Jan 062019
 


JAS 39 Gripen (foto : Common Wikipedia)

Dengan kebuntuan pembelian F-16 Barak Israel kepada Kroasia, Saab melihat kemungkinan bisa kembali memasukkan jet tempur ringan Gripen.

Prospek penjualan jet tempur Gripen ke Kroasia telah meningkat karena ancaman pembatalan kesepakatan pembelian 12 pesawat tempur F-16 Israel yang menemui jalan buntu karena mendapat tentangan dari Pemerintah AS, jika tidak diselesaikan sampai minggu depan.

Kroasia sebelumnya menolak Gripen dan lebih memilih F-16 bekas dari Israel, tetapi dengan pemblokiran dari pemerintah AS karena modernisasi versi Israel yang diterapkan pada jet tempur F-16, menyebabkan Kroasia mungkin tidak punya pilihan lain selain memilih pasokan jet tempur baru Gripen buatan Saab.

“Kroasia membutuhkan tanggapan dari Israel hingga 11 Januari atau pesanan 500 juta dolar atas F-16 akan dibatalkan,” kata Kementerian Pertahanan Kroasia, Kamis.

Kroasia mengeluarkan permintaan proposal untuk menggantikan jet MiG-21 dan menerima proposal dari Lockheed Martin untuk F-16 baru, Yunani untuk F-16 bekas dan Saab dengan Gripen baru.

Kroasia lebih memilih F-16 Barak Israel yang sudah berusia puluhan tahun, meskipun telah diperbarui dan dilengkapi dengan persenjataan terbaru.

Sedangkan di sisi lain, fighter Gripen adalah pesawat tempur produksi baru dan perusahaan Saab Swedia telah menawarkan opsi pembiayaan yang menarik, serta paket persenjataan dan dan sistem komunikasi terbaru.

Cavok

 Posted by on Januari 6, 2019

  13 Responses to “Pembelian F-16 Bekas Israel Buntu, Peluang Gripen Kembali Terbuka”

  1.  

    gelar lapak lagiii

    •  

      Kalau F16 A/B milik TNI AU mau dipensiunkan ..lebih Baik pilih Grippen daripada F16 V baru.
      Urusan dengan USA itu ruwet Dan berpotensi di khianati lagi…
      Tapi …biasanya Ada komisi nya bagi pejabat yang Beli ..

      •  

        Lah gripik aja pake mesin buatan asu kok jadi sm aja bung beli gripen pun juga… Btw KFX/IFX juga katanya mau pake mesin F414, tapi general elecric bukan satu2nya yg menawarkan mesin mereka ke KFX/IFX tapi Snecma prancis dan Eurojet jerman juga menawarkan mesin mereka juga jadi ada baiknya yah indonesia beli pespur eropa yg lain seperti Thypoon atau rafale tapi kalau nyari yg murah pake tejas atau sulfur aja xixixi…

      •  

        Gripen juga ada produk amer, akan jadi sulit saat dipakai ketika bertentangan dgn amer dan ketika akan dijual, kalau pakai buatan LM akan jadi sulit dibelakang nya, tidak tahu jika pakai Boeing apakah akan dipersulit juga.

        Seperti projects ifx aku pesimis bisa dipakai bebas Krn di ifx ada produk amer

      •  

        F16 blok 72 boleh asal harga seperti Bahrain yang beli 16 dengan Harga 1,12 Milyar USD, kalau 48 ya harusnya 3,36 Milyar USD, kalau 4,5 Milyar USD sih kegedean Komisinya, IMHO

  2.  

    Salut buat Saab yg getol memasarkan gripen kebanggannya!he3

  3.  

    Saab gripen izin Dropshiper ya gan? saya mau daftar, mau saya jual di lapak ijo sama di aliexpress

  4.  

    Saab gripen izin Dropshiper ya gan? mau saya jual di lapak ijo sama di aliexpress

  5.  

    Gripik oh gripik… sudah banting harga murah sampai nawarin Tetot 100% kok masih kagak laku2 juga yah?? Salesnya kurang beramal x yah xixixi…

  6.  

    Mungkin ini baru rizki nya Gripen kale

  7.  

    Kasihan, kena jebakan badman 😆 hihihihihi