Pembentukan Brigif 27/Nusa Ina Kodam Pattimura

1
49

Amahai, Maluku Tengah, Jakartagreater.com – Panglima Kodam XVI/Pattimura, Mayor Jenderal (Mayjen) TNI Suko Pranoto meresmikan Satuan Brigif 27/Nusa Ina Kodam XVI/Pattimura, bertempat di Lapangan Mako Brigif 27/Nusa Ina Desa Haruru Kec. Amahai Kab. Maluku Tengah. Bertindak selaku Komandan Upacara Letkol Inf Beni Asman, S.Sos.

Panglima Kodam XVI/Pattimura, Mayor Jenderal (Mayjen) TNI Suko Pranoto dalam sambutannya mengatakan, pembentukan Brigif 27/Nusa Ina sebagai salah satu upaya strategis dalam menjaga kedaulatan bangsa khususnya di wilayah Maluku.

Hal ini telah melalui kajian strategis dan evaluasi yang mendalam terhadap berbagai aspek serta faktor yang mempengaruhi dalam perkembangan lingkungan strategis yang dinamis, maka Kodam XVI/Pattimura menilai perlu dilakukan pengembangan organisasi dengan membentuk Brigif 27/Nusa Ina di wilayah Kabupaten Maluku Tengah tepatnya di Desa Waipo Kecamatan Amahai.

“Untuk itu, keberadaan Brigif 27/Nusa Ina di wilayah Maluku diharapkan benar-benar dapat memberikan manfaat dalam menciptakan rasa aman dan damai serta mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat Maluku”, kata Pangdam.

Disamping menambah kekuatan TNI-AD di Kodam XVI/Pattimura dalam melaksanakan tugas pokoknya menjaga dan mempertahankan wilayah Maluku, kehadiran Brigif 27/Nusa Ina merupakan realisasi keinginan, harapan serta permintaan masyarakat dan pemerintah daerah. Hal ini merupakan salah satu bukti kepercayaan masyarakat Maluku terhadap Kodam XVI/Pattimura.

Oleh sebab itu, saya berpesan kepada seluruh Prajurit Brigif 27/Nusa Ina agar menjaga dan memelihara kepercayaan masyarakat dengan sebaik-baiknya melalui koordinasi, kerjasama, dan komunikasi yang intensif. Wujudkan upaya yang terpadu dan sinergis dengan Polri, Aparat Pemerintah Daerah dan segenap Masyarakat dalam menciptakan stabilitas wilayah yang kondusif.

Brigif 27/Nusa Ina membawahi 2 Batalyon, yaitu Yonif 731/Kabaresi dan Yonif 734/Satria Nusa Samudra. Maka dengan peresmian ini, Komando dan Pengendalian Yonif 731/Kabaresi dan Yonif 734/Satria Nusa Samudra telah beralih dari Danrem 151/Binaiya Kolonel Inf Christian Tehuteru kepada Danbrigif 27/Nusa Ina Letkol Inf Mustaqim.

Alih Kodal ini dilaksanakan sebagai bagian dari upaya penataan organisasi TNI Angkatan Darat dalam rangka pembangunan kekuatan Minimum Esensial Force (MEF).

Brigif 27 ini diberi nama Nusa Ina yaitu, Nusa yang berarti Pulau dan Ina artinya Ibu, sehingga nama Nusa Ina mengandung arti bahwa Brigif 27/Nusa Ina terletak di Pulau Seram yang merupakan pulau tertua di gugusan kepulauan Maluku dan memiliki sejarah tertua asal mula penduduk di kepulauan Maluku.

Brigif 27/Nusa Ina memiliki Dhuaja “Satria Manggala Yudha Dharma” dan dilambangkan dengan Burung Nuri Raja yang berfilosofi seorang raja yang berhati mulia dan menebar kedamaian serta membawa cahaya yang mampu menerangi umat manusia.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Irdam XVI/Pattimura, Danrem 151/Binaiya, Para Asisten, Kabalak, Dansat jajaran Kodam XVI/Pattimura, Ketua Persit PD XVI/Pattimura beserta Pengurus dan anggota, Forkopimda Maluku Tengah, Para Toga, Toda dan Tomas Maluku Tengah. (Pendam Pattimura).

1 COMMENT

LEAVE A REPLY