Apr 202016
 

“Kita harap di tahun 2019 bisa mendekati Rp 250 triliun untuk anggaran pertahanan”

Jakarta – Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan Luhut Binsar Pandjaitan menyatakan ingin menaikkan anggaran pertahanan Indonesia, khususnya untuk pengadaan alat utama sistem persenjataan (alutsista).

“Anggaran pertahanan kita selalu di bawah satu persen dari GDP, pernah lebih (satu persen) tapi turun lagi. Kini akan kita usahakan untuk naik,” ujar Luhut di Universitas Indonesia, Rabu, 20/4/2016.

Menurut Luhut, saat ini pengeluaran anggaran pertahanan masih terlalu banyak dihabiskan untuk belanja pegawai, sedangkan proporsi alutsista masih kurang.

Menko Polhukam menyatakan akan menyiasatinya dengan meningkatkan kerja sama pertahanan, melalui sistem transfer teknologi (ToT) dengan negara mitra pembelian alutsista sehingga kemampuan mereka bisa ditiru Indonesia.

“Anggaran pertahanan akan ditingkatkan terus. Kita naikkan dari 0,85 persen ke satu persen, hingga nanti bisa mencapai di atas satu persen. Kita harapkan di tahun 2019 bisa mendekati Rp250 triliun untuk anggaran pertahanannya,” ujar Luhut.

Luhut Pandjaitan juga berjanji menaikkan upah anggota TNI dan pertahanan agar tidak timpang dengan tingkat pendapatan nasional.

“Walaupun alutsista kita naikkan tapi untuk pegawai juga diusahakan naik. Misal anak saya pangkat mayor di Kopassus (gajinya) hanya Rp6 juta per bulan. Dia kalah dengan pegawai bank yang bisa Rp10jt per bulan,” ujar Luhut.

Menurut Luhut, sebagai negara besar, Indonesia tidak bisa membiarkan ada kesenjangan dalam pegawai pertahanan dan dia berjanji melakukan perubahan yang lebih baik di bidang pertahanan.

Sumber : Antara

  198 Responses to “Pemerintah Berkomitmen Tingkatkan Anggaran Pertahanan”

  1.  

    satu nusa satu bangsa

    •  

      MOHON PADA BAPAK PRESIDEN, KAMI PARA GURU YANG HIDUP SERBA KEKURANGAN MOHON DITAMBAHKAN ANGGARANNYA UNTUK PENDIDIKAN PAK. MOHON KESEJAHTERAAN KAMI SEBAGAI GURU DITINGKATKAN ( TERUTAMA GURU SUKARELAWAN ).

      MOHON PAK PRESIDEN MENDENGARKAN ASPIRASI KAMI, KAMI HIDUP SUSAH PAK, KAMI SANGAT SANGAT MENGINGINKAN HIDUP YANG LAYAK PAK.

      •  

        Tanya pada pejabat pendidikannya bu, anggaran 20% APBN ko masih ga karu-karuan, buat apa aj tu?

        •  

          BEGINI DEK DORAEDI, ANGGARAN PENDIDIKAN 20 % MBAH RASA PERLU DITAMBAH LAGI, SANGATLAH KURANG 20 % ITU,

          ASUMSI 20% ITU ADALAH MINIMUM.

        •  

          Betul tuch..anggaran pendidikan 20% merupakan terbesar diantara departemen lain tapi kesejahteraan guru honorer masih jauh dari kepantasan hidup.. Jadi departemn pendidikan diharapkan lebih tepat sasaran dalam setiap pos penganggaran. Kalo perllu departemen ini diawasi secara ketat oleh instansi pengawasan demi kemajuan pendidikan beserta kesejahteraan pihak yg terkait. Soal peningkataaan anggaran hankam niscaya sebagian.besar rakyat indonesia selalu mendukung demi kewibawaan dan kehormatan bangsa.

      •  

        ibu saya guru dan sapa bilang profesi guru selalu kesusahan beliau dan teman2 seprofesinya sangat berkecukupan utamanya karena insentif dari pemerintah selain gaji,kalau ada guru yg kesusahan itu biasanya guru yg malas meningkatkan kualitas diri sehingga tidak memnuhi syarat menerima insentif/sertifikasi saran saya daripada selalu mengeluh nasib mending tingkatkan kualitas anda sebagai guru sehingga memenuhi syarat guru penerima sertifikasi dijamin anda tidak akan menyesal jadi guru

        •  

          BETUL TAPI ITU YANG SUDAH DIANGKAT PNS, LHA YANG BELUM ? SENEN KEMES DEK MAKAN LAYAK.

        •  

          makanya seperti yg saya bilang tingkatkan kualitas ente biar diangkat jadi PNS hidup kalau mau enak harus berjuang duid g akan turun dari langit,paman gw juga guru tapi baru nerima sertifikasi pas masa tugasnya tinggal 5 tahun lagi dan itu diraih beliau dgn kerja keras pantang menyerah bukan dgn berkeluh kesah nunggu bantuan pemerintah macem pemalas

        •  

          Kamu kira gampang jadi PNS susah broo saingannya bnyak ga hanya kualitas yang diperlukan tpi juga keberuntungan ..blum lagi saingan sama yang main belakang..

      •  

        Khusus guru yang tugas d daerah terpencil saja …yang gajinya dinaikan…

        •  

          SEMUANYA DEK, LAYAK DAN WAJIB DI BERIKAN ANGGARAN KHUSUS GAJI TETAP YANG LAYAK.

        •  

          kali ini saya setuju sm mbah..gaji guru jg hrs naik khusus ny yg honorer tp itu jg hrs d barengi dgn sdm yg baik jg

        •  

          Setau saya PNS, Polri, dan TNI itu abdi negara.
          mari kita meluruskan niat baik dimana PNS, Polri dan TNI. unt mengabdikan diri sesuai dengan bidang keilmuan kepada negara,

          jadi abdi negara adalah perjuangan, dimana kita mengabdikan diri untuk menjadi pelayan warga-negara sesuai dengan profesinya “pelayan untuk rakyat”.

          dan saat ini ada yang salah, “oknum” yang masuk dalam abdi negara untuk memperkaya diri dengan mengeruk uang rakyat dari “dana APBN/APBD” yg seharusnya menjadi amanah bagi abdi negara.

          sayang sekali niat memperkaya dan menyombongkan diri “oknum”, yang merusak citra abdi negara.

          jika ingin memper”KAYA” dan menyombongkan diri..bukan ABDI Negara tempatnya.
          keluar!!! dan carilah tempat lain.

      •  

        Setuju mbah. Nasib guru sukarelawan ibarat ” Hidup segan matipun tak mau”. Dibutuhkan tenaga & pikirannya tp tak dipandang keberadaanya.

      •  

        sabar yo le, satu-satu, skala priotitas yg di dahulukan, negara juga sedang krisis pertahanan negara, lihat di utara china coba coba usik zee dari natuna, di selatan juga waspada dg banyaknya marinir dari ASU yg di tempatkan di asutralia, negara tetangga yg mulai pada songong ngusik NKRI.

      •  

        Saya Doa kan bung Bowo agar para guru lebih sejahtera sehingga bangsa jadi perkasa.

      •  

        guru-guru di kota besar.. hidup nyaman.. sertifikasi plus sarana prasarana yg serba memadai… tp coba lihat guru-guru dipedalaman.. sudah dipedalaman, honorer lagi… komplit penderitaan mereka.. jangan tanya soal gaji, banyak yg dibayar seadanya…

      •  

        Knp mbah, kamu mau ngembosin TNI ku ya…, kamu khawatir banget TNI kuat…, katanya PLA mu paling kuat di dunia akhirat, kok kamu gelisah ketika ada issue seperti ini.
        Sepertinya kamu takut kasus tentara Tartar lari kebirit birit di zaman Majapahit ya…, xixixi.

      •  

        Nah gitu dong…Mbah

        Kalo obatnya diminum kan jadi waras kalo komen…

        Ntar malem aku bakarin menyan biar Mbah Bowo seneng, tapi pulang sendiri ya Mbah, udah gede malu kalo dianterin…

      •  

        mbah kalau untuk guru mah yang bikin masalah itu pelaksana lapangannya, mbah tahulah apa yang dimaksud.

        •  

          NGAK ADA ITU DEK, NGAK ADA, NGAK ADA. MEMANG ANGGARANNYA 20 % SANGAT JAUH DARI CUKUP.

          KAMI, INGIN HIDUP LAYAK DEK, SEBAGAI SEORANG PENDIDIK,

          MOHON KEPADA PEMERINTAH, PERHATIKAN NASIB KAMI, TERUTAMA K2 DAN GURU SUKUAN.

      •  

        Wakaka gaji guru dikit? Kerja jg gak sampe 8 jam.. setahun jg gak sampe 1000jam kerja.. klo mau guru bersedia di mutasi gpp.. lihat tu pegawai perben, kementerian.. gaji cm 6 s.d 8 juta tp di daerah terpencil.. setahun bisa kerja 5000jam.. telat potong gaji.. klo guru.. siang pulang.. sekarang malah isinya di hotel mulu acara sosialisasi gak jelas dpt uang saku pula… dampak 20% dari apbd ya gitulah.. gak bangun sekolah malah sosialisasi.. eee bangun sekolah malah minta duit wali murid..

    •  

      Mohon bung admin bikin kolom khusus untuk komentar mbah bowo… Kia kia kia wwkkkkk

    •  

      Fotonya Duet maut Apache dan MI 35 mantaap.

    •  

      harap bayar pajak tepat waktu dengan JUJUR
      sudahkah anda membayar pajak..??

      http://www.sharia.co.id/wp-content/uploads/2015/11/foto-meme-pajak.jpg

    •  

      usulan saja … bagaimana untuk menghemat pengeluaran negara … anggota TNI bisa bergabung di BUMN seperti PT PINDAD , PT PAL dan PT DI … sehingga dia tahu persis pembuatan dan penggunaan Alutsista dan dari segi karyawan menjadi Dwi Fungsi ( TNI dan Karyawan )

  2.  

    weh no satu to

  3.  

    lanjutkam lah….

  4.  

    wuih produk barat dan timur damai,keren!

  5.  

    wah ternya urutan 3.. lumayan lah..!!! Alhamdulillah

  6.  

    Semoga perekonomian indonesia semakin baik agar anggaran untuk pertahanan bisa meningkay

  7.  

    wah.. ralat, ternya dua hahaha

  8.  

    gak usah nanggung2 pak nambahnya 2% aja dulu ntar baru ditambah lagi biar bisa moncer tu barang

  9.  

    Jangan cuma anggaran aja yg di naikan pak. Kualitas SDM nya juga di naikan agar siap menerima TOT…. πŸ™‚

    •  

      MOHON DEK KLOWOR MEMAHAMI, BAHWA ANGGARAN PENDIDIKAN HARUS DITINGKATKAN. KALAU ANGGARAN PERTAHANAN MENURUT HEMAT MBAH SEHARUSNYA DIPANGKAS, DAN HANYA UNTUK BIAYA PERAWATAN SAJA.

      BELANJA PEGAWAI DULU PAK, ANGKAT SEMUA K2 OTOMATIS. ITU YANG UTAMA, KAMI SUDAH MENGABDI PULUHAN TAHUN PAK. GETIR RASANYA MELIHAT GAJI KAMI TIAP BULAN.

      •  

        BEGINI DEK, KAMI PARA GURU, MIRIS DAN GETIR JIKA MELIHAT REALITAS BERATNYA TUGAS KAMI MENCERDASKAN BANGSA, SEDANGKAN KAMI HIDUP MASIH SERBA KEKURANGAN.

        BUKANNYA KAMI MENGELUH, BUKANNYA KAMI TIDAK IKHLAS, TAPI KAMI TETAP MANUSIA, YANG MEMILIKI IMPIAN HIDUP LAYAK.

      •  

        Mbah bowo@ Nah… meningkatkan kualitas SDM ya salah satunya harus memperhatikan aspek pendidikan mbah. Entah itu gedung sekolah, kesejahteraan guru, dan juga bantuan untuk siswa berprestasi yang kurang mampu…. πŸ™‚

      •  

        Bung bowo ini guru betulan apa ndak ya. Kok saya jadi Ragu. Anda ngajar dimana bung? Jadi guru apa?

  10.  

    Saya setuju, tapi kuncinya satu musuh bangsa sebenarnya terletak pada diri kita masing2 yaitu moral, kalau moral dah jelek, susah membenahi, kecuali dikirim je pulau terpencil utk belajar merintis daerah yg semula terpencil dan minim fasilitas menjadi daerah yg maju dan ramai serta bertumbuh pesat

    •  

      MBAH SANGAT TIDAK SETUJU, PRIORITAS UTAMA ADALAH ANGKAT DULU SEMUA HONORER K2 MENJADI PNS.

      •  

        MBAH MINUM OBAT YANG BANYAK BIAR OVERDOSIS YAA… SAYA GK PERCAYA AMA YG GHOIB GHOIB!!! KECUALI KASEL!!!

        GURU ITU GAJINYA UDAH LUMAYAN DARI PADA DULU… MASIH BANYAK NUNTUT AJE… GK IKHLAS JADI GURU GK USAH NGAJAR!!!

        KLO GK PAHAM APA ITU ARTI KATA “GURU” NDA USAH BANYAK NUNTUT!!! BIAR MASYARAKAT UMUM AJA YANG NUNTUT…

        GURU ITU GK BOLEH NUNTUT UANG DARI ILMU YANG DIA KASIH!!!

        EMANG ILMU BISA DIBAYAR PAKAI UANG???

        BACA LAGI FILOSOFI GURU!!! KALO LOM NGERTI MAKNA SLOGAN KEMENTRIAN PENDIDIKAN GK USAH BAWA BAWA GURU…

        SAYA LEBIH SEGAN DAN HORMAT BAGI GURU YANG PUNYA DUA PROFESI, MENGAJAR DAN BERDAGANG/BERTANI!!!

        JADI JGN BANYAK TINGKAH MBAH!!! SAYA GK PERCAYA ANDA GURU!! BILANG AJA KAU TAK SENANG ALUTSISTA KITA NAMBAH!”!

        DASAR ANTEK CINA!!!

  11.  

    1. militer dikuatkan
    2. pendidikan di kuatkan
    3. ekonomi dikuatkan

    yang lain akan menyusul…
    kalo militer memble gak akan bisa berbuat banyak karena akan banyak gangguan..

  12.  

    kalau boleh tahu.ketika ada kasus penculikan atau peristiwa apapun yang berhubungan dengan keamanan dan keterlibatan tni apakah dana operasinya diambil dari anggaran pertahanan ataukah dari dana taktis atau off budget?

  13.  

    lho… MBAH suBOWO ????
    katanya sudah 40 harinya ???
    kok masih bisa koar koar ?

  14.  

    Wakakaka mbahe tidak ada yg…ngegubris…

  15.  

    ora mbah bowo, anggaran pendidikan 20% kok masih kurang saja
    mbok yo jangan di korup, biar semua bisa gajian

  16.  

    Pemerintah harus transparan mengenai penggunaan apbn agar rakyat percaya,,, dan juga perlu efisiensi sdm pegawai karena msh banyak pegawai pemerintah yg kurang produktif,,, msh ditemukan pegawai pemerintah yg kerjanya hanya main game, ngopi, sama nunggu jatah uang. Mungkin mbah bowo tau realita begitu

    •  

      NGAK ADA ITU DEK, NGAK ADA, NGAK ADA.

      SEMUA PEGAWAI NEGERI ADALAH ABDI NEGARA, TENTU TIDAK MUNGKIN BERBUAT SEPERTI ITU. KAMI BERJUANG KERAS MEMAJUKAN BANGSA DALAM SEGI DAN BIDANG APAPUN.

      •  

        Yaaah simbah bowo, artikelnya ngalor komennya ngidul.
        Udah ditaroh di panti jompo masih kluar2 lagi, yang capek polpp nya mbah,
        Hayuh balik sono mbah

      •  

        Mbah bowo@ makanya saya bilang itu cuma “gelar” mbah. Dan akhlak itu urusan pribadi masing2.
        Dalam satu wisuda, banyak yang lulus dengan “gelar” sarjana. Tapi, nilai mereka berbeda2.
        Oh iya mbah. Oknum yg jadi contoh itu bukan 1 atau 2 orang saja mbah. Silahkan hitung saja berapa banyak orang yg sudah di tangkap KPK. Dan itu jumlah “oknumnya”…. πŸ™‚

  17.  

    Sebenarnya tdk sulit menaikkan anggaran.
    Langkah pertama cukup di siapkan gula, kopi, dan air panas serta gelas. Kita bikin kopi panas dulu..

    Dan setelah ngopi, pikiran jd segar akan terlihat jelas bhw mslh anggaran tdk sekedar spt menyeduh kopi dgn citarasa nikmatnya..

  18.  

    Sundul sundul
    Kemenyan sudah di hidupkan
    Umbu rampe, dan
    Kopi pahit kopi manis sudah tersedia

    Biar plong nihati kira kira ini ” PREEMTIVE STRIKE ”
    sudah menjadi makanan pokok kita…!!!

  19.  

    MOHON DEK TUKANG BACA HARUS DAN WAJIB MEMPERCAYAI ALUTSISTA GHOIB KHUSUSNYA KAPAL SELAM.

    BISIK BISIK YANG MBAH DENGAR, KAPAL SELAM TERSEBAR DIMANA MANA DEK.

    MOHON, JANGAN MEREMEHKAN ALUTSISTA TNI AL.

  20.  

    Sundul sundul
    Kemenyan sudah di hidupkan
    Umbu rampe, dan
    Kopi pahit kopi manis sudah tersedia

    Biar plong nihati kira kira ini ” PREEMTIVE STRIKE ”
    sudah menjadi makanan pokok kita…!!!

  21.  

    Guru….?kok jd mbah..?tenang nanti sy kasih tau bpk sy..d DPR utk naikkan tangganya utk mbah bowo..maksudnya jd PNS..amin

  22.  

    memang dilematis.. di satu sisi karena para guru lah kita bisa tulis baca di forum ini tetapi memang profesi guru di perbatasan sangat sarat dengan pengabdian dan mereka bukanlah profesi bisnismen jadi sangat layak bila ada penghargaan secara finansial karena nasib generasi muda di perbatasan sedikit banyak ditentukan oleh pendidikan..

  23.  

    Setuju mbah hehe

  24.  

    ubahlah sejak dari pangkal sistem uang nya pak Luhut, dengan menghilangkan fractional reserve banking dan debt based money sistem. Anda para mentri dan presiden tidak perlu capek-capek mencari investasi ke eropa dan cina, smua lengkap sudah ada dalam genggaman seluruh rakyat anda. Tinggal bagaimana keberanian anda dan para mentri beserta presiden untuk bangkit dan menrobrak aturan pakem sistem uang dunia layaknya presiden lincoln, andrew jackson, dan sang fuehrer adolf hittler.

    •  

      Maaf @bung theyownitall, saya gagal paham dengan komen anda bisa tolong dijabarkan bung..

      Salam damai

      •  

        ini masalah system mencetak uang dari hutang yang memberatkan pemerintah dan rakyat NKRI ini. Jadi jika pemerintah membutuhkan uang utk membesarkan transaksinya harus mengekspor dulu ke ASU agar the Fed mencetak uang khayalan utk membayarnya tanpa jaminan emas dan dollar khayalan yg di terima indonesia sebagai konversi BI utk mencetak uang, atau kita ngutang yang plus bunga ke eropa atau China agar ekonomi bisa berkembang. alhasil makin kita membutuhkan uang utk roda perekonomian maka makin besar bunga yg harus di bayar pemerintah dan rakyat NKRI ini. utk lebih jelas dan detailnya bung theyownitall yg jabarkan bung. Salam NKRI Jaya

  25.  

    Mbah bowo kalo mau ‘DEMO’ jgn disni… Bikin eneg aj..!!! Jokowi lagi di eropa, klo mau dmo prgi sana ke eropa… Pake becak ke barat terus…

    •  

      BEGINI DEK BEGINI, KAMI INI MEMPERJUANGKAN NASIB NASIB SAUDARA SAUDARA KAMI, SEMUA K2 HIDUP PENUH KESUSAH PAYAHAN.

      KAMI MEMPERJUANGKAN HAK KAMI.

      DAN MEMOHON AGAR BAPAK PRESIDEN MENDENGAR JERITAN HATI KAMI. DAN RINTIHAN KAMI.

  26.  

    BUNG ADMIN..
    SAYA IJIN IKUT GABUNG DAN KOMENTAR DI FORUM TERHORMAT INI..
    MAKASIH ATAS INFO TENTANG MILITER INI..
    KARNA SANGAT MEMBANTU BUAT KAUM AWAM YG INGIN MENGETAHUI REALITA TENTANG ALUTISTA TNI..
    SALAM HORMAT BUAT SEMUA YG TERLIBAT DALAM PEMBUATAN FORUM MILITER JAKARTA GREATER INI.. SUKSES SLLU.

  27.  

    MBAH BOWO @ tanpa mengurangi rasa hormat kepada profesi anda,klo bisa silahkan berkoar2 atau mengeluh di forum yg khusus memperhatikan nasib pra guru, jangan koar2nya di forum yg membahas masala pertahanan dan militer.

    •  

      BEGINI DEK HAERUL, APA YANG MBAH BICARAKAN DISINI ADA HUBUNGANNYA DENGAN ARTIKEL DIATAS,. YAITU MASALAH ANGGARAN.

      DI SAAT SEMUA SIBUK MENINGKATKAN ANGGARAN MASING MASING, SEMUA KOK LUPA PADA NASIB HONORER K2 ?

  28.  

    NGAK ADA PERANG DEK, RAKYAT INDONESIA INGIN DAMAI, TIDAK INGIN PERANG.

  29.  

    TEGAK YA TEGAK, TAPI MASALAH K2 YA HARUS PRIORITAS UTAMA, INI MASALAH KEMANUSIAAN YANG SANGAT URGENT, SANGAT MENYAKITKAN HATI JIKA NASIB K2 TEROMBANG AMBING.

    MOHON BAGI MENPAN, TOLONG PAK, ANGKAT SEMUA KAMI, YANG SUDAH BERJUANG DEMI NEGARA,

  30.  

    Utamakan kesejahteraan tentara kita, sesuai dng resiko tugas yang diembankan (Gaji setara dng profesi lainnya yang beresiko tinggi). Selain gaji dan tunjangan2, harus ada tunjangan rumah sehingga pada saat pensiun sdh jadi hak milik.

  31.  

    IYA DEK, TAPI PEGAWAI NEGERI ADALAH PENGGERAK DAN UJUNG TOMBAK MENGELOLA BANGSA.

  32.  

    Halahh percuma guru udh dibayar gede2 tapi masih ada yang gk datang ngajar dan sering telat di kota Sabang.

    •  

      KALAUPUN ADA SEPERTI ITU MUNGKIN HANYA 1 ATAU 2 ORANG DIANTARA PULUHAN RIBU GURU. DAN ITU HANYA OKNUM.

      KAMI, GURU, PAHLAWAN TANPA TANDA JASA, YANG JELAS SUDAH TERBUKTI BERJUANG DEMI MENCERDASKAN BANGSA.

  33.  

    si mbah bowo dlu kga percaya yg ghoib skrang prcya alusista tni yg ghoib2 gmn ente mbah sdh mnum kopi blm mbah haha,,

    •  

      BEGINI DEK, ALUTSISTA GHOIB KITA YAITU KAPAL SELAM, SANGAT JELAS BERJUMLAH BANYAK DAN MEMATIKAN.

      MBAH SUDAH BANYAK MENDENGAR BISIK BISIK TENTANG HAL ITU DEK. KAWASAN SEMUA SEGAN DENGAN INDONESIA DEK. SEMUA TAKUT.

  34.  

    @mbah bowo…begini saja mbah, mbah harus pilih salah satu. Anggaran pertahanan di naikkan menjadi 2 % atau anggaran pendidikan menjadi 18 %. Sy yakin mbah bowo mo pendidikan Indonesia Maju dan Guru2 sejahtera.

    Salam kenal mbah…

    •  

      BEGINI DEK, MBAH SANGAT CINTA TNI DAN POLRI. PONAKAN MBAH ADA YANG JADI ANGKATAN, DAN MBAH SANGAT BANGGA DENGAN PONAKAN MBAH.

      MASALAHNYA NASIB K2, ITU BAGAIMANA AKHIRNYA ? INI SUDAH MASALAH KEMANUSIAAN, APA DEK GAJAH MADA TIDAK KASIAN ? INI SUDAH MENGABDI PULUHAN TAHUN LHO, SEHARUSNYA TANPA DIMINTA PUN PEMERINTAH HARUSNYA MENGERTI DAN SADAR BAHWA K2 SANGATLAH HARUS DIPRIORITASKAN.

  35.  

    gak usah ngotot ngotot…..toh semuanya juga bakal mati..

  36.  

    Jangan pada ngeyel sama MBAH bro,kualat ntar
    Ma’af ya mbah…

  37.  

    Gaja madah @ ane setuju dengan usulan ente.

  38.  

    masih terlalu Kecil kalau hanya 1%, kenapa gak 4% sekalian..

  39.  

    tarik ulur rencana kenaikan anggaran militer ini memang sangat menarik akan tetapi tidak semua konflik yang terjadi bisa selesai dengan cara militer masih banyak jalan lain dan jangan lupakan sejarah panjang kemerdekaan nkri ini tidak semuanya diselesaikan dengan cara kekerasan tetapi militansi cendekiawan yang harus dihadirkan dan dikedepankan kunci penyelesaian bangsa menghadapi agresor asing saya kira itu yang harus dipupuk dan diperhatikan oleh kita semua

  40.  

    anggaran ini kan untuk ToT sama juga menjadikan guru untuk proses pembuatan alutsista ber SNi

  41.  

    Kita mmg skrg kita tdk sedang berperang,dan kitapun tdk menginginkan itu.tpi kita juga harus mempersipkan diri kalo perang itu yg mendatangi kita, mmgx mbah bowo bisa mengajar klo negara kita tiba2 diserang negara asing.

    •  

      INDONESIA BUKAN NEGARA YANG SUKA BERPERANG DAN SELAMANYA TIDAK AKAN BERPERANG, CINA PUN TIDAK AKAN MENYERANG INDONESIA, BEGITUPULA AUSTRALIA.

      JADI DEK HAIRUL TENANG SAJA.

      •  

        Jika Australia besok menyerang pakai bom JDAM bagaimana bung???…F 35 Ausi banyak bagaimana cara menangkalnya??…cukup dengan Doa kah tampa ikhtiar. Jawabannya tentu doa dan usaha(tingkatkan anggaran pertahanan)

  42.  

    waooww sya terkesan dngn bajet ngara awak ni..indo mulai beza tak macam mase lalu semua aset2 militer awak takde daya,tua,tak kuat jom.bolh pandang sebelah mata.setakat kemajuan negara awak bolh saing kawasan lbih moden lgi.perbezaan tu mulai ada.

  43.  

    Guru masih mendingan. Nah kami para pedagang kecil saat ini sangat keropatan padahal sdh kerja keras, berangkat pagi pulang sore. Guru kan tdk capai2 amat kl dibanding.

    Tolong pak cari cara supaya ekonomi kita menjadi cerah.

  44.  

    mbah BOWO…
    diajak ngopi sama Jessica, katanya mo bahas anggaran….hehe

  45.  

    Anggaran prajurit tni-polri juga harus ditingkatkan juga karena udah kerja dari jam 7pagi-5sore bgi tni al krna bpk tnial dan belum jaganya dan belum ditugaskan ke sini situ buat negara kita tercinta ini . Ya harus lebih ditingkatkan lah kan buat melindungi seluruh lapisan indonesia dari penjajah apalagi di daerah natuna.

  46.  

    guru di daerahku banyak gajinya..
    baru beberapa tahun aja wes gaji 4 juta belum sertifikasinya , belum gaji 13 nya
    susah kampret kali

  47.  

    WO BOWO.. Memang ngk akan berperang tp gimana kalau melakukan pencurian n mengacak akan kedaulatan

  48.  

    Mbah Bowo q ini jg guru honorer di SMK swasta insentif 6 bulan sekali 12jt
    gaji bulanan sieh kecil cmn 600rb perbulan ya Nyambi MA cari rumput MA ternak sapi kambing n q Masi umur 25tahun masak yg udah tua gk lebih kreatif dari q???
    jangan nunggu jdi PNS lah
    disyukurin lah kn Masi pnya tabungan yg 12jt itu
    low saya sih cita” ingin punya usaha kecil”an karena sekolahan jg guru” nya sekarang kebanyakan buat ladang n lahan bisnis jujur Mbah bowoh

  49.  

    memang sebaiknya harus lebih bijak menanggapi rencana kenaikan anggaran alutsista ini sebab belajar dari sejarah banyak konflik yang masih bisa diselesaikan dengan cara diplomasi banyak pendiri bangsa ini yang berangkat dari kelihaian cendekiawan bisa mengatasi problema bangsa dan itu semua dasarnya adalah pendidikan disegala lini dan sendi pilar moral ekonomi dan budaya ditangan generasi anak muda lah hal tersebut tanggung jawab kita semua ..

  50.  

    Naikkan anggaran militer jadi 2 persen,agar kita bisa belaja sambil mendapatkan ilmu dari alutista yg kita beli( ToT) nanti klo kita udah bisa buat sendiri baru anggaran militer dialihkan buat mbah bowo biar dia ngak koar2 lgi.

  51.  

    Udah gamblang segamblang-gamblangnya…yang pelit TOT kelaut aja!

  52.  

    AKU HONORER KOK SEJAHTERA GA KURANG APA2 WO ? JD GURU ADALAH PENGABDIAN.. BUAT JAJAN ANE CUMA NGANDALIN GARAP SAWAH MA TERNAK WEDUS WO… MANGKANYA KERJA YG IKHLAS JGN NANYA NEGARA KASIH APA KE ELU TANYA LU KASIH APA KE NEGARA … Kurang sak godong tak lalap sek πŸ˜€

  53.  

    Waduh ekonomi lg sulit mbah,jangankan angkat pns,sertifikasi ja byr mbah..

  54.  

    dengerin tuh mbah

  55.  

    Mbah bowo iki ono2 mawon, kesannya ngeyelan… Jd honor maunya siapa, yg kasih sk siapa, yg disuruh bayar siapa? kemauan simbah sndiri to, ya kalo tdk sesuai keinginan gampang itu, mending cari job lain sj, pns is not everything.

    skrg sistem rekrutmen guru dah ga jaman lg main angkat, tp melalui sistem rekrutmen yg profesional berdasar kualifikasi dan kompetensi sdm sesuai itung2an kebutuhan klo tdk bgitu malah jd beban anggaran negara mbah.

    Ato ini hny pengalihan isu dr simbah spy RI ga jd belanja alutsista u/ menahan laju sang naga dr utara?

    •  

      PASUKAN PLA YANG MULIA, ADALAH PASUKAN PEJUANG, DAN PEMBEBAS SEMUA ASIA DARI PENINDASAN BANGSA BARAT. KITA AKAN MENYAMBUT MEREKA, MEMBERIKAN SUGUHAN TEH HANGAT DAN PELUKAN PERSAHABATAN. ITULAH KENAPA GESEKAN DI NATUNA KEMARIN KEDUA BELAH PIHAK INDONESIA DAN CINA SALING MENGALAH DAN SALING MENYADARI.

      MBAH BUATKAN POROS YA :

      CINA, INDONESIA VS FILIPHINA, SINGAPURA, MALAYSIA, AUSTRALIA DAN ARMADA KE 7 AMERIKA.

  56.  

    Bung suhu diego@ mohon petunjuknya punya saya ko kaga bisa replay coment orang, kenapa ya bung mimin….??

  57.  

    Sekedar usul saja, bagaimana kalau anggaran pertahanan ditingkatkan hingga 10% dari PDB, 2 % untuk belanja pegawai, 2 % untuk belanja alutsista asing, 2% untuk alutsista dalam negeri serta 4% untuk penelitian dan inovasi tehnologi pertahanan dalam negeri, jadi kelak kita bisa menjadi bangsa yang berdikari dalam senjata dan pengalaman pahit embargo senjata dari bangsa imperialis tidak dirasakan anak cucu dikemudian hari. Negara yang memiliki militer yang kuat akan memiliki nilai tawar yang kiat juga di dunia internasional. Merdeka!!!

  58.  

    Semua yang sudah kita terima harus kita syukuri, insya allah kalau yg diatas berkehendak nasib kita dapat dirubah, yg penting pegang teguh komitmen prinsip dan integritas sebagai seorang warga negara Indonesia yg ingin memajukan bangsanya sendiri, bukan karena uang, sanjungan, atau kedudukan

  59.  

    @Mbah bowo..selama ini mbah komennya selalu bilang jangan perang lawan ini itu, harus takut sama negara ini itu
    Dihujat tetep gitu
    Saya curiga mbah tu kayaknya bekas tentara yang dipecat karna DESERSI
    Karna kelihatan PENGECUT banget padahan pembahasannya tentang militer Aneh.. Aneh.. Aneh banget

  60.  

    Naik, turun, naik, turun….

    Biar warjager berbunga-bunga trus nyungsep trus berbunga-bunga lagi trus nyungsep lagi trus ….

    2015 101 T lebih
    2016 dibawah 100 T
    2017 mungkin 175 T
    2018 mungkin 200 T
    2019 mungkin 250 T
    Total mungkin sekitar 825 T

    Jika untuk gaji pegawai, operasional dan pembangunan fasilitas militer
    60% Γ— 100 T = 60 T per tahun atau dinaikin jadi 75 T per tahun = 75 x 5 = 375 T

    825 T – 375 T = 450 T
    120 T untuk biaya peremajaan (baca : penggantian) dan perawatan alutsista

    450 T – 120 T = 330 T

    Jadi 330 T untuk beli alutsista baru

    330 T dibagi perkiraan kurs 15 ribu = USD 22 milyar untuk alutsista baru.

    USD 22 milyar jika dibagi 3 matra :
    masing2 dapat USD 7,33 milyar

    Jika :
    USD 7,33 milyar untuk alutsista baru AU
    USD 7,33 milyar untuk alutsista baru AD (termasuk arhanud : SAM jarak menengah dan jarak jauh)
    USD 7,33 milyar untuk alutsista baru AL.

    Silakan berandai-andai dapat apa saja tuh ?

    Xixixixi

    •  

      BEGINI DEK PHD, ITU SEMUA MOHON DITUNDA DULU, ALUTSISTA GHOIB SUDAH SANGAT KUAT,

      MOHON DI PRIORITASKAN DULU PENGANGKATAN HONORER K2. ITU YANG PALING URGENT KARENA INI MENYANGKUT MASALAH KEMANUSIAAN.

    •  

      5 tahun MEF Jilid II mungkin banyak Surprise Alusista kita nantinya jika di lihat dari Anggaran s/d 2019.
      yang saya harapkan muncul di saat akhir MEF II adalah:

      1. Selesainnya Prototype Tank Medium Kerjasama antara PT. Pindad dan FNSS Turki.
      2. Selesainya Prototype KFX/IFX Fighter kerjasama antara PT. DI dengan KAI Korea.
      3. Radar untuk menutupi Black Spot kita.
      4. Arhanud Menengah sampai Jauh ex: Pantsir, S Familiy, dll.
      5. Kapal Selam masing2 4 untuk Zona ALKI 1-3 plus ZEE +- 8 (Berbagai Jenis) ex: K 636, CB dll.
      6. Heavy Fighter 4 Skuadron lagi (Berbagai Jenis) ex: SU35, Gripen NG, Typoon, dll.
      7. Medium/Light Fighter 7 Skuadron lagi (Berbagai Jenis) ex: T50i Golden Eagle, Tejas, dll.
      8. Kapal Perang sekitar +- 65 Unit (Class 60 M – Destroyer).
      9. Kapal Patroli +- 80 Unit (Berbagai ukuran).
      10. Kapal Patroli Bantuan +- 35 Unit (Tim SAR, BAKAMLA, dll).
      11. Kembalinya FIR.
      12. Kandungan Lokal untuk Alusista kita minimum 60% lokal.
      13. LAPAN bisa membuat Rudal untuk Pertahanan hingga Jarak jauh + Rudal dengan peluru kendali.
      14. Anggaran MEF III di atas 1% GDP dan berharap di atas 2% GDP ketika selesai MEF III.
      15. Mempunyai 12 Skuadron Heli berbagai Tugas (Heli Serang, Heli Anti Kapal Selam,dll).
      16. Pertumbuhan Ekonomi di atas minimal 5,5% untuk menopang kenaikan Anggaran Pertahanan kita hingga 1% GDP di akhir MEF jilid II.
      17. dll.

      Ada yang mau menambahkan atau di koreksi bung PhD ??? πŸ˜€

  61.  

    250 trilyun,buat beli kerupuk dapet berapa yak ?
    Semoga sebelum 2019 alutsista kita bisa lebih kuat,maklum taun 2019 kita bakal ngrebut FIR juga bakalan ada pemilu,kalo alutsista gak di tambah,tetangga yg pegang FIR bisa melecehkan kita…

  62.  

    Mbah bowo@ dana 1% buat apa mbah??? Pertahanan bukan hanya sekedar beli alutsista asing terus puas, alutsista bukan hanya sekedar hari ini, tapi pertahanan itu sifatnya kontinyu sehingga perlu kemandirian melalui inovasi tehnologi pertahanan dalam negeri buatan anak bangsa. Jangan sampai pengalaman 1999 di timor leste terulang, TNI kita hanya melongo melihat tentara aussie mencabik martabat bangsa dan negara kita, itu karena apa? Karena tentara kita lemah akibat embargo senjata.
    Ini kan hanya pandangan kedepan saja mbah, nyuwun sewu mbah nek kulo salah

  63.  

    MBAH SETUJU DEK ELIT88, TAPI ALUTSISTA GHOIB KITA SUDAH SANGAT KUAT, DAN TERBUKTI KAWASAN SEGAN DEK.

  64.  

    Ngopi dulu mbah..
    Karna sesepuh itulah jadinya mbah itu KOLOT
    Tapi sayangnya ngk ada sahabat abadi

  65.  

    Segan???? Negara mana yang segan mbah?
    FIR kita dikuasai singapura, pesawat kita lewat di ruang udara bangka malah diusir diusir kalau tidak ijin kesana.
    china? Insiden natuna contohnya.
    malaysia, coba flash back pada kasus ambalat,
    aussie, paling sering melalukan black flight di wilayah selatan dan timur indonesia,
    masih ingat peristiwa bawean tahun 2005? Apa itu yang dibilang disegani? Ironis banget.

  66.  

    MOHON JANGAN PESIMIS. MBAH PUNYA PONAKAN YANG JADI ANGKATAN, PERNAH MBAH TANYAKAN SAMA DIA TENTANG PERANG, MENURUT DIA PERANG ITU TIDAK MUNGKIN TERJADI, KARENA SEMUA NEGARA DI KAWASAN SEGAN DENGAN INDONESIA.

  67.  

    Sdh saatnya anggaran pertahanan di naikan dn smoga aja bs sampai 2%….

  68.  

    Ini bukan bentuk pesimisme mbah, ini wujud optimisme jika negara kita bisa mandiri dalam hal alutsista. Realistis saja, udah nyata kita dapatkan pelecehan dari negara tetangga. Bukan saatnya tidur. Harus bangun bangsa ini agar terwujud nusantara yang toto tentrem, gemah rimpah loh jinawi. Sambil menyeruput kopi sianida wkwkwkwk

  69.  

    BUNG BOWO@ saya setuju jika kesejahteraan untuk para guru dinaikkan dan saya juga sangat setuju bila anggaran pertahanan kita juga dinaikkan. Apa sebab saya bicara seperti itu. Karena otomatis jika anggaran pertahanan naik hulu balang negara kita akan lebih siap untuk menjaga dan mengamankan kekayaan RI yang melimpah ruah. yang selama ini cukup lama terbengkalaikan akibat lemahnya alutsista TNI. coba bayangkan jika pagar rumah kita dari bambu reot yang lapuk tentu pencuri akan gampang masuk halaman dan mengambil barang2 kita. Sekarang pemerintah menaikkan anggaran tentu saya sebagai rakyat sangat mendukung. Potensi kekayaan kita yang hilang tiap tahun mencapai Ribuan Trilyun akibat ilegal fishing,ilegal loging dan ilegal mining. Coba jika potensi Ribuan triliyun ini terselamatkan maka bisa dipergunakan untuk mensejahterakan seluruh rakyat RI mulai dari guru,TNI POLRI,PNS,petani,Nelayan,buruh semua ikut sejahtera. AYO TINGKATKAN ANGGARAN PERTAHANAN…AYO KUATKAN TNI POLRI…AYO SELAMATKAN KEKAYAAN INDONESIA…SALAM NKRI.

    •  

      Bung Murai batu Ga usah di jelasi SI Bowo Ini… Bowo itu bukan guru , hanya orang iseng aja yg suka ngetrol dan cari perhatian …Mungkin Masa kecilnya kurang bahagia Ga di perhatikan keluarganya…..

  70.  

    mbah bowo kalau ndak ingin jadi guru mending jadi yg lain cari kerja yg lain. masih banyak kerjaan yg lain mbah yg lebih ok bayaranya.kalau pendidiknya kyak mbh nggk diangkt jadi PNS pastilah ada sebabnya.

  71.  

    Murai batu.. Apa jaminannya kalau anggaran pertahanan ditambah ilegal fishing, loging tau pencurian lainnya bisa hilang
    Lebih baik kita wujudkan apa janji presiden waktu pemilu
    Revolusi mental ingat kan..
    Tambah sebesar apapun anggarannya kalau masih ada mental2 bobrok habis tu duit sebelum dibeliin peralatan

  72.  

    5 tahun MEF Jilid II mungkin banyak Surprise Alusista kita nantinya jika di lihat dari Anggaran s/d 2019.
    yang saya harapkan muncul di saat akhir MEF II adalah:

    1. Selesainnya Prototype Tank Medium Kerjasama antara PT. Pindad dan FNSS Turki.
    2. Selesainya Prototype KFX/IFX Fighter kerjasama antara PT. DI dengan KAI Korea.
    3. Radar untuk menutupi Black Spot kita.
    4. Arhanud Menengah sampai Jauh ex: Pantsir, S Familiy, dll.
    5. Kapal Selam masing2 4 untuk Zona ALKI 1-3 plus ZEE +- 8 (Berbagai Jenis) ex: K 636, CB dll.
    6. Heavy Fighter 4 Skuadron lagi (Berbagai Jenis) ex: SU35, Gripen NG, Typoon, dll.
    7. Medium/Light Fighter 7 Skuadron lagi (Berbagai Jenis) ex: T50i Golden Eagle, Tejas, dll.
    8. Kapal Perang sekitar +- 65 Unit (Class 60 M – Destroyer).
    9. Kapal Patroli +- 80 Unit (Berbagai ukuran).
    10. Kapal Patroli Bantuan +- 35 Unit (Tim SAR, BAKAMLA, dll).
    11. Kembalinya FIR.
    12. Kandungan Lokal untuk Alusista kita minimum 60% lokal.
    13. LAPAN bisa membuat Rudal untuk Pertahanan hingga Jarak jauh + Rudal dengan peluru kendali.
    14. Anggaran MEF III di atas 1% GDP dan berharap di atas 2% GDP ketika selesai MEF III.
    15. Mempunyai 12 Skuadron Heli berbagai Tugas (Heli Serang, Heli Anti Kapal Selam,dll).
    16. Pertumbuhan Ekonomi di atas minimal 5,5% untuk menopang kenaikan Anggaran Pertahanan kita hingga 1% GDP di akhir MEF jilid II.
    17. dll.

    Ada yang mau menambahkan atau di koreksi para kawan WARJAGER ??? πŸ˜€

  73.  

    Dari atas sp bawah cuma baca keluhan mbak wowo.

    Lancroot kan misi mu dah.

  74.  

    DELTA F.. Kayak serdadu amrik aja
    Judulnya terlalu berharap
    Kecuali kamu tertib bayar pajak

  75.  

    JANGAN NAIKKAN PENDIDIKAN LAGI… SUDAH PARAH.. DINAS PENDIDIKAN BUKAN BANGUN SEKOLAHAN MALAH SOSIALISASI MELULU DI HOTEL DSB.. KARENA MEREKA BANYAK KETANGKAP KORUPSI SAAT BANGUN SEKOLAH, SEKARANG UANGNYA BUAT HURA2 SOSIALISASI YG GAK JELAS.. BANGUN SEKOLAH DENGAN CARI AMAN PAKE UANG WALI MURID, JD DI SWAKELOLAKAN BIAR GAK KETANGKEP SAAT KORUPSI.. ITU YANG TERJADI.. maap saya marah2 gini soalnya saya di lapangan sedih liat para guru dan org dinas pendidikan.. coba tmn2 di kota besar tongkrongin hotel2 tiap saat ada sosialisasi.. anda bilang abda berjasa? Semua profesi ada jasanya, tp kalian ini matre di balik semboyan indah..

  76.  

    Bung Raden wijaya…setidaknya kita sebagai manusia sudah berupaya berusaha untuk menjaga kekayaan Alam kita. Minimal bisa ditekan.Nah…itupun saya sangat setuju untuk menagih Revolusi mental yang dijanjikan. Urusan korupsi memang sangat pelik dinegeri ini akibat hukum yang masih lemah. Sistem pendidikan pun harus dibenahi kalau bisa pelajaran anti korupsi ditambahkan dalam kurikulum demikian juga setiap orang tua dinegeri ini harus memberi pemahaman kepada anak mereka akan bahaya korupsi bahaya dunia dan akherat. Ini bukan tugas presiden semata tetapi tugas kita semua agar kedepan RI bersih korupsi.

  77.  

    Agak percuma anda bilang di sini banyak yg tdk percaya. Mereka taunya beli kosongan aja, tp ngak pernah mau tau gmana sebenarnya niat awal kontrak/negosiasinya.. Katanya leopard kosongan lah, shukoi kosongan lah, F16 rongsok lah, chang bogo jelek lah, dll. Pemikirannya kayak anak SMA yg baru ngerti militer, bikin sebel yg baca aja.

  78.  

    Dagelan..kamu pengangguran sudah pasti ngk pernah ribu lha.. Kerjanya tidur doank
    Dah tidur sono ngerusak pemandangan aja haha.. hihi..

  79.  

    Gara2 da eyang bowo jd ingin ikutan komen..hehe
    Mnurut ane mm kenaikan anggaran militer lbh urgen dibanding yg lain secara kawasan dh mulai panas jd gkda jaminan kt gkkn diserang pa perang.. Jd satu2nya jln kt perkuat alutsista mulai dr skrg.. Krn tdk da kawan abadi yg da cm kepentingan..
    Maaf mbah bowo ane juga guru honor tp alhamdulillah ane ikhlas dan ckup untk hdupi ank istri..bgku profesi guru adalh tabungan untuk dunia dan akherat.. Ane sadar gaji guru honor kecil tp tu jngn mnjadikan mental kt miskin, asal da usaha pasti Allah mmbri jln jd jngn mngandalkan gaji guru klo mbah bowo ingin cukup dan kaya.. Ane slain ngajar jg pnya usaha sampingan yg lain..
    Ane rasa anggaran pndidikan 20% dr pdb tu dh cukup untk mnsejahterakn dan meningkatn mutu pndidikan..coba benahi sistem di dinas pendidikan dr atas smpai bawah… awasi dana BOS smpai ditiap skolah..angkt guru honorer k2 jd PNS yg bner2 masa krjanya dh lbh lama bkn manipulasi data k2….

  80.  

    Saya SANGAT SETUJU dgn komen @Pelek peyok.

  81.  

    Mbah bowo kok dikomentari… wakakak, org dia cuma ngetrol doang. Nih ya .. mbah bowo dr 2 th lalu ngomongnya begitu meluly, klo dulu udh biasa nongkrong disini pasti tau… jadi si mbah bowo itu ga usah diseriusin komenternya.. capek sendiri entar wkwkwk

  82.  

    pokoknya saya mau kenaikan 4%, 1% untuk AU, 1% untuk AL, 1% untuk AD dan sisa 1% nya buat biaya perawatan alutsista dan pembangunan pangkalan militer di wilayah2 perbatasan.. titik!

  83.  

    Ada bidang2 kerja yg Nilai Pelayanan/Pengabdian’y harus lebih tinggi dari kepentingan profesinya,yaitu Guru/Pengajar,Dokter/Bidan,dan Petugas Keamanan (Tentara,Polisi,dan sejenisnya),karena akan berbahaya kalo pola pikir INGIN KAYA diterapkan dalam2 bidang2 kerja tsb,misalkan: Pasien dibiarkan mati karena tidak bawa uang,Siswa belum pandai tapi dibiarkan lulus krn uang,calon taruna tidak trampil tapi bisa lulus yang berakibat jadi tentara2 manja yg penakut,dll. Jadi..kalo INGIN KAYA dan NYAMAN, cari profesi lain diluar itu…!! Jgn mengotori nilai2 luhur yg memang HARUS ada dalam 3 bidang profesi di atas,profesi2 yg dilandaskan kepada PENGABDIAN DAN PELAYANAN LUHUR UNTUK MASYARAKAT,BANGSA,DAN NEGARA.

  84.  

    komitmen loh ya… salut utk Om Luhut niy…

  85.  

    orang gila bneran ini si bowo dri atas ampe bwah comen nya ngeyel bgt, sesepuh apah mbah? sesepuh tai loe mbah, sna priksa kjiwaan mu mbah

  86.  

    silahkan anda kuliah ambil kependidikan lalu rasakan mengajar jadi honorer… bung bukan kami nuntut ini itu… tapi kami memiliki hak untuk hidup layak… kalau anda bilang guru gak boleh nuntut uang dari ilmu yg diberi… atas dasar apa??? bukankah guru itu profesi? dan sekarang guru harus ambil PPG. artinya guru itu profesional? seorang profesional menggantungkan hidupnya dipekerjaannya bung… maaf saya terusterang tidak suka dengan kalimat anda bung… anda tidak tau atau pura pura tidak tahu realita guru non pns dilapangan? terusterang saya seorang guru.. gaji saya 300ribu/ bulan saya mengajar dari jam 7 sampai jam 10.00 senin sampai sabtu, saya juga bekerja di luar dari jam 11.00 sampai jam 23.00… hanya untuk mandiri dan bertahan hidup untuk terus mengajar… dan hal ini tidak hanya saya saja.. teman2 saya juga seperti saya dan saya yakin ribuan guru honorer juga merasakan yg saya rasakan… please jangan ngomong seenaknya tentang guru bung @MISSAY

  87.  

    hidup guru.. hidup guru.. hidup guru.. pahlawan tanpa tanda jasa……..

  88.  

    Tp guru di tempat saya kok seenakny y.. datang telat pulang stengah hr , maksa2 murid beli ini itu, pas ujian muridny disuruh saling berbagi,. Ngajarin g jujur. Takut klo muridny g lulus dikira g bs ngajar

  89.  

    Tambah 8 ks ?

    Sekarang resmi 2 unit.

    2 + 8 = 10

    Itupun yang 2 itu sudah tua. Dari 1981. Tambah 40 tahun. Jadi tahun 2021 akan pensiun.

    10 – 2 = 8

    Alias jika cuma tambah 8 ks maka cuma ada 8 ks pula di tahun 2021.

    Padahal minimum ks resmi adalah 12 unit.

    12 – 8 = 4

    Jika program kemhan cuma tambah 8 ks sedang katanya minimum adalah 12 ks maka sekarang ini terdapat paling sedikit 4 ks ghoib yang akan dimunculkan secara resmi.

    sehingga jika 4 ghoib ini ditambah 2 ks gaek resmi maka sekarang ini RI memiliki paling sedikit 6 unit ks.

  90.  

    Mbah bowo ini keblinger.

  91.  

    “saat ini pengeluaran anggaran pertahanan masih terlalu banyak dihabiskan untuk belanja pegawai, sedangkan proporsi alutsista masih kurang.”

    Tapi mau naikin gaji TNI. Proporso ke alutsistanya lebih kurang sama aja dong kalo anggaran naik? Ada yang masuk ke belanja pegawai juga, entah seberapa banyak.

  92.  

    salah kamar
    Diknas ya diknas
    Hankam ya hankam
    Jangan saling gembosi. Pndidikan g jalan klo tentara lemah.. tentara nrima anggota jg dri output skolah yg bagus. Klo honorer gaji dri kmampuan pemda masing”. Yg betul harus jdi pns smua. Honorer gurud angkat btahap

  93.  

    Aduh, puyeng, nuntutin hak aja, kewajibannya mana mbah

  94.  

    Kalau niatannya akan menuju anggaran lebih dari 1% sebaiknya dipaksakan dianggarkan 2% saja saat ini krn urgensinya tinggi. Beli alutsista butuh proses waktu sampai kemudian dapat aktif digunakan. Nah pada saat semuanya sdh lengkap dan aktif baru anggaran disesuaikan lagi dgn kemampuan yang ada. Syukur2 ketegangan disekitar mereda. Kalau tidak khan kita sudah siap jaga tanah air sang ibu pertiwi.

  95.  

    Disaat ketegangan semakin memanas kemudian pecah perang sana sini… mau menaikkan anggaran sampai 10% sekalipun sudah telat.. menurut ay ini prinsip bahwa pertahanan dan militer adalah investasi kelangsungan bangsa untuk tetap survive. Dan survive adalah dasar utama untuk tetap melangsungkan sendi kehidupan yg lain yg anggarannya lebih besar saat ini…