Mar 292014
 
Markas Batalyon Yonif 413 Bremoro, Kostrad (photo: Kesatria Bremoro)

Markas Batalyon Yonif 413 Bremoro, Kostrad (photo: Kesatria Bremoro)

Batalyon Infanteri (Yonif) 413 Bremoro, Solo, Jawa Tengah akan ditingkatkan menjadi batalyon infanteri mekanis dengan kelengkapan kendaraan lapis baja. Program itu terkait dengan pembelian alat utama sistem persenjataan (Alutsista) berupa tambahan 50 unit tank tempur Leopard, ujar KASAD Jenderal TNI Budiman usai memberi pengarahan di depan 600-an prajurit Batalyon Infanteri (Yonif) 413 Bremoro, di markas Mojolaban, Solo, Jumat (28/3/2014).

Sebagian di antara kendaraan tempur infanteri yang disebut Infanteri Fighting Vehicle (IFV) itu, akan ditempatkan di Yonif 413 Bremoro Solo.

“Jadi fungsi Yonif 413 tetap hanya dilengkapi dengan fasilitas IFV sehingga menjadi batalyon infanteri mekanis. Sedang selain batalyon itu ada juga batalyon infanteri motoris dengan kendaraan tempur Anoa. Kendaraan lapis baja itu untuk melindungi prajurit karena nyawa orang itu mahal,” jelasnya.

Infantry Fighting Vehicle IFV Marder tiba di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta (photo:arc.web.id)

Infantry Fighting Vehicle IFV Marder tiba di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta (photo:arc.web.id)

Saat ini, sambungnya, persiapan terus dilakukan di Yonif 413 sampai tank Leopard datang memperkuat jajaran TNI-AD pada Oktober 2014 mendatang.

Kasad memproyeksikan di tiap kota besar ada batalyon mekanis. Tapi saat ini dari 100 batalyon lebih di seluruh Indonesia, yang sudah ada batalyon mekanis baru enam kota, yakni Jakarta ditempatkan satu brigade, di Surabaya dan tahun ini di Solo satu batalyon.

Di depan para prajurit Yonif 413 itu, Kasad mengungkapkan, TNI AD diberi peralatan tempur luar biasa dengan kemampuan bertempur prajurit yang tidak dimiliki negara lain harus terus dipelihara dan dibangunn dengan latihan.

Dia mengingatkan, yang lebih penting dari peralatan canggih itu adalah jangan kehilangan kecintaan rakyat. “Selama ini, yang ditakuti musuh dari TNI hanya dua hal, yaitu kemampuan bertempur dan kesatuan TNI dengan rakyat. Ditambah alutsista modern, tingkat kepandaian dan semangat tempur prajurit, menjadikan Indonesia menjadi negara yang dihormati,” tuturnya.  (pikiran-rakyat.com).

  24 Responses to “Pembentukan Batalyon Infanteri Mekanis Yon 413 Bremoro Kostrad”

  1. semoga JD yg pertama.amin

  2. Selamat untuk kostrad

  3. Siip

  4. wah

  5. kelimaxxxxxx

  6. Mantap

  7. ka genep. Mantap TNI.

  8. gimana gak di takuti… orang Indonesia terkenal bonek
    mikir tar yang penting serang… kalo gak percaya coba aja instruksiin lawan malaysia tambah panas-panasin dikit pasti pada nyebarang semua hahahahaha

    bonek indonesia itu kalo di bola ibarat pemain ke 13 hahaha

  9. Numero 10

  10. wew keren

  11. Hadeeeh….kok ane bingung dg berita itu. Yg bener mana nih….Leopard apa Marder…? di situ disebut IFV, mestinya merujuk ke Marder. Tp disebut Leopard ?? bukannya ntu barang jenis MBT ?

  12. bung NYD denger2 ada penambahan pasukan raider, diambil dari tiap kodam,
    jadi nanti nya tiap kodam punya pasukan raider masing2, mungkin utk antisipasi kogabwil. apa benar demikian bung ?

    • perubahan kemampuan satuan infanteri reguler menjadi berkualifikasi raider ini terkesan terburu2 ngga sih…jangan sampai kualifikasi raider tetapi kualitas sesungguhnya belum sampai kesana, karena lamanya pendidikan yang misalnya tidak seperti biasanya (waktu pendidikan dipadatkan)..

    • Di tiap2 kodam memang sudah terbentuk raider bung. Dengan angka belakang 00, contoh kodam VII mulawarman raidernya 700 Itu sudah lama bung. Plus 2 raider dari kostrad. IMHO

      • Kodam Jaya saat ini tidak mempunyai yonif raider.

        Dulu memang penomoran yonif raider pakai “00” di belakangnya (100, 200,…600, 700, dan 900).
        Tetapi dengan pemekaran jumlah Kodam, yonif raider baru ada yang tidak lagi pakai “00” di belakangnya, misalnya Yonif 733 / Raider milik Kodam XVI/Pattimura dan
        Bahkan untuk Kodam Iskandar Muda memiliki 2 yonif raider, yaitu Yonif 111/Raider dan Yonif 112/Raider.

        Kostrad saat ini punya 3 yonif raider, yaitu 1 yonif raider untuk 3 brigif non-linudnya. Yonif 323/R (Brigif 13 ), Yonif 412/R (Brigif 6), dan Yonif 514/R (Brigif 9).

        Dengan konversi Yonif 413 menjadi mekanis, maka Brigif 6 terdiri dari yonif raider, yonif mekanis, dan infanteri konvensional (yonif 411).
        Apakah pola ini diterapkan ke brigif lainnya (9 dan 13) ? (raider, mekanis, dan konvensional)
        Atau malah semua yonif non-raider di brigif non-linud tersebut akan dikonversi ke yonif mekanis?

        • maaf bung menkoreksi sedikit yonif 411 sekarang sudah berkualifikasi raider, baru aja selesai pendidikan raider sktar 3 bln yang lalu, dan sampai saat ini masih ada yang pendidikan raider untuk yang gelombang sebelumnya belum ikut pendidikan. Makanya kemaren untuk yang latian garuda shield dengan USARMY dari yonif 411/R.

  13. Leopard 2A4 yang diretrofit dan heavily overhauled aja cuma $ 700.000, lebih murah dari retrofitan AMX-13 yang nyampe 10 M sebiji

    Kenapa Pindad, Kemenhan dan TNI-AD gak berpikir membeli Leopard 2A4/5/6 bekas aja terus retrofit di Pindad. Seperti yang dilakukan Turki. Kan banyak yang bisa dijadikan partner menjadi konsultan & subkontraktor yang berpengalaman retrofit dan upgrade Leo mulai dari :
    Rheinmetall & KMW dari Jerman
    SAAB group Swedia
    General Dynamics St. Barbara Spanyol
    RUAG Swiss
    Aselsan Turki

  14. Yup ..klo dri clue nya sih masalah pesawat nya yg gak jelas beritanya,

  15. Bung Nara,
    Kalau Sonora dalam waktu dekat mau berulah, apa sebaiknya tindakan yang diambil TNI dijadikan shock terapy buat yang lainnya ? Ya sekali-sekali sonora harus diberi hantaman keras biar tidak berani macam-macam lagi . Mungkin pendapat saya didasari dari banyaknya gangguan-gangguan dan pelecehan-pelecehan dari singo , papua nugini , nelayan thai dan oz .

  16. Harus menunggu bocoran TOE Yonif Mekanis, YonKavSerRingan, YonKavSerBerat, baru bisa analisis/ komen.. Ini kan bukan rahasia.
    Lihat komen 30 Satuan Infanteri Mekanis: Potret Ujung Tombak Baru Elemen Pemukul TNI AD, dan juga di kaskus, isinya mencerahkan.

  17. betul bung Nar.. sebelum terjadi rembesan rembesan yang dapat mengganggu NKRI

 Leave a Reply