Aug 212014
 
Kapal Selam Chang Bogo Class (photo: military-today.com)

Kapal Selam Chang Bogo Class (photo: military-today.com)

Jakarta – Indonesia lewat BUMN, PT PAL Indonesia, berencana membuat kapal selam sendiri di Surabaya. Namun PT PAL membutuhkan suntikan modal pemerintah Rp 2,5 triliun. Untuk itu, Menteri BUMN Dahlan Iskan meminta izin kepada Komisi VI DPR, agar suntikan modal lewat penyertaan modal negara (PMN) Rp 2,5 triliun pada tahun depan.

“Ini keniscayaan. Kita harus bangun kapal selam tahap 2 di Indonesia. Nggak mungkin di tempat lain selain PT PAL,” kata Dahlan di depan rapat kerja dengan Komisi VI di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (21/8/2014).

Program pembangunan kapal selam ini sebetulnya untuk mendukung program Kementerian Pertahanan Indonesian. Kemenhan sedang mengembangkan kapal selam dengan menggandeng Korea Selatan. Di dalam program tersebut, ada produksi kapal selam yang nantinya akan dilakukan di tanah air maka PT PAL diminta membangun infrastruktur tersebut.

“Ini nggak kepentingan komersial. Ini kepentingan negara,” katanya.

changbogo-14

Sementara itu, Ketua Komisi VI DPR Airlangga Hartarto menerangkan, DPR ingin mendalami lebih detil terkait pemberian PMN untuk membangun fasilitas kapal selam. Pembahasan PMN untuk kapal selam bakal digelar lagi dalam wujud rapat pendalaman dengan manajemen PT PAL dan Kementerian BUMN.

“Pembahasan PT PAL agar dilengkapi datanya. Termasuk dana PMN masa lalu untuk apa,” sebutnya. (finance.detik.com).

https://web.facebook.com/JakartaGreater

  252 Responses to “Pembangunan Kapal Selam Tahap 2 Indonesia”

  1. Affirmative 😈

  2. asik

    • numpang….

      akhirnya proses pilpres selesai dgn aman dan tenang……….
      setelah melalui proses yg panjang dan berliku-liku bahkan kita rakyat terlalu lelah dan cape melihat proses pilpres yg tak kunjung usai……….

      buat pak jokowi dan pak yusuf kalla selamat atas terpilihnya anda sebagai presiden dan wakil presiden RI ke-7 priode thn 2014-2019 semoga program2 dpt berjalan lancar……

      buat pak prabowo dan pak hatta rajasa terimah kasih atas pemilu yg damai dan tenang karena kita lebih mementingkan bangsa dan negara yg kita cintai, kami masyarakat berharap bapak prabowo dan pak hatta turut mendukung pemerintah yg terpilih demi negara kita ini.

      indonesia adalah negrara besar tdk hrs meniru negara tapi kita turut serta memberikan contoh yg baik kepd negara lain terutama dlm berdemokrasi.

      • betul bung setuju…
        pemilih pemilu Indonesia sebesar 133juta memecahkan rekor Amerika yg 131 juta pemilih.
        Semiga tetap damai kedepannya dan presiden/wapres yg baru dpt membawa Indonesia ke arah yg lebih baik

      • Timsesnya No. 2 ya bung?. Masih aja topiknya pilpres, nggak kelar2..

  3. 2

    • DPR ini maunya apa sih ? PT PAL undah menyatakan bukan untuk komersil tapi urusan pencairan dananya terus di bikin pusing jadi emosi. kapan mau maju dipikirannya UUD (Ujung-Ujungnya DUIT). emang KUTU bayur

      • DPR pasti minta beberapa persen dari setip yg dianggarkan, jadi DPR itu butuh repormasi

      • Untuk pesangon cak….xixixixi.

      • jangan negative tinking dulu bung Gorbacep@…mungkin para anggota dewan ingin tahu segahar apa KS yang akan di bangun oleh PT. PAL itu…Kalau memang nantinya akan memiliki daya deterrent yang tinggi maka sepertinya tidak akan mendapat kesulitan, tetapi kalau speknya jauh dibawa milik sonotan dan sonora apalagi upil…akan sulit untuk mendapatkan dana PMN-nya…

      • mau dilihat dulu bung, potensi2 apa saja dari proyek ini yang bisa disedot uangnya…

  4. Memang DPR ini bikin naik darah mulu, mau majukan bangsa selalu bermasalah di nih lembaga.

    • Makanya jangan banyak makan makanan yg berlemak bung@Jalo biar darah gk mudah naik..!!!..hehehe

    • Banyak wakil rakyat yg tidak amanah menjalankan amanat seluruh rakyat indonesia, urusan uang/anggaran kalau ga dapat cepretan dri proyek yg akan dijalankan (walaupun itu tujuanya demi kemandirian bangsa sendiri) selalu meminta jatah komisi/uang jasa atas disetujuinya anggaran, kalau ga dapet pasti segala urusan di persulit.

      Mbulet ae…………. Urusan mudah menjadi susah, akibat ulah para wakil rakyat yg tidak amanah menjalakan aspirasi seluruh rakyat indonesia

    • Pokonya Anggota dewan yang menghambat pembangunan kekuatan Negara baik dari segi ekonomi, lebih lh militer , harus kita ingat dan kita publikasikan ke masyarakat biar kagak dipilih seumur umur, ingat anggota dewan yang terhormat kalian mewakili kami, jadi jangan macam2

      • Siap, saya sendiri pingin bisa masukan ke Kompasiana atau Viva blog, minimal yang banyak pengunjungnya dari kalangan umum….

        Saya juga lagi inventarisir anggota hewan dan pejabat kita yang punya kebiasaan aneh bin nggemesin bung, kalo ada temen-temen yang bisa share photo atau link lumayan bisa bertaji nanti artikelnya….

    • pasti didukung kok bung. ini duit rakyat harus dipastikan lari ke mana dipakai untuk apa.
      hanya karena alasan pembangunan hankam bukan berarti perencanaan dan pengawasan longgar.
      lagipula anggota dpr itu kan pilihan kita. lha kok kita bisa salah pilih menghasilkan wakil rakyat yg seperti itu. berarti kita kurang cerdas dong.

      yg ga jujur dan suka bermasalah bukan hanya dpr kok. birokrasi dan bumn kita juga sama saja (secara tidak langsung saya mengatakan, inilah orang indonesia, banyak yg ga jujur, suka mempersulit hal yang seharusnya mudah). hanya saja mereka jarang menjadi sasaran/obyek pemberitaan media.

      awal masuk pns dan bumn (pelabuhan), beberapa teman saya yang alumni perusahaan multinasional mengaku stress. birokrasinya ruwet, sitem amburadul dan banyak mark-up.

      (pendapat saya yang awam)

      • Setiap kamu adalah pemimpin dan setiap kamu akan ditanya tentang kepemimpinannya.(HR.Bukhari dan Muslim)
        Selain dajjal ada yg lebih aku takuti atas umatku dari dajjal..yaitu pemimpin yg SESAT.(HR.Ahmad)

      • PMN=adalah penyertaan modal negara, jadi modal untuk usaha PAL untuk menjadi industri setrategis pertahanan akan meningkat, kasel cangbego tu rencananya dibuat di dalam negeri untuk kemadirian bangsa.

        • yaaaaa mungkin kalo PMN ini gagal jd menhan beli kapal ke luar
          trus oknum di tempurung kura2 bakal basah lagi bung
          *kabur ke hutan takut di karungin

        • 2,5 trilyun bukan dana yang sedikit…kahati-hatian anggota dewan itu adalah hal yg wajar karena itu menyangkut uang rakyat..mudah2an saja tidak ada maksud lain dari anggota dewan dalam PMN ini ke PT PAL

      • seumur hidup saya belum pernah mencobllos atau memberikan pilihan untuk anggota DPR, karna semuanya penipu.. sehebat apapun seorang presiden Indonesia, maka tidak akan jadi apa apa jika tidak menurut apa kata DPR.. seorang presiden sedikiiiiiiit saja ada salah, pasti dihujat, dihina atau apalah… bagaimana dengan anggota DPR..??

        • Jauhkanlah diri kamu daripada sangka (jahat) karena sangka (jahat) itu SEDUSTA-DUSTA OMONGAN(hati).(HR.Muttafaq alaih)

          • Khusus anggota DPR itu bukan sangka bung Preman, tapi ilmu pasti 🙂

          • tul.. 🙂

          • ”Tahukah kalian apa itu ghibah? Jawab para sahabat : Allah dan rasul-Nya yang lebih mengetahui. Maka kata Nabi saw: “engkau membicarakan saudaramu tentang apa yang tidak disukainya. Kata para sahabat: Bagaimana jika pada diri saudara kami itu benar ada hal yang dibicarakan itu? Jawab Nabi SAW: Jika apa yang kamu bicarakan benar-benar ada padanya maka kamu telah mengghibah-nya, dan jika apa yang kamu bicarakan tidak ada padanya maka kamu telah membuat kedustaan atasnya.”(HR Muslim/2589, Abu Daud 4874, Tirmidzi 1935)

          • hihi….hari gini masih sajaa, memangnya bung itu buta ya selama ini para anggota dewan itu pada korup?? apa memang bung@preman ini bagian atau salasatu dari anggota dewan.. atau DPR?? sekali lagi mohon maaf buat Bung@preman, tolong jangan bawa bawa agama untuk perbandingan para anggota Dewan yg terhormat.. terlalu tinggi bung

          • wkwkwkwk..@caovu..Makanya jangan ngatain orang PENIPU dan suka menuduh orang klo gk ada bukti,kamu tu sudah kena pasal pencemaran nama baik tau,klo hukum agama bener tu kata bung preman,SOK SUCI LO..!!!!!!!!!wkkwkwkw

          • laaaah.. itu para anggota DPR napa pada ditankapin sma KPK dan ditahan kalo tidak terbukti, mana mungkin masuk jeruji, hihihi… lucu yaa om@BIANG GOSIP
            pleeeeeeeeeeeeett… aaah 😛

      • Beginilah wajah para pemimpin produk orde baru hasil dari KKN, harus menunggu satu generasi lagi supaya budaya mempersulit yg sdh mendarah daging di tubuh pemimpin tsb hilang. Sabar saja, nanti satu persatu akan matek, kalau tidak sabar mungkin harus dukung reformasi mental.Xixixixi.

        • Interupsi bung pitik, yang korrup sekarang bukan hanya produk orba tapi semua produk bung, tukang parkir pun corrup…retribusi parkir yang rp. 1.000,- mereka narik rp. 2.000,-, sopir angkot, kenek, buanyak lah…selama sistem dan kesempatan di tambah niat maka sempurnalah corrupsi itu..

    • “aku bisa saja membun*h semua anggota DPR, tapi sengaja aku sisakan
      sedikit agar kalian semua tau seperti apa mereka dan mengapa aku
      Membenci mereka” -adulf ngiler

    • ABPN tidak akan disahkan jika DPR belum mendapat persekian persen, pusat ataupun daerah “APBD”, sama saja.. dan ini sudah jadi rahasia umum, mana ada wakil rakyat yg amanah, itu hanya pembohongan publik.. jangan mengatan harus jujur dengan perkataan, tp harus jujur atas nurani..

    • santai saja bung JALO@ ,,MUDAH2an Presiden ir h jokowi ..bisa tegas ama dpr ,,ya kalau keberadaan dpr bertentangan gdn konstitusi dan uud ,pancasila bubarin saja..,,moga2 fikiran pak presiden gak terkuras ama dpr ..jadi bisa fokus pada kemajuan industri mandiri..
      bung jalo@ ,,boleh gak aku kerja tempat bung jalo@ ,,gak digaji gpp asaal bisa mengabdi..ehehe ya bagian dapur boleh juga bikin kopi aku jago..wkwkwkkw

      salam hormat @diego@jalo

      • Baru baca, kerja di tempat saya… Saya aja pengangguran bung waduh, hehehehehe bercanda. Mengabdi tidak hanya harus kerja di tempat saya bung, kita sebagai masyarakat juga bisa mengabdi dengan mengikuti peraturan yg sudah di atur UU. Coba colek bung Diego atau yg lain, kalau saya cuman bawahan di kantor bung, 😀

    • jd igt wktu anggota dewan yg trhormat tu mnta dbuatn gdung baru..yg da fsilitas spa & sglamacem tetekbngek ny….
      kursi impor super mhal…smpe2 fsilitas toilet pgn yg kwalitas super…kyk pd mu tidur d wc aja.

      • Ga salah kalau kursi banggar banyak diperebutkan, lengkap sudah yg dicari didunia. “Harta ,Tahta dan Wanita”,

    • Gimana kalau dijadikan sasaran latihan tembaknya Leo? .. 😀 .. peace .. just intermezo. Btw adakah kabar terbaru RKX atau RCWS? Trims.

    • Orang yang kerja di proyek konstruksi sudah paham betul tingkah lakunya para wakil rakyat dan para kepala daerah (dari gubernur sampai bupati), 99% busuk semua jadi jangan harap ada infrastruktur yang bagus di Indonesia simply imposible. Kebetulan juga saya mengetahui aib salah seorang menteri yang duduk di salah satu posisi strategis dikabinet sekarang, ia menyembunyikan hasil korupsinya dengan menitipkan pada saudara teman saya dalam bentuk aset emas batangan, tanah dan properti dengan atas nama orang lain. Didunia pendidikan juga sama, dari selevel sekolah sampai pendidikan tinggi banyak tenaga pengajarnya yang korup terutama di universitas negeri dasyat sekali korupsinya dan itulah mengapa pendidikan di Indonesia menjadi mahal dan tidak maju – maju walaupun sudah diguyur dana trilyunan. Bayangkan, jika para pendidiknya saja sudah korup lalu bagaimana dengan anak didiknya. Satu yang pasti perubahan itu harus dimulai dari diri dan rumah kita sendiri, didiklah diri kita dan anak anak kita agar tidak bermental kotoran dan kaleng rombeng. Karena sesungguhnya kita yang sudah dewasa ini adalah jembatan masa depan bagi negeri tercinta kita ini dan generasi selanjutnya.

      Salaam.

  5. moga dananya cepet terkucur……..

  6. Semoga ilmu silat pak DI masih manjur di dpr..
    ” sing ngantuk ora oleh komeng “

  7. Moga moga lancar…Lanjutkan….!!!

  8. Salam kenal warga bAru

  9. 10 besar ra po2..

  10. dah dibilang demi kepentingan negara bukan komersial..ngapain lagi didalamin..2,5t dikit lho klo lihat kedepannya..coba bandingin ama dana buat subsidi bbm..sori kesel dikit..ini buat kemajuan negeri sendiri bukan buat siapa2..

  11. Lah aku entuk opo..jare DPR…mosok anginn tok…heee..maap…

  12. atur trussssssssssssss

  13. Met malam…..,
    Ijin nyimak…
    Warga baru.

  14. Asem ni dpr..

  15. Mungkin wakil2 rakyat diDPR ini cenderung males kalo masalahnya berhubungan dngan militer,,,masalahnya harus ati2 betul baru bisa dikorup,,,

  16. Tahap 2?…sepertinya ini utk jalur produksi baru ya?.. diluar proyek changbogo yg ke 3 yg akan di buat di PT.PAL. soalnya kalau gk salah jalur produksi utk CBG ke 3 kan udh ada?..kalau jalur prod baru berarti Indonesia ada proyek KS yg lain nih,…dgn siapa yaaa….?…sesepuh…pencerahannya donk…

  17. Mg dananya cpet cair… Demi kemajuan industri prtahanan dlm negri..

  18. Smoga PT.PAL segera di “suntik..”

  19. sudah, gk usah bangun kapal selam. Drone aja cukup kok. Kalau ada kapal selam musuh trdeteksi di perairan kita, cukup kirim Drone saja untuk menghabisinya….
    Drone the best….
    #sambilnangis

    • Dron drondrondron hayo beli beli dron dron dron tiit toot titt toott

    • sejak kapan dron bisa detak ks??

      • ACTUV di air kalo di darat Hound Dog tapi beritanya ilang. Udah bisa lari 60kmpj stabil mau di tingkatkan ke 100 kmpj. Bawaannya roket FFAR 70 mm guided.
        Makanya saya bilang drone untuk semua matra bukan cuman udara ajah. Kalo uav ato ucav ya udara doang. CMIIW

        • jadi yg lain lain sudah tidak dibutuhkan lagi..??? us aja masih butuh R22, f35, abram dll..
          apalagi Indo yg blm cukup disegala matranya..
          kalo memang harus semua matra pakek Dron, coba doong jagan ngomong doang beri percontohan beri pelatihan, kemampuan Dron buatan Bung@Freaxout itu sehebat apa sih..

          • Ya tetep butuh bung. Apa anda kira yang begituan musuh ilmu kanuragan bisa menang. Makanya keluhuran budaya kita diserang abis2an .Hehehe saya cuman ngelurusin drone itu apa. Timbang nanti salah kaprah. Tapi kalo suruh buat artikel nehi ane kagak bisa nulis kayak sesepuh disini. Bisanya cuman komeng. Jadi cari ajah di buku ato gugel sampe mata merah
            Pis ah jangan marah

        • kalo yang diudara dah biasa disebut drone, kalo didarat disebut “TERMINATOR”. 🙂

  20. Mantap Bener Kalau bisa buat Kapal Selem, bererti ndak udah sejajar dg Ausi. Mudah’an lontong Rasa Indonesia rasanya Makyus

  21. Saya mau nyumbang dana untuk pembangunan kapal selam ini, kemana ya harus saya transfer dana nya ?

  22. ayo… kita dukung PT PAL untuk kemandirian dan Ayo kita dukung DPR untuk mengawal Pembangunan Kemandirian…

  23. BERAKHIR sudah rangkaian Pilpres dalam pesta Demokrasi 2014.
    Ada yang gembira karena jagoannya menang
    Ada yang meratap dan sesak dadanya karena jagoannya kalah,,

    Menerima kabar Kekalahan untuk saat ini memang terasa lebih legowo dibanding saat mendengar kekalahan hasil Rekapitulasi KPU,ini artinya ratapan dan sesaknya dada tidak seberat saat itu dan lebih MUDAH untuk bangkit bagi rakyat yang merasa berseberangan,,
    Perjuangan dan mengabdi kepada negara tidak selalu harus didalam pemerintahan,Menjadi bagian Nasionalisme tidak selalu menjadi pendukung suatu kelompok pemenang ,,karena Mengabdi bagi rakyat itu adalah untuk bangsa dan negaranya,,

    Kepada INDONESIA kami akan selalu menjaga panji panji kebesaranmu
    Kami rakyat Indonesia sudah tidak memikirkan lagi perbedaan dari setengah lebih sedikit pemilih atau setengah kurang sedikit pemilih.. juga bukan saja rakyat yang golput pada pilpres kemarin,
    Kami Rakyat Indonesia adalah SEGENAP rakyat yang BULAT ,bersatu dan solid mendukung Indonesia ,,,bukan hanya mendukung kelompok,golongan ataupun suatu figur sesorang .,

    MERDEKA hanyalah suatu Jembatan,walaupun jembatan emas di seberang jembatan itu,
    Jalan pecah dua : satu kedunia sama rasa sama rata.. satu kedunia sama ratap sama tangis.,,

    “Innallahu la yu ghoiyiru ma bikaumin, hatta yu ghoiyiru ma biamfusihim”. ” Tuhan tidak merubah nasibnya suatu bangsa sebelum bangsa itu merubah nasibnya sendiri ”

    Selamat negeriku Indonesiaku kami akan kawal menuju Indonesia Jaya,

    • Jaya-lah Negeri ku,Bangkitlah Bangsaku,Majulah Tanah airku,Terbanglah Garuda-ku Dan Bersatulah wahai saudara-saudaraku.. NKRI JAYA…

    • Siap laksanakan…..kita kawal NKRI ini dengan segenap jiwa raga….!!!

      • ya..harus dibuktikan ucapanya bung mirza,,jgn sekedar ucapan

        nasionalisme adalah kebanggaan,,bangga bertanah air satu,bangga berbahasa satu ,bangga menjadi putra bangsa dengan menghargai hasil karya anak bangsa ,di bidang iptek ,sains ,atw di bidang lain,,sekurang apapun anoa bagi aku hebattt,,

        salam bung mirza

    • Mudah mudahan pemimpin yang terpilih sekarang adalah pemimpin yang amanah bung satrio.
      Bisa menerjemahkan keinginan rakyat ,bisa menjaga martabat bangsa
      Buka lapangan kerja seluas luasnya supaya tak kita dengar lagi rakyat indonesia yang menjadi babu di negeri orang
      Selama negeri ini masih kirim babu kenegeri orang sesungguhnya negeri ini sudah hilang martabatnya.

    • Nak,seorang KSATRIA itu pasti sendiri,dia tidak butuh teman,temannya dengan keyakinannya…meskipun kadang dikorbankan seorang ksatria tak akan dendam demi kepentingan yang lebih besar. Dia selalu berdiri didepan demi bangsa dan negaranya”

      • MUNGKIN AKU PERNAH KALAH DALAM PERTEMPURAN…… TAPI AKU PASTIKAN TIDAK PERNAH KALAH DALAM PEPERANGAN…

        • “Percaya deh, Tuhan ‘merusak’ lukisan kita karena Tuhan tau ada ‘lukisan’ lain yg lebih indah yg bisa kita buat…”

          • jujur aku takut..
            aku takut salah.. takut gagal..
            takut akan ketidak pastian, takut jikalau keputusan yg aku ambil akan membuat orang yg terkasih menderita..
            takut jikalau nanti tidak dapat menjawab semua tanggungan dan kepercayaan yg terkasih..
            dengarlah duhai hatiku yg sedang resah dan gundah..
            tiada yg kan tahu secara pasti apa yg akan engkau raih dan apa yg akan diambil dari genggaman tanganmu..
            orang pemberani bukan lah orang yg tidak pernah merasakan rasa takut itu..
            orang berani adalah orang yg takut dan tidak menyerah pada rasa takutnya..
            ia memutuskan untuk tidak takut..
            kuatlah hatiku… allah sedang menunjukkan cintanya kepadamu..
            maka sambutlah..
            Allahu Akbar ….Allahu Akbar… Allahu Akbar….

          • lepaskan bung
            kembalikan semua kepada yang Maha Berkehendak
            jgn kelamaan galaunya

      • bung bonex
        hehehe tulisan saya tentang ksatria pasti sendiri … ternyata disimpan yaa ,,,

        sama seperti tulisan bung nyai yang selalu saya simpan

        nyai says:
        February 15, 2014 at 3:43 am (Edit)
        @ Bung Satrio
        ehehehe… bahan lama diskusi kita awal puasa tahun (warung sebelah) lalu di beber lagi di mari…
        xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx
        selnjutnya cari aja sendiri
        hehehehe

        • bila mendengar kata ksatria selalu sendiri jadi ingat kisah arya danurwenda putra antareja

        • hehe 😀 masih inget aja kang SS 😀

        • saya dokumentasikan lengkap bung….

          heh ehehe….
          terutama LIST A1 dan daftar belanja…. ETA…estimate time arrival…
          macam pensil berbagai ukuran… yg dibawah langsung komando panglima tertinggi…
          lengkap pokokknya…

    • Salam Persatuan Indonesia, Jayalah NKRI, menuju NUSANTARA Jilid 2.

    • Siap Laksanakan….NKRI Harga Mati

  24. Mudah2n kedepannya Indonesia melalui PT. PAL bisa bikin kasel secara mandiri. Aamiin

  25. Mantap

  26. siap menagih janji yg pernah di sampai kan nya

  27. Semoga cepat jadi. Dan tidak ada hambatan yg berarti.

  28. Anoa tahap kedua ,,

  29. izin ucapin selamat bung diego@

    selamat kepada Presiden ir h joko widodo dan wakil presiden drs h m yusuf kalla ,Presiden dan wakil Presiden ke 7 2014 – 2019 ,
    selamat Pak presiden jokowi bapak dapat suriken 5 ,,Panglima tertinggi negara kesatuan rebuplik Indonesia.
    doa aku untuk mu Presiden semoga ALLAH SWT melimpahkan kesehatan,keselamatan kepada bapak dan dilimpahkan anugerah,rahmat dan rahim kepada bapak dan seluruh rakyat indonesia tentu saja rakyat indonesia yg menghargai putra dan putri indonesia ..amieen

    salam satu jiwa ,satu raga

    • Sekarang tugas kita mengawal pembangunan selanjutnya.
      1. Kawal jangan sampai Presiden kita yang baru lupa pada janji-janjinya
      2. Kawal jangan sampai Presiden kita sebaliknya justru tidak bisa bekerja efektif karena dijegal terus dari Senayan.
      3. Kawal jangan sampai Presiden kita dininabobokan si lidah panjang alias para penjilat terutama dari Petral, dari mafia pertahanan dan dari mafia impor lainnya…

  30. Pembngunan kpl selam mestix hrs trlksna,Jk kt simak Rusia lbh memperkuat kpl selmx ktimbng kpl prmukaanx krn Kpl selm lebih dahsyt efek deterjnx aplg Negara Kita yg dkli2ngi pulau2 jelas sngt memerlukn $kli tuk Prgerakn Mnyusup or Gerilya Laut..cm pndpt ank prbtsn aja Smoga DPR yg Sok Agung memahami prmslhn ini..

  31. Udaaa ndak usah bikin kapal selam ndak usah beli pespur gen 4++ ndak usah beli MBT, beli Drone sama Anoa aja.Sok2-an jadi pakar strategi perang,mau jadi wasit di arena matador lagi.giliran isteri diembat tetangga anak perawan di gondol kucing baru salahkan hansip yg ga becus ngeronda.vietnam membangun kekuatan militer agak belakangan krn murni kekurangan dana bukan krn prime minister yg besar mulut atau duit diembat petinggi negara/wakil rakyat.Disinilah perlunya revolusi semangat patriotik dan nasionalisme seluruh rakyat indonesia.Jangan jadi kaisar di dlm istana saja yg berlindung di ketiak maharani.tapi jadilah kaisar di wilayah regional atau sejajarlah dgn kaisar blok barat dan timur.

    • gak usah uring2an terus bung entar malah stroke, mending bersama2buka lembaran baru…

      • Gitu itu bung, jelek kan yah fanatik presiden. Hewan ajah di ajarin bisa pinter apalagi manusia. Tapi kalo ngga pandai2 ya kebacut

    • Sudah sehat kok bung danu,hasil racikan antangin cap 69 turki.hari ini negara jiran berkabung mayat penumpang MH17 mulai berdatangan.Dan hari ini juga kita berkabung,Mari kita mulakan lembaran baru.

      • Bung freaxout@ buaya dilatih dari bayi uda besar msh tetap nyaplok tuannya kok.

        • Jangankan buaya yang hewan liar. Lha wong anjing aja di tulungin bisa bales gigit. Kali ajah pak Wi seperti kacang yang lupa kulitnya. Kan yang milih cuman separuh lebih dikit jadinya dari separuh kurang dikit yang jumlahnya puluhan juta kalo sama sama do’a masak satu ajah ngga di kobul. Hehehe
          Kita kan cuman ngga suka megatron jahat soalnya tanya sama optimus prime dah. Sama, pendukung no 2 ngga suka lumpur padahal lumpur enak loh di pasar banyak yang jual harganya 1500-2000 rupiah per biji. IMSO in my sotoy opinion (punyanya dan sarkem)

          • nah gitu bung freaxout,

            puluhan juta kalo sama sama do’a masak satu ajah ngga di kobul,

            doakan duo J-J sukses 🙂

      • mantap bung Lek U-mar,

        buat apa susah, buat apa susah, susah itu tak ada gunanya… 🙂

        • Dari pertama ngomongin pilpres masak saya menjelekan pak Wi. Dalam eskalase politik sekarang skenario ontuk pak Wi lebih banyak timbang pak Wo. Kalo pak Wo cuman 2 md3 di batalin sama carikan cewek bahenol nerkom jgn sampe balik ke cendana. Tapi pak Wi waduh ane ke habisan omongan dah. Kalo sama pribadi pak Wi paling cuman 2 esemka sama transjakarta tapi di belakangnya hadew belum lagi si lumpur loncat pagar kesono. Belum kesandung koalisi merah putih yang mana pak Beye ajah susah di jamannya karena kita udah parlementer. Berat bung danu. Kalo masalah ekonomi sekarang perkiraan saya duit lanang bung danu. Kan baru belajar makanya smrawut. Kalo bicara ekonomi itu keliru besar tapi ngomong negara saya dukung sampe tiba waktunya orang indonesia ngga bisa bohong lagi insyaAllah ada masa bagi kita untuk itu, selama negri ini adalah negri orang2 yang punya Tuhan.

          • oya, si lumpur sepertinya gak diajak (kecuali dilengserkan dulu oleh rekan2 separtai),
            gawat nanti kecipratan lumpur, APBN lagi yang nanggung…

  32. smoga revolusi mental terjadi di indonesia . terutama bagi para pemimpin bangsa ini . Apalagi yang namanya wakil rakyat ……. hanya sebagai simbol saja, bertopengkan senyum dan kerendahan hati, tapi dalam nya penuh tipu muslihat dan kedengkian. Rakyat lah yg jd korban. Itukah wakil rakyat…..?!?. walau tak smuanya begitu, Tapi tetap tak mampu ato blom mampu menampakkan diri . mohon bila salah uneg uneg wong kampung . SALAMUN SALAM>

  33. Saya punya beberapa orang teman akrab di DPR RI…pernah sesama caleg 2009. sering terungkap dr kata kata mereka sendiri dalam setiap obrolan kami kalau dalam setiap keputusan di DPR merekaharus mendapatkan Fee. ongkos politik mereka untuk sampai ke sana mahal sekali…

    • memang sebenarnya harus dirubah ya bung laba2 sistem pemilu legislatif di Indonesia ini..tiap2 caleg ga mungkin ga keluar uang banyak, minimal itu nominal milyar dan itu bukan uang sedikit..jadi wajar ketika sudah menduduki kursi apa saja akan dilakukan demi balik modal..soal idealisme dan sebagainya ya menjadi nomor sekian..

  34. usul ma KPU yg bisa nyalon jd DPR mesti yg udah lulus wajib militer biar setidaknya wakil saya yg duduk d parlemen bisa merasakan nuansa bela negara bukan hanya sekedar ngerti bela negara.. maaf komen awam rakyat kecil tukang kridit

  35. ada brp unit changbogo yg dipakai tni al utk latihan?

    • kalo ndak salah ada 1000 sampe 2000 unit yang dipake latihan AL ….. # sambiltepokjidattetangga#

      • hahaha…. alhamdullilah di wilayah kita saat ini aman-aman aja Bung, yang lagi panas justru di Rusia sana, setelah KS Virgina Class nya mamarika tanggal 7 agustus lalu mencoba memasuki wilayah Rusia, tanggal 20 Agustus kemarin giliran KS Oyashio Class nya jepang yang mencoba infiltrasi ke wilayah Rusia, namun dua-duanya usaha itu gagal ketahuan hehehe… tujuan mereka apalagi kalo bukan memata-matai uji coba KS Rusia yang baru :mrgreen:

        • SSGN K-329 Severodvinsk.

        • Trus Ks kita kapan bung? itung2 ngetes ilmu….tp gak memata-matai lho 😀
          Bolehkan murid sekali2 ngetes ilmu lawan guru :mrgreen:

          Oh ya, gimana nasib dua KS yg ketahuan itu bung? dijadikan rumpon kah?

          • hehehe… jauh banget mainnya KS kita kalo begitu bung, ndak kedua KS diatas buru-buru kabur bung :mrgreen:

          • Hehehe…tapi kan ndak jauh dari pabriknya toh?
            Sekalian ambil mainan baru….ya sekalian ngetes gitu. Masak ngetesnya sama tetangga deket terus….sekali2 naik level gitu :mrgreen:

  36. Berasal dari BURUK SANGKA timbullah FITNAH lalu lahirlah PERMUSUHAN dan terjadilah PERPECAHAN…..Inilah yang diinginkan oleh MUSUH BANGSA YANG KITA CINTAI INI….!!!..Salam NKRI

    • mantap bung

    • Preman insyaf….he…he….mantap..

    • Dari BAIK SANGKA timbulah sikap MENGHARGAI lalu lahirlah sifat MEMAAFKAN sehingga keluar slogan KESEMPATAN KEDUA………tapi hal ini tidak berlaku untuk manusia bejat yang mengagungkan 3TA. Mulai preman sampe dinner companion masuk di dpr , lha fit and proper test nya ngapain ajah

      • ”Tahukah kalian apa itu ghibah? Jawab para sahabat : Allah dan rasul-Nya yang lebih mengetahui. Maka kata Nabi saw: “engkau membicarakan saudaramu tentang apa yang tidak disukainya. Kata para sahabat: Bagaimana jika pada diri saudara kami itu benar ada hal yang dibicarakan itu? Jawab Nabi SAW: Jika apa yang kamu bicarakan benar-benar ada padanya maka kamu telah mengghibah-nya, dan jika apa yang kamu bicarakan tidak ada padanya maka kamu telah membuat kedustaan atasnya.”(HR Muslim/2589, Abu Daud 4874, Tirmidzi 1935)

    • Ane gak nyangka sama bung preman, dulu pas sebelum lebaran ane inget bung preman nyepik alus mbak put hehee sekarang quotesnya hadis hahaha.. mantap buung! :mrgreen:

      • hehehe bung AFN bisa aja…emang salah bung laki2 cari cewek..???..saya rasa tdk ada agama melarang laki2 cari pasangan..!!!.bahkan dalam islam sendiri klo kita tidak menikah bukan umat rasullulah..hehehe..salam bung AFN

        • Wkwkwkwwk sante sante bung preman hehehe,, ane cuma ngelabrak ente aja hahaha justkid, jangan d anggep serius wkwkwkw :mrgreen:

          Salam juga bung preman 🙂

  37. lanjut kan

  38. Bung PS mana ya ???? Udah lama gk baca tulisannya mendan….

  39. OOT sedikit tapi masih soal kapal selam, ini dapet berita dari sebelah,

    “Kedatangan KRI Cut Nyak Dien-375 di Lampung dalam rangka melaksanakan dukungan pengamanan pemasangan Brevet Hiu Kencana yang akan disematkan kepada Kapolri, Menteri Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf).”

    Kata kuncinya diatas ada apakah dengan Bappenas, dan menteri Parekraf serta Kapolri di berikan Brevet Hiu Kencana?

    • Biar semua sadar bahwa kapal selam adalah kepentingan nasional…bkn semata mata kemewahan yg di rengek oleh TNI AL…

      • setuju bung wehr

      • makin tampak misteri yang selama ini yg menjadi milik korps hiu kencana

      • Bung Wehr, setuju dengan pendapat anda, biar mereka juga bisa ngerasain gimana rasanya tinggal di kedalaman lautan hehehehehehee, tapi disamping itu pasti masih ada yang laen dah, soalnya setiap korps khusus gak sembarangan ngasiin seseorang brevet kalo gak banyak jasanya terhadap korps itu, ini mungkin bung PS bisa jelasin sedikit ke kita kita :mrgreen:

  40. jangan ragu akuisisi su-35, karena roll royce pun masih impor barang dari rusia yang katanya kena embargo

    VSMPO-Avisma cast titanium ingots for Rolls-Royce using a new technology
    AUGUST 21, 2014 / ENGINEERINGRUSSIA

    Last week VSMPO cast first ingots for the British customer using new technology in the presence of Rolls-Royce specialist. According to the company’s statement, instead of three remelts in VAR furnace, now titanium ingots for Rolls-Royce will be subjected only to two remelts: the first one using skull furnace and the second and final one – using VAR furnace.

    The specialist of Rolls-Royce’s (UK) material laboratory, Dave Smith, watched the melting process carried out using the new technology at the workshop No. 32 of VSMPO.

    “This alloy is of premium quality, it is used to manufacture disks (engine rotor components), that is why we set the highest requirements to the material. It is important to minimize risks of any defects”, – Dave Smith explained.

    These titanium ingots will be used to manufacture billets and then die forgings of disks – components of engines, which power Airbus aircraft. The representative of Rolls Royce was satisfied with quality of the first three ingots manufactured using the new technology. He also noted that “in some areas the corporate culture of VSMPO meets the highest standards”.

  41. PT.PAL sedang berusaha lari , jangan dihalangi ….
    terimakasih panglima, terimakasih pak dahlan …

    meskipun di intern BUMN sendiri masih terkadang ada geng gengan tapi jangan terlalu pesimis dan harus segera selesaikan demi kepentingan bersama …

    coba tanya …
    di pt.PAL sekarang geng mana yang beroperasi ??

  42. @bung Jalo @ bung satrio … di warkop sekarang ini lagi ngetren orang membicarakan tentang revolusi mental…terus terang aku gagal faham maksudnya…ada yg bilang itu dari ajaran komunis kek, ada yg nilang ajaran dari m ghandi kek..dll .bukankah konsep trisakti menurutku sudah bisa dikatakan revolusi mental ya…

    monggo pencerahanya syukur2 dibuatkan artikel kewiraannya. suwun

  43. Ribut-ribut yang gak jelas juntrungannya …. Sudah Basi beritanya …

    Bukankah perjanjian dengan DSME sudah jelas menuliskan … jika KS DSME209 unit ke 3 hendak diassembling di PT PAL, maka PT harus mempersiapkan semua fasilitas dan sarana pendukung senilai USD250 juta harus sudah selesai paling lambat November 2014 ini ,,,

    Jika tidak, maka ppembangunan unit ke 3 akan dipindahkan ke galangan DSME di Korea sana …

    Cara mudah melempar tanggung -jawab …. Lempar batu sembunyi tangan …. Hehehehe

  44. Bagus pak ayo lanjutkan kami dukung

  45. Negara ini penuh dengan kepentingan asing, siapapun presidennya akankah sanggup berkata tidak?akankah asing membiarkan pt pal dapat membuat kapal selam?

    • Sebelum kita menunjuk orang lain (asing) dengan jari Telunjuk, mari kita ingat bersama Bung Orca, bahwa 3 jari lainnya menunjuk kita sendiri, yang berarti bahwa kepentingan orang sendiri lebih banyak…

      Lebih banyak yang bermain dari teman sendiri, dari keluarga sendiri, apalagi dari anggota hewan sendiri (tau kan anggota hewan yang mana?) kah..kah….kah…..

  46. sebagai wakil rakyat harusnya gaji dpr lebih kecil dari gaji rakyatnya, contoh wakil direktur pasti gajinya lebih kecil dari direkturnya.
    bagusnya dpr digaji kecil dan dipersulit akses untuk berbisnis karna faktor jabatan, jadi mereka yg jadi dpr benar2 mereka yg ingin memajukan bangsa, maaf kalau ngawur

    • Wkwekkwkwkwkwkwk…. setubuh sekali bung dacil…
      iya baru ngeh kalo wakil saya kok gajinya lebih besar dari saya, mending saya pecat saja, pake outsourcing untuk jadi wakil saya :mrgreen:

      • bung dacil kemana aja ko gk pernah nongol…???..saya prihatin lihat bangsa ini bung dacil klo rakyatnya sdh gk percaya lagi sama wakilnya mending bubarin aja sekalian kali ya..hehehe..kagak pengaruh juga tu sama perusahaan saya..!!!..kasihan dan prihatin…bung dacil

  47. selamat pagi bung ps monggo pencerahanya di babar sedikit,saya tak duduk di pojokan sambil nyruput toak.

  48. siap bung ps.di tunggu babaranya hehe…

  49. Sontoloyo kui jenenge wong angon bebek mas..

  50. Bung PS jum’atannya sudah bung…kita tunggu babarannya…?ku tagih janjimu…he..he…

  51. pliiis bung ps di tunggu babarannya…

    • hayo apa yang mau ditanya, kalau bisa saya jawab, Insya Allah saya jawab hehehe… :mrgreen:

      • berapa changbogo yang dipakai tni untuk latihan bung ps sblm yg di korsel udh jd

        • Changbogo itu pada dasarnya sama seperti 209 kok Bung, Kita tidak meminjam KS mereka untuk kita pakai latihan disini, nanti pada saatnya justru calon awak nya yang akan dikirim untuk berlatih disana Bung hehehe…. :mrgreen:

          • nah ini dia sang maestro bawah laut yg kalo memberikan pencerahan urusan KS sukar untuk di bantah kebenarannya dan tak ada duannya ,,,betul betul mencerahkan bung@PS,,,salam hangat selalu komandan hehehe

          • tp yg katanya ada yg nyandar kmrn punya siapa komandan ?,,maaf kalau oot

          • waduh saya hanya tukang pencari kerang lho Bung hehehe…. salam hangat Bung Apam :mrgreen:

          • tidak ada kunjungan KS negara lain ke kita Bung, kalau kapal atas air ada hehehe… :mrgreen:

          • untuk bung@PS,,,saya hanya orang awam dan tidak mengerti apa apa tentang dunia alusista,,,hanya kecintaan terhadap negara ini lah yg membuat saya betah mengikuti blog militer,,,salah satunya JKGR ini,,,dari awal mengamati tulisan tulisan anda saya merasa tulisan anda mempunyai kekuatan kebenaran yang selalu terkait dan sambung menyambung dengan setiap tulisan yg lainnya,,,saya tidak ingin bermimpi dalam membaca tapi membaca tulisan anda saya seakan di bawa ke alam anda dan mampu melihat sebuah kenyataan,,fakta,,bahkan jiwa dari tulisan anda,,,maka dari itu saya sangat bangga bisa berucap salam dengan anda,,sekali lagi hormat saya buat komandan@PS

          • hehehe… sekali lagi terima kasih Bung Apam :mrgreen:

        • infonya jd terang benderang seperti bulanpurnama bung@PS hehe

  52. Lek U mar kowe sopo ? Lek U mar kowe sopo? Kowe yen komentar ora ngawur !!

  53. ini sedikit saya kisahkan betapa paraniodnya tetangga jiran terhadap KS kita, sampai mereka menyiapkan anti dot untuk perang anti KS nya hehehe… :mrgreen:

    Pada dasarnya peperangan anti KS, yang dilakukan oleh kapal atas air terhadap KS kita sebetulnya dipengaruhi secara langsung oleh banyak hal. Antara lain : kemampuan mereka mendengarkan suara pergerakan KS lawan yang diwakilkan pada beberapa set perangkat akustik, mulai dari sonar baik pasif maupun aktif, side looking sonar, towing sonar, intercept sonar, VDS (Variable Depth Sonar). Dengan peralatan tersebut mereka lalu mengharapkan akan dapat mendengar signal akan adanya KS yang diburu lalu mem”pinpoint” Posisi KS lawan dan sesegera mungkin menghancurkannya. Secara teoritis, penghancuran KS dalam peran dan taktik ASW (Anti Submarine Warfare) itu keliatannya mudah alias gampang betul.
    Akan tetapi dalam kenyataannya pengoperasian sonar yang paling modern sekalipun dalam mendeteksi adanya KS ternyata tidak semudah itu. Di samping kwalitas peralatan sonarnya sendiri (dalam arti S/N ratio, perbandingan antara signal dan gersik, power transmitternya dll), juga masih amat banyak disturbance input yang akan mengganggu penangkapan signal, dalam konteks peperangan anti KS khususnya dalam perairan didaerah tropis, khususnya lagi di kontur perairan wilayah negara kita, Antara lain :
    pengaruh CTD (Conductivity, temperature and Density) yang akan amat mempengaruhi karakteristik propagasi.
    pengaruh biota laut (clamping shrimps, yang saat mengatupkan supitnya, menimbulkan suara bising yang amat ramai dalam frekwensi tertentu, yang justru merupakan frekwensi kerja sonar, yang bisa terdengar bermil mil jauhnya).
    pengaruh sejenis ganggang yang memiliki gelembung udara yang dapat meredam pancaran sonar. Dan masih banyak lagi.
    Perlu ditekankan bahwa masalah ini bukanlah masalah yang sepele. Masalah ini pernah menjadi perhatian penuh Angkatan Laut Negara jiran kita, Malaysia dalam mempersiapkan dirinya karena merasa ketakutan menghadapi KS Angkatan Laut kita, mereka pernah meminta KAE (Krupp Atlas Elektronik), Perusahaan dari Jerman yang khusus memiliki keahlian dalam masalah sonar, untuk membangun laboratorium guna meneliti perilaku signal akustik diperairan mereka. Hal ini secara tidak sengaja terungkap, ketika kelompok SATGAS YEKOVH, mengunjungi KAE untuk mengikuti presentasi ISUS (Integrated Submarine and Underwater Sonar), yang lebih compleks dari CSU 3.2 milik kita.
    Hasilnya adalah : Setelah mengadakan survey keperairan Malaysia, KAE memperoleh data, bahwa suara gangguan setempat (ambient noise) terhadap sonar, yang datang dari lingkungan setempat sedemikian rupa amat bisingnya, sehingga dipandang akan percuma membangun laboratorium karena tidak mungkin mengadakan penelitian signal akustik sesuai permintaan mereka.
    Pada dasarnya acoustical advantages merupakan hasil keseluruhan usaha peningkatan signal to noise ratio pada alat deteksi KS, terutama pada system sonarnya. Hal ini dapat dilakukan melalui dua hal, yang pertama adalah peningkatan sensitivitas penangkapan hidrophonenya, sedangkan yang kedua adalah pengurangan atau penekanan noise hingga seminimal mungkin. Noise yang harus disupressi/ditekan hingga serendah mungkin, yang masih berada dalam jangkauan kemampuan kita adalah:
    • Environmetal noise, noise yang berasal dari lingkungan, dari biota laut seperti clamping shrimps dll. Noise semacam ini tidak mungkin dapat ditekan, melainkan harus kita kenali dengan sebaik mungkin, sehingga kita lalu akan dapat senantiasa mewaspadai, menyadari bila sewaktu waktu ada signal kapal lawan dibalik noise semacam ini.

    • Hydrodynamical noise: noise ini berasal dari proses terkuaknya bidang vertical air oleh haluan kapal dan bidang kapal lainnya, seperti anjungan, yang membentuk bidang yang tranvesal terhadap sumbu aliran air. Noise ini dapat direduksi dengan menggunakan suatu hydrodynamical axis streamline simetrical bow shape, atau singkat nya dikenal dengan dolphin nose shape hull, yang dimulai oleh kapal selam Perancis Amethyst class.

    • Self noise atau radiated internal noise: noise ini merupakan suatu vibrasi yang datang dari semua peralatan bergerak dari dalam kapal, antara lain motor listrik pokok, omvormer dan semua auxiliary engine. Noise jenis ini dapat ditekan hingga seminimal mungkin dengan menggunakan motor listrik yang brushless, dan pemasangan engine mounting secara tidak langsung kebadan kapal, menggunakan suatu body platform menggantung yang menggunakan double elastic mounting. Mounting ini kecuali akan berfungsi sebagai shock absorber, peredam vibrasi, juga sekaligus akan berfungsi sebagai suatu filter dari getaran frekwensi rendah.

    Yang kita bisa petik dari hal ini adalah bahwa bila kita menguasai benar benar karakteristik perairan kita, baik dari sisi perilaku air lautnya sendiri dalam kaitannya dengan CTD dan juga pengaruh biota lautnya, maka KS kita relatif akan amat sulit terdeteksi oleh sensor bawah air kapal atas air musuh. Sedangkan dari sisi KS untuk mendeteksi lawannya kapal atas air yang memburunya atau sasarannya masalah tersebut tidak menjadi handicap yang terlalu besar. Hal ini terjadi karena KS justru berada didalam layer yang menguntungkan bagi penangkapan signal sonar, juga posisi lawannya berada dalam bidang yang berdimensi hanya dua.

    • kalo di google ilmu seperti ini diungkap g komandan ?

    • Nah sekarang tolong donk ndan di buka dkt contoh kasusnya yg pernah di hadepin hiu kencana trhadap apa yg ditulis ndan PS diatas hehe

      • waduh hahaha.. kan pernah saya ulas waktu kejadian tanjung datuk kemarin di true story hehehe… coba di cek aja ya Bung :mrgreen:

    • Busyeet… tak semudah yang aku kira. Ampun bung PS nggak bakalan deh coment asal tentang Alutista..hal yang terlihat sederhana aja begitu kompleksnya.
      Montok banget infonya..Ndan…terima kasih banyak..salam

    • bung ps klo upaya kita untuk membaca sonar ks lawan gmna bung,kan byk kri kita ngk punya peralatan asw,dan apakah kita juga punya alat seperti malay untuk membaca sonar atau punya alat berbeda,wilayah laut kita kan sngat luas bung ps pasti menjaganya juga ektra susah

      • kata siapa KRI kita ndak punya peralatan ASW bung hehehe… ini sya sebutin beberapa ya Bung : ivan speijk class, Sigma class, Bung Tomo class, parchim class, Ki Hajar Dewantara, FPB 57 type NAV I : KRI Singa, KRI Ajak dll hehehe… :mrgreen:

        • sore ndan..angin mamiri bilang parchim ASW capability nya makin oke ya..hehehe..bakal makin lama patroli nih :mrgreen:

          • ya ada MFD CMS Under Water Console yang terpasang disana Bung dan itu buatan PT. LEN lho hehehe… :mrgreen:

          • nah itu dia ndan..made in NKRI..ini yang ane demen..dah coba ditest kan..hasilnya keren gak?

          • hehehe… itu MFD CMS Under Water Console dan sonar sudah dipasang dari tahun 1998 lho bung, di perbaharui lagi dengan perbaikan dan pemutakhiran transducer nya tahun 2009 / 2010 yang lalu, hasilnya memuaskan kok Bung hehehe… :mrgreen:

  54. bung ps apa jiran begitu takutnya dg ks kita?

    • hahaha… coba aja tanya Bung ke anggota TLDM, apalagi yang sering dikerjai oleh hiu-hiu kita hehehe… :mrgreen:

      • makasih bung ps…ane makin yakin akan kekuatan bawah laut kita

      • bising mana bung alki selatan ma utara? sonarman yg junior dah banyak yg ahli blum bung , soalnya butuh pengalaman yg lama tuh tuk mengenali karakteristik dasar laut kita

        • rata-rata sama Bung karena ya itu kontur perairan tropis kita hehehe… kalo untuk regenerasi banyak kok bung junior yang ahli, tentunya hal tersebut didapat dari pengalaman saat bertugas hehehe… :mrgreen:

          • dan tentunya 2 ks saja tak akan cukup buat ngelati si junior..hehe..
            ks midged drone dah lancar berenangnya bung?

          • hehehe… anda benar Bung, untuk Midget tunggu tanggal mainnya aja ya Bung :mrgreen:

          • midget nirawaknya bikin yg bising bung .nanti bisa buat umpan kalau perang beneran . jadi nirawaknya didepan di kendalikan dari ks yg di belakang .haha maaf nih strategi buang ks

      • waah,,berarti si phil collins TLDM sering di ajak main logo sama hiu kita,,,hehehe bikin kisahnya dunk bung@PS

      • bung@PS ,mau nanya dikit. berapa ks kita yang ikut pengepungan pada saat pembebasan kapal sinar kudus? masalahe kata temen ane yang ikut oprasi bilang ada lebih dari 4. tul nggak ndan? makasih,maaf penasaran ama temen ane jujur kagak.

        • dipersiapkan dua Bung, satu berangkat operasi terlebih dahulu sekaligus untuk mengumpulkan data sebelum satgas berangkat, yang satu lagi standby apabila diperlukan hehehe… :mrgreen:

  55. Mau matek gmna bung pitik?, lawong yg nerusin jabatan ntu juga anak cucunya sendiri, Yg mentalnya jg g lebih baik dari pendahulunya. bahasa jawanya “Kadung enek lahan garapan , eman gae wong liyo”,

  56. kemampuan pengetahuan yg dimiliki seperti Bung PS apakah sudah ditranfer dengan baik ke seluruh junior2 hantu laut RI??

  57. pantesan,,,komandan TLDM sering membawakan lagu ANOTHER DAY IN PARADISE hehehe

  58. Kalo virginia sy masih maklum bung PS…namanya KS nuklir pasti brisik (sotoy jg nih ASU make KS nuklir buat nyusup)…nah oyashio kan KS diesel elektrik…kok ya masih kecium rusia…berarti masih brisik juga atau sonar rusia yg lebih paten dr sonar barat….

    • nah itu dia saya juga kurang begitu paham dengan karateristik Oyashio class Bung, cuma dari berita yang saya dapat dari teman di Rusia, KS jepang kedetek oleh kapal ASW atas air Rusia, posisinya saat itu di sekitar pulau kuril perbatasan Rusia Jepang hehehe… KS jepang itu langsung balik kanan buru-buru setelah satu detasemen kapal ASW dan unit penerbangan angkatan laut Rusia berdatangan kelokasi hahaha… :mrgreen:

      • SR muncul dan tengelam lagi (ala kapal selam) 🙂

        pokoknya ndan @PS ngomong lontong wes aku duduk mancep gak rewel.

        Salam kenal ndan @PS, sehat selalu & ditunggu cerita manisnya buat naikin rasa bangganya ada di dalam NKRI

        • salam hangat Bung Jin hehehe… :mrgreen:

          • mumpung Pak PS online nih hehehehe “perkemahan” KS yang di lampung itu rata rata di kemahin sama KS jenis apa Pak???hehe 😀 :mrgeen: oh iya,kemaren 17an markir mobilnya di monas ya Pak PS???ahehehhee

          • hehehe… yang jelas yang sesuai dengan kontur perairan Indonesia bagian barat Bung, sepertinya iya, soale ajudan dan supir saya yang markir Bung :mrgreen:

          • beugh saya hanya tukang cari kerang lho bung hehehe…. :mrgreen:

          • berarti 206/209 sering kemah disana dong Pak?? kalau kilo atau amur? kan itu tempat ga keliatan di google map hehehe jago banget yang bikin tu tempat Pak.. skrg ajudannya nambah ya Pak?hehe saya doain biar cepet naik ke lak.madya Pak PS hehe 😀 :mrgeen: salam hangat Pak…

          • hehehe… kan ada Badan Intelijen Geospasial Bung, salah satu tugasnya adalah ya seperti yang sudah Bung NKRI sendiri jabarkan diatas :mrgreen:

      • Selamat Malam menjelang pagi waktu utara Komandan PS,

        Bagaimana menikmati perkembangan sonar kapal dari Ratu? Apakah sudah ada integrasi dengan bawah laut ? Perjanjian dengan kangguru akhirnya terjadi setelah satuan Bung PS mulai menebak mereka kah? Luar biasa bawah laut tetap misteri di atas air juga misteri. Merdeka !

        • selamat pagi wkt Indonesia bung@Daltop,,salam hangat selalu buat anda,,,pantesan komandan phil collins sering teriak “He walks on, doesn’t look back,
          he pretends he can’t hear her
          starts to whistle as he crosses the street
          seems embarrased to be there.,,,hahaha kena racun potas pasukan bung@PS

      • Bung PS, tolong dong sekali2 dijelaskan pangkalan kita yg ada di pulau S, dikota P. Denger2 ada 10 ekor yg parkir disana. Suatu cerita yang membanggakan dari sumber yang bisa dipercaya.

  59. Ini lebih seru dan dahsyat ….. Hahahaha
    —————–
    EPISODE I :
    Akhirnya,…Era Baru Alutsista Trimatra di Depan Mata

    Jakarta, Medio Maret 2014….Pukul 23.45 wib
    Malam telah beranjak larut, ketika saya merapihkan setumpuk dokumen yang akan dibahas dalam rapat esok pagi. Rapat itu bukan sembarang rapat, karena di situlah ajang seleksi akhir berbagai alutsista yang harus segera bergabung untuk memperkuat otot TNI.

    Berhubung kondisi fisik yang lelah dan konsentrasi yang menurun, tidak sengaja saya menjatuhkan sebuah dokumen dengan cover bergambar pesawat tempur bersayap delta. Brukkk…suara benturan cukup keras yang memecah keheningan ruangan. Tatkala saya menundukkan badan untuk meraih dokumen tersebut, terdengar suara berdehem yang membuat saya reflek menoleh ke arah suara.

    “Kamu belum pulang, Nar?” (Wah, Pak boss…tumben belum pulang).

    “Siap, belum, Jenderal, maaf saya tidak sadar dengan kehadiran Jenderal”.

    “Ndak apa-apa, untuk besok rekomendasi kita sudah kamu siapkan sesuai dengan update terbaru dari tim advance kita kan?”

    “Siap, sudah Jenderal, pukul 22.30 wib tadi sudah saya sampaikan melalui ajudan Jenderal”.

    “Ok, sudah saya baca sekilas untuk proceeding rekomendasi. No problem. Just be prepared for tomorrow”.

    “Siap, Jenderal”.

    Tak lama beliau berlalu meninggalkan saya yang terkesima, sambil berpikir cepat sekali beliau baca proceeding yang lumayan tebal hasil lemburan saya dan tim selama 4 hari berturut-turut.

    Keesokan harinya, di luar dugaan rapat dibatalkan, dan saya dipanggil mendadak ke Cilangkap via pesan singkat. “Urgent, harap hadir di situation room clkp, bawa seluruh materi kemarin segera”.

    “Wah ada apa ini”, pikir saya. Suatu hal yang di luar kebiasaan. Sepanjang perjalanan, saya tidak henti berpikir apa yang sedang terjadi.

    Tak lama, saya tiba dan langsung bergegas menuju ruang situasi. Tidak dinyana di situ hadir lengkap jajaran eselon elite Medan Merdeka Barat dan Cilangkap, dan ada satu orang yang sudah tidak asing lagi yang sedang berbisik-bisik dengan Pak boss saya.

    Jantung saya mendadak berdegup kencang entah apa sebabnya. Saya berusaha mengatur napas untuk menenangkan diri, saat terdengar celetukan: “Ayo Nar, dimulai paparan rekomendasinya”, degg…itu suara bapak dengan sosok tinggi besar itu!

    “Siap, baik Pak” Dengan nada sedikit bergetar saya merespon permintaan beliau.

    80 menit kemudian….

    “Baik dengan demikian, kita akan mengacu pada skema Delta, di mana pada tahun ini akan masuk ke AU 18 unit Su-35S, 10 unit Su-34 Fullback, 16 unit EF Typhoon Tranche 1, 20 unit Rafale F2. Agar dikawal dan dijaga proses akuisisi serta pengiriman ke sini. Jangan melewati akhir tahun”, demikian ujar sang bapak dengan mimik serius.

    “Maaf Pak, bagaimana dengan tambahan 28 unit F-16 Block 52?” ujar salah satu hadirin dengan bintang 3 di pundaknya.

    “Oh iya, saya lupa, terima kasih Mas. Noted, termasuk 28 F-16C Block 52 yang tempo hari approved by DSCA”, tukas beliau.

    “Jadi di akhir tahun ini figur front line fighter utama AU adalah….tolong kamu rekap, Nar!” perintah beliau.

    “Siap, baik Pak. Jadi total akan ada 4 ska F-16C Block 52, 3 ska Su-30, 1 ska Su-35, 1 ska EF Typhoon, 1 ska Rafale, 1 ska Su-34, serta 1 ska F-50”, jawab saya cepat.

    “Oke, terima kasih. Saudara-saudara, kita break dulu ishoma, kemudian kita lanjutkan dengan bahasan AL”, ujar beliau sambil beranjak dari kursi diikuti oleh standing salute dari peserta rapat. (bersambung…)

    by Narayana

    NB: kisah di atas adalah narasi yang disesuaikan dari kejadian sesungguhnya.

    http://jakartagreater.com/akhirnya-e…di-depan-mata/

    EPISODE II
    Akhirnya,…Era Baru Alutsista Trimatra di Depan Mata (2)

    Tatkala satu per satu peserta rapat meninggalkan ruangan, saya sempatkan untuk review kilat slide demi slide lanjutan sekedar final check atas typo atau kesalahan minor lainnya (maklum bapak yang tinggi besar itu sangat teliti dan biasanya langsung komen terhadap kesalahan materi sekecil apapun). Saat asyik memelototi slide appendix, tiba-tiba saya merasakan ada tepukan di pundak.

    “Nar, bisa saya bicara sebentar?”

    Ternyata perwira tinggi berbintang 4 yang sekitar 14 tahun yang lalu pernah berdinas sebagai Athan di negeri jiran. “Siap, bisa Marsekal”

    “Tempo hari saya diskusi dengan teman-teman di cipayung, soal tawaran dari Rusia untuk offset Su-50. Saya pikir itu layak dipertimbangkan sebagai opsi paling logis untuk komplemen Flanker 35 dan jaga-jaga seandainya F-16 terpaksa dikandangkan. Kamu tahu kan waktu kita visit ke Moskow mereka mau buka lini produksi T-50 di sini asal kita bersedia ambil setidaknya 64 unit. Dan mereka menyanggupi untuk menanggung biaya investasi setup lini produksi itu. Menurut kamu gimana?.

    “Siap, Marsekal. Menurut hemat saya, sesuai hasil kajian awal tim terkait tawaran Rusia itu opsi tersebut cukup feasible, tapi masih perlu pendalaman, khususnya dalam konteks roadmap strategi pengadaan alutsista udara yang menekankan pengadaan pespur Generasi 5 bersumber dari project IFX”. “Mungkinkah keduanya jalan paralel? Kita pasang T-50 untuk heavy dan IFX untuk medium, saya kira itu akan cukup memberikan efek deterrent.”

    “Siap. Memang dimungkinkan, Marsekal. Kalau diizinkan, tim saya akan elaborasi lebih lanjut untuk dibawa ke KKIP”.

    “Oke, laksanakan. Omong-omong, kalau kamu tidak keberatan, apa bisa saya sampaikan wacana ini nanti setelah break, buat brainstorming?

    “Siap, Marsekal. Saya tidak keberatan”

    Setelah beliau berlalu, saya sempat berpikir, wah bakal rame nih kalau sampai kawasan tahu kita bakal akuisisi T-50. Tapi biarlah, it’s time for us to raise the game level.

    Saat break pun berlalu dan para hadirin sudah bersiap di ready room yang tidak terlalu besar itu, kecuali 2 orang, yaitu si bapak tinggi besar dan boss saya. Waktu sudah berlalu 10 menit dan mereka belum nongol juga. Tak lama, ajudan si bapak masuk ke ruangan dan menghampiri saya.

    “Maaf, bapak memerlukan kehadiran Pak Nar di ruang Asrenum segera”

    Sejenak saya mengernyitkan kening, wah ada apa gerangan nih.

    “Oke”, jawab saya singkat.

    Setiba di ruangan, ternyata si bapak sedang diskusi dengan boss saya, dan di layar LED besar di tengah ruangan nampak sederet tabel yang membuat saya tercenung. Lho itu kan materi yang nanti akan saya sampaikan?

    “Masuk Nar, ini ada yang perlu diklarifikasi”, ujar boss saya sambil melambaikan tangan.

    “Siap Jenderal”, jawab saya sambil memberi hormat.

    Sejenak saya melirik ke tabel yang terpampang di layar displai LED tersebut, tampak:

    – Realisasi program alutsista primer AU 2014-2017 (external source):
    1. Pespur: Su-34 (36), Su-35 (72), Rafale (54), EF Typhoon (48), F-16C Block 52 (40)
    2. Pesawat latih tempur: Yak-130 (24)
    3. Pesawat tanker: A330 MRTT (12)
    4. Pesawat AEW&C: C-295 + EMB-145 (8+8)
    5. Pesawat angkut berat: C-17 Globemaster III (5)
    6. Pesawat angkut sedang: A400M + C-130J Super Hercules (16 + 16)
    7. Radar taktis Nebo SVU (provisi 12 situs)
    8. Sistem hanud berbasis darat S-400 (14 baterai)
    9. Sistem hanud berbasis darat HQ-16 (22 baterai)
    10. Dst..dst…

    – Realisasi program alutsista primer AL 2014-2017 (external source):
    1. Kapal Perusak Kawal Rudal: CGN Petr Veliky (provisi 2017), CG Slava (2), DDG Sovremenny (2), DDG Udaloy (2), DDG De Zeven Provincien (6), FFG Talwar (4), FFG Krivak II (5), FFG Sigma II (4),
    2. Kapal selam: SSGN Akula (2), SSB Typhoon re-powered (1), SSG Amur 950 (3), SSG Kilo 636 (2), SSG Changbogo (2), U214+ (3), U212 (2)
    3. Sistem pertahanan pantai Klub K

    – Realisasi program alutsista primer AD 2014-2017 (external source):
    1. Tank Tempur Utama: Leopard 2A4 + RI + Pz87 (120+180+64)
    2. Sistem artileri medan gerak sendiri berbasis meriam: Caesar (206)
    3. Sistem artileri medan berbasis roket multilaras: Astross II (110)
    4. Sistem artileri medan berbasis meriam 155 mm: Kh-79 (430)
    5. Sistem artileri pertahanan udara ringan Pantsyr S1 (120)
    6. Helikopter serang: AH-64D/E Apache Longbow/Guardian (14/36)
    7. Helikopter angkut/serbu: UH-60/MH-60 Blackhawk (60)
    8. Helikopter angkut berat: CH-47 Chinook (24)
    9. Dst..dst..

    Setelah saya mengambil tempat duduk di samping boss saya, beliau berujar, “Bapak perlu penjelasan apa yang bisa dipercepat pengadaannya untuk tabel yang ada di layar”

    “Iya, Nar. Kamu pasti sudah dapat briefing sitrep dari bla..bla.bla (menyebut nama instansi yang berkantor di pejaten, Jakarta) bahwa perlu upaya lebih untuk mempersiapkan diri guna menghadapi aksi intimidasi pihak luar dengan kekuatan bersenjata dalam 2 tahun mendatang. Nah, dalam rangka itu, adakah kemungkinan bagi kita untuk bisa akselerasi program tersebut tanpa mempedulikan siapapun yang akan menjabat pucuk pimpinan negeri ini dalam 5 tahun ke depan?”.

    Wadawww….ini pertanyaan yang taruhannya jabatan, itu hal pertama yang muncul di benak saya.

    Agak lama saya terdiam sambil berpikir keras. Saya tahu, bahwa request beliau ini tidak main-main dan nampak jelas ada sedikit kegelisahan di wajah beliau.

    “Gimana, Nar?, ujar beliau memecah keheningan.
    Sambil menarik napas panjang, dan dalam hati mengucap basmalah, saya menjawab:
    “Siap, ada, Pak.” Jawab saya mantap.

    ”Bagus, saya tidak minta penjelasan detil sekarang, coba kamu rumuskan bagaimana caranya, koordinasikan dengan sumber daya yang kamu anggap perlu. Mas …(sambil menyebut nama boss saya), tolong anda lead prosesnya, ini prioritas 1 you have my disposal”.
    Saya dan boss saya serempak menjawab, “Siap, laksanakan.” bersambung, he.he.he…)

    NB: kisah diatas adalah narasi yang disesuaikan dari kejadian sesungguhnya.

    by Narayana
    http://jakartagreater.com/akhirnya-e…-depan-mata-2/

  60. Terima kasih atas babatannya ndan PS..

  61. maaf ott gmn kbrnya penerbal bung ps dkasih layangan br gax selain SU-34 mungkin SU-37 GT tuk lwn f35

  62. colek bung ps…mf bung ps, ks yg d kirim wkt pembebasan sinar kudus jenisnya apa yah..

  63. bung preman ane lagi dongkol gara2 ada yg bilang suka,tapi bukan ke ane..he he…ga kemana2 kok cuma jadi sr aja.
    kalau saya prihatin bung banyak anggota dpr yg diberi amanah tapi kok begitu ya, ada yg bikin film porno,ada yg pas sidang nonton bokep,jalan2 ga penting,kalau sidang banyak yg bolos,padahal itu sidang menyangkut kepentingan negara berpenduduk 250juta lebih dan masih banyak lagi. kepercayaan itu hilang bila sering dikhianati, ada sebab bung rakyat kehilangan kepercayaan

    • sbnarnya saya juga tahu bung dacil keburukan2 kinerja wakil kita…tp apa 100% semua begitu..???.dan juga tidak sepatutnya kita menghujat kaya gitu..saya rasa tdk di dewan aja bahkan hampir semua instansi pemerintah tidak semua jujur..sayang bung dacil karena kebencian kita pada mereka membuat kita BERPENYAKIT HATI dngn cara menghujat dan mengghiba mereka..!!!!..klo masalah kedongkolan itu bung dacil..sekuat apapun anda berusaha klo sutradaranya menggariskan lain ya percuma aja bung dacil..mending ikhlaskan saja dia jd milikku..hehehe..salam bung dacil

  64. bung preman miris, budaya kkn dah mewabah diberbagai lapisan, kadang tanpa kita sadari kita juga turut menyumbang suburnya kkn,kena tilang coba sogok,ada orang tua yg ingin anaknya masuk sekolah top tapi nilai si anak tdk mencukupi lalu mencoba jalur belakang dan pihak sekolah memang menyediakan kelas khusus,dulu disekolah ane disebut swastanya,hadeh citra sekolah ane jadi turun ada yg beginian..ditingkat pendidikan aja banyak ga beres gimana generasi kita yg dari kecil saja sudah melihat budaya tsb

    • dari semua yg bung dacil ungkapkan..skrang tinggal kita bertanya pada diri kita..sudah sucikah kita sehinggah kita mudah untuk meghujat dan mengghibah orang lain..!!!???.

  65. bung preman memang ada yg baik di dpr tapi mereka kalah/tertutup oleh yg ga beres, bergaulah dgn orang orang baik supaya kita ketularan baik nah kan ada bung istilah kutukan pantat ijo, mereka yg tadinya idealis berubah setelah duduk disana,kira2 kenapa bung preman? kalau dpr dan aparat hukum banyak dikuasai orang2 ga beres bakal susah bung memperbaiki yg lainnya

    • Amanah itu berat bung dacil klo keimanan dan ketauhidan kita masih belum mapan jangan coba2 kita memikul amanah..!!!.apalagi setingkat wakil kita di dewan pusat mereka bukan main hitungan uang juta lagi,tp Milyar..siapa yg tdk tergiur..mungkin klo bung dacil jadipun tdk menjamin klo dihadapan ada uang 2 koper didepan mata,..Saya dulu pernah ditawarin oleh partai untuk jadi anggota dewan bung dacil tapi saya tolak karena saya belum berani memikul amanah rakyat,lha wong ngurusin karyawan yg cuma ratusan aja sdh pusing apalagi 250 jt orang ..saya gak mau kalau kekayaan saya akan jadi bumerang di akherat kelak..
      “Sesungguhnya Kami telah mengemukakan amanat kepada langit, bumi dan gunung-gunung, maka semuanya enggan untuk memikul amanat itu dan mereka khawatir akan mengkhianatinya, dan dipikullah amanat itu oleh manusia. Sesungguhnya manusia itu amat zalim dan amat bodoh.” (QS. Al-Ahzab: 72)..salam bung dacil

  66. mantap bung preman, bos juga rupanya. nah itu dia bung tiap pemimpin bakal dimintai pertanggung jawabannya diakherat, kalau saya ga berminat bung jadi dpr,bupati dsb, amanahnya ga main main, memimpin diri sendiri saja belum becus boro boro mau memimpin jutaan jiwa, kalau ada rakyat yg sampai mati kelaparan apa ga dimintai tangung jawabnya? salah satu sahabat rasulullah ketika menjadi khalifah ia rutin tiap malam berkeliling memantau warganya sampai akhirnya menemukan ada yg kelaparan dan tindakan beliau…

  67. @bung jalo.
    kemaren saya ngobrol2 dgn teman wartawan sebuah media cetak.
    apa benar yusuf kalla minta bagian jatah minyak sama dirut pertamina buat mengembalikan dana kampanyenya..?
    tapi ngak dikasih sama mbak karen dan berhubung yg mau berkuasa sudah jelas yg nomor 2, karena itulah mbak karen memilih mengundurkan diri dari pertamina..
    katanya lagi indonesia produksi minyak sejuta barel, tapi yg selalu kelihatan cuma 900rb barel, yg 100rb barel selalu ngak jelas.
    katanya yg 100rb barel itu dibagi2,
    jatah preman yg berkuasa katanya, apakah hal tersebut benar?
    karena klo hal tsb benar, saya jadi merasa bersalah, karena saya kemarin memilih yg nomor 2. bagi yg tahu kebenarannya, mohon dibagi infonya..
    terima kasih..

  68. ya, secara yg ngomong seorang wartawan sebuah media cetak yg lebih mempunyai pengetahuan dan link yg lebih baik dibanding saya, ya saya mendengarkan dan saya juga ingin mengetahui kebenarannya..
    CMIIW.

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)