Mar 062015
 
TNI AL

TNI AL

Jakarta – TNI AL akan menambah 1 Komando Armada yang sejalan dengan pembentukan Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan). Untuk memperkuat Komando Armada yang baru, Marinir juga akan menambah 1 Pasukan Marinir (Pasmar) yang merupakan Komando Pelaksana Utama Korps baret ungu tersebut.

Saat ini TNI AL memiliki 2 Komando Armada, yaitu Komando Armada Barat (Koarmabar) yang berada di Jakarta dan Komando Armada Timur (Koarmatim) yang berada di Surabaya, Jawa Timur. Nantinya TNI AL akan menambah dengan pembentukan Komando Armada Tengah di Makassar, Sulsel, dan Koarmatim akan dipindahkan ke Sorong, Papua. Sedangkan Koarmabar tetap berada di Jakarta. Sementara untuk yang di Surabaya akan dijadikan Komando Armada RI sebagai pusat.

Komandan Korps Marinir Mayjen Faridz Washington mengatakan jajarannya siap dengan rencana penambahan kekuatan itu. Pembentukan 1 Pasmar baru itu rencananya akan ditempatkan untuk mendukung Koarmatim di Sorong.

“Kami sudah siap. Nanti nambah 1 di Sorong, satu lokasi dengan Koarmatim. Kalau yang di Jakarta dan Surabaya tetap,” ujar Faridz saat dikonfirmasi di Mako Marinir, Kwitang, Jakpus, usai mendapat kunjungan dari jajaran Trans Media, Jumat (6/3/2015). Turut hadir dalam acara tersebut Komisaris Trans Media Ishadi SK.

Marinir akan menambah 8.000 personel untuk kekuatan di Pasmar Sorong itu. Bahkan satu batalyon tank saat ini sudah siap meski Pasmar ketiga tersebut belum terbentuk.

“Personel tambah, sekitar 8.000-an. Kalau (penambahan) Alutsista bertahap sampai renstra (rencana strategi) ke 2024. Kalau sekarang yang sudah siap 1 batalyon tank,” kata Jenderal Bintang 2 itu.

Faridz pun mengaku siap mengerahkan pasukan dan komando kapanpun diperintahkan. Menurutnya pembentukan Koarmatim menyusul Parmar di Sorong hanya tinggal menunggu Keputusan Presiden.

“Kalau kita sih siap kapan aja, tinggal nunggu waktu, tunggu perintah dari Panglima, tunggu Keppres.,” tutur Faridz.

Lalu sudah ada nama-nama yang disiapkan untuk menjadi Komandan Pasmar di Sorong?

“Belum lah kalau itu,” pungkasnya.(detik.com).

Bagikan Artikel :

  40 Responses to “Pembentukan Koarmatim Sorong Papua Barat”

  1. Tes

  2. ndang wes… gak usah lama2

  3. Lebih cepat lebih baik

  4. Siap-siap diprotes melanggar HAM

  5. klo pertamax dah d ambil kita v power aja dah…hwe2

  6. Klau bisa ditambah lebih banyak lagi pasukan marinir kita,,,,, biar kita jaya di laut “JALASPEPA JAYA MAHE”

  7. Papua harus maju. Fasilitas jalan trans Papua harus OK. Rakyat Papua harus bersatu dengan TNI. Kekuatan yang kuat adalah manunggalnya TNI dengan rakyat. Untuk pertahanan udara di Indonesia bagian timur, kita gelar S400. Ngomong-ngomong gimana ya nasib rencana bunker di bawah Monas?Wilayah Papua dapat menjadi wilayah yang kokoh sebagai benteng timur Indonesia dengan kemajuannya serta dibangunnya bunker terintegrasi di seluruh pulau yang bisa menyimpan cadangan amunisi, logistik dan minyak yg ditujukan untuk mengkover seluruh wilayah Indonesia apabila terjadi perang.

    • Ane setuju bg,
      Terakhir kali ke papua (sorong) infrastruktur disana masih kurang dan sangat perlu ditingkatkan. Apalagi di sana ada tambang minyak dan tempat wisata (raja ampat) yg seringkali di kunjungi sama wisatawan seluruh dunia.
      biar dapat meningkatkan pemasukan daerah dan memajukan warga sana. Dan kondisi disana selalu aman terkendali. Amin.
      Maju terus Angkatan Laut Indonesia.
      Maju terus TNI.

      NKRI harga mati

  8. Kita akan bangun jet tempur ringan nan gesit yg dapat mendarat di jalan raya. Kita akan bangun jalan raya di Papua yg kokoh. Kita akan simpan ribuan jet tersebut di dalam bunker bawah tanah di seluruh wilayah Papua. Kita akan gunakan jet tersebut untuk membackup wilayah Indonesia bagian tengah dan timur apabila diperlukan. Dan, kita akan simpan rudal balistik antarbenua di sebuah pulau kecil rahasia sebagai senjata rahasia dan pamungkas kita.

  9. Antisipasi Marinir ASU yg berpangkalan di Darwin..

  10. nyimak..

  11. Bandara biak numfor dpt menjadi pangkalan sukhoi sbg bagian kogabwilhan wilayah timur didampingi satu regu korpaskhas, satu batalyon kostrad dpt ditempatkan di merauke, satu batalyon kavaleri dapat ditempatkan di jayapura, satu batalyon raider dpt ditempatkan di nabire, satu grup kopassus dpt ditempatkan di timika, satu pangkalan ks ditempatkan di saumlaki, sementara dua kodam yg sudah ada diperkuat dg brigif/yonif mekanis, lanal merauke menjadi pangkalan operasi, radar plessley dg jangkauan 600km dpt ditempatkan di biak numfor dan merauke,tambahan satu skadron f 16/gripen/t-50i di ambon sebagai peronda dan coin

  12. Amin

  13. Aamiin…
    Semoga TNI semakin kuat, rangkul semua Rakyat.
    Bersama kita kuat, bersama kita bisa dan bersama kita sejahtera.
    Ulang kejayaan kerajaan besar nusantara masa lalu.
    Demi NKRI jangan punya rasa ragu…Kami bersamamu TNI…!!!
    Bersama Rakyat TNI kuat…!!!

  14. Hidup Tni Hidup Indonesiaku tercinta

  15. Infrastruktur sedang dalam proses pengerjaan, berikut kantor dan fasilitas lainnya..kemungkinan 2017 baru di resmikan mengingat perumahan maupun barack pasukan belum dikerjakan pembangunannya

  16. Pangkalan udara yg dilengkapi dgn kandang SU-35S di Papua, dah jadi ? penghuninya mau datang !

  17. salam kenal buat semuanya

  18. Porte Avion 2 , 1 biji
    Destroyer Horizon , 2 biji
    Mistral , 2 biji
    Paketin dr Prancis pake ToT enak tuh :mrgreen: hehe, duitnya dr mana kakak

  19. Kenapa di Sorong ya.? Knapa gak di Fakfak.? Bukankah utk antisipasi di Selatan lebih mudah jika penempatan Divisi Marinirnya di Fakfak.? Semoga segera terbentuk.

  20. Lengkapi dengan Anoa Amphibi buatan Pindad.

  21. Keputusan yg bagus dan tepat baik utk pembentukan 3 armada wilayah dan 1 pusat maupun utk pembentukan koarmatim di sorong. Papua adalah wilayah NKRI yg sangat jauh letaknya dari surabaya dan menjadi titik lemah blankspot di wilayah timur shg sgt mudah disusupin. Ini adalah awal mula pembangunan wilayah papua. Pertama pasti investor menginginkan keamanan utk masuk ke papua barulah setelah keamanan terjamin infrastruktur masuk dan dibangun baru kemudian yg lainnya menyusul spt pusat pemerintahan, pasar dll.

  22. Mantap

  23. MAntap, buat kokoh disisi timur indonesia, taruh kan sukro di biak 1 ska. jangan lupa PSUnya juga.

  24. Tunggu apa lagi? Langsung disahkan……….

  25. Sekedar usul saja, klo bisa rekrutan prajurit tni diperbanyak untuk putra daerah Papua…

  26. Ha..ha.. antisipasi kekuatan as sama aus th 2020 ya. Bravo TNI dan pemerintah, tinkatkan terus kekuatan TNI di papua!

 Leave a Reply