Jan 092019
 

Kapal selam serangan bertenaga nuklir dari kelas Virginia, USS Delaware (SSN 791) © Huntington Ingalls Industries

JakartaGreater.com – Pembuat kapal AS Huntington Ingalls Industries (HII) meluncurkan kapal selam serangan bertenaga nuklir (SSN) kelas Virginia berbobot 7.800 ton, bernama USS Delaware (SSN-791), kedalam air untuk pertama kalinya di galangan kapal Newport News milik perusahaan pada tanggal 17 Desember silam, seperti dilansir dari The Diplomat pada hari Jumat, 4 Januari 2019.

Seluruh proses peluncurannya memakan waktu tiga hari dan melibatkan pemindahan USS Delaware masa depan dari fasilitas konstruksi dan dibawa ke floating dry dock menggunakan sistem transfer mobile. Floating dry dock kemudian ditenggelamkan dan lantas kapal selam diluncurkan ke dalam air. Setelah mengapung, kapal selam tersebut kemudian dipindahkan ke dermaga kapal selam milik galangan kapal untuk perlengkapan akhir, pengujian dan juga sertifikasi kru, menurut keterangan dari laman Huntington Ingalls Industries (HII).

“Suksesnya meluncurkan Delaware ke dalam air untuk pertama kalinya adalah momen yang membanggakan bagi tim kapal selam kelas Virginia dan ribuan pembuat kapal yang terlibat dalam membangun kapal selam”, kata Dave Bolcar, wakil presiden selam Newport News.

Menambahkan bahwa dengan peristiwa penting yang signifikan ini, Newport News berharap dapat menyelesaikan uji coba konstruksi dan uji coba laut tahun depan sehingga kapal selam besar ini dapat bergabung dengan armada dan mempertahankan Amerika Serikat.

USS Delaware adalah SSN ke-18 dari kelas Virginia dan yang kesembilan disampaikan oleh galangan kapal Newport News. Pembangunan kapal selam baru ini dimulai pada September 2013 silam.

Kapal itu dibaptis pada 20 Oktober 2018 dan merupakan kapal selam terakhir kelas Virginia Blok III yang akan diluncurkan. Armada kelas Virginia Blok III milik Angkatan Laut AS akan terdiri dari 8 kapal selam. Angkatan Laut AS memberikan kontrak senilai $ 17,6 miliar untuk 10 unit kapal selam kelas Virginia Blok IV pada tahun 2014.

Kapal selam kelas Virginia dapat membawa hingga 24 torpedo dan rudal jelajah Tomahawk. Mereka dapat dikerahkan untuk berbagai operasi termasuk perang anti-kapal selam, perang kapal anti-permukaan, serangan, dukungan pasukan operasi khusus, intelijen, pengawasan dan pengintaian, perang tak teratur dan misi penyebaran ranjau.

  One Response to “Pembuat Kapal AS Kini Luncurkan Kapal Selam Nuklir Baru”

  1.  

    Gimana kabarnya Kapal selam yang di PT PAL sudah melahirkan, atau masih dalam proses pengelasan modul-modulnya