Pembangunan Kapal Selam Tahap 2 Indonesia

234
127
Kapal Selam Chang Bogo Class (photo: military-today.com)
Kapal Selam Chang Bogo Class (photo: military-today.com)

Jakarta – Indonesia lewat BUMN, PT PAL Indonesia, berencana membuat kapal selam sendiri di Surabaya. Namun PT PAL membutuhkan suntikan modal pemerintah Rp 2,5 triliun. Untuk itu, Menteri BUMN Dahlan Iskan meminta izin kepada Komisi VI DPR, agar suntikan modal lewat penyertaan modal negara (PMN) Rp 2,5 triliun pada tahun depan.

“Ini keniscayaan. Kita harus bangun kapal selam tahap 2 di Indonesia. Nggak mungkin di tempat lain selain PT PAL,” kata Dahlan di depan rapat kerja dengan Komisi VI di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (21/8/2014).

Program pembangunan kapal selam ini sebetulnya untuk mendukung program Kementerian Pertahanan Indonesian. Kemenhan sedang mengembangkan kapal selam dengan menggandeng Korea Selatan. Di dalam program tersebut, ada produksi kapal selam yang nantinya akan dilakukan di tanah air maka PT PAL diminta membangun infrastruktur tersebut.

“Ini nggak kepentingan komersial. Ini kepentingan negara,” katanya.

changbogo-14

Sementara itu, Ketua Komisi VI DPR Airlangga Hartarto menerangkan, DPR ingin mendalami lebih detil terkait pemberian PMN untuk membangun fasilitas kapal selam. Pembahasan PMN untuk kapal selam bakal digelar lagi dalam wujud rapat pendalaman dengan manajemen PT PAL dan Kementerian BUMN.

“Pembahasan PT PAL agar dilengkapi datanya. Termasuk dana PMN masa lalu untuk apa,” sebutnya. (finance.detik.com).

234 KOMENTAR

    • Sebelum kita menunjuk orang lain (asing) dengan jari Telunjuk, mari kita ingat bersama Bung Orca, bahwa 3 jari lainnya menunjuk kita sendiri, yang berarti bahwa kepentingan orang sendiri lebih banyak…

      Lebih banyak yang bermain dari teman sendiri, dari keluarga sendiri, apalagi dari anggota hewan sendiri (tau kan anggota hewan yang mana?) kah..kah….kah…..

  1. sebagai wakil rakyat harusnya gaji dpr lebih kecil dari gaji rakyatnya, contoh wakil direktur pasti gajinya lebih kecil dari direkturnya.
    bagusnya dpr digaji kecil dan dipersulit akses untuk berbisnis karna faktor jabatan, jadi mereka yg jadi dpr benar2 mereka yg ingin memajukan bangsa, maaf kalau ngawur

          • nah ini dia sang maestro bawah laut yg kalo memberikan pencerahan urusan KS sukar untuk di bantah kebenarannya dan tak ada duannya ,,,betul betul mencerahkan bung@PS,,,salam hangat selalu komandan hehehe

          • untuk bung@PS,,,saya hanya orang awam dan tidak mengerti apa apa tentang dunia alusista,,,hanya kecintaan terhadap negara ini lah yg membuat saya betah mengikuti blog militer,,,salah satunya JKGR ini,,,dari awal mengamati tulisan tulisan anda saya merasa tulisan anda mempunyai kekuatan kebenaran yang selalu terkait dan sambung menyambung dengan setiap tulisan yg lainnya,,,saya tidak ingin bermimpi dalam membaca tapi membaca tulisan anda saya seakan di bawa ke alam anda dan mampu melihat sebuah kenyataan,,fakta,,bahkan jiwa dari tulisan anda,,,maka dari itu saya sangat bangga bisa berucap salam dengan anda,,sekali lagi hormat saya buat komandan@PS

  2. ini sedikit saya kisahkan betapa paraniodnya tetangga jiran terhadap KS kita, sampai mereka menyiapkan anti dot untuk perang anti KS nya hehehe… :mrgreen:

    Pada dasarnya peperangan anti KS, yang dilakukan oleh kapal atas air terhadap KS kita sebetulnya dipengaruhi secara langsung oleh banyak hal. Antara lain : kemampuan mereka mendengarkan suara pergerakan KS lawan yang diwakilkan pada beberapa set perangkat akustik, mulai dari sonar baik pasif maupun aktif, side looking sonar, towing sonar, intercept sonar, VDS (Variable Depth Sonar). Dengan peralatan tersebut mereka lalu mengharapkan akan dapat mendengar signal akan adanya KS yang diburu lalu mem”pinpoint” Posisi KS lawan dan sesegera mungkin menghancurkannya. Secara teoritis, penghancuran KS dalam peran dan taktik ASW (Anti Submarine Warfare) itu keliatannya mudah alias gampang betul.
    Akan tetapi dalam kenyataannya pengoperasian sonar yang paling modern sekalipun dalam mendeteksi adanya KS ternyata tidak semudah itu. Di samping kwalitas peralatan sonarnya sendiri (dalam arti S/N ratio, perbandingan antara signal dan gersik, power transmitternya dll), juga masih amat banyak disturbance input yang akan mengganggu penangkapan signal, dalam konteks peperangan anti KS khususnya dalam perairan didaerah tropis, khususnya lagi di kontur perairan wilayah negara kita, Antara lain :
    pengaruh CTD (Conductivity, temperature and Density) yang akan amat mempengaruhi karakteristik propagasi.
    pengaruh biota laut (clamping shrimps, yang saat mengatupkan supitnya, menimbulkan suara bising yang amat ramai dalam frekwensi tertentu, yang justru merupakan frekwensi kerja sonar, yang bisa terdengar bermil mil jauhnya).
    pengaruh sejenis ganggang yang memiliki gelembung udara yang dapat meredam pancaran sonar. Dan masih banyak lagi.
    Perlu ditekankan bahwa masalah ini bukanlah masalah yang sepele. Masalah ini pernah menjadi perhatian penuh Angkatan Laut Negara jiran kita, Malaysia dalam mempersiapkan dirinya karena merasa ketakutan menghadapi KS Angkatan Laut kita, mereka pernah meminta KAE (Krupp Atlas Elektronik), Perusahaan dari Jerman yang khusus memiliki keahlian dalam masalah sonar, untuk membangun laboratorium guna meneliti perilaku signal akustik diperairan mereka. Hal ini secara tidak sengaja terungkap, ketika kelompok SATGAS YEKOVH, mengunjungi KAE untuk mengikuti presentasi ISUS (Integrated Submarine and Underwater Sonar), yang lebih compleks dari CSU 3.2 milik kita.
    Hasilnya adalah : Setelah mengadakan survey keperairan Malaysia, KAE memperoleh data, bahwa suara gangguan setempat (ambient noise) terhadap sonar, yang datang dari lingkungan setempat sedemikian rupa amat bisingnya, sehingga dipandang akan percuma membangun laboratorium karena tidak mungkin mengadakan penelitian signal akustik sesuai permintaan mereka.
    Pada dasarnya acoustical advantages merupakan hasil keseluruhan usaha peningkatan signal to noise ratio pada alat deteksi KS, terutama pada system sonarnya. Hal ini dapat dilakukan melalui dua hal, yang pertama adalah peningkatan sensitivitas penangkapan hidrophonenya, sedangkan yang kedua adalah pengurangan atau penekanan noise hingga seminimal mungkin. Noise yang harus disupressi/ditekan hingga serendah mungkin, yang masih berada dalam jangkauan kemampuan kita adalah:
    • Environmetal noise, noise yang berasal dari lingkungan, dari biota laut seperti clamping shrimps dll. Noise semacam ini tidak mungkin dapat ditekan, melainkan harus kita kenali dengan sebaik mungkin, sehingga kita lalu akan dapat senantiasa mewaspadai, menyadari bila sewaktu waktu ada signal kapal lawan dibalik noise semacam ini.

    • Hydrodynamical noise: noise ini berasal dari proses terkuaknya bidang vertical air oleh haluan kapal dan bidang kapal lainnya, seperti anjungan, yang membentuk bidang yang tranvesal terhadap sumbu aliran air. Noise ini dapat direduksi dengan menggunakan suatu hydrodynamical axis streamline simetrical bow shape, atau singkat nya dikenal dengan dolphin nose shape hull, yang dimulai oleh kapal selam Perancis Amethyst class.

    • Self noise atau radiated internal noise: noise ini merupakan suatu vibrasi yang datang dari semua peralatan bergerak dari dalam kapal, antara lain motor listrik pokok, omvormer dan semua auxiliary engine. Noise jenis ini dapat ditekan hingga seminimal mungkin dengan menggunakan motor listrik yang brushless, dan pemasangan engine mounting secara tidak langsung kebadan kapal, menggunakan suatu body platform menggantung yang menggunakan double elastic mounting. Mounting ini kecuali akan berfungsi sebagai shock absorber, peredam vibrasi, juga sekaligus akan berfungsi sebagai suatu filter dari getaran frekwensi rendah.

    Yang kita bisa petik dari hal ini adalah bahwa bila kita menguasai benar benar karakteristik perairan kita, baik dari sisi perilaku air lautnya sendiri dalam kaitannya dengan CTD dan juga pengaruh biota lautnya, maka KS kita relatif akan amat sulit terdeteksi oleh sensor bawah air kapal atas air musuh. Sedangkan dari sisi KS untuk mendeteksi lawannya kapal atas air yang memburunya atau sasarannya masalah tersebut tidak menjadi handicap yang terlalu besar. Hal ini terjadi karena KS justru berada didalam layer yang menguntungkan bagi penangkapan signal sonar, juga posisi lawannya berada dalam bidang yang berdimensi hanya dua.

  3. Kalo virginia sy masih maklum bung PS…namanya KS nuklir pasti brisik (sotoy jg nih ASU make KS nuklir buat nyusup)…nah oyashio kan KS diesel elektrik…kok ya masih kecium rusia…berarti masih brisik juga atau sonar rusia yg lebih paten dr sonar barat….

    • nah itu dia saya juga kurang begitu paham dengan karateristik Oyashio class Bung, cuma dari berita yang saya dapat dari teman di Rusia, KS jepang kedetek oleh kapal ASW atas air Rusia, posisinya saat itu di sekitar pulau kuril perbatasan Rusia Jepang hehehe… KS jepang itu langsung balik kanan buru-buru setelah satu detasemen kapal ASW dan unit penerbangan angkatan laut Rusia berdatangan kelokasi hahaha… :mrgreen:

          • mumpung Pak PS online nih hehehehe “perkemahan” KS yang di lampung itu rata rata di kemahin sama KS jenis apa Pak???hehe 😀 :mrgeen: oh iya,kemaren 17an markir mobilnya di monas ya Pak PS???ahehehhee

          • hehehe… yang jelas yang sesuai dengan kontur perairan Indonesia bagian barat Bung, sepertinya iya, soale ajudan dan supir saya yang markir Bung :mrgreen:

          • berarti 206/209 sering kemah disana dong Pak?? kalau kilo atau amur? kan itu tempat ga keliatan di google map hehehe jago banget yang bikin tu tempat Pak.. skrg ajudannya nambah ya Pak?hehe saya doain biar cepet naik ke lak.madya Pak PS hehe 😀 :mrgeen: salam hangat Pak…

          • hehehe… kan ada Badan Intelijen Geospasial Bung, salah satu tugasnya adalah ya seperti yang sudah Bung NKRI sendiri jabarkan diatas :mrgreen:

      • Selamat Malam menjelang pagi waktu utara Komandan PS,

        Bagaimana menikmati perkembangan sonar kapal dari Ratu? Apakah sudah ada integrasi dengan bawah laut ? Perjanjian dengan kangguru akhirnya terjadi setelah satuan Bung PS mulai menebak mereka kah? Luar biasa bawah laut tetap misteri di atas air juga misteri. Merdeka !

        • selamat pagi wkt Indonesia bung@Daltop,,salam hangat selalu buat anda,,,pantesan komandan phil collins sering teriak “He walks on, doesn’t look back,
          he pretends he can’t hear her
          starts to whistle as he crosses the street
          seems embarrased to be there.,,,hahaha kena racun potas pasukan bung@PS

  4. bung preman ane lagi dongkol gara2 ada yg bilang suka,tapi bukan ke ane..he he…ga kemana2 kok cuma jadi sr aja.
    kalau saya prihatin bung banyak anggota dpr yg diberi amanah tapi kok begitu ya, ada yg bikin film porno,ada yg pas sidang nonton bokep,jalan2 ga penting,kalau sidang banyak yg bolos,padahal itu sidang menyangkut kepentingan negara berpenduduk 250juta lebih dan masih banyak lagi. kepercayaan itu hilang bila sering dikhianati, ada sebab bung rakyat kehilangan kepercayaan

    • sbnarnya saya juga tahu bung dacil keburukan2 kinerja wakil kita…tp apa 100% semua begitu..???.dan juga tidak sepatutnya kita menghujat kaya gitu..saya rasa tdk di dewan aja bahkan hampir semua instansi pemerintah tidak semua jujur..sayang bung dacil karena kebencian kita pada mereka membuat kita BERPENYAKIT HATI dngn cara menghujat dan mengghiba mereka..!!!!..klo masalah kedongkolan itu bung dacil..sekuat apapun anda berusaha klo sutradaranya menggariskan lain ya percuma aja bung dacil..mending ikhlaskan saja dia jd milikku..hehehe..salam bung dacil

  5. bung preman miris, budaya kkn dah mewabah diberbagai lapisan, kadang tanpa kita sadari kita juga turut menyumbang suburnya kkn,kena tilang coba sogok,ada orang tua yg ingin anaknya masuk sekolah top tapi nilai si anak tdk mencukupi lalu mencoba jalur belakang dan pihak sekolah memang menyediakan kelas khusus,dulu disekolah ane disebut swastanya,hadeh citra sekolah ane jadi turun ada yg beginian..ditingkat pendidikan aja banyak ga beres gimana generasi kita yg dari kecil saja sudah melihat budaya tsb

  6. bung preman memang ada yg baik di dpr tapi mereka kalah/tertutup oleh yg ga beres, bergaulah dgn orang orang baik supaya kita ketularan baik nah kan ada bung istilah kutukan pantat ijo, mereka yg tadinya idealis berubah setelah duduk disana,kira2 kenapa bung preman? kalau dpr dan aparat hukum banyak dikuasai orang2 ga beres bakal susah bung memperbaiki yg lainnya

  7. mantap bung preman, bos juga rupanya. nah itu dia bung tiap pemimpin bakal dimintai pertanggung jawabannya diakherat, kalau saya ga berminat bung jadi dpr,bupati dsb, amanahnya ga main main, memimpin diri sendiri saja belum becus boro boro mau memimpin jutaan jiwa, kalau ada rakyat yg sampai mati kelaparan apa ga dimintai tangung jawabnya? salah satu sahabat rasulullah ketika menjadi khalifah ia rutin tiap malam berkeliling memantau warganya sampai akhirnya menemukan ada yg kelaparan dan tindakan beliau…