Aug 082017
 

Su-35 (photo : Twitter.com/Jokker)

Indonesia sudah melakukan negaosiasi untuk pembelian Su-35 sejak tahun 2013. Menurut sumber yang dekat dengan Rosoboronexport, beberapa kali negosiasi terkait pembelian Su-35 batal karena sejumlah masalah, terutama karena masalah keuangan.

Tapi sekarang kedua pihak sudah mencapai garis finish, terbukti dengan penandatanganan memorandum antara perusahaan “Rostec” dengan “Perusahaan Perdagangan Indonesia” dimana sebagian pembelian Su-35 akan dibayar dengan komoditas seperti karet, kelapa sawit dan sebagian lainnya dibayar dengan uang tunai.

Menurut pakar dari Pusat Analisis Strategi dan Teknologi, Konstantin Makiyenko, biaya pembelian 11 unit Su-35 bisa mencapai US$ 1 miliar. Menurutnya, kontrak dengan Indonesia tidak kalah luar biasa dari China, apalagi sebagai negara yang memiliki akses pembelian pesawat tempur buatan AS dan Barat, namun Indonesia tetap membeli pesawat tempur buatan Rusia.

Indonesia nantinya akan menggunakan Su-35 untuk menggantikan armada pesawat tempur F-5 Tiger II yang sudah tidak operasional lagi dan akan ditempatkan di Pangkalan Udara Iswahyudi Madiun.

Sebagian sumber berasal dari Bmpd.Livejournal

  78 Responses to “Pembelian Su-35 Indonesia Luar Biasa”

  1. WOW WOW WOW MANTAP

  2. mantap

  3. Panaya yang luar biasanya ????

  4. Indonesia gtu lo…..

  5. apanya …yang luar biasa ya …..???

  6. Setelah saya baca..
    Mantapnya di bagian mananya ya….

  7. Inilah berita yang saya tunggu? Mantap , bikin tetangga sebelah kepanasan nih

  8. Itulah yang dianggap luar biasa, karena Moscow anggap Jakarta sebagai saudara. Biasanya orang beli ga punya uang langsung ditolak. Giliran Indonesia “dangadong hepeng aku rapopo” katanya

  9. Pokok,e joss miiin….

  10. Mantap!..ini baru berita yg ku tunggu2..

  11. Mantap.. Hrs begitu (pintar2 baca peluang.. INDONESIA sebagai penyediaan kekayaan alam) jd tak perlu pakai hepeng cukup barter sj

  12. Mantapnya gak pny duit bs beli..hehe

  13. Lanjutkan lebih baik berkawan sama om vladimir putin dari pada amerika

  14. Sya berharap mudah2an menhan bisa tmbh lgi alutsista ini miin..

  15. hihihihi…saya baca bolak balik apanya yg luar biasanya…ini mah bisa bisanya bung jimmy.. dan sekarang pasti beliau lg ngakak guling guling…

  16. Tenang aja … kita mah punya saku banyak, saku baju kiri & kanan, saku celana kanan & kiri + saku belakang celana ada dua total ada 6 saku, saku baju isi duit cash, saku celana buat komoditi pertanian/perkebunan, sumber daya alam tambang dll.
    kalo masih kurang … ambil di gudang !!!

  17. ini postingannya singkat, tidak jelas dan kayak kolom komentar (ngirit) wkwkkwkwk

  18. Menurut “sumber yang dekat dengan Rosoboronexport,” beberapa kali negosiasi terkait pembelian Su-35 batal karena sejumlah masalah, terutama karena masalah keuangan.

    —————————————————–

    Hahaha… Itu Sumber Yg Dekat Dgn Rosoboron Siapa Ya?… Mungkinkah Itu Bung Peuteuy… 😆

    #Just Kidding

  19. su 35 kapan dikirim tahun berapa ya?

  20. LUAR BIASA , karena

    1.Warjag dengan sabar luar biasa … dimulai tahun 2013 menunggu harap-2 cemas sampai Ejak***si /
    2. Luar biasa , ……… kalimat akan,sedang,prosess,minat menduduki kalimat paling sering muncul di lingkup Formil terutama JKGR
    3. Luar biasa ………… , dengan menampilkan artikel dari Su 35 , berseri berkepanjangan 3 tahun lebih , mengalahkan popularity sinetron Tersanjung 1,2,3
    4. Luar biasa……….., dapat mendongkrak hit counter JKGR bila ada Artikel Su35 dan tentunya
    5. Luar biasa pula……… dApat mendongkrak pemasukan iklan JGKR untuk Bung Diego

    Emang Kau sungguh luar biasa …….

    edisi : luar biasa berkepanjangan …. sampai klimaks

  21. Stelah su-35 .. trus kilo .. trus s400 .. trus bastion p .. mntap dah …

  22. Perdagangan menguntungkan tuch.. Russia lagi butuh berbagai komoditas alam karena di embargo beberapa negara..

  23. Ini beli lngkp dgn senjata ny atau tdk

  24. Beli pesawat nya lengkap stnk/bpkb . Apa bodong ini bang . Hhee . 😀

  25. Ruarrrrrr biasa sampai umbanan nunggui nota kesepahaman

  26. udh di sebut salah satu negara dari segelintir negara di dunia yg bisa mendapat akses pembelian pespur dari amerika maupun eropa tp tetep beli dari rusia itu yg luar biasa menurut dia 😀

  27. Semoga cepet terealisasi yaa..
    Salam kenal untuk para fans jakartagreather

  28. Tak ada yg menyaingi indonesia dengan diplomasi dan lobi tingkat tingginya, menang tanpa keluari peluru sebutir pun, jafi ingat sejarah diplomasi indonesia jaman kompeni dulu……syabas indonesia, kalo dapat jgn SU 35 saja, pabrik sukhoi sekalian ke indonesia agar indonesia dpt keuntungan, dan menfembangkan fighternya sendiri….Amin

  29. … Luarbiasa disaat Rusia terkena embargo ekonomi oleh Eropa hingga Rusia kesulitan mendapat bahan mentah. Dan disaat itu Juga Indonesia mengalami kesulitan menjual minyak kelapasawit akibat dari kebijakan superketat stadar Eropa tentang kelapa sawit. Perjanjian ini benar2 mengutungkan kedua pihak..

  30. Hmmmm……

    Semoga 11 Sukhoi 35 …. Nanti plus
    05. Sukhoi 34 ………..,. Pass 1 skadron

  31. Berita SU-35 yg berjilid2 membawa keberuntungan buat bung Diego karena rame yg koment!he3

  32. Mau tau luar biasanya dimana….? Luar biasa nawarnya dari taon 2013 sampe sekarang baru deal wakakakakkakakakqka

  33. Pembelian sukhoi sejak era presiden megawati, dan sekarang dilanjutkan terus demi menyambung silaturahmi dengan kawan lama yaitu russia!!

  34. Tidak ada uang. Sawit pun jadi. Begitu kira2 kata pepatahnya.

 Leave a Reply