Mar 312016
 

Jakarta – Praktisi pertahanan, Laksda (purn) Soleman Ponto menilai pembebasan warga negara Indonesia (WNI) yang disandera Kelompok Abu Sayyaf, Filipina, tergantung keputusan politik pemerintah.

“Kalau kapal disandera masih agak mudah, kalau orang, itu keputusan politiknya gimana?” ujar Soleman Rabu (30/3/2016).

Berbeda dengan kasus penyanderaan Pesawat Garuda di Tahiland pada 1981 silam. Saat itu, operasi Woyla mampu membebaskan seluruh penumpang dengan selamat. Mantan Kepala Badan Intelijen Strategis (Kabais) TNI ini menganggap penyanderaan ABK memiliki tingkat kesulitan tersendiri.

“Peluang seperti Woyla saya tidak thau pendekatan pemerintah. Kalau Woyla gampang pesawatnya di situ. Tapi penyanderaan oleh Abu Sayyaf ini, di mana ditaruh orang-orang itu. Tingkat kesulitannya jauh dibanding Woyla,” ujarnya.

Soleman menambahkan, kasus penyanderaan 10 ABK murni tergantung keputusan politik pemerintah dan untuk masuk ke Filipina juga tidak mudah jika memang operasi militer dilakukan.

“Nah ini kan sama dengan kasus Sinar Kudus, tapi yang ditahan manusianya, itu memang repot. Apakah mau seperti Woyla atau mau dibayar. Ini sangat ruwet, keputusan politiknya bagaimana? Inikan ditahan di darat, tidak tahu lagi di mana di daratnya, apakah mau dibayar atau mau kirim pasukan pembebasan? Ini ada hubungannya dengan Filipina, dan masuk ke wilayah itu tidak mudah,” ujar Laksda (purn) Soleman Ponto.

Sumber : Okezone.com

Bagikan:

  104 Responses to “Pembebasan ABK Brahma 12 Lebih Sulit Dibanding Operasi Woyla”

  1.  

    Dapat pertama

    •  

      Kalau mau dan Pemerintah Filipina memberi izin kepada TNI utk operasi, maka insya Alloh bisa diatasi itu abu sayap, sy yakin itu

      •  

        Kepedean kamu mas…emang ini kelompok kelas teri tu santoso anggota paling banyak 10 orang aja susah…abu sayyaf tu militan kuat udah bayar katanya indo banyak wong sugih…

        •  

          Jgn salah om satpam, santoso itu mantan kopassus, yg nota bene dididik betul utk itu….

          Emang TNI itu bukan militan kuat apa, kok direndahkan dibanding abu sayap,,,, TNI itu punya berbagai cara dan strategi utk itu…

        •  

          @merah putih

          Kayaknya yang mantan kopasus si daeng koro deh mas…

          Kalo dibandingkan, penyanderaan abk kita sebanding dg kerumitan penyanderaan pesawat israel di entebe atau penyanderaan warga amerika di iran,,,dimana lokasinya di negara orang dan “lingkungannya” tidak terkendali, maksudnya lokasi sandera (disekap jadi satu atau dipisah), berapa jumlah penyandera maupun ragam persenjataannya (senapan serbu, senapan mesin, rpg, medan ranjau), adanya kekuatan/kelompok lain yang bersenjata di lokasi tsb yang bisa saja berbaur dg warga sipil.

          Semakin tinggi tingkat “kondisi yang tidak terkendali”, semakin besar pula resiko keberhasilan operasi dan keselamatan sandera

        •  

          udah satpam aja yang bebasin….ngapain pake kopassus…satpamkan punya snjata andalan….pentungan koboy….wkwkwkwkwkwkwk

        •  

          Emang saya pede, mental terjajah lu..
          Emang situ udah bantu apa, nyocot aja digedein.. Mental lemah kaya situ sono tonton terus acara lalayeye..

        •  

          Emang ane pede bang.. Mental lemah lu.. apa2 bayar dikit2 duit, Mental terjajah lu pam

      •  

        Makanya saya ngomong santoso aja yg mantan kopassus yg punya anggota gak sampai 10 orang aja repot carinya…lah ini abu sayyaf yg mau di hadapi mereka tiap hari perang…dan jangan lupa ini kawasan mereka masuk u gwa sikat.

        •  

          Anda tau dari mana mereka tiap hari perang….???
          Ngawur aja…mereka itu bkn seperti Santoso di buru siang dan malam oleh pemerintah.

        •  

          Maaf om satpam, bukan berburuk sangka, kebetulan saya tinggal di Cilodong Kostrad, dikomplek itu ada banyak kesatuan, salah satunya tontaipur…. dan ada beberapa saudara sy disitu…. jd sedikit banyak sy faham tehniknya…..

          utk operasi santoso berbeda dgn operasi pembebasan sandra abu sayap… (operasi harga diri, ini operasi serius), sy yakin hanya sebentar, percaya omongan saya

          kalau operasi santoso adalah operasi latihan utk prajurit dan sekaligus “operasi proyek”, om satpam masih ingat operasi diaceh kan….. begitu Dawud (komandan GAM) udah terkepung dan tinggal eksekusi,,,, tiba-tiba ada telpon dari seseorg, pasukan disuruh mundur. ….. senjata dgn nomor registrasi yg sama, ditemukan ditangan Gam berulang-ulang……..,,, mohon maaf kalau kurang berkenan

        •  

          Santoso bukan mantan kopasus bung satpam.. Daeng koro lah yang mantan kopasus. dan daeng koro sudah meninggal, ditembak mati aparat.

      •  

        Pembrontak seperti abu sayyaf juga punya intelijen tontaipur…pengelabuan pasti akan di lakukan abu sayyaf..tu tahun 2015 75 orang pasus filipina tewas bertempur di mindanao

        •  

          bung Satpam… Jgn bandingkan pasukan Pinoy sama TNI… Kualitasnya jauh… Pasukan TNI udah terbukti kualitasnya di medan tempur… Lha Filipina ???

          Klo jatuh korban itu sudah pasti… Karena kemenangan tidak dapat diraih tanpa pengorbanan..

  2.  

    Bayar aja kasih pelacak kayak di film Langsung tindak

  3.  

    saya boleh cakap untuk admin sama dengn apa sya fikirkan..santoso tak sama dngn abu sayaf ni..mereka hidup mcm hsiwan kat hutan..senarai syarikat amerika dn tentera fhilipinapun susah nak tangkp.tengok macm mana tentera fhilipina bolh tangkap tak..bahaya sangat nyawa2 kru kapal tu..jika gagal siapa nak kasih quaranti..bagus pasukn tni sahaja boleh ambil ni eksen…

    •  

      betul nak cakap + ekstensinya kito tak biso case filipina gaduh same chine sedang ken kito NETRAL,,nak tidak lasung pihak nye menawarkan melalui delegasi nyo… konskeunsi je.
      namun tegas pemerintah kito ajukan tindaken sesuai kerjasame penanggulan teroris se ASEAN (kode)

  4.  

    Udah bayar gak perlu repot” harus ngelawan….emang musuh kelas teri…mikir ini abu sayyaf kenyang bertempur..lah TNI perang sama lokal aja kewalahan…

    •  

      bayar dengan gigi kunign mu

    •  

      @Satpam

      Bayar itu urusan gampang mas , apalagi cuma 15Milyard rupiah , usahlah negara banyak kok orkay negeri ini yg punya uang lebih dari 15Milyard . Masalah\a ini adalah harga diri bangsa , bangsa indonesia bukanlah bangsa penyerah , militer Indonesia bukanlah militer yg bisa tukar2an . Yang saya tangkap dari penerangan di atas adalah ” Militer Indonesia sulit untuk melakukan operasi pembebasan di Philipina , karena harus mendapat ijin dari pemerintah / militer negara bersangkutan ” kalau TNI – POLRI memaksa masuk tanpa ijin maka sama saja dengan melanggar kedaulatan negara philipina ( apalagi ini operasi militer )..kalau saya pribadi jangankan TNI di suruh berhadapan dengan kelompok abu sayap , andai ( maaf ) TNI harus berhadapan dengan Militer Philipina-pun , saya Yakin TNI akan pulang dengan kemenangan .

    •  

      @satpam…pantasnya mulutmu di sumpal tai kebo…

  5.  

    Kalau tetap diturunkan pasukan kesana yang dibawa nama besar Indonesia akan terangkat jika berhasil, sebaliknya jika operasi gagal cibiran dari luar yang harus kita terima. Semoga berhasil TNI kita..

    •  

      Kirim dan selamatkan sandera tidak usah filipina di beri tahu tni sudah ter uji senyap dan taktis sperti saat beni muerdani tegas.menangkap intelejen australia di papua nugini .tanpa australia dan papua nugini tahu.

    •  

      Filipina itu gak mau mengorbankan tentara kita..lah itu bahasa diplomasi ntar kirim tni malah gagal semua tewas…

    •  

      Cibiran itu hal biasa, sama hal nya jika kita berhasil pun akan dicibir orang,… yang nantinya bahan cibiran itu masa sih TNI menurunkan seluruh armada untuk membebaskan 10 orang atau bla,bla,bla,…..

      Saya pribadi mendukung TNI untuk yang mengatasi Kelompk GPK Filipina (Abu Sayur) kalah atau menang kita sebagai Rakyat hanya bisa bedoa untuk keselamatan TNI dan Para Sandera.

      Ayo pak RR hajar Abu Sayur dan JIM DRAGON yang katanya lebih jaguh dari TLDM

      •  

        Bukan cibiran mas cuma meragukan…lah wong abu sayyaf udah exsis dari dulu sampai sekarang aja gak bisa di basmi…

        •  

          jika Kopasus berhasil membasmi GPK abu sayur berarti yg payah itu Filipinoy bagi RI itu bukan masalah berhasil atau tidak TNI lebih loyal mengikuti perintah atasan / komando.

          Mohon jangan diragukan TNI/POLRI

          Jika dikaitkan dengan santoso itu yang terjun kemedan laga bukan pasukan elit TNI, maka apalagi yang ditunggu mari doakan TNI/POLRI berhasil di Pinoy

        •  

          @Satpam

          Justeru karena abu sayap sudah beroperasi sejak lama dan sampai sekarang belum berhasil di basmi , maka hal ini telah menunjukan sejauhmana kwalitas dan kemampuan militer phinoy , berbeda dengan indonesia yg berlarut-larut dalam hal menanggani opm papua – santoso cs , daeng koro dll . Indonesia lama bukan karena TNI tidak mampu , tak karena adanya beberapa organisasi pengacau hingga konsentrasi aparat terbelah , dan juga hukum di indonesia menetapkan Polri sebagai intitusi yg paling bertanggung jawab dalam menanggani kekacauan dalam negeri .

        •  

          Lawan separatis sekelas Abu aja udah meragukan kualitas TNI, lha gimana kalo ntar ada perang lawan negara besar macam Cina. Lebih meragukan lagi?? ! Mental tempe kok dipelihara!!

      •  

        Kepedean kamu mas tiap negara juga ngomong pasus mereka paling hebat di dunia bukan hanya indonesia…mending bayar beres

        •  

          Gak pede kok, inilah hasil belajar sewaktu bela negara (P4) juga binaan Pramuka dimana rasa toleransi penting saling jaga dan menemukan dengan seksama, nama nya juga usaha kenapa tak boleh???

          Yang tahu mampu atau tidaknya kan TNI dan mereka (TNI / POLRI) siap kok untuk turun arena tinggal menunggu lampu hijau pinoy…

        •  

          Bayar beres, dikit2 pake duit, mental kaya gini yg bikin razia ilegal makin laris, kena tilang tinggal kasih uang damai, selesai. Mental terjajah lu!!

  6.  

    minta izin plipin agar denjaka dilibat operasi pembebasan sandra secara rahasia …

  7.  

    Jng pesimistis dulu la, ga usah umbar suara dl lah… Di tunggu aja babak berikutnya!

  8.  

    Ya kn tentara di latih untuk itu. Ga ada alasan sulit engga nya. klw udh ada peritah laksanakan.

  9.  

    abu sayaf dibanding perompak somali lebih keren mana? kita yakin TNI berhasil dalam misi kali ini, karena doa kita selalu menyertainya…

  10.  

    Mari kita demo ke kedubes PINOY di jakarta,…
    dahulu masyarakat pinoy berdemo di depan kedubes RI untuk menyerahkan Mari Jane, tuntutan nya berhasil.

    kini negara perlu bantuan RAKYAT Indonesia untuk berdemo di Kedubes Pinoy kita harap Pinoy mengizinkan TNI / POLRI untuk membebaskan sandera dengan cara bekerjasama.

  11.  

    ngapain pake main bayar,klo di bayar nanti suatu hari mereka pasti mengulangi kembali menyandra
    awak- awak kapal indonesia karena mereka mendapat tebusan dari indonesia

  12.  

    Pak Soleman gak dibahas tuh alumnus combatan moro yg dah insyaf,mgkin mereka tahu lokasinya, kira” mgkin gak pake unknown force?

  13.  

    saya boleh cakap nama besar pasukan elit awak sangat ditunggu..kabar lanun ni ramai .sudah banyak faham baik malaysia mahupun negara2 luar..pengarah badan perisikan kebngsaan awak ..sutiyoso berkata lanun menuntut wang tebusan AS$1.1juta..berapa rupiah..??nak kasih bebas apa kasih wang apa kasih serang mereka…pelik lawan abu ni..

  14.  

    udahlahh hajar saja tuhh si abu gosok modarin semuanya

  15.  

    Sudah terbit lho bukunya…dalam rangka peringatan dharma bhakti Yon-328

  16.  

    satpam PA kali ya, minta dibayar, apa jangan2 dia juga termasuk abu sayur???????

  17.  

    nimbrung gan…abbu sayyaf ini adalah salah satu kelompok milisi di filipina di samping ada MNLF dengan segudang pengalaman perang gerilya itu saya amati sejak tahun 2000….dan pernah menyerang ke pusat pemerintahan filipina kelompok ini basis nya di basilan…milisi ini mempunyai peralatan lengkap dan canggih dari RPG sampai ROCKET LAUNCHER juga punya dari senjata tercanggih bikinan mama rika dan om ruski juga punya menjadikan salah satu kelompok milisi yang paling berbahaya…jadi selayaknya betul2 di fikirkan langkah2 yang terbaik ingat ini soal nyawa anak bangsa,kalau menurut saya tebus dulu baru di habisi setelah sandra aman…

    •  

      @Bunker Tua, CMIIW, Moro Islamic Liberation Front yang paling terlatih dan terorganisir di selatan. Mereka bahkan punya akademi militer sendiri. Pengamat militer OKI asal Malaysia malah menyebut organisasi ini tangguh seperti AB negara kecil. Mereka independen dan tak tersangkut dengan Daesh spt Abu Sayyaf dan MIT-nya Santoso.

  18.  

    SATPAM itu anak magang temen TMB bung xixixxixiiii

  19.  

    ada yang sengaja nge-bait gk usah ditanggapi berlebihan

  20.  

    @ satpam siapa bilang jumlah anggota santoso di poso sana tak lebih dari 10 org ????????? ente tau dari mana, apa anda anggota bin atau intelejen TNI/Polri yg bertugas disana hingga anda bisa membuat pernyataan seperti itu ? kalau jumlah mereka hanya 10 org maka pemerintah tidak mgkin menurunkan kekuatan besar disana, sampean itu saya lihat komennya banyak ngawur..perlu anda ketahui dari teman teman yg bertugas dan yg ditugaskan disana baik tingkat perwira pertama maupun menengah sampai perwira tinggi tidak ada yg tahu pasti berapa jumlah anggota santoso Cs disana namun kalau masalah kekuatan santoso di bandingkan dengan kekuatan abu sayyaf memang benar kekuatan abu sayyaf lebih besar dan kuat di bandingkan santoso,..namun apabila pasukan khusus TNI polri diberikan kesempatan untuk melakukan opmil di philipina tidak ada yg mustahil walaupun resikonya sangat besar dan harus banyak yg di hitung hitung…anda tentu masih ingat slogan /brand dari prajurit kopassus ” kalau ibu pertiwi sudah memanggil ,lebih baik pulang nama dari pada gagal dalam bertugas…semua tergantung dari pemerintah philipina mau atau tidak memberi izin buat TNI masuk ke sana…yg saya tahu sampai saat ini pasukan khusus TNI dan polri sudah disiagakan di tarakan tinggal menunggu perintah untuk di berangkatkan,..

  21.  

    @bung JT, polisi itu perlu menambah pengalaman di dunia internasional, jika sewaktu-waktu negara berperang dan dibutuhkan dari semua elemen untuk bersatu yah polisi juga akan terseret didalamnya, gimana ayo?

  22.  

    baca baca komen nya @SATPAM yang terus mendesak “bayar saja”, salahkah kalau saya punya pikiran si @SATPAM ini anteknya ABU SAYTON ?
    begitu terima duit langsung beli senjata, bom dll

  23.  

    Kalo gw mah bayar aja 15 milliar doank, tapi nganter duitnya pake apache …hahahhaha, 4 tembakan kelar itu

  24.  

    satpam itu bagian dr teroris,,,, uang tebusan yg diminta itu utk mendanai pembelian senjata utk perlawanan di filipina,,,, sudahlh kita percayakan pd TNI sj, asal jgn kirim POLRI atau gabungan TNI POLRI,,,,pemerintah pastiny kirim pasukan utk misi pembebasan tsb,,,,, berhasil dipuji, gagal tidak dipublikasikan,,,,, misi pembebasan sandera di luar negeri prinsipnya spt itu

    •  

      Mbah mu teroris…bahasa diplomasi filipina gak yakin TNI bisa…mereka berkaca sama santoso yg kecil aja gak bisa ketangkap padahal senjata santoso cuma senjata rakitan

      •  

        @saptam

        Ya udah mas, besok tebusannya biar dibayar sama bu retno…pake uang recehan.

        Kalo si abu saraf udah kecapekan ngitung uang receh 15 milyar, tinggal diserbu…beres to???

      •  

        Rakitan mana dulu, PINDAD? BELGIA? MALAYSIA? ato Rakitan preman pasar?
        Klo gak urusan njlimet perpolitikan Diplomasi, aturan main undang-undang dan HAM… waowwww… Bengek sudah itu santoso cs… lagian untuk urusan teroris kn bisa buat proyek sama Big bos asu! Jd, bukan tni ga mampu! Ada banyak kepentingan disini mas bro… Xixixi

  25.  

    mungkin keputusan plg tepat ya bayar sj ….. kitapun tidak tahu apakh benar2 di pulau tsb/tdk kalaupun bisa diserbu sampai habis teroris di pulau tersebut ..entah knp berasa spt malah menginvasi filipina ,tentu bila operasi penyelamatan bnar2 dilakukan, pem flipina jg pasti terkena imbasnya ..dalam artian kaum pemberontak abu sayap dan antek2nya di wil flipina yg lain pasti akan terprovokasi dan mrk malah semakin ganas .. dan mungkin dalam tnd kutip bila pem flipina brencana mengusahakan utk mengadakan perjanjian damai dgn kel teroris abu sayap di suatu hari nannti , akan menjadi lbh sulit ….

  26.  

    lebih sulit menghapus 7ribu email sampah 🙁

  27.  

    Kamu lagi stress mas minum air comberan dulu

  28.  

    kita lihat ja seminggu kedepan..gmana berhasil tidak pem philipina bebasin wni yg di sandra..dari pada saling mencela mending bahas berita zaskia gotik yg lagi heboh…

  29.  

    Yg diatas2 ane setuju bung Colibri,1. yg ane tangkep jgn sampe dr kjadian ini asu punya alasan ngeteem di malaka karena alasan keamanan, yg ke 2. Mgkin dr kjadian ini bisa jd “tiket” keluar dan semoga saja gak jd “tiket” masuk, salaam

  30.  

    Ah setan sok tahu,salah satpam
    Mulut kau nyerocos aja,kerjain aja tugas kau dengan benar
    Comment takbermutu kau,untuk kau saja

  31.  

    kenapamak lampir dan nini pelet gak di libatkan???kan beres mereka jg kebal senjata koq..nnti sy telpon pak jokowi segera perintahkan ki jodo bodo utk bangunkan mak lampir dn nini pelet dari boboknya

  32.  

    Abu sayaf itu benar2 pasukan mujahidin yang terlatih dan tidak takut mati, bukan kayak santoso cs yang cuma bikin sinetron terus sama si densus di tivi si oone. jadi ini adalah perang beneran yang harus di kirim pasukan densus 88. buktikan kalo berani densus , ini adalah lawanmu yang imbang . dan mereka juga punya senjata canggih.

  33.  

    saya harap pasukan densus 88 segera di terjunkan di filipina.

  34.  

    kalo ane jadi Pinoy, akan beri ijin masuk … dg syarat :
    team komando pake uniform Pinoy.
    semua lambang, logo, no reg sista disesuaikan.
    tdk boleh di publish.
    nitip anggota ane sbg pendamping lapangan.
    sukses atau tidak … urusan ane

    *edisipilemperanghollywood*

  35.  

    Uda bro.. gk usah brdebat dgn orang yg sllu pesimis.. prcuma brdebat dgn orang tak brilmu tu tak da hbsnya.. satpam tuh slh satu barisan orang” yg kcewa trhdap pmrntahan dan NKRI
    NKRI harga mati

  36.  

    Kamu aja yg di terjunkan kesana mau gk

  37.  

    Pandangan awam saya, Filipina khawatir tni bisa mengatasi abu saya. Bila ini terjadi sama saja invasi militer Indonesia. Soalnya bertahan tahun militer Filipina nggak bisa masuk Kalah terus. Ini pandangan awam dan ngawur

  38.  

    Eh’ satpam loe di cariin tau nya di sini, tuh gudang ke malingan , bkan nya jaga malah ngbrol di sini mnding klo omongan loe bnr…
    ‘ maaf ya semua nya tuch si satpam nya blm mnum obat jdi nglantur deh…..

 Leave a Reply