Pemerintah Australia Berencana Menggelar Operasi “Pagar Baja”

Kapal Patroli Class Armidale HMAS Albany. (Department of Defence)
Perdana Menteri Australia, Malcolm Turnbull, mengumumkan bahwa pihaknya berencana menggelar operasi maritim terbesar di masa damai. Operasi yang dikenal dengan “pagar baja” ini melibatkan kapal patroli, kapal perang Angkatan Laut, dan kapal pemantau lepas pantai dari Pasukan Perbatasan Australia (ABF).

Namun, Menteri Pertahanan Christopher Pyne menolak mengatakan apakah aset militer maupun ABF akan dipergunakan dalam operasi itu. “Mengenai penugasan di Australia Utara, ini adalah informasi rahasia,” ujar Pyne, seperti dikutip australiaplus.com pada Selasa (15/11).

Sementara, sumber militer mengatakan kepada ABC bahwa enam kapal Angkatan Laut Class Armidale akan dikerahkan ke utara, dan akan diikuti dengan sebuah kapal besar untuk mendukung, kemungkinan adalah kelas kapal perang ANZAC, atau Kapal Perusak Penangkal Rudal.

Angkatan Udara Australia juga akan membantu dengan mengirim pesawat pemantau P-3 Orions. Seorang sumber yang mengetahui operasi ini mengatakan bahwa badan pemerintah lainnya termasuk Dinas Intelijen Australia (ASIS) juga akan dilibatkan.

Perdana Menteri Australia Malcolm Turnbull mengumumkan adanya persetujuan pemukiman pengungsi dengan Amerika Serikat. (ABC News/ Luke Stephenson)
Operasi besar-besaran tersebut bertujuan untuk menghalangi kedatangan kapal pencari suaka yang digerakkan sindikat penyelundup manusia. Kondisi itu dikhawatirkan terjadi setelah adanya persetujuan pemukiman kembali dengan Amerika Serikat.

Sumber: australiaplus.com

Tinggalkan komentar