JakartaGreater.com - Forum Militer
Mar 102014
 
Pesawat Boeing 777-200er Maskapai-Malaysia Airlines

Pesawat Boeing 777-200er Maskapai-Malaysia Airlines

Pencarian pesawat Malaysia Airlines MH370 yang hilang belum membuahkan hasil. Sedikit sekali bukti-bukti yang mengarah pada keberadaan pesawat nahas tersebut. Penyelidikan terus dilakukan, termasuk soal identitas empat warga Eropa yang misterius.

“Kami belum menemukan apapun dan melihat apapun. Tidak ada yang baru dalam laporan kami,” kata Direktur Jenderal Penerbangan Sipil Malaysia Azharuddin Abdul Rahman, diberitakan CNN, Minggu 9 Maret 2014.

Satu-satunya bukti dalam pencarian itu adalah ditemukannya jejak ceceran minyak di Teluk Thailand, sekitar 144 kilometer sebelah selatan pulau Tho Chu, Vietnam. Di wilayah itu terakhir kali pesawat tersebut hilang dari radar pada Sabtu dini hari.

Belum ada konfirmasi dari Malaysia terkait laporan Vietnam ini. Misteri masih terus menyelimuti, termasuk mengapa pesawat tidak mengeluarkan sinyal darurat. Hal lainnya yang masih jadi misteri adalah identitas empat penumpang warga negara Eropa, memunculkan spekulasi adanya tindak terorisme.

Menteri Transportasi Malaysia Hishammuddin Hussein mengatakan dua dari penumpang itu menggunakan paspor palsu, dua lainnya tidak bisa dikonfirmasi identitasnya. Penyelidikan terorisme dilakukan oleh Malaysia dibantu oleh Biro Investigasi Federal Amerika (FBI) yang mengirim personelnya ke Malaysia.
mas-1

“Saya telah bicara dengan badan intelijen internasional untuk membantu kami, dan saya akan bertemu dengan mereka sore ini,” kata Hishammuddin.

Dia mengatakan telah mengantungi keempat nama orang itu, namun belum bisa membeberkannya. Dua di antara penumpang ilegal itu memegang paspor palsu warga Austria dan Italia. Tercantum dalam manifes nama mereka adalah Christian Kozel (30) dari Austria dan Luigi Maraldi (37) dari Italia.

Namun dalam penelusuran, Kozel ada di rumahnya di Wina, Austria. Sedangkan pemerintah Italia mengonfirmasi tidak ada warganya di pesawat itu. Kozel mengaku paspornya dicuri dua tahun lalu saat mengunjungi Thailand.

“Hanya ada dua penumpang dengan paspor palsu. Kami telah memiliki rekaman CCTV kedua penumpang ini. Rekaman itu sedang diselidiki,” kata Hishammuddin.

“Di saat yang sama, intelijen kami telah digerakkan, dan tentu saja, unit pemberantasan terorisme dari seluruh negara terkait telah dihubungi,” kata dia lagi.

Papan informasi penerbangan Beijing Capital International Airport menunjukan kondisi Malaysia Airlines MH730 yang hilang. (REUTERS/Kim Kyung-Hoon)

Papan informasi penerbangan Beijing Capital International Airport menunjukan kondisi Malaysia Airlines MH730 yang hilang. (REUTERS/Kim Kyung-Hoon)

AS Selidiki Pencurian Paspor
Seorang pejabat senior intelijen AS, yang tak ingin disebutkan namanya menyatakan, lembaga penegak hukum dan intelijen sedang menyelidiki masalah pencurian paspor tersebut.

Dikatakan pejabat intelijen tersebut, pihaknya telah mencatat bahwa dokumen palsu sering digunakan oleh penyelundup dan imigran gelap. “Pada saat ini, kami belum identifikasi hal ini sebagai aksi terorisme,” katanya seperti dikutip dari NYTimes.

Sementara itu, pejabat Eropa merasa terkejut karena penumpang dengan paspor palsu lolos pemeriksaan di imigrasi, dan bisa naik ke pesawat.

Para ahli keamanan di Asia menjelaskan, penggunaan dokumen perjalanan palsu adalah masalah yang berkembang di wilayah ini. (viva.co.id).

Berbagi

  67 Responses to “Pemeriksaan Empat Penumpang Malaysia Airlines MH370”

  1.  

    Pertamaxxxxxxxx

  2.  

    Koreksi Bung, MH370 kali ya?

  3.  

    Kalo itu tindakan teroris berarti karma buat malingsia dan buruknya keamanan bandara udara tersebut. ( Keduax)

    •  

      Betul sekali bung ryu

    •  

      Tapi kan mereka akhirnya dapat batunya jg kan…kalo pihak custom disana kurang becus dan korup…kan akhrnya lubang itu diketahui jg oleh pihak2 yg berniat jelek…he5x….kan kejadian sgt internasionalis…Malaysia sekarang pasti sangat malu…akibat kecolongan ini…makanya FBI ..skr nongkrong di Malaysia….

      •  

        Iya bung traveller…
        Ini akibat suatu rezim terlalu lama berkuasa,sehingga melemahkan dalam penegakan hukum…
        Malaysia pastinya sangat malu,bisa2nya org dg paspor palsu keluar melenggang dr negara itu tanpa terdeteksi…
        Parah ya…hihhihihi

    •  

      Mo taro dimane muke si malingsia, padahal tuch bandara terkenal paling aman dan keamanannya paling ketat di dunia.

  4.  

    Kalo dalam situasi musibah gini sepertinya sama sekali tidak layak untuk memojokkan malaysia. Saya rasa sisi kemanusiaan harus lebih diutamakan, dan ini sudah terlihat saat china, filipina, malaysia, singapura semuanya saling membantu mencari keberadaan hilangnya pesawat ini. Untuk sementara perselisihan mereka tentang LCS dikesampingkan demi misi pencarian pesawat. Semoga TNI AL juga bisa ikut berkontribusi banyak dalam misi ini.

    •  

      Kita juga ikut bung, ada 5 kapal TNI AL yg diberangkatkan, selain itu ada pesawat intai TNI AL juga dikirim membantu…

      •  

        Ada kapal corvette dan kapal cepat… Pengirimannya kemarin pagi

      •  

        lawong jatohnya di perairan LCS kok ya TNI kirim kapal perang yo….
        jauh banget ke sono

        •  

          sekalian “main-main” tuh kapal

          •  

            Sekalian mencoba perangkat baru
            hehehe

          •  

            bung @satrio , gimna neh apa ada ulasan lebih lanjut ttg UAV dr israel yang denger2 kabarnya jadi “semangat baru” untk pengembangan UAV/UCAV dlm negri hehe (meski pengadanya th 2006) atw mungkin bung @jalo ,bung @nowy bung @WH bung @antonov bung @patech bung @gue bung @aluguro bung @malingjemuran dan bung2 yang laen -_- bung @diego yang lebih hafal daftar warjager

          •  

            Pengembangan Unmanned Aerial Vehicle (UAV) dan Unmanned Combat Aerial Vehicle saat ini banyak pengembanganmya, seperti pada akhir.januariLSU-03 ditujukan untuk pengunduran jauh, ada juga rencana pengembangan wulung menjadi UCAV kayaknya ada di artikel warjag yg lama. Nah yg menarik, pengembangan pesawat ukuran medium, Stemme S15 Jerman yg dirubah menjadi UAV. Stemme S15 direncanakan untuk mendukung kapal perang dalam menjaga perairan. Pesawat ini bisa terbang selama 20 jam

          •  

            Semoga bisa terjawab bung pradipta..

            Mohon dikoreksi jika saya salah…

          •  

            Maksudnya LSU 03 untuk penginderaan Jauh

          •  

            makasih2 bung jalo

  5.  

    sudah..lah bung jangan tangggapi komentar si cibay.. karena bangsanya tidak mampu membangun angakatan bersenjatanya dengan baik… lah beli pesawat tempur aja ngak sanggup… . malah sewa ama british yg notabene induk semangnya… kasian yach… dianak tirikan..

    setiap senjata yg dibeli indonesia..kualitas dan konfigurasinya sama dengan negara produsennya.. berarti kualitas nomor 1..he..he (indonesia diperlakukan istimewa)

    sebagai salah satu contoh meriam Caesar nexter yg dibeli dari perancis.. berada dalam konfigurasi yang sama seperti CAESAR Angkatan Darat Perancis, yang telah dikerahkan ke Afghanistan dan Mali, dan semuanya dilengkapi dengan SIGMA 30…

    untuk yg import dari timur leste.. kemungkinan itu senjata buatan china.. timor leste ditunjuk sebagai perantaranya.. yah itung itung bantu perekonomian timor leste… baik ya indonesia..he..he.. lagian itu senjata kelas ringan, aksesoris dan peluru… kalo untuk senjata kelas beratnya langsung dong pesen ke papa Panda….eh naga

    •  

      malon selama ini kliatan hebat karena dia punya uang buat membayar orang lain mengerjakan hal sulit plus berat buat mereka, bgitu uang habis nampak wajah aslinya

  6.  

    karakter dasar bangsa malon, ngapain cari teroris, pesawatna saja blm ktemu. Mereka seneng menyalahkan kesalahan pada orang lain and ndak mau menghadapi realita sesungguhyna

    •  

      Malon itu kan negara penyuplai teroris…kyk nurdin m top…
      Ya kalo benar kena bajak teroris kan kena getahnya mereka

    •  

      * Harapan Gue untuk Malay’sia *

      Banyaknya olok2 dari generasi muda kita ke rumpun sebelah yg juga sama generasi muda (budak british, tidak pernah tau arti perjuangan merdeka..dst,
      semoga membawa kebaikan dimasa depan ketika mereka mengantikan generasi tua nya, olok2 ini masih terpatri didalam benak mereka, sehingga ketika mereka jadi pejabat berwenang nanti punya rasa malu dan keinginan mengubahnya, PAMIT MUNDUR dari fpda indikatornya.
      😀 😀 😀

  7.  

    untuk mencarian satu pesawat sampe menggunkan puluhan kapal perang dan peswat dari beberapa negara, belum lagi singapur yang ngirim ks-nya FBI pun turun tangan, sepertinya ada suatu yang jangggal pada kejadian ini. IMHO

    •  

      IMO- Sepertinya itu reaksi wajar untuk pesawat penumpang sebesar itu yang hilang di laut. Musibah sejenis sebelumnya juga mendapat reaksi yang sama, hanya saja kurang dibahas di media lokal

      •  

        Betul Bung..! Bagi Malaysia, ini adalah musibah sektor transportasi udara nasional terbesar yang pertama kali mereka alami. Mungkin keadaannya hampir sama dengan kita disaat menghadapi musibah Adam Air dulu. Waktu itu kita sangat payah, belum dibentuk KNKT. Semua kalang kabut, tidak tahu hal apa yang harus diprioritaskan. Bahkan disaat genting, beberapa pejabat saling tunjuk untuk memastikan siapa yang wajib bertanggung jawab. Di mata internasional, kondisi saat itu sangat memalukan. Tapi semenjak terbentuknya KNKT, setiap musibah yang datang bisa dihadapi dengan baik dan terarah. Bahkan semenjak terbentuknya KNKT saat itu, Indonesia sekarang sudah memiliki fasilitas untuk membaca semua rekaman penerbangan yang terdapat dalam black box. Kelemahan fihak Malaysia saat ini juga sama, sekarang mereka belum mempunyai suatu komisi sejenis seperti KNKT Indonesia. Kondisi di sini sekarang mengingatkan saya pada peristiwa Adam Air dulu. Beberapa kalangan bahkan sudah ada yang merasa malu. Sangat menyedihkan..

        •  

          Rasanya belum lama ini saya baca Malaysia Airline merugi terus dalam beberapa tahun terakhir. Dan sekarang malah ada musibah ini. Sebelum ada kepastian penyebab hilangnya pesawat, semua opsi dipertimbangkan, termasuk terorisme. Itu sebabnya FBI sampai datang. Tapi mengapa FBI ya? apa mereka pikir Malaysia negara bagian US? :mrgreen:

          Untuk Indonesia yang negara kepulauan KKNT sangat penting. Dengan semakin meningkatnya ekonomi semakin banyak perjalanan laut dan udara

          •  

            Koreksi Bung Nowyoudont..! FBI datang atas permintaan Hishamudin Husein, menteri perhubungan Malaysia. Hal ini atas pertimbangan bahwa kecelakaan tersebut melibatkan warga dari beberapa negara, termasuk diantaranya adalah warga US sendiri.
            Pengetahuan bung Nowyoudont tentang MAS yang sedang merugi, sangat benar. Saya bisa bercerita banyak tentang kebobrokan MAS, tapi mungkin itu tidak penting. Saya juga ingin menjaga hormat saya untuk CEOnya. Dia salah satu orang yang sangat baik diantara orang baik yang saya temui di Malaysia. Hubungan kami sangat dekat. Dia siap memimpin MAS hanya didorong oleh nasionalisme. Dia seorang konglomerat, bukan sekedar seorang eksekutif perusahaan. Sikapnya mengingatkan saya pada keberanian pak Robby Djohan saat mengambil alih Garuda sewaktu krismon dulu. Garuda itu sudah bangkrut, pak Tanri Abeng, menteri BUMN waktu itu, sudah berencana menghapus Garuda. Muncullah pak Robby dengan gaya Boss Koboynya. Dia meminta Garuda untuk ditanganinya. Pak Tanri gak setuju, karena dia tahu bahwa perusahaan sekelas Garuda waktu itu, gak akan mampu membayar gaji seorang Manager sekelas Robby Djohan. Perlu diketahui, dulu Robby Djohan dan Tanri Abeng ini pernah mendapat julukan Manager Satu Milyar. Dulu, satu milyar tuh besar banget. Balik ke Robby, dia meyakinkan Tanri Abeng bahwa di tangan dia, Garuda akan menjadi perusahaan yang sehat dengan pondasi mangement yang kredible dalam waktu dua tahun. Tapi pertanyaan pak Tanri adalah berapa gaji yang kamu mau? Tahu gak jawabannya? Gratis..! Saya sudah kaya, anak-anak semua sudah dewasa dan istri saya bahagia. Saya ingin membawa energi positif ini ke dalam tubuh Garuda. Modal yang akan saya pake adalah sejarah besar dan kebahagiaan saya. Dalam setahun kemudian Garuda mencatatkan laba, dan di tahun kedua, Garuda mulai restrukturisasi besar-besaran. Menjelang tahun ketiga, Robby Djohan sudah menyiapkan penggantinya. Hingga kini Garuda sudah menjadi besar di bawah kendali Emirsyah Satar yang mengusung konsep Quantum Leaves nya.
            Dulu pak Tanri adalah Big Boss saya, kebetulan Tan Sri Djauhari Yahya, CEO MAS sekarang, adalah sahabat dia.

          •  

            perlu dicermati sebetulnya ..siapa tau bukan FBI,
            tapi para observer perencana perang, alih2 menyelidiki kasus hilang pesawat, malah melakukan pengukuran jarak tembak, ketinggian ombak, dan segala sesuatu perencanaan perang skala besar.

        •  

          KNKT sudah dibentuk sejak tahun 1999, jauh sebelum kecelakaan yang terjadi pada Adam Air tahun 1 Januari 2007. Indonesia memiliki pakar analisis kegagalan, namanya Prof. Mardjono Siswosuwarno, salah satu direktur KNKT yang juga telah ikut investigasi pada kecelakaan jatuh nya Silk Air di Sungai Musi pada tahun 1997.
          FBI ikut terlibat karena jelas ini merugikan keberlangsungan bisnis Boeing yang notabene perusahaan punya Amerika. Saya pikir, marilah kita mengesampingkan ego pribadi, kebencian- kebencian yang tidak perlu demi sebuah nilai kemanusiaan. Ada 7 saudara kita yang turut menjadi korban, semesti nya kita berharap yang terbaik.

          Saya rasa ada kemungkinan bahwa pesawat di bajak, Ada kemungkinan kecil, pesawat terbang rendah, dan mungkin mendarat selamat. Sampai sekarang belum ada debris yang diketemukan, dan laut di sekitar situ, tidak lah terlalu dalam. Kalau misalkan meledak, atau menghunjam deras ke lautan lepas, material pesawat dari komposit sangat ringan seharus nya mengapung.

  8.  

    menurut pendapat saya yang nubie, pesawat ini sudah pasti crash..(turut berduka bagi keluarga yang ditinggalkan)..
    ada 2 pendapat saya :
    1.pesawat ini meledak di udara/atau badan pesawat terbelah dan pecah di udara secara tiba2.
    2.pesawat ini kehilangan kendali dan langsung menukik menghujam ke laut (LCS).
    tinggal kita lihat seberapa lama pihak2 yang terkait dapat menemukan black box dari pesawat Boeing 777 ini..
    salam

  9.  

    kadangkala yang jadi pertanyaan saya,
    misal apabila pesawat keluar jalur dari yang sudah ditetapkan,apakah AU suatu negara tidak langsung mendeteksi atau kalaupun terdeteksi ,apa tidak langsung di responsif dengan mengirimkan pespur untuk memastikan bahwa pesawat tersebut “salah jalur” , atau sekedar memastikan bahwa pesawat tersbut tidak “membahayakan kedaulatan”.
    bukankah negara2 punya radar…..yang bisa mengcover hal tersebut,

    mohon pencerahannya….

    cuma nanya
    maaf cucu lancang

  10.  

    masalah paspor palsu ini apa bukan kerjaan intelijen yah.?
    kira” mau ngapain mereka yg menggunakan paspor curian.?
    atau jgn” ada upaya infiltrasi intelijen ke daerah cina namun ketahuan..

  11.  

    paling mudah menyalahkan teroris,

  12.  

    Musibah flight MH370 memang aneh. MAS secara teknis dalam mengurus pesawat termasuk maskapai bagus, pilot senior, kejadian hilangnya kontak di zona flight path aman (terbang jelajah), cuaca normal, .. Everything looks ok. Sejauh ini yg tidak ok baru soal passport, shg opsi teroris harus diklarifikasi secepatnya dgn akurat, agar tidak menular.

    •  

      td smpt sy bc di timeline tv one (klu g slh) pernyataan petinggi Malaysia yg menyatakan bahwa ke 2 orang yg menggunakan paspor curian tsb BERWAJAH asia..sy menunggu kelanjutan dr episode pesawat nahas ini, semoga tidak seperti tragedi WTC yg menjadi pembenaran invasi ke negara lain..

      •  

        parah banget petugas imigrasi malaysia… masak ngak bisa ngebedain wajah asia ama bule… walaupun photonya dituker dari namanya juga udah ketahuan.. masa ngak curiga.. (yg bisa dibedain cuma lontong ama kue lupis doang.. hi hi hi.. emang disono ada lontong?..)

        siapa lagi yang mau dijadiin kambing hitam ?….. persekongkolan apa lagi?…

        lah…. penyeludup narkoba aja bisa lolos sampe ke bandara soekarno hatta…
        emang ada niat mau ngerusak generasi muda indonesia ?
        seperti yang dilakukan inggris pada china melalui perang candu…

        terlaluuu….
        .

      •  

        Saya mau minta pencerahan.. kepada para warjagers…

        kita mencoba untuk berandai-andai bila terjadi hal yg buruk… maaf bukan bermaksud provokasi… (untuk mengasah daya analisa kita)..

        Seandainya.. dua orang yg memakai paspor curian tsb WNI gimana?…..

        sementara..mayoritas korban dari pesawat itu adalah warga negara China…
        seperti yg kita ketahui hubungan antara indonesia dengan china sekarang sangat erat….
        kerja sama disegala bidang terutama militer… apakah hal ini akan menjadi batu sandungan bagi modernisasi militer kita?….

        sementara rusia disibukkan oleh masalah Ukraina….

        apa yg terjadi diwilayah LCS dan sekitarnya?…

        mohon… ada yg bisa memberikan analisanya?…. terima kasih…

      •  

        @ali oncom : itu jg yg mmbuat sy heran bung,kalau benar pernyataan petinggi nalaysia tersebut, apakah imigrasi mereka tidak bisa membedakan wajah asia ama eropa. haddeww.,

        @bung WH sy malah takutnya tuduhan terorisme (klu benar trjadi pembajakan) akan diarahkan ke indonesia,dan memojokkan posisi Indonesia di mata dunia internasional

    •  

      temukan pesawatnya, cari black box plus voice recorder baru bicara teroris itupun kalo perlu

  13.  

    Sebenarnya itu juga ujian thd negara yg terlibat konflik di LCS, maaf ini diluar masalah kemanusian krn hilangnya banyak korban nyawa.

    Ujian itu gmn negara2 terlibat konflik harus sadar bahwa kecanggihan tehnologi dan kekuatan militer ternyata tdk bisa memantau atau mendeteksi dari awal titik koordinat kalau ada pesawat hilang jatuh di wilayah lcs. Baru setelah hilang dan jatuh di lcs byk negara mengirim kapal perang dan pesawat untuk mencari.

    Maka semua negara di di sekitar lcs harus sadar untuk melupakan ego masing2 dan harus bisa saling bantu membantu dan saling membutuhkan satu sama yg lain untuk mencari jatuhnya pesawat sipil yg hilang.

    •  

      ditengah konflik LCS yang memanas saat ini tiba2 muncul peristiwa seperti ini, dimana kebetulan semua negara yang berkepentingan terhadap LCS bahu-membahu untuk mencari pesawat yang jatuh..indah nya dunia ini seandainya negara2 ini pada rukun dan akur ya… 🙂

  14.  

    tenang bolo, malingshit sedang uji coba pesawat siluman tak tampak di radar. haa..!!!

  15.  

    tiket palsu jd inget film the bourne identity…tp ga mau bespekulasi dlu ah+nggak mau ngejek negara tetangga biar gimanapun ada korban di pihak indonesia…

  16.  

    tiket palsu jadi inget film the bourne identity..tp ga mau berspekulasi dl+ga mau ngeledek negara tetangga biar gimana pun banyak korban terutama korban dr WNI

  17.  

    kalau keadaan spt ini saya hanya bisa sampaikan semoga peran serta TNI AL membantu banyak mencari pswt yang hilang dan bisa bekerja sama dengan rekan sejawat di malaysia.

  18.  

    Mari sama2 berdo’a kepada Tuhan Yang Maha Esa, Semoga para korban senantiasa dilindungi dengan rahmatNya, dan kepada kluarga yang ditinggalkan semoga diberi kesabaran, aamin.
    Bagi yang beragama Islam mari sama2, ……???????

  19.  

    Mari sama2 berdo’a kepada Tuhan Yang Maha Esa, Semoga para korban senantiasa dilindungi dengan rahmatNya, dan kepada kluarga yang ditinggalkan semoga diberi kesabaran, aamin.
    Bagi yang beragama Islam mari sama2, ……???????

  20.  

    Mari sama2 berdo’a kepada Tuhan Yang Maha Esa, Semoga para korban senantiasa dilindungi dengan rahmatNya, dan kepada kluarga yang ditinggalkan semoga diberi kesabaran, aamin.
    Bagi yang beragama Islam mari sama2, ……???????

  21.  

    di culik UFO atau nyasar kedimensi lain…barang kali yah….??
    .mudah2 cepet ketemu…..aminnnn

    http://www.youtube.com/watch?v=Lpc1StXXNhs

  22.  

    Mau ikut menanggapi sedikit .
    Masalah 2 penumpang ber paspor palsu menunjukan petugas imigrasi malaysia MALAS untuk mencocokan data penumpang dengan data dari Interpol.
    Prosedur Paspor yang hilang negara penerbit paspor harus melaporkan ke Interpol agar di blacklist dan tidak disalah gunakan.
    Adanya penyalah gunaan paspor palsu dari hasil pencurian di Thailand kalau menurut saya ini berhubungan dengan mafia narkoba,,walaupun kemungkinan terorisme tetap ada.

    Saat Adam Air crash di wilayah Sulawesi Selatan dan Barat thn 2007 TNI AL menerjukan KRI Fathaila ,untuk mendeteksi situasi di bawah air/laut (turu ranjau) Sonar Fatahila termasuk yang paling mumpuni di semua KRI untuk pencarian adam air ..karena rol kri fatahila aslinya untuk peran ASW.
    Sonar KRI Fatahillah itu mendeteksi adanya Logam yang berada pada kedalaman 1.700 meter dari permukaan laut.

    Baru dibantu oleh USNS Mary Sears yang dilengkapi dengan berbagai alat canggih yang mampu mendeteksi lempengan-lempengan logam
    Alat alat yang dibawa oleh USN Nary Sears berupa Control Integrated Survey System (CISS) dan Ocean Data Equipment Operation yang terdiri atas dua multibeam ecosound yang dapat mendeteksi lempengan logam di dasar laut berdasarkan pantulan suara serta Acquisted Dopper Current yang berfungsi mengukur arah dan kecepatan arah arus air di bawah laut dan Conduct Activity and Depth yang bertugas mengukur kecepatan suara, temperatur dan tekanan dalam laut.
    Tetapi apa yang terjadi alat alat canggih tersebut malah TIDAK BISA mendeteksi lempengan logam yg ditemukan oleh sonar KRI Fatahila..mereka heran ,,
    Usut punya usut ternyata semua alat canngoih milik USSN Mary Sears tersebut kekuatannya hanya mampu mendeteksi lempengan logam yang berada pada kedalaman 800 meter dari permukaan laut (dpl),
    Selain itu alat itu hanya mampu mendeteksi Underwater Locator Beacon (ULB) yang melengket pada black-box pesawat dengan freqwensi sekitar 33 kilohertz sementara ULB yang melekat pada pesawat Adam Air itu freqwensinya mencapai 37,5 kilohertz.
    Maka mereka harus mendatangkan alat lain untuk bisa mendeteksinya 😀

    @Bung Phoenix
    Saat kejadian Adam air ada team team bule yang turun dengan memakai kaos seragam ‘Phoenix International Worldwide’
    ada hubungannya nggak dengan nick anda ‘
    hehehehe

  23.  

    Maaf, saya hanya ingin berspekulasi. Mungkin ga kalau USA uji coba bom EMP di kawasan (atau bahkan sengaja uji coba nya dituju kepesawat sipil)? Soal nya aneh.. lenyap begitu saja, lagian negara satu ini emang mbah nya pelanggar HAM.

  24.  

    Pak Marsekal Muda TNI (Purn.) Prayitno Ramelan ini adalah teman satu lighting AAU1970.dengan pak Marsekal madya purn Ian Santoso perdana kusuma mantan KABAIS dan mantan Pangkoopsau II makasar yang pernah kita bahas aksi heroiknya saat kejadian bandara comoro dilli pasca jajak pendapat 1999

    Pak Ramelan sangat menyukai dengan dunia intelejen dan pernah menjadi Kadispamsanau, Waaspam Kasau, dan Staf Ahli Menhan, serta Penasihat Menhan Bidang Intelijen
    beliau masih aktif menulis dan menjadi kontributor diberbagai forum dan seorang bloger
    Sebagian Analisa diatas pernah ditulis dibuku beliau berjudul Teroris Malaysia dalam Kupasan,

    Semua artikelnya pak Ramelan sukses mengantar banyak masalah intelijen ke masyarakat luas tanpa harus membuka dengan telanjang hal-hal yang sensitif dan “berbahaya” bagi orang awam. Keterampilan semacam ini tidaklah selalu dimiliki oleh para perwira atau mantan perwira intelijen.

    Salute buat pak ramelan

    •  

      seiman bung SS…
      tulisan2 beliau begitu luwes sekaligus renyah dan terjaga.
      ada satu nickname lain yg membuat gue penasaran, beliau menyebut dirinya
      “Senapati Wirang” siapa tau panjenengan kenal secara pribadi.

      •  

        Saya tidak tahu person senopati wirang
        sepertinya beliau Jurnalis senior bukan orang dari latar belakang mantan militer

        Lho bung Donie anda tidak penasaran dengan nick Satrio 😀
        perasaan tulisannya juga renyah serenyah kerupuk blek :mrgreen:

        Admin now paling da tidur nee
        Sergio aja yang nungguin warungnya

  25.  

    ada cerita menarik sewaktu mengobrol teman dari Filipina dan Malay pada kesempatan yang berbeda untuk menanggapi kemungkinan adanya teroris di pesawat MAS. Teman dari Filipina berbisik-bisik kalau Malay itu gudangnya teroris , seperti mendukung separatis di Thailand selatan dan mendukung Abu Sayyaf di Filipina . Alasan dari teman Filipina tersebut adalah Malay ingin memperkeruh dan mengincar daerah-daerah kaya SDA yang kebanyakan di sekitar perbatasannya. Sementara teman dari Malay sendiri menuduh kalaupun ada terorisnya pasti dari Filipina dengan alasan Filipina memusuhi Malay perihal Sultan Sulu atau klaim wilayah . Ternyata mereka bisa juga saling curiga ya .

  26.  

    “Satu-satunya bukti dalam pencarian itu adalah ditemukannya
    jejak ceceran minyak di Teluk Thailand”

    kok mencarinya sampe samudera hindia, @[email protected]

    “mencari” apa “memetakan” nich…

 Leave a Reply