JakartaGreater.com - Forum Militer
Jul 062018
 

Surabaya, Jakartagreater.com -Pangkoarmada II Laksamana Muda TNI Didik Setiyono, S.E., M.M., menghadiri pembekalan Kasal Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M., kepada Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) Tingkat IV Angkatan Ke-63 Tahun 2018, pada Kamis Kamis 5 Juli 2018  bertempat di Ruang Auditorium Gedung Mandalika AAL Bumimoro, Surabaya.

Pimpinan tertinggi TNI Angkatan Laut tersebut dalam pembekalannya tentang “41 filosofi biru” menyampaikan bahwa, sebagai calon Perwira harus memiliki kekuatan moral yakni akhlaq dalam melakukan tatanan kehidupan, seorang Perwira yang membawa misi sebagai penjaga keamanan dan keselamatan baik material maupun personel.

 Kasal Laksamana TNI Siwi Sukma Adji,S.E., M.M. mengatakan, bahwa mendahulukan  kepentingan anak buah sebagai salah satu kunci dalam membawa suatu organisasi serta kekuatan kepemimpinan.

Selain itu, mengemban tugas Perwira TNI AL akan dimintai pertanggungjawaban baik di dunia maupu akhirat karena sebagai pemimpin seorang Perwira menjadi panutan dan contoh dalam kehidupan keseharian.

Kasal juga berpesan sebagai Perwira harus memiliki jiwa menentramkan dengan cara berpasrah kepada Tuhan Yang Maha Esa, harus instropeksi diri dan berani bertanggung jawab. Berani melakukan kebenaran artinya Perwira harus dapat mengendalikan hawa nafsu dan kesabaran serta seorang Perwira tidak aji mumpung untuk memperkaya dengan melakukan berbagai cara.

“Mendahulukan kepentingan orang lain dalam hal ini kepentingan orang lain yaitu kepentingan anak buah sebagai salah satu kunci dalam membawa suatu organisasi serta kekuatan kepemimpinan”, ungkapnya.

Sebagai seorang pemimpin kita juga harus membangun persaudaraan dengan cara berbuat baik kepada siapapun, karena siapa tahu dari kebaikan kita tersebut orang akan dengan ikhlas mendoakan untuk kebaikan kita.

Laksamana lulusan AAL Angkatan 30 Tahun 1985 mengatakan sebagai seorang Komandan Kapal harus dapat menelusuri jejak sejarah kapal yang dikomandaninya agar mengenal secara benar makna yang terkandung dari kapalnya sendiri maupun sejarah penamaannya, karena sebagai bangsa yang besar selalu menghormati dan menghargai sejarah para leluhurnya.

Hadir dalam acara tersebut, diantaranya Para Asisten Kasal, Pangkoarmada I dan III, Para Pangkotama TNI AL wilayah Jakarta dan Surabaya, Para Kadis jajaran Mabesal, serta Pejabat Utama AAL. (tnial.mil.id)

Bagikan:

 Leave a Reply