Jul 142016
 

Pemerintah menyatakan tak gentar dengan langkah pihak-pihak yang menggugat pemberlakuan Undang-undang (UU) Tax Amnesty (Pengampunan Pajak) ke Mahkamah Konstitusi (MK). Melalui membentukan tim khusus, pemerintah akan menggandeng pengacara hingga konsultan publik dalam menghadapi gugatan tersebut.

Menteri Koordinator (Menko) bidang Perekonomian, Darmin Nasution mengatakan, ?rencananya besok akan diadakan rapat dengan Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly, Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki, dan Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro untuk membahas mengenai gugatan tersebut. Hal ini untuk membicarakan strategi mendaftarkan pengacara dalam menghadapi gugatan.

“Di Kantor Menko besok akan ada rapat dengan beberapa kementerian, Mensesneg, Menkumham, KSP, Menteri Keuangan untuk membicarakan bagaimana strateginya daftar lawyer, ahli-ahlinya yang akan kita undang diskusi.

Selain itu, lanjut mantan Gubernur BI ini, pemerintah akan menggandeng akuntan publik, konsultan pajak, pengacara, hingga notaris untuk ?menyamakan persepsi mengenai UU Tax Amnesty. Sehingga, para pengusaha yang berminat mengikuti program tersebut bisa memperoleh penjelasan yang sama.

“Soal komunikasi dengan akuntan publik, konsultan pajak, lawyers, notaris, supaya bahasa pengertiannya sama. Supaya kalau ditanyakan oleh pengusaha yang mau ikut tax amnesty, penjelasannya sama, jangan lain-lain, malah jadi masalah,” jelasnya.

Seperti diketahui, UU Tax Amnesty hari ini resmi digugat ke Mahkamah Konstitusi (MK) oleh Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Keadilan Jakarta Raya. Mereka mewakili Serikat Perjuangan Rakyat Indonesia (SPRI) dan dua warga yakni Samsul Hidayat dan Abdul Qodir Jaelani.

“Pendaftaran permohonan pembatalan UU Pengampunan Pajak atau tax amnesty. Kami mewakili Serikat Perjuangan Rakyat Indonesia dan dua warga, Samsul Hidayat dan Abdul Qodir Jaelani,” ujar Direktur Eksekutif LBH Keadilan Jakarta Raya, Sugeng Teguh Santoso di Gedung MK, Jakarta, Rabu (13/7/2016).

Sugeng meminta MK untuk melakukan hak uji materiil (judicial review) terhadap UU soal Pengampunan Pajak. Sebab, bertentangan dengan konstitusi.

“Permohonan Mahkamah Konstitusi judicial review Undang-Undang No 11 Tahun 2016 soal UU Pengampunan Pajak. Hari ini kami daftarkan resmi bahwa Undang-undang Pengampunan Pajak ini bertentangan dengan konstitusi,” tegasnya.

Bagikan:

  25 Responses to “Pemerintah akan siapkan Pengacara dan konsultan menghadapi gugatan Tax Amnesti”

  1.  

    yg gk setuju tax amnesty pasti antek2 singaporno

  2.  

    Yang gugat udah bener SPT nya?

  3.  

    Waw

  4.  

    Wah pasti antek2 asing nih, …..!

  5.  

    bangkrut si enggak kayaknya singapura.. cuma yg kita harapkan cash flow yg besar masuk ke dalam negeri..bisa di gunakan untuk pembangunan di dalam negari

  6.  

    Itu penggugat adalah antek antek asing yg tak mau lihat iindonesia maju di bidang ekonomi. keinginan minta jelas agar uang asing tak mengalir ke ri.

  7.  

    Lihat orang2 model begini tiba2 saya bisa paham jalan pikiran di balik “hilang”-nya sejumlah orang di tahun 1998..

    “Serikat Perjuangan Rakyat Indonesia” -apa saja yang pernah mereka perjuangkan demi rakyat Indonesia?

    Lebih khusus lagi, apakah mereka punya konsep bagaimana caranya memulangkan asset2 WNI (dalam valuta asing) dari berbagai tax haven di luar?

    Jika asset tersebut tetap diam di luar negeri karena UU tax amnesty dibatalkan MK, di mana letak perjuangannya bagi rakyat?…

    •  

      Baru nyadar kalau “Enak Jamanku toh?”

      Pemimpin saat itu sudah jauh Visi/ilmunya, saat itu bahkan saat ini kita belum terlalu paham maksudnya. Tapi pelan2 masyarakat akan menyadari, tunggu generasi reformasi abis dulu biar objektif penilaiannya…

      •  

        Wah kejam kau bung.. Yang obyektif itu ambil pelajaran yg baik dr orde baru dan orde lama, ditingkatkan agar lebih baik lagi, pelajaran yg buruk dibuang habis dan dicegah muncul lagi.
        Cari ide2 cemerlang untuk mengantisipasi dan adaptasi persaingan gombal.. Eh global..

    •  

      Baru sadar kan tim mawar bekerja demi NKRI….

      •  

        maksudnya ditinjau dari sudut manapun saya gagal menemukan sisi / motivasi positif pada gugatan orang2 ini..

        kemana aja selama ini, justru harusnya mereka menggugat pemerintah yang membiarkan individu2 WNI menyimpan kekayaan di luar tanpa bayar pajak kepada negara..

        saya tidak mengatakan hal yang sama terhadap mereka yang hilang di tahun 1998..

  8.  

    Penggugat Biasanya LSM yang di biayai oleh singapura

  9.  

    Iyaiyaiyaiya… penggugat model kaya gini bolongin aja pala nya atu2. Iya iya iya

  10.  

    Demi pembangunan, MAJU TERUS !!!

  11.  

    Masih ada jg ya LSM yg tdk ingin negara maju….
    Pretelin aja lh LSM model ky gini…

    Di cek sumber danany…kl dr luar negeri…usir aja…suruh bikin ktp Zimbabwe at Somalia…

  12.  

    Sekali lagi dijelaskan, duitnya masuk Bank di Indonesia, bukan Kas Negara. Kalo bank kita banyak dana, bunga kredit akan turun, diharapkan para pengusaha ambil lebih banyak kredit utk pembangunan..

    Jadi bukan tiba2 duitnya masuk Kas Negara trus dpake pembangunan, pemerintah minta para pengusaha simpan uangnya di Bank2 asli Indonesia, terutama BUMN.

  13.  

    Pemanfaatan aset negara, sda, sdm, dll utk kemakmuran dan kemajuan bangsa itu amanat undang2.

    Dasar antek asing, mrk tdk ingin Indonesia maju dan makmur!

    Bertahun2 diberi kesempatan utk memajukan dan memakmurkan Indonesia, eh malah cuma memajukan dan memakmurkan diri dan kelompoknya sendiri.

    Kini zaman reformasi, apa yg terbaik utk bangsa dan negara hrs dijalankan.

    Dasar antek asing, terkutuk kalian!

  14.  

    Samsul Hidayat dan Abdul Qodir Jaelani,sedangkan yg orang turunan aseng di belakang layar??

  15.  

    Sekolahin aja tuh orang, ndan !

  16.  

    Karungin

  17.  

    Perlu ditelusuri secara cermat nih siapa Serikat perjuangan rakyat indonesia.isinya siapa saja.kontribusi untuk kemajuan bangsa ini apa saja.jangan jangan isinya cuma agen agen cia. Jangan kecolongan lg. Bang Yos, ayo merapat dan bergerak, sikat habis antek antek asing.hidup NKRI!

  18.  

    Lsm dan 2 orang penggugat tax amnesty wajib dipertanyakan rasa nasionalismenya, pancasilanya, krn mereka sdh berani menjual harga diri dan kehormatan NKRI.

  19.  

    Hanya bisa bilang salud untuk kekompakan dan soliditas warjagers memagari pengampunan pajak produk nkri agar sukses mengumpulkan modal membangun bangsa yg selama ini justru dinikmati bangsa lain…. maju terus tax amnesty!!! maju terus warjagers!!

    Satu pertanyaan: apakah kita juga akan secara ikhlas memanfaatkan pengampunan pajak ini, dg bayar tebusan aset2 kita yg selama ini blm dilaporkan dlm. spt tahunan?

    Jika tidak…maka nasionalisme kita jg patut digugat!!! Jk terbukti, monggo secara sukarela buat ktp singaporn ato islandia…. hihihi, salam satu jiwa!

 Leave a Reply