dibajak oleh pembajak melainkan amatir, yang tampaknya melakukan tindakan, lebih dari apa yang sanggup mereka perbuat.

Komandan Angkatan Laut Malaysia Laksamana Tan Sri Abdul Aziz Jaafar, yang dikutip Star pada Jumat, 19 Juni 2015, mengatakan delapan pelaku yang menguasai tanker, memohon agar AL Malaysia melepaskan mereka.

Jaafar menyebut para pembajak sebagai “pelaku paruh waktu dalam perjalanan perdana,” mengatakan pihaknya bertanya tentang tuntutan, namun mereka hanya meminta diberikan satu kapal, air minum dan makanan.

“Serta membiarkan mereka pergi. Tapi kami tidak dapat melakukan itu,” ujarnya. Para pelaku juga mengatakan tidak lagi tertarik pada kargo, 6.000 ton bahan bakar minyak (BBM) RON95 bernilai RM 21 juta.

Kapal perang Malaysia, KD Terengganu dan satu kapal patroli AL, terus membayangi tanker dari perairan Vietnam, Kamis, 18 Juni, dibantu dengan helikopter Super Lynx milik AL Malaysia.

Jaafar mengatakan para pembajak berbicara dengan aksen Indonesia, serta terdengar gemetar. “Tampaknya mereka hanya paruh waktu, dalam perjalanan perdana memasuki dunia pembajakan,” katanya.

Tanker yang dilaporkan hilang sejak 11 Juni itu, pertama kali dilihat oleh pesawat mata-mata P-3 Orion milik Australia, pada Rabu, 17 Juni, di perairan Vietnam.

Detik.com dan Viva.co.id

Bagikan Artikel :

  73 Responses to “Pembajak Tanker Orkim Harmony Beraksen Indonesia”

  1. Alamk,,,dpt pertamax

  2. Gak ada sangar sangarnya sedikit pun..huuhh!!
    Bikin malu jack sparrow ajaa..

    • KOK BISA YA 22 ABK kalah sama prompak amatir gitu???

      • ya kayaknya skenario nih. kalo pembajak beneran kok nggak ditembakin. malah dikasih sekoci. Ini bisa juga kan untuk buat imej seolah olah kita bangsa bajak laut. biar kita dihujat dunia. sehingga kita fokus ke sana dan melupakan pencerobohan mereka ke wilayah Ambalat. Lagian tampangnya krempeng tanpa senjata lagi. apa ya bisa membajak tanker segede itu. apalagi cuma 9 orang lho.

  3. Oh ternyata kapalnya dibajak amatir ya ?

  4. met petang

  5. Hahaha urus perompak amatir aja minta bantuan australi. itupun yang nemuin pesawatnya australi….. lalu apa yang bisa di banggakan dari tentara malon

  6. Itu baru amatirnya bagaimana kalau perompak profesional
    Hadeww… makanya jangan suka usil sama tetangga selatan jangan lagi mau di suruh melakukan provokasi, jangan lagi geser patok batas, jangan pernah klaim ambalat
    Karna pasus sudah di tempatkan di sana lon

    NKRI sebenarnya tau kok lon pelanggaran2 itu cuma sudah di kasih tau sama intelijen kalau malon sengaja di perintah sama FPDA biar NKRI ter provokasi supaya mau nunjukin yg goib2

  7. si malon bisanya apa sii
    ngejar prompak amatiran kelas bulu aja ga bisa. minta bantuan khan bisanya.. hehehe

  8. masak kostum timnas meley tapi logat indonesia

  9. Katanya dlu pasukan khususnya pernah membebaskan ABK kita saat kapalnya dibajak di Somalia, kok skrg dibajak di halaman rumahnya sndr kaga ada kabar Laskar yg jaguh jaguh itu

  10. Jack sporoww kw 16…

  11. “Setau saya juga banyak pembajak budaya indonesia yang beraksen “MAlaysia…”” So..??

  12. Paling juga gak bisa bedain melayu ama indonesia….kayak nya…bukan indonesia tuh..heeee…

  13. tulah atau karma
    tukang bajak kena bajak……xizizizixzi

  14. tu kan malon sma perompak amatiran ngemis ke australia

  15. pesawat australia p3 orion pasti melintasi indonesia nih utk melacak kapal malay, lain x jgn izinkan pesawat militer ausshit nkri, mereka2 ini negara2 licik indonesia harus berhati2

  16. Keterangan yg meragukan„ kl perompak amatir kok mbajak kapal tanker, bawa bekal apa y buat mbajak, permntaanya jg menggelikan
    Makanan minuman.
    Bs dibilang penghinaan ini, org indonesia kekur gan makanan..hahahaa wes mboh lah

  17. Dasar keturunan pencuri…

  18. Tak masuk diakal..
    Mungkin ini hanya pengalihan isu2 politik internal malingsia..
    8 orang amatiran lawan 22 abk terlatih (shrusnya khn sprti itu).
    Apakah benar kapal tanker bernilai 75 miliar tidak mempunyai pasukan pengamanan?, minimal satpam kek kali?
    Mana smg nya? Mana rpg nya?
    Sandiwara konyol yg sangat memalukan wni.

  19. Kalo sayasih yakin itu orang melesia sendiri, disuruh ngaku orang indonesia eleh oknum aparat meley

  20. Tanker yang dilaporkan hilang sejak 11 Juni itu, pertama kali dilihat oleh pesawat mata-mata P-3 Orion milik Australia, pada Rabu, 17 Juni, di perairan Vietnam.
    “la kok pakai pesawat ausit…. dan operasinya sampai vietnam? jangan2 keluar masuk ke indonesia tuh pesawag??..

  21. belum apa2 sudah menuduh pelaku wni…woi..di sini sering ketangkap tangan kurir dadah dari malonsia…tp kita ngak langsung tunjuk hidung ini perbuatan orang malay….kalau ada mau saja bilang serumpuun….serumpun matamu…

  22. Yg lucu itu ente,Di bajak amatiran aja ngrengek minta bantuan ausit,,,

    500jt bwt nebus wrga kami maah enteng,,,
    Paling yg terima duit udah d kubur, tp g d beritakan

  23. kok ai ngerasa ada yg aneh ya ama pernyataan petinggi AL malay….

    biar kata pembajak amatir tetap aja mereka kan tahu resiko ngebajak kapal, masa begitu ketangkep minta minum ama makan…?????
    Lah begal motor di depok aja klo ketangkep kagak minta makan ama minum karena udah ngerti resikonya kan….

    • semua itu pencitraan meley aja…. agar rakyatnya bangkit rasa nasionalisnya….. makanya diseret seret pula nama indonesia.
      yaa dari warjag sebelah salah satu ulah pejabat sana. dibuat ramai dimasukann twiter agar terkenal didunia.nih atm jaguh…. nagkap lanun dari indonesia …. mintaknya makan dan minum tintutan mereka …..

      heleh basi pencitraan kayak begini .
      kalo malon belajar pencitraan ayo kemari ….

  24. Banned aja tuh, sekalian blognya di Del,

  25. Ini juga banned

  26. Satu lagi politik busuk malay untuk ngejelekin RI di dunia Internasional.. begini kalo hati dah busuk maka perangaipun jadi busuk …

  27. Gak bs dibuka, sudah di DEL. Makan tu blog.

  28. TERUS KAPALNYA KEMANA TUH???? APA BENER YG DITANGKAP TU PEROMPAK???, JANGAN2 KAMBING CONGEK NANGKEP KAMBING HITAM AJ…

  29. Menghadapi Perompak RI aja udah minta bantuan kesana kemari apalagi sama TNI nya …

  30. maling tereak maling

  31. Hahaha.. 22 abk kalah melawan 8 orang amatiran? Gw aja sendirian sanggup nglawan 3 orang (klo tu orang amatiran lho) sekaligus. Padahal gw bukan TNI.. Cuman prnah bljr silat dikit sih.. Msk perompak kyk gitu dblang amatir? Ga salah tuh?

  32. Malingsial emang ayam sayur….

  33. Bilang amatiran untuk menutupi malu..masalahnya udah minta bantuan pesawat mata2 dr ostrali….ini menunjukan sifat pecundang yg sebenarnya..maklum negara jaguh se asia tenggara…

  34. trnyata warjager lbh pintar dr malay dlm mnyikapi pembajakan. banyak hal yg gak msk akal dikasus pembajakan ini. klo mereka amatir bgaimana mgkin bisa mrubah warna kpl scepat itu. klo dah bgini ceritanya ane dukung TNI ikut bantu memburu “perompak” abal2 itu n skalian di chek kbenaranya.
    usul buat malay, lain x sewa combatan yg siap mati jd skenarionya gak kliatan bahlul bgini. tp klo mreka tau resikonya diburu paskhas kira2 mau nggak.

  35. pisang mana pisaaang,, seandai nya pohon pisang bisa bajak kapa, pasti tentara malonthe baru berani

  36. malay tak tau malu mantan PM sendiri dibajak

  37. malay tak tau malu mantan PM sendiri dibajak

  38. Di bulan puasa pun mssih ada ayat berbau bangkai ya? Insaflah kalian..

  39. malay tak tau malu mantan PM sendiri dibajak

 Leave a Reply