Sep 022018
 

Dansatgas Indobatt Konga XXIII-L/UNIFIL Letkol Inf Arfan Johan Wihananto mengatakan bahwa setiap penugasan operasi dimanapun, situasinya tidak akan pernah sama walaupun para prajurit sudah pernah melaksanakan operasi-operasi sebelumnya.

Sentul, Bogor, Jakartagreater.com – Komandan Satgas Indonesian Battalion (Dansatgas Indobatt) Konga XXIII-L/UNIFIL (United Nations Interim Force In Lebanon) Letkol Inf Arfan Johan Wihananto, S.I.P. memberikan pembekalan kepada 850 Prajurit TNI yang akan melaksanakan tugas sebagai Peacekeepers pada misi perdamaian dunia Lebanon dibawah naungan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Dansatgas Indobatt Letkol Inf Arfan Johan Wihananto yang sedang melaksanakan dinas cuti ke tanah air, menyempatkan diri untuk memberikan pembekalan kepada 850 Prajurit TNI Satgas Indobatt Konga XXIII-M/UNIFIL, yang akan menggantikan Satgas Indobatt Konga XXIII-L/UNIFIL pada bulan Desember 2018 mendatang.

Di hadapan 850 Peacekeepers Konga XXIII-M/UNIFIL yang sedang melaksanakan PDT (Pre Deployment Training) pada Jumat 31-8-2018 di Aula Serbaguna Pusat Misi Pemeliharaan Perdamaian (PMPP) TNI Sentul-Bogor, Jawa Barat.

Dansatgas Indobatt Konga XXIII-L/UNIFIL Letkol Inf Arfan Johan Wihananto mengatakan bahwa setiap penugasan operasi dimanapun, situasinya tidak akan pernah sama walaupun para prajurit sudah pernah melaksanakan operasi-operasi sebelumnya.

“Untuk itu, laksanakanlah PDT dengan sebaik-baiknya dan pahami setiap materi yang disampaikan oleh instruktur. Semua materi yang disampaikan, sangat bermanfaat dalam aplikasinya didaerah misi penugasan,” ujarnya.

Selanjutnya Letkol Inf Arfan Johan Wihananto menyampaikan bahwa para peacekeepers yang akan melaksanakan tugas misi perdamaian PBB, harus mengetahui dan menyesuaikan diri situasi dan kondisi secara umum termasuk adat dan budaya di Lebanon.

Disisi lain, Dansatgas Indobatt Konga XXIII-L/UNIFIL mengatakan bahwa selama penugasan di Lebanon, para peacekeepers juga akan melaksanakan program Cimic (Civil Military Coordination) seperti kesehatan, pengobatan dan kegiatan sosial lainnya termasuk menampilkan berbagai kesenian dan budaya Indonesia.

“Ini merupakan salah satu cara yang cukup ampuh untuk meraih simpati masyarakat setempat,” ucapnya. Mengakhiri pembekalannya, Dansatgas Indobatt Konga XXIII-L/UNIFIL Letkol Inf Arfan Johan Wihananto berpesan agar selalu menjaga kekompakan dan mempedomani standar aturan yang telah ditetapkan UN (United Nations) dalam hal ini UNIFIL.

“Misi kita tidak hanya membawa nama TNI tetapi secara umum membawa nama baik bangsa dan rakyat Indonesia,” tegasnya. Pada kesempatan yang sama, Dansatgas Indobatt Konga XXIII-M/UNIFIL Mayor Inf Arfa Yudha Prasetya mengucapkan banyak terima kasih atas pembekalan yang disampaikan Letkol Inf Arfan mengenai gambaran penugasan di Lebanon.

“Terimakasih Dansatgas Indobatt XXIII-L/UNIFIL yang telah meluangkan waktunya secara khusus untuk memberikan pembekalan, sehingga kami mendapatkan bayangan apa yang akan diperbuat nantinya,” katanya. (Pen Konga XXIII-L/UNIFIL)

 Leave a Reply