Mar 282017
 

Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo meninjau perkembangan pembangunan Makassar New Port (PT Pelindo IV)

Makassar – Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo meninjau perkembangan pembangunan “Makassar New Port” (MNP) yang akan menjadi salah satu hub vital dalam program Tol Laut Pemerintahan Presiden Jokowi.

“Saya hadir hari ini untuk melihat kemajuan pembangunan MNP, baik pekerja maupun unit penanggung jawab kita yang ada di sini. Dan Allhamdulillah pembangunan tahap pertama ini, deviasi atau kekurangannya hanya tiga persen dari target yang ditetapkan,” ujar Syahrul saat meninjau lokasi Proyek MNP itu di Makassar, 27/3/2017.

Menurut Syahrul, deviasi sebesar tiga persen tersebut terjadi karena proses pembersihan laut di areal MNP itu.

“Tiga persen itu normatif, dan kelihatannya tahapannya akan selesai sesuai dengan apa yang kita harapkan,” ujar Syahrul.

Berdasarkan hasil pantauan ini, material yang terkait dengan bahan utama pembangunan dermaga sudah dipersiapkan dan tidak ada masalah.

“Breakouter sebagai sebuah tahapan untuk membendung ombak dan lain-lain dari depan, sekarang perkembangannya sudah 12 persen, tinggal diturunkan, kemudian akan mencapai target tahapan yang diharapkan,” ujarnya.

Secara total, untuk tahapan pertama pembangunan MNP itu perkembangan pekerjaan telah mencapai sekitar 30 persen. “Saya cuma memastikan semua berjalan dengan baik,” ucapnya.

Gubernur membawa serta para tenaga ahli dan pejabat dinas terkait untuk melihat kondisi proyek sekaligus memberi masukan terkait pembangunan MNP tersebut.

“Kami membawa tenaga ahli dan pejabat dinas terkait untuk memberi masukan, agar jangan nanti sudah terjadi masalah, baru kita melihat ada yang salah,” tegas gubernur.

Pihaknya juga menekankan agar pelaksanaan proyek ini berjalan tanpa merusak lingkungan.

“Proyek ini sangat peduli pada lingkungan, sesuai dengan rambu-rambu akademik,” ujarnya.

Menurut Syahrul Yasin Limpo, pembangunan MNP merupakan salah satu mega proyek yang menjadi prioritas nasional, sehingga perkembangannya harus terus terpantau dengan baik.

“Pada akhir bulan Maret ini, pelaksanaan pembangunan triwulan pertama berakhir, sehingga harus dilaporkan kepada pemerintah pusat, dalam hal ini dipantau oleh bapak presiden jadi saya harus memberi jawaban,” kata Syahrul.

Berdasarkan data perkembangan pekerjaan dari PT Pelindo IV, pembangunan MNP saat ini meliputi pekerjaan ’causeway’, jalan akses dan ‘revetment’ material reklamasi/timbunan, pembangunan ‘container yard’ yang saat ini dalam tahap reklamasi, dan pengerukan alur dan kolam pelabuhan.

Antara

https://web.facebook.com/JakartaGreater

  22 Responses to “Pembangunan Makassar New Port, Hub Program Tol Laut”

  1. Jalan tol di laut

  2. di laut ada jalan tol

  3. selama truk tidak di paksakan lewat laut, seperti perjalanan dari jakarta ke surabaya, rencana ini hanya buang-buang uang pembangunan…

    • @agoes

      Aku bingung mencerna komen sampeyan….iki maksute kepiye to?

      Lha nek perjalanan lintas pulau rak yo mesti numpak kapal….lha nek “bumi datar” ngono, ide mbangun “tol laut” ming mbuang-mbuang duit

      • Kalo rute angkutan barang jakarta-sby naek kapal kayaknya kurang efektif…sekarang kereta kontainer selalu terisi penuh dan jarak tempuhnya jauh lebih singkat dibanding kapal laaut

  4. Apa gak merusak ekosistem terumbu karang disitu ya?

    • Kalau alasan seperti itu lebih baik naik perahu aja gak usah naik kapal krn akan mencemari lingkungan, jgn naik bus krn akan mencemari udara… Kalau pembangunan pasti ekosistem laut akan di pindah / di percantik lagi lah,,, mereka psati mikir pakai otak gak pakai dengkul.

    • semua yg namanya pembangunan itu merusak alam/ekosistem.

      Yg harus ditanyakan itu apakah akan ada upaya memperbaiki ekosistem yg rusak atau tidak?

      Kalo cuma mempertanyakan seperti di atas, berarti gak usah ada pembangunan, jgn ada pembangunan jalan, kemana mana jalan kaki..gitu kira kira mksd pertanyaan di atas..

      • Akhirnya berhasil memancing orang untuk berfikir, karena selama ini pembangunan melupakan aspek lingkungan. Sesudah terjadi kerusakan baru semua pd koar2. Masalah amdal masih bs cingcay lha! Kerusakan terumbu karang tdk bs secepat itu pulih apalagi dgn alasan dipindahkan bro! Itu semua harus dibuat alur laut. Para ahli pasti lbh tau, kita hanya bs mengingatkan itu tujuan komen saya diatas!

  5. makin mantap indonesiaku. jayalah negriku.

  6. Maksudnya tol laut itu perbanyak pelabuhan dan fasilitas buat bersandarnya kapal . Dan perbanyak kapal buat transportasi laut. Gitu..

  7. Nakana rang mangkasara “tol laut” pitikanakanai ji itu…

  8. makasar cocok jd ibukota negara meskipun administratif pemerintahan di jawa karena letaknya tepat ditengah nkri menyebabkan memiliki bnyak jalur pelayaran karena jd tempat transit antara barat dan timur. port makasar jalur tol arah bali kupang, saumlaki, merauke, ambon, jayapura, dan ternate. sebenarnya lbh strategis lg jika ditempatkan agak ujung selatan sulawesi di wilayah sekitar bantaeng agar yg dari timur enak. bs dijadikan port induk nasional.

  9. Mgkn dia lelah…

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)