Pemerintah Indonesia dan Rusia Tingkatkan Kerjasama Bidang Cybersecurity

14
8
Presiden Joko Widodo menggelar pertemuan terbatas dengan Presiden Rusia Vladimir Putin. (Liputan6.com/Silvanus Alvin)

Pemerintah Indonesia dan Rusia telah sepakat untuk meningkatkan kerjasama di bidang cybersecurity untuk melawan kejahatan transnasional, terutama terorisme.

Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Wiranto, mengatakan bahwa kedua negara sepakat untuk meningkatkan kerjasama guna mengamankan distribusi informasi digital dan melakukan konsultasi reguler pada bidang keamanan dan pertahanan.

Dasar bagi kerjasama ini telah diletakkan oleh Menko Polhukam sebelumnya, Luhut Pandjaitan, setelah penandatanganan beberapa perjanjian bilateral antara Indonesia dan Rusia ketika Presiden Joko Widodo berkunjung ke Moskow pada bulan Mei lalu.

“Kami melihat pentingnya untuk memperdalam diskusi kami pada keamanan kedua negara serta keamanan regional, dan kami akan menindaklanjuti kerjasama dengan langkah-langkah yang lebih konkrit,” ujar Wiranto usai bertemu dengan Duta Besar Rusia untuk Indonesia Mikhail Galuzin, seperti dilansir thejakartapost.com pada Kamis (22/09).

Wiranto menjelaskan bahwa beberapa kerjasama yang akan dilakukan dengan pemerintah Rusia tersebut bertujuan untuk meningkatkan teknologi dunia maya di tengah kekhawatiran tentang penyebaran ide-ide radikal dan pendanaan terorisme melalui platform online.

Sumber: thejakartapost.com

14 COMMENTS

LEAVE A REPLY