Dec 072015
 
Atomsymbol vor iranischer Flagge

Iran

Sebagai negara pelindung kaum Syiah, Iran mendukung milisi Hisbullah di Libanon yang bertempur membela rezim Al Assad. Iran juga mengirim tentara serta penasehat milternya ke Damaskus. Mula-mula kehadiran Iran tidak dianggap. Tapi perkembangan situasi menyebabkan pemain besar lainnya kini mulai merangkul pemerintah di Teheran untuk solusi krisis Suriah.

 

Türkei Militärrat tagt in Ankara Ministerpräsident Recep Tayyip Erdogan

Turki

Ankara takut terbentuknya negara Kurdistan di Suriah. Karena itu dengan segala cara hal ini hendak dicegah. Turki juga “melatih” pemberontak Suriah dengan dibantu biaya AS. Presiden Recep Tayyip Erdogan juga berseteru dengan Assad. Selain itu kaum Kurdi di Irak juga makin kuat karena mendapat dukungan Iran. Inilah yang membuat Turki mengerahkan militernya ke perbatasan atau melewatinya.

 

Luftangriffe der USA gegen IS

Amerika Serikat

Keterlibatan Washington di kawasan dimulai 2003 dengan tumbangkan penguasa Irak, Saddam Hussein. Vakum kekuasaan picu runtuhnya Irak dan destabilisasi keamanan hingga ke Suriah. Kondisi ini yang juga ciptakan Islamic State (IS) yang mampu kuasai kawasan luas di Irak dan Suriah. AS juga membiayai pelatihan pemberontak “moderat” dengan dana 500 juta US Dolar, sebagian menyeberang ke Al Qaida.

 

Russland Syrien Militärhilfe

Rusia

Moskow dikenal sebagai pendukung rezim di Damaskus. Akhir 2015 Rusia memutuskan lancarkan serangan udara terhadap IS. Operasi militer ini memicu kecaman di kalangan NATO. AS dan Turki mengklaim serangan udara Rusia ditujukan ke kelompok pemberontak anti Assad. Insiden penembakan jet Rusia oleh militer Turki makin panaskan situasi. (habis)

 

sumber: DW

  14 Responses to “Pemeran Utama Perang Suriah (2)”

  1. mantap

  2. Di coba

  3. mantap pisan.

  4. Yang nggak habis di pikir kenapa presiden yang sah tapi tidak sepemikiran NATO selalu di musuhi.

    justru merekalah yang sebenarnya penjahat itu.

    apalagi sampai mendanai pemberontakan……..!!!! alqaida , isis dan banyak lagi.

    Di indonesia dulu ASU juga begitu….bahkan sampai sekarang…..

    Freeport di goyang…OPM langsung turun Gunung……!!!!

    alangkah Bersyukurnya ada Negara penyeimbang….RUSIA……!!!!

    bagi negara lain rusia adalah komunis……tapi lihatlah kenyataannya….apakah rusia pernah mengait ngaitkan sesuatu dengan Agama….!!!!

    beda dengan ASU dan Konco2 nya…..yg katanya pelindung HAM……dia sendiri Perusaknya…..!!

    Hidup Rusia —!!!

  5. Makinn ramee…

  6. tk mau ikutan urusan luar negri Indonesia sedang membangun alutista dlm negri

  7. Ah…..sayamah hanya bisa mengapah dan kenapah yg penting Indonesia aman tenteram dan kuat jayalah NKRI

  8. DMNA ADA TERORIS DAN SPARATIS PASTI ADA SUTRADARAX YG MAIN DI BALIK LAYAR

  9. buat bung @ DIEGO….saya juga selalu mengalami kesulitan tiap buka awal artikel jkgr karena selalu muncul artikel lama…setiap kali saya coba selalu kembali lagi seperti itu ( tdk muncul artikel baru ) m,eski saya refresh bolak balik…suatu saat saya coba isi email saya di kolom berlangganan artikel ( di bawah indeks berita hari ini per tgl ) trus saya subscribe… baru bisa artikel baru muncul…

    bung-bung@KAUM WARJAG coba lakukan cara tsb …isi tuh kolom berlangganan tiap buka artikel JKGR…pasti langsung bissa…salam…

  10. Smkin komplikative, ujung dr perang mkin tk terlihat

  11. beli brondong, ..beli bandrex.. jadi penonton yang baik aja deh…..

 Leave a Reply