Mar 122015
 
Yonif 643/Wanara Sakti Pontianak akan menjadi Batalyon Mekanis pertama di Kalimantan (photo: Republlika.co.id)

Yonif 643/Wanara Sakti Pontianak akan menjadi Batalyon Mekanis pertama di Kalimantan (photo: Republlika.co.id)

Anjongan – Yonif 643/Wns menerima Kendaraan tempur ANOA 6×6 tipe APC dari Kodam XII/Tpr, untuk menuju terbentuknya Batalyon Infanteri 643/Wns sebagai Batalyon Mekanis yang merupakan salah satu jawaban Profesionalis TNI (8/3/2015). Pwmbentukan Batalyon Mekanis ini untuk mampu menghadapi segala bentuk ancaman baik dari dalam negeri maupun luar negeri sehingga seluruh wilayah Indonesia khususnya wilayah terdepan, terpencil dan perbatasan tetap terjaga di bawah NKRI.

TNI merupakan komponen utama dalam pertahanan negara, yang mana dalam perwujudannya sampai saat ini dan seterusnya akan tetep konsisiten terhadap NKRI. UU RI No. 34 tahun 2014 tentang TNI, pada pasal 5 disebutkan bahwa TNI berperan sebagai alat Negara di bidang pertahanan, sebagaimana pada pasal 6 ayat (1) dimana fungsi TNI sebagai penangkal terhadap segala bentuk ancaman, penindak terhadap setiap bentuk ancaman dan pemulih terhadap kondisi keamanan negara yang terganggu akibat kekacauan keamanan.

Pasal 7 menegaskan bahwa tugas pokok TNI adalah menegakkan kedaulatan negara, mempertahankan keutuhan wilayah NKRI serta melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia dari ancaman dan gangguan terhadap keutuhan bangsa dan negara.

Dalam melaksanakan tugas pokok tersebut, TNI melakukannya dengan pola Operasi Militer untuk Perang (OMP) dan Operasi Militer Selain Perang (OMSP). Terkait dengan tugas Operasi Militer untuk Perang (OMP), seperti halnya disebutkan juga pada pasal 7 UU RI No 34 tahun 2004. Pada tanggal 08 Maret 2015 Batalyon Infanteri 643/Wns telah menerima dukungan kendaraan tempur jenis ANOA 6×6 Tipe APC buatan PT. Pindad sejumlah 2 (dua) buah dari Kodam XII/Tpr. (Kodam Tanjungpura)

Bagikan Artikel :

  26 Responses to “Pembentukan Batalyon Mekanis di Kalimantan”

  1. tes

  2. Ganador!!!

  3. Bravo one..

  4. Anoa pas gitu keren juga yak :mrgreen: terlihat SANGAR dan STRONG

    kalau dijual untuk sipil mantep juga neh, sapa tau ada yg mau bikin kek GoJEK wkwk GoAnoa . .

  5. Kirain 20 atau 30 anoa, ternyata cuma 2. Jangan-jangan, setiap kali ada berita pembentukan yon mekanis, 2 anoa ini yang dipindah-pindah.

  6. Kalau bisa MBT Leopardnya juga dikirim diperbatasan juga jangan hanya disimpan di jawa aja , plus panser badak sekalian untuk diuji kehandalannya di medan yang sebenarnya dan ingat Malaysia sdh jauh sebelumnya menepatkan MBT PT 91+ Panser PARS 8×8 + Rudal anti-tank Ingwe dan boleh dikata lebih siap dan jangan menganggap remeh, ingat ” Tidak ada temen yang abadi hanya kepentingan yang abadi”

  7. Japan Military Heavy Tanks and Armored Vehicle Firepower; Link:

  8. Japanese Military 2013; Link:

  9. MBT leopard, SCORPIO, ANOA, BADAK, TARANTULA, ASTROS lebih cocok ditempatkan di KALIMANTAN apalagi provinsi yang berbatasan langsung dengan M…SIA

  10. Hutan kalimantan masih menjadi tempat yang ideal bagi infantri strong yang njinjing ATGM NLAW atau Javelein. Jadi anoa cuma buat drop infantri aja ke posisi yang strategis bat ngancurin tank dan APC lawan.

  11. Sangat diharapkan untuk Batalyon Mekanis TNI AD mempunyai alutsista yang lengkap mulai dari MBT, IFV, Medium Tank, APC, Howitzer, ATGM, Truk angkut pasukan, Rantis, heli serang dan heli angkut.
    Untuk pulau Kalimantan minimal di isi dengan 100 MBT sekelas T90, 200 IFV Sekelas Marder, 300 Medium Tank, 300 APC, 150 Howitzer 155, 50 MLRS, 100 ATGM, 16 unit Heli Serang dan 16 unit Heli angkut berat.
    Kekuatan ini selain sebagai pengamanan dan pertahanan wilayah serta antisipasi terhadap kejahatan tetangga usil.
    Kita akan selalu pesimis jika menyangkut dana pengadaan, saya pikir pemerintah harus bijak dalam belanja alutsista, patokan utama adalah kualitas dan tot, tapi harga murah dan bebas embargo juga faktor yang harus di perhatikan.
    Misalnya, kenapa kita harus ambil dari USA dan Eropa jika dari Rusia justru lebih berkualitas, ada TOT, murah dan bebas embargo.
    Semoga yonif mekanis benar-benar dilengkapi peralatannya, dan menjadi salah satu kekuatan pokok yang dimiliki dalam wadah KOGABWILHAN.

  12. Baru ketauan leopard ngak sesuai utk kalimantan..
    Itulah keburuan beli tanpa penyelidikan terlebih dahulu..
    Sepatutnya indonesia ngikut malaysia yg siang2 udah tau tank berat ngak cocok dikalimantan.

    • Indonesia beli Leo, sebenarnya cuma untuk membuktikan pada Malaysia bahwa kami mampu beli apapun karena uang kami lebih banyak dari Malaysia. Kalau Malaysia berusaha untuk lebih dari Indonesia maka Malaysia akan sesak nafas ,kemudian kollaps.

 Leave a Reply