Pembangunan Bersama Jet Tempur Generasi ke-5, Lanjut

ilustrasi: Su-57 Rusia. (Dmitry Terekhov via commons.wikipedia.org)

Magadan, Jakartagreater.com – India tidak menarik diri dari proyek bersama dengan Rusia untuk pengembangan Jet tempur generasi kelima, ujar Yuri Slyusar, presiden United Aircraft Corporation (UAC) Rusia, kepada TASS, hari Minggu, 19-8-2018.

“Kami terus mendiskusikan pembangunan bersama India untuk Jet tempur generasi kelima. Topiknya tidak tertutup. Telah dikatakan bahwa India menarik diri dari proyek ini. Tidak, mereka tidak,” katanya dalam sebuah wawancara dengan Deistvuyushchiye Litsa (Program Aktor Politik) di saluran televisi Rossiya-1.

“Saya sangat berharap pembicaraan kami akhirnya akan dimahkotai oleh tahap perancangan dan kami akan mengembangkan pesawat generasi kelima gabungan kami,” tambahnya.

Surat kabar Economic Times India mengatakan sebelumnya bahwa India berencana untuk menarik diri dari proyek bersama dengan Rusia untuk pengembangan Jet tempur generasi kelima, ketika Organisasi Riset dan Pengembangan Pertahanan India (DRDO) mengklaim ada kemungkinan untuk mengembangkan teknologi itu secara independen.

Kesepakatan pada proyek semacam itu dicapai pada tahun 2007. Jet tempur generasi kelima sedang dikembangkan atas dasar Jet tempur Su-57 Rusia dengan memperhitungkan persyaratan teknis pihak India. Direncanakan bahwa pelanggan adalah Angkatan Udara India. Nantinya, Jet semacam itu akan dijual ke negara ketiga.

Tinggalkan komentar