Pembelian Pesawat Su-35 Masih Diproses

62
9
Sukhoi SU-35, (REUTERS/Pascal Rossigno)
Sukhoi SU-35, (REUTERS/Pascal Rossigno)

Moskow dan Jakarta secara aktif sedang berkonsultasi tentang pengiriman pesawat tempur Su-35, ujar kepala delegasi Rosoboronexport di Indo Defence 2016, Sergey Goreslavskii, kepada RIA Novosti, 2/11/2016.

“Konsultasi bilateral untuk pemasokan pesawat multifungsi Su-35 ke Indonesia dilakukan secara aktif”, – kata sumber itu.ย Menurut Reuters yang merujuk pada keterangan Kementerian Pertahanan Indonesia, negosiasi itu tentang pembelian sembilan atau sepuluh pesawat tempur. Negosiasi itu terkait masalah harga.

Menurut Goreslavskaya, Su-35 adalah jet terbaik di kelasnya. Su-35 menggabungkan berbagai teknologi pesawat generasi kelima dan merupakan puncak dari evolusi pesawat tempur Su-27/30, yang sudah lebih dari 10 tahun menjadi primadona ekspor dari Rosoboronexport.

“Dengan akuisisi ini, akan memungkinkan Angkatan Udara Indonesia selama bertahun-tahun untuk memberikan perlindungan yang handal terhadap perbatasan udara nasional”, ujar Goreslavskii.

Sumber : RIA.ru

62 COMMENTS

  1. kak diego..
    ini jawaban soal improved kilo kita dan masih ambigu
    militaryrussia.ru/blog/topic-722.html
    dsni semua lengkap kak.dr sejarah dan kmn saja itu si lontong.
    plus sign contractnya.lengkap dech kak.

  2. “…sedang konsultasi tentang pengiriman Su35.” Apakah mau dikirim 9 ato 10. Begitukah?
    Hmmm….bener2 Kyk orang pacaran, mau dilepas tapi masih cintaaa, Kalau gak dilepas kok banyak maunya hihihi…
    Perempuan cantik imut Kyk Indonesia memang sukanya begitu :*
    Ps: yg gak pernah punya pacar dilarang sewot hihihi….

  3. negosiasi terkait masalah harga, lama lama bisa jadi masalah beneran ni harga kalah dikit menang dikit kenapa sih, makin mundur makin lama dapatnya keburu jadwal produksi diisi buat negara lain, mungkin kita mintanya gak pakai faktur pajak jadi kan bisa kurangi harga 10 %

    • Amin…
      Ada banyak peristiwa dihari ini, semoga peristiwa “bersejarah” bagi bangsa ini.
      Bukannya diartikel sebelumnya sudah dibahas mengenai proses pengiriman. Kalo membahas pengiriman berarti …. Be Smart

  4. SEDANG BAHAS PROSES PENGIRIMAN,, berati dah dil bro gk bakal kegoyah pespur cupu lgi masalah jumlah sesuai kantong dan kesepakatan jangka panjang,, sip lah seng penting kudu nonggkrong geh SU 35 neng indonesia min 30an lah,, hhaaa

  5. Pembelian 9-10 atau 9-12 unit wajar, krn kita butuh tot tp jumlah pembelian kita 8 unit, itu namanya kita yg tdk tau proses tot…dgn jumlah pembelian 8 unit itu trlalu sedikit, wakar jika rusia tdk memberikan tot…semoga pembelian 9 – 12 unit diberikan tot, walaupun ga tot sepenuhnya…

  6. Ciri khas pemerintah belanja alutsista. Jika disebeut masih penjajakan artinya sudah deal. Jika sudah deal artinya barang sudah dikirim. Barang aedang proses pingiriman artinya barang sudah ada. Info dari warkop

  7. Yang Mengikuti berita nya Sukhoi 35 sangat bosan Dan …capek…
    Nyaris tidak Ada kemajuannya ..
    Cuma Nego Dan menawar saja ..
    Mau Beli 12 Sukhoi 35 … Tapi Minta ToT itu ….Darimana bisa dapat ..? Makanya proses pembelian nya ruwet Dan panjang…
    Tapi ya sabar ….siapa tahu kita beruntung semua nya…

  8. Ini dari formil sebelah
    +Quote+
    Menhan Ryamizard Ryacudu berharap Rusia tidak memberikan harga tinggi untuk Sukhoi yang ditaksir kementeriannya. Proses tawar-menawar masih bergulir. (ANTARA FOTO/M N Kanwa)

    Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu menyebut rencana pemerintah Indonesia membeli pesawat tempur asal Rusia, Sukhoi Su-35, tidak menemui kendala apapun. Ia berkata, Kemhan saat ini masih menunggu harga dari Rusia.

    “Sudah selesai, tinggal harganya saja,” kata Ryamizard saat ditemui di pameran industri pertahanan Indo Defence 2016 Expo & Forum di JIExpo, Kemayoran, Jakarta, Kamis (3/11).

    Ryamizard mengatakan, proses pembelian Sukhoi tidak berjalan alot. Ia mengklaim, selama ini proses tawar-menawar pembelian delapan Sukhoi antara pemerintah Indonesia dengan Rusia masih terus berlangsung.

    Dia berharap harga yang ditawarkan Rusia tidak terlalu tinggi. “Bukan progresnya yang lama. Saya menekankan harganya berapa. Selagi harganya belum ada, saya akan tanya terus,” ujarnya.

    Lebih dari itu, Ryamizard menuturkan, perjanjian alih teknologi dan offset dalam pembelian Sukhoi telah diteken.

    Dalam empat tahun terakhir, belanja pertahanan Indonesia meningkat 77 persen menjadi Rp 108,7 triliun. Di sisi lain, Kemhan juga telah menandatangani kontrak pembelian 24 jet tempur F-16 dari perusahaan asal Amerika Serikat Lockheed Martin.

    Sebanyak 14 unit F-16 di antaranya telah dikirim ke Indonesia. Sebanyak 10 unit lainnya akan dikirim pada awal 2018.

    “(Sukhoi) sudah hampir (jadi). Yang lain sudah ketemu harganya. Saya mau harganya. Kalau enggak tahu harga, bisa jadi menggelembung karena kami enggak ngerti,” ujar Ryamizard.

    Pengadaan Sukhoi merupakan upaya strategis Kemhan mengganti F-5 yang saat ini usianya mendekati 40 tahun. Dari sisi teknologi, pesawat tempur dari skuadron 14 Madiun itu sudah tertinggal.

    Indonesia membeli pesawat F-5 dari Amerika Serikat pada akhir dekade 1970-an. Indonesia membeli 16 unit pesawat tempur yang dilengkapi dengan rudal air to air AIM-9P2 Sidewinder yang disebut salah satu rudal perang udara yang paling canggih kala itu.

    “F-5 itu usianya sudah hampir 40 tahun. Enggak usah dipakai perang nanti juga jatuh sendiri,” kata Ryamizard. (abm/agk)
    +Unquote+

  9. Ane kok tambah heron yach.Latgab TNI taon 2014 kmaren.kok bisa2nya tanpa malu2 kucing ntuch F-15 dimunculin.punya siapa yach???perasaan kita cman punya f-16 hibah dari arizona.ada yg bisa ngejelasin nggak????

  10. Mau murah!
    Bisa diatur, kurangi radar, tvc, dan avionik!
    Mau Tot?
    Kasih : bikin tutup body, bikin tutup nozzle!
    Mau teknologi?
    Ini diajari bikin game simulator DCS Sukhoi punya!
    Mau pelatihan kru?
    Nih dikasih kamus dan gramar bahasa rusia!
    Masih kurang?
    Kasihan deh lu!

  11. Ni menhan macam mau beli barang buat dijual kembali mau yang murah,..beli ngeteng trus plus tot jadi susah deal.
    barang high quality sebanding dengan harga..
    Klo mau yang murah beli produk china sesuai dengan kualitas.

  12. Apa sie yg g bs buat indonesia….Rusia Manut2 aja aplgi dtawarin proyek besar di indonesia contohx Pembangunan Rel Kereta di kalimantan…hehehe..Cm Pndpt Ank Prbtsn Kalimantan aja n Siap Dislhkn….Rusia Emang Stroooong….

  13. pembelian su 35 ini ujung ujungnya pasti batal. karena biaya operasionalnya selangit dan versi ekspor dengan downgrade sama moskow. malahan belinya sama perantara rosoboronexport.

    mudahan mudahan saja gripen plus tot full buat ifx di beli pemerintah. gripen indonesia forum.

LEAVE A REPLY