Oct 222013
 
Kodam VI Mulawarman Operasikan Helikopter Bell 412 EP (Photo; ARC.web.id)

Kodam VI Mulawarman Operasikan Helikopter Bell 412 EP (Photo; ARC.web.id)

Realisasi rencana strategis Angkatan Darat untuk membangun satuan tempur Skuadron helikopter di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur, terus berlanjut. Dalam kunjungan kerjan ke Bumi Batiwakkal, Danrem 091/ASN Kolonel Inf Nono Suharsono, menyebutkan, proses saat ini adalah pembangunan pangkalan di Bandara Kalimarau. “Itu memang bagian rencana strategis Angkatan Darat memperkuat wilayah perbatasan, makanya kita akan membangun skuadron heli ini, dengan demikian keamanan perbatasan bisa betul-betul terjaga,” ujar Kolonel Inf Nono Suharsono, usai memberikan paparan di jajaran Kodim 0902/TRD, Senin 21/10/2013.

Meski tidak menjelaskan target realisasi masuknya perangkat dan personel, Danrem menyebutkan penyiapan pangkalan adalah persiapan yang utama. “Begitu nanti pangkalannya selesai dengan perangkatnya, maka personelnya akan segera diisi. Untuk tahap pertama, akan ditempatkan empat personel Penerbang Angkatan Darat (Penerbad) di pangkalan ini. Secara bertahap, penambahan personel akan terus dilakukan diiringi dengan pemenuhan fasilitas lain, termasuk pengadaan jenis pesawat lain yang dibutuhkan”, ujar Danrem 091/ASN.Kolonel Inf Nono Suharsono,berharap rencana tersebut mendapatkan dukungan dari masyarakat maupun Pemerintah kabupaten Berau.

Rencana pembentukan Skadron Helikopter di Berau Kalimantan Timur, diuraikan lebih lanjut oleh Dandim 0902/TRD Letkol Hendri Sembiring. Menurutnya pembentukan Skadron itu akan direalisasikan pada akhir tahun ini. “Ya kemungkinan akhir tahun ini rencananya helikopter sudah parkir di Berau, itu informasi terakhir,” ujar Letkol Hendri Sembiring.

Helikopter Bell-412 EP buatan PT DI

Helikopter Bell-412 EP buatan PT DI

Modul Camera di Helikopter Bell-412 EP buatan PT DI (photo:PikiranRakyat)

Modul Camera di Helikopter Bell-412 EP buatan PT DI (photo:PikiranRakyat Online)

Kini TNI AD sedang membicarakan masalah teknis dengan Ditjen Perhubungan Udara. “Kalau ada kesepakatan, pastinya semua akan dipakai karena nantinya kita akan memanjangkan apron yang ada, membangun hanggar heli, dan bangunan maintenance juga termasuk markas, saya rasa nggak ada masalah ketika bertemu dengan menteri saat peresmian hanya tinggal MoU saja,” ungkap Letkol Hendri Sembiring.

Markas dan Mess personel akan dibangun tahun 2014 mendatang sekaligus keperluan lainnya. Helkopter serbu yang akan didatangkan akhir tahun ini hanya empat unit dari total keseluruhan yang direncanakan sebanyak 32 helikopter, untuk empat flight.

“Ini bakal menjadi markas skadron pertama di Kaltim, nantinya dari empat flight, ada dua flight saja yang di Berau, yang dua berada di Sulawesi dan Kalimantan Barat. Berau nanti akan menjadi sentralnya, tujuannya jelas untuk mempermudah pelayanan, termasuk dukungan wilayah perbatasan,” tandasnya. (sapos.co.id).

  45 Responses to “Pembentukan Skadron Helikopter Serbu di Kalimantan Timur”

  1. kalau boleh tau bell 412 EP ini memakai / mengangkut persenjataan apa saaja,??
    Dan kalau indonesia udah jadi empunya embuat heli” sprti ii sdri kenapa gandiwa dan bumblebe tidaak di kembang biakan?
    Kenapa cumma sebatas kertas saja,

    • Senjatanya sama persis seperti di Pilem “RAMBO”, “PLATOON”

      Beda Jenis,

      Bell 412EP = Heli Serbu (Assault Helicopter)

      Gandiwa/Bumblee Bee = Heli Serang (Attack Helicopter)

      Heli Serang jauh lebih sulit dalam pembuatan dan sangat mahal daripada Heli Serbu

      dan juga Heli Serang tidak multi-purpose atau serba guna, kalau tidak ada acara hanya ditaruh di garasi.

      sedang Heli Serbu bisa digunakan untuk acara lain, misal Bantuan Bencana Alam, atau Angkutan Lainnya………

      Kalau kita bikin Gandiwa minim harus dibuat 50 biji biar ngak rugi Biaya Pengembangan dan lainnya, lalu kita simpan di Garasi, baru dikeluarkan apabila ada latihan dan Perang Terbuka

      Kalau untuk menumpas Separatisme dan Terorisme memakai Heli Serbu sudah sangat cukup, dan bisa dipakai terus-menerus untuk Acara lain

  2. Wah tanah kelahiran msuk heli serbu.Karena sbnrnya kaltim itu lgsg berbatasan juga dgn malaysia,bukan hnya heli serbu dan mbt yg akan ditempatkan diperbatasan tapi pespur2 F16 atw sukhoi sgt2 penting lalu penambahan pesawat uav yg bnyk untuk mengantisipasi hal2 yg mengganggu di daerah perbatasan.mengingat uav mudah pengoperasian dan hemat ongkos. Tambahan lain ya mlrs astros dan HQ-9 atw S300 cocok deh.

    • jangan cuma alutsista yang ditambahin di kalimantan, jalan dan jembatan juga perlu dibangun dan dibenerin, masa pulau kaya penghasil batubara, emas, uranium, intan, minyak bumi, gas, sawit, dll, cuma dapat jalan kelas <10 ton, listrik dikalimantan paling jago kalau urusan pemadaman, pemerintah jakarta kaya gak ikhlas membangun kalimantan, sudah urusan hartanya sedot terussss, apa pengen kalimantan *******, kalau diperbatasan liat wilayah malaysia jadi sedih ni hati… miris, SDA kalimantan wilayah indonesia lebih kaya dari kalimantannya malaysia, tapi kesejahteraan masyarakat seberang jauuuuuh dari kalimantannya indonesia, kalimantan mau timur, selatan, tengah, barat sama aja kondisinya… kalau generasi sekarang macam saya ini rasa indonesianya masih tinggi tapi generasi berikutnya gak tau deh, semuanya tergantung jakarta apa masih sayang sama kalimantan.

      • Setuju, pembangunan di Kalimantan memang harus ditingkatkan. Saya pernah ke Palangkaraya dan Balikpapan. Dibandingkan dengan pulau Jawa dan Sumatera memang cukup tertinggal.

        Tapi coba perhatikan mulai beberapa tahun ini, pembangunan di Kalimantan tampak semakin deras. Geliat pembangunan terlihat cukup tinggi, dari yang saya lihat di Balikpapan.

        Walau jalan raya, umumnya masih segaris, namun pembangunan terjadi di sana sini. Pembangunan ini justru dimotori pihak swasta bukan pemerintah.

        Para pengusaha/ Kadin sempat teriak-teriak ke pemerintah agar mempercepat pembangunan infra struktur di Indonesia, khususnya jalan dan pelabuhan.

        Anda melihatnya seperti apa Surti ?
        Salam

        • pemerintah indonesia ini kalau kondisi darurat dulu baru bertindak, ada pesawat jatuh baru bertindak, jangan2 nanti kalau kalimantan minta merdeka baru di perhatikan, kalau sudah begitu apa kata dunia… kadang ada pendatang yang cari kerja dikalimantan mulutnya kurang ditata gomong sama masyarakat lokal dengan bangganya bahwa kalimantan ketinggalan 50 tahun sama mereka, apa orang kalimantan ga tambah dongkol…. ujung2 nanti SARA. karena mulut badan binasa…

        • Saya tinggal dulu di p.bunyu yg dkt bget dgn tarakan,itu tmpt jepang mendarat pertama x dan belanda dlu mati2an jaga disana krn aset bgtu besar.memang disana sgt susah bung untuk maju,mengingat menghubungkan 1 daerah dgn daerah lain.ya di harapkan pembangunan nasional jgn di pusat aja tpi daerah perbatasan juga.pembangunan fisik hrus lebih digalakkan lagi.

          • Menghubungkan 1 daerah dgn yg lain hrus kapal laut atw pesawat.jalan darat mngkin hnya sebagian saja

      • saya setuju dgn bung surti,,
        emang jalan yg menuju ke perbtasan alaysia indonesia emmang masih sangat menghawatirkan,bnyak jalan rusak,jalan sempit ,padahal itu jalan langsung mmenuju ke perbatasan malaysia
        tapi sekarang kan sudah mulai di bangun sarana sperti pembukaan rel kereta api di kaltim,kalteng, serta pelabuhan baru di kaltim,,
        hanya masalah jalan raya high way saja di kalimantan barat masih kurang dan banyak hancur,,perluasan jalan dan pembangunan harus di tingkatkan,,

  3. saya sbg putra asli kalbar jg mrasa tanah kelahiran saya jauh tertinggal smentara hasil bumi yg bsar digunakan utk pembangunan daerah lain,wajar jk daerah di sepanjang perbatasan lebih membutuhkan malaysia ketimbang jakarta..jika ada opsi seperti timor leste,saya yakin 100% kalimantan akan lebih bahagia jika bergabung dan menjadi bagian dari malaysia..mudah2an terwujud!

    • Frans, Kasihan Indonesia kalau Kalimantan merdeka, gak banyak lagi yang bisa disedot…. MEF nya nanti gak tercapai

      salam dari bumi banjar

      • PAD besar tapi jalan saja kayak kubangan lumpur. tanyakan dulu sama bupati dan gubernur serta DPRD sebelum menyalahkan pemerintah pusat. bukan rahasia mentalisme pejabat daerah belum siap menerima tanggung jawab otonomi.
        sebelum pejabat bisa jujur di pusat dan daerah masalah pembagian wewenang akan tetap seperti buah simalakama

      • Belum tahu mereka bahwa 80% sedotan itu dikelola oleh Gubernur/Bupati/Walikota mereka sendiri. Yang 20% ke Pusat?, itu kan jadi Sukhoi, CBG, Yakhont, dana BOS dst…

        • ada cerita waktu sodara saya ngurus perijinan pertambangan pasir besi di salah satu kabupaten jabar selatan bupatinya hanya ngomong “dulu saya jadi bupati habis modal sekian M..” 😀 😀 😀 sama sekali ga peduli nilai ekonomi proyek itu sendiri bagi daerah dan masyarakatnya

          otonomi daerah yg harusnya adalah pemerataan kemakmuran ternyata hanya jadi pemerataan korupsi

    • Anda merasa sudah memilih Gubernur yang tepat belum ? pemerintah sudah memberikan kesempatan untuk mengelola daerahnya masing”, semua diberikan kesempatan memilih gubernur, walikota, bupati sendiri, kalau sampai daerah anda tertinggal dari daerah lain, tanyakan kepada perangkat daerah anda terlebih dahulu, mereka kerja atau tidak ???

      Klo Kalimantan gak usah ditanya SDAnya sangat besar wong brunei saja bisa kaya kok kalian tidak bisa seperti itu ? cari pemimpin daerah yg serius untuk memajukan daerah jangan yg maunya korupsi.

      Pemerintah sekarang jauh lebih terbuka, merdeka bukan jalan yg terbaik kenapa, taruhlah kalimantan merdeka wong pemimpinnya itu” juga ya sama saja bohong jng mau jadi korban politik dan menimpakan kekesalan pada pemerintah pusat karena sebenarnya pemerintah daerahlah yg harus berkerja keras dengan memanfaatkan sumber daya yang ada.

      • Tepat sekali. Ijin2 untuk tambang batubara itu dikeluarkan Pemda Tk II, yang kita lihat di TV selama ini taipan2 batubara yang entah siapa itu menikahi artis2 dangdut. Lalu daerah dapat apa? Itu yang perlu dipertanyakan. Kasus suap pilkada Gunung Mas di MK kemarin, suap milyaran Rp dari mana asalnya?

        • Aku juga terpikir hal sama, saat melihat tetangga sebelah lebih makmur, padahal orangtua sama sama bekerja di perusahaan yang sama, jabatannya sama, gaji kurang lebih sama, tetapi kenapa tetangga sebelah lebih makmur, mobil baru, mainan baru, rumah megah, sepeda baru…. ingin rasanya lepas dari keluarga ini dan menjadi anak yang mandiri, atau menyebrang ke tetangga sebelah menjadi Asuh,…… tapi mungkin beginilah resiko jika menjadi kelurga besar dengan saudara selusin dibanding tetangga yang ibunya rajin kebidan 3 bulan sekali.

          • tetangga sebelah lebih makmur karena orang tuanya perhatian, sedang kita banyak saudara tapi orang tua kita pilih kasih, sebagian diangkat dan sebagian yg lain diinjak, seandainya orang tua kita adil merangkul semua anaknya berdiri sama tinggi dan duduk sama rendah, ringan sama dijinjing dan berat sama dipikul maka walaupun tinggal digubuk kita masih bisa tersenyum…

          • Jadi anak jangan manja, orang tua melatih untuk mandiri dengan otonomi khusus, Pekan baru, Palembang itu sudah menggeliat dengan menggunakan APBD sendiri.

            Menurut saya kalimantan sudah menuju kearah sana, jadi warga Kalimantan harus lebih menekan kinerja pemerintahannya, klo gak kerja ya gulingkan saja atau jang dipilih untuk pilkada, pilgub selanjutnya.

            jadi inget kasus dinasti atut, di tv diberitakan terjadi kenaikan angka kemiskinan di banten, loh kok menurun ? bearti kinerja pemdanya gak becus terus klo pemda gak becus kok ujug” nyalahin pusat, yg ditekan itu yg dekat dulu klo yang dekat saja gak kerja ya bakal ancur meski APBD besar dan SDAnya kaya

      • kalau masalah pemerintahan saya kurang mengerti, yang saya mengerti bahwa kalimantan tertinggal dan ditinggalkan, pembangunan dengan dana APBN siapa yg mengelola? Listrik siapa yg mengelola? daerahkah yg mengelolanya?

        Joni, kalau di buku pelajaran memang begitu kata2 nya, ini ada contoh kecil SDA kalimantan: perusahaan pertambangan itu beking nya orang kuat di jakarta, kadang peraturan dari jakarta lebih menguntungkan perusahaan tambang atau perkebunan sawit dari pada pemerintah daerah,

        Korupsi itu lebih parah pejabat setingkat menteri ke atas atau setingkat gubernur ke bawah?

        Kalau pengelolaan SDA dengan sistem negara federal/ negara bagian, kalimantan makmur mas Joni,

        • Kalimantan dengan banyak tambang batubara (tergolong pertambangan umum) besar-kecil harusnya mendapat bagi hasil yang besar;

          UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 33 TAHUN 2004
          TENTANG
          PERIMBANGAN KEUANGAN ANTARA PEMERINTAH PUSAT DAN PEMERINTAHAN DAERAH

          Pasal 14

          c. Penerimaan Pertambangan Umum yang dihasilkan dari wilayah Daerah yang bersangkutan, dibagi dengan imbangan 20% (dua puluh persen) untuk Pemerintah dan 80% (delapan puluh persen) untuk Daerah.

          Papua Barat juga mendapat bagi hasil yang besar dari Freeport.

          Jika tidak terlihat bekasnya, pertanyaan pertama harusnya ditujukan kepada Gubernr anda…

        • saya sangat mengerti soal pertambangan, untuk nambang itu byk terlibat orang” pemda dari izin lingkungan,lahan, keamanan sampai ke tingkat Gubernur maupun transportasinya itu gubernur juga harus memikirkan. contoh kecil akan dibangun double rel untuk mengangkut hasil tambang batubara dari sumatera, bahkan rencannya sampai ke jawa.

          Siapa pemilik tambang tersebut ? saya pun juga tau siapa saja pemilik tambang tersebut tidak lain dan tidak bukan adalah pengusaha yang terlibat politik bahkan seorang politikus yang masih berhubungan dengan pemda.

          jadi itu lingkaran bisnisnya, sebagai rakyat harus lebih menekan ke pemda misalnya jalan rusak atau kurangnya penerangan langsung saja di blow up ke gubernur dan sekarang media cetak ada kolom pembaca yg menyalurkan aspirasi pembacanya dan ada balasan dari pihak yg dimintai kerjanya.

          Silahkan tuangkan keluhan dengan cara yang bijak dan arif kalau masih bebel juga jangan pilih lagi orang tsb.

          Bijak = arif

    • Sabah dan sarawak sudah ingin merdeka kok anda malah ingin bergabung dengan malaysia? Kalo dgn brunei mungkin masih masuk akal…hehe. Pembangunan di Kalimantan dan pulau2 diluar P Jawa tertinggal ini karena imbas kebijakan pemerintahan presiden suharto yg feodal,mistis dan jawa sentris juga mewariskan birokrasi yg korup selama puluhan tahun…. Pembangunan hanya dipusatkan dijawa sedangkan diluar jawa bisa dikatakan sangat minim sekali.Ketika orde baru terjungkal oleh gerakan reformasi, yg tersingkir dari pusaran kekuasaan itu hanya pak harto dan keluarganya sedangkan kroni2nya dan jaringan birokrasi korupnya dari sabang sampai merauke masih bercokol… Kroni2 macam aburizal bakri, surya paloh, haryono isman, akbar tanjung, prayogo pangestu, sofyan wanandi, ruhut sitompul yg merupakan loyalis2 suharto saat itu dan ketika gerakan reformasi menang pada tahun 1998, loyalis2 ini berubah 180 derajat menjadi bunglon dan berbalik menyerang suharto..Sekarang loyalis2 suharto tersebut sdh bertransformasi dan dgn dukungan finansial mereka yg luar biasa, saat ini bisa dikatakan mereka sdh berkuasa kembali. Hal ini diperparah ketika kita mempraktekkan demokrasi yg bebas sebebas2nya maka munculah politisi2 karbitan yg moralnya sebagian besar sangat rendah diseluruh indonesia yang langsung menguasai legislatif dan eksekutif dari mulai pusat hingga kabupaten /kota.. Setelah pemilu tahun 1999 banyak orang2 yg tadinya mohon maaf preman, pemabuk, penjudi tiba2 menjadi anggota legislatif dan kemudian terpilih menjadi Gubernur, Bupati/ Walikota. Jadi bisa dibayangkan warisan birokrasi korup zaman orde baru kemudian dipimpin oleh orang2 yg moralya bobrok dan kecerdasannya juga pas2an… Maka tidak heran jika dana DAU, DAK dan Dana otsus yg digelontorkan pusat ke daerah habis dikorup oleh pemimpin daerahnya sendiri baik itu eksekutif maupun legislatif. Hal ini makin diperparah dgn sistem pemilihan langsung untuk memilih anggota legislatif maupun eksekutif yg menguras kantong orang2 yg ingin menjadi anggota dpr/dprd ataupun jabatan eksekutif… Dan ketika mereka terpilih maka dana APBN/APBD jadi bancakan untuk mengembalikan uang yg telah mereka keluarkan pada saat pemilihan. Itulah mengapa sampai saat ini sejak reformasi 1998 tidak maju dan mengejar ketertinggalan kita dari singapura atau malaysia….

      • adalah tidak adil mengatakan sabah & serawak mahu medeka dari malaysia.. ia adalah propaganda dari pihak pembangkang yang ingin memecahkan perpaduan yang ada di antara pemimpin sabah dan serawak terhadap pusat. tetapi ternyata gagal.. lihat sahaja pilihan raya umum 2013 betapa kuat sokongan rakyat sabah dan serawak menyokong kerajaan pusat.. lihat pelaburan yang ada di sabah dan serawak.. sejak lebih 50thn merdeka.. kampung yang paling hujung ada pun ada liputan internet.. liputan telipon, jaringan kementerian kesihatan dan pendidikan yang dapat di sampaikan, hubungan jalan raya.. bahkan lebuh raya.. lihat miri.. lihat kuching, lihat kota kinabalu lihat tawau… ladang kelapa sawith yang diusahakan sendiri dgn bantuan FELDA .. kesinambungan pembangunan .. dia alam politik .. semua orang boleh berkata-kata.. .. di sabah .. kami banyak tenaga kerja dari filipina bahkan TKI pun ada bersama mencari rezeki .. kalau sabah dan serawak tidak maju masakan orang mau berhijrah ke sabah .. begitu jua di serawak..

        di forum ini saya banyak membaca komentar yang membangun dan semangat nasionalis nya yang sgt tinggi.. dan pada pendapat saya pada indonesia.. apa yang saya boleh katakan wilayahnya sangat luas.. pemimpin muda harus bersama sama membangunkannya.. kita harus belajar.. kita harus padai membuat pilihan dan keputusan.. dan ada juga yang bersifat provokatif iya kerana sifat sayangkan negara.. tetapi .. membuat andaian tentang sesebuah negara.. berdasarkan laporan sebelah pihak adalah tidak adil.. selidiki dahulu .. saya tinggal di sabah.. dan saya pernah tinggal di serawak..

        • Selamat bergabung Hydroman.
          Salam

          • saya harap bro diego boleh berlaku adil saya tidak mahu comment atau mencampuri urusan frens atau yang lain mengenai kalimantan saya cuma reply comment apa yang bro indra wijaya katakan mengenai sabah dan sarawak..

            pada saya apa yang frens minta itu salah .. kalu tidak berjaya .. mintak masuk sana .. kalu tidak berjaya lagi mintak masuk sini .. kapan sampai bila mahu sebegitu.. nasib umatnya tidak akan berubah jika umat nya sendiri tidak mahu mengubahnya… sampai bila mau mengadu nasib kalau sendiri tidak mahu terlibat dalam mengubahnya… my 2 cent bro diego

    • Saudara frans
      Salam setanah air, saya kelahiran kaltim.akte saya bulungan
      Saya sgt miris ketika anda berkata lebih baik gabung dgn malaysia dri pd indonesia.Apakh anda tdk memahami sumpah pemuda ? Bgsa indonesia tanah air indonesia bhsa indonesia,berbagai jong mendeklarasikan jadi jiwa rakyat indonesia. Anda miris krna pembangunan daerah anda tertinggal,anda sudah berikan apa pada negara ? Seorg tntara yg ngabdi pada negara tugas di lebanon berkata,saya malu belum bisa memberikan yg terbaik pada negara,Padahal dia pisah dri ank istri krn mengabdi berkontribusi buat negara saja msih dia bilang blm mmberi apapun untk negara.
      Pembangunan kita sgt tertinggal krna orba ini mewariskan kerusakan yg parah,ditambah pnyerapan pajak yg blm optimal,kepala daerah yg tdk bekerja dgn sgt profesional(korupsi) dan bnyk lainnya.negara sebelah itu teken kontrak dgn mamaknya si inggris, dimanapun jajahan inggris dimajukan pembangunan nya mereka dilindungi,tergantung dgn mamaknya.smntra kita berdikari.Belanda mewariskan belenggu kebodohan dan pendritaan yg panjang,hasil2 nusantara dirampas untuk belanda.hal yg sgt memalukan jika blg gbung atw pisah itu lebih baik. Jika añda ingin daerah anda maju berkontribusi lah dgn jdi pejabat negara,lahir kan pembangunan2 fisik.jangan mengeluh saja,jangan tanya apa yg negara berikan kepada anda tapi apa yg bisa anda berikan kpda negara (JFK).Salam setanah air

      • pada saya .. tidak cocok kalimantan ingin bergabung dgn malaysia .. pada saya.. adalah menderhaka jikalau membangkitkan usul sebegitu.. kalu sudah mohon masuk malaysia … kemudian tidak juga maju atau membangun seperti yang di inginkan nanti mohon pula masuk kepada brunei atau ke singapura.. kapan mau maju sebegitu.. pepatah melayu ada mengatakan .. yang di kendong keciciran yang di kejar tidak dapat.. semua hilang.. adalah lebih manis jikalau mengatakan .. bagaimana ingin membangunkan dan berkerjasama dgn lebih baik.. just my 2 cent

  4. Ini sedikit info sejarah Kalimantan; Suku – Suku Kalimantan dipersatukan oleh Perjanjian Perdamaian Tumbang Anoi 1894 dan jasa putra asli Kalimantan Marsekal Pertama TNI Tjilik Riwut adalah salah seorang yang cukup berjasa bagi masuknya pulau Kalimantan ke pangkuan Republik Indonesia. Sebagai seorang putera Dayak ia telah mewakili 142 suku Dayak pedalaman Kalimantan bersumpah setia kepada Pemerintah RI secara adat dihadapan Presiden Sukarno di Gedung Agung Yogyakarta, 17 Desember 1946.

    • Baru denger nih. Ada referensi yg bagus ngga? Sekolah zaman orba kayak ngga nyinggung sama sekali hal ini. Padahal implikasinya lumayan berat.

      Short google search wasn’t very helpful.

  5. hati2, pro opm, gam, pendukung fretelin dll banyak yang masuk blog dan forum dgn MO menyiram bensin pada bara isu Indonesia -Malaysia. selain itu warga negara luarpun banyak yang sekolah dan kuliah di Indonesia nyamar sebagai WNI
    mestinya yang seperti si @frans itu dilacak dan dipantau BIN, jika memang WNI jangan sampai orang kayak dia masuk politik atau pemerintahan. jika perlu batalkan saja kewarganegaraannya.
    jika pemerintah salah ganti atau hukum, bukan kesatuan negara yang digadaikan

  6. Saudara @Frans, anda mengaku sebagai putra asli Kalbar. Tapi IP Address anda dari sekitar Wichita, Kansas, Amerika Serikat. Bisakah dijelaskan ?.
    Salam

    • bung diego…
      Sekarang di kansas wichita ,ammerika serakah ada kabupaten kalimantan paling 😛 😛 hehehe,itulah bagusnya negeri ini terlalu banyak anipulator dgn mengaku” asal sini situ skali di ajak bicara bahasa dayak kaliantan nyahoo bung.

      BUNG “FRANS,”
      KALAU ANDA EMANG ORANG KALIMANTAN MARI KITA BICARA BHS DAYAK IBAN,,JANGAN CUMA MAU MENYIRAM BENSIN DI KOMPOR TANPA TAHU MEMADAMKANYA,APAKAH BUNG FRANS PUAS DENGAN MENJADI ANTEK ASING / LSM..YG MAU MNGHNCURKAN NKRI.?

    • takut.. maka menggunakan VPN .. untuk menghilangkan jejak..

  7. Untuk agan2 semua terimakasih untuk pencerahannya…

  8. diskusi yang bagus, salam persahabatan utk bro hydroman, Indonesia dan Malaysia sejatinya adalah saudara, rasa iri – dengki yang timbul dan terwariskan antar generasi diantara 2 negara /bangsa sebaiknya kita pupus dengan bekal pandangan kebersamaan, karena pilihannya hanya akan ada 2, Indonesia dan Malayisa bersahabat dan melejit maju bersama memimpin kawasan..atau bermusuhan secara jantan sampai salah satu hancur dan dipermalukan secara total. Catat sebelum memilih, Haruskah serumpun berakhir tanpa makna?

    • terima kasih bro ajebajeb, dan salam perkenalan .. baik atau buruknya kita indonesia dan malaysia adalah serumpun dari adat, agama dan budaya kita adalah sama.. malaysia dan indonesia saling memerlukan antara satu sama lain.. adat bersaudara dalam hubungan bersaudara pasti ada yang bercakaran .. sedikit sebanyak….

  9. Plus, saya pernah tinggal di Kalimantan, bagi saya pribadi mengenal suku dayak sebagai suku pejuang, jangan pernah tanyakan bagaimana semangat mereka dalam membela kehormatannya.. Dan suatu kehormatan bagi NKRI yang memiliki bagian bangsa yang bersuku Dayak, dan begitupun sebalinya. bagi saya yang salah adalah oknum yang terbutakan secara materi dan kekuasaan,
    Wahana informasi kebangsaan semacam forum ini mari kita kenalkan seluas mungkin karena saatnya paham nasionlisme NKRI bukan hanya jadi slogan. salut bung Diego dkk.

  10. Salam sejahtera buat abang semua. Bang sya seorang pekerja kontruksi, tidak benar klo kalimantan tertinggal/tdk sedang membangun. sekedat saran silahkan search di LPSE wilayah Kalimantan. Agan2 semua akan Lihat pekerjaan kontruksi yang sedang/akan berjalan termasuk Survey amdal dan kelayakan jalan rel lintas Kalimntan. Tol Balikppn-smd berlanjut ke Tenggarong dll. pokoknya sya bangga walau harus berjibaku diperbatasan. Salam sya buat abang semua dari Seimanggaris KALTARA. NKRI MEMANG SEHARUSNYA HARGA MATI.

 Leave a Reply