Nov 152016
 

Kapal Patroli Class Armidale HMAS Albany. (Department of Defence)

Kapal Patroli Class Armidale HMAS Albany. (Department of Defence)


Perdana Menteri Australia, Malcolm Turnbull, mengumumkan bahwa pihaknya berencana menggelar operasi maritim terbesar di masa damai. Operasi yang dikenal dengan “pagar baja” ini melibatkan kapal patroli, kapal perang Angkatan Laut, dan kapal pemantau lepas pantai dari Pasukan Perbatasan Australia (ABF).

Namun, Menteri Pertahanan Christopher Pyne menolak mengatakan apakah aset militer maupun ABF akan dipergunakan dalam operasi itu. “Mengenai penugasan di Australia Utara, ini adalah informasi rahasia,” ujar Pyne, seperti dikutip australiaplus.com pada Selasa (15/11).

Sementara, sumber militer mengatakan kepada ABC bahwa enam kapal Angkatan Laut Class Armidale akan dikerahkan ke utara, dan akan diikuti dengan sebuah kapal besar untuk mendukung, kemungkinan adalah kelas kapal perang ANZAC, atau Kapal Perusak Penangkal Rudal.

Angkatan Udara Australia juga akan membantu dengan mengirim pesawat pemantau P-3 Orions. Seorang sumber yang mengetahui operasi ini mengatakan bahwa badan pemerintah lainnya termasuk Dinas Intelijen Australia (ASIS) juga akan dilibatkan.

Perdana Menteri Australia Malcolm Turnbull mengumumkan adanya persetujuan pemukiman pengungsi dengan Amerika Serikat. (ABC News/ Luke Stephenson)

Perdana Menteri Australia Malcolm Turnbull mengumumkan adanya persetujuan pemukiman pengungsi dengan Amerika Serikat. (ABC News/ Luke Stephenson)


Operasi besar-besaran tersebut bertujuan untuk menghalangi kedatangan kapal pencari suaka yang digerakkan sindikat penyelundup manusia. Kondisi itu dikhawatirkan terjadi setelah adanya persetujuan pemukiman kembali dengan Amerika Serikat.

Sumber: australiaplus.com

Bagikan:

  25 Responses to “Pemerintah Australia Berencana Menggelar Operasi “Pagar Baja””

  1.  

    Alibi

  2.  

    Latihan survilance buat tetanga sebelah.dan mencoba kesiapan tni…..perang bawah air pun di mulai…xixixix

  3.  

    Awasi dan waspada.

  4.  

    aksi tandingan latihan di natuna.. tp aneh jg masa latihan menghalau pencari suaka melibatkan kapal perusak rudal..

  5.  

    Hahaha ga mau kalah sama TNI

  6.  

    Kita coba latihan tembok beton campur baja, agar pra suaka tdk mampir

  7.  

    Mereka kebenaran jenggot , ada kapal nya yg di pecundangi tni al….wkwkwkwkwk

  8.  

    Lindungi blok masela …

  9.  

    TNI AD saat ini membangun markas Batalion Artileri Pertahanan Udara di Kupang untuk menjaga dan melindungi obyek2 vital termasuk Blok Masela.

  10.  

    penugasan di Australia Utara, oh selatan aman yh

  11.  

    Masih ingatkah warjag, bahwa AS telah “titip” satu pesawat bomber B-1 ke pangkalan militer Asutralia, dan sampai sekarang itu pesawat masih ngendon di sana, entah ada niat apa si AS dan Asutralia ini. Nahh, orang-orang militer Ausi ini memang tidak pernah jujur, masak untuk bikin pagar betis ngurusi pengungsi ilegal sipil di laut, harus mengerahkan kekuatan militer armada laut mereka??? Mereka sebenarnya agak nyiut nyalinya liat TNI, soalnya armada tempur darat mereka jauh di bawah TNI AD kita. Makanya Indonesia, khususnya TNI-AU perlu membuka ingatan lama, dulu kita sempat jaya punya pembom strategis TU-16, bikin Asutralia yg membomceng sekutu pada ngibrit, makanya pemerintah HARUS ketemu empat mata dengan mas Putin, untuk melakukan pembelian pesawat pembom strategis jenis Tupolev – TU 160.

  12.  

    Klo ane mah santai aja klo latihan nya pagar baja yg ane kwatirkan klo ltihan buka pagar baja, bisa kecolongan lgi kita cukup tim2 dan sipadan ligitan.

  13.  

    wah… bisa nich sukhoi TNI AU terbang di perbatasan selatan sambil nenteng AS-17 krypton ma Kh-59
    gimana ya reaksi armada aussie ???

  14.  

    Indonesia mesti latihan juga beri nama PAGAR MAKAN TANAMAN. HEHEHE

  15.  

    Apakah ada hub dengan tsunami di newzealand yang diduga adalah disebabkan pertempuran bawah laut?

  16.  

    Itu bukan latihan, tapi operasi militer saat damai. Ngga apa2 australi bikin operasi pagar baja. Kita punya operasi zebra…….sdh siap sim dan stnk bung?

 Leave a Reply