JakartaGreater.com - Forum Militer
Jan 202015
 
PT Freeport Indonesia (sumber: Antara/Puspa Perwitasari)

PT Freeport Indonesia (sumber: Antara/Puspa Perwitasari)

JAKARTA, KOMPAS.com — Hingga pertengahan Januari 2015, PT Freeport Indonesia belum menunjukkan perkembangan pembangunan fasilitas pemurnian bijih mineral (smelter). Padahal, perkembangan pembangunan smelter merupakan salah satu poin yang dinilai penting oleh pemerintah untuk melanjutkan pembahasan amandemen kontrak.

Dalam nota kesepahaman (MoU) yang ditandatangani oleh kedua belah pihak, selama enam bulan Freeport harus menunjukkan perkembangan smelter. Namun, hampir tenggat masa berakhir MoU, yakni pada 24 Januari 2015, lokasi smelter pun belum juga ditentukan oleh Freeport.

Review terakhir dari Dirjen Minerba (R Sukhyar), progres smelter Freeport masih jauh, bahkan saya tidak gembira. Saya kecewa karena tidak menunjukkan kesungguhan,” kata Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said, Selasa (20/1/2015).

Sudirman lebih lanjut mengatakan, hingga malam tadi, Sukhyar melaporkan, Freeport belum memutuskan lokasi smelter. “Dalam kesepakatan jadwal, kalau sampai 24 Januari 2015 mereka tidak menunjukkan progres signifikan, maka izin ekspornya bisa dibekukan,” tekan Sudirman.

Dia mengatakan, pemerintah melalui Kementerian ESDM terus meminta Freeport untuk mencari jalan keluar. Pemerintah ingin Freeport terus beroperasi. “Kami dalam posisi sama-sama menghendaki Freeport terus beroperasi lancar karena penting bagi perekonomian kita juga, bagi perdagangan kita juga,” pungkas dia. (KOMPAS.com)

Kegiatan Ekspor Freeport Terancam Dihentikan pada 25 Januari

Jakarta – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyatakan kegiatan ekspor konsentrat tembaga PT Freeport Indonesia terancam dihentikan pada 25 Januari mendatang.

Hal ini menyusul belum adanya kemajuan pabrik pengolahan dan pemurnian mineral (smelter).

Menteri ESDM Sudirman Said mengatakan izin ekspor konsentrat hanya berlaku berlaku selama enam bulan terhitung sejak akhir Juli kemarin. Dia bilang pemberian izin ekspor tersebut mengacu pada kemajuan pembangunan smelter.

“Kalau sampai 25 Januari belum ada progress smelter maka izin ekspor konsentrat bisa dibekukan. Saya minta kepada Freeport untuk mencari jalan keluar. Kami tetap ingin Freeport beroperasi,” kata Sudirman di Jakarta, Selasa (20/01).

Sudirman meminta Direktur Jenderal Mineral dan Batubara R. Sukhyar untuk melakukan pembicaraan langsung dengan pemilik saham Freeport sehingga keputusan bisa segera diambil.

Pasalnya selama ini pembicaraan dengan Freeport selalu terkendala dengan sikap pemegang saham. “Ini komunikasi high level antara pemerintah dengan pemegang saham. Saya sudah menugaskan Pak Dirjen,” ujarnya.

Freeport mendapat kuota ekspor mencapai 756.300 ton konsentrat tembaga dengan nilai US$ 1,56 miliar. Izin ekspor tersebut berlaku dari akhir Juli hingga 25 Januari nanti. (beritasatu.com)

Berbagi
 Posted by on January 20, 2015

  99 Responses to “Pemerintah Kecewa kepada Freeport, Izin Ekspor Terancam Dibekukan”

  1.  

    Mantep nih… lanjutkan…!!!

  2.  

    SETUJU

    •  

      Atau pemerintah kita tegas ya. inikan pikiran kita orang awam.

      Seumpama pemerintah kita mengikuti khendak mereka asla kita dapt 2 skuadron f35 atau f/a 18 hornet karena di hitung dari 25 th lalu. Mau tidak jika mau lanjut jika tidak mau go to hell.

  3.  

    hope

  4.  

    Setuju batalkan sambil tingkatkan kewaspadaan akan intrik-intrik lanjutan Freeport

  5.  

    Kalau dlanggar dibekukan aja kalau perlu tidak usah diperpanjang.Pemerintah harus bersikap tegas. Jangan mau didikte oleh perusahaan asing.Bravo NKRI. Rakyat ada di belakang,mu Mr.Presiden.

  6.  

    Waktunya untuk tegas neh ke asu.
    jgan kalah sama tekanan asing..
    Setuju cbut hak ekspor mengirim mineralya sblum buat semelter.
    Hayoo pantang mundur untuk indonesia
    kamu bisa.

    •  

      Tegas??..hahaha..lucu skali…sewa presiden dari tiongkok dulu baru indonesia brani tegas..saya jamin sampai kapanpun dan siapapun presiden kedepan dan kedepannya lagi ga bakal ada presiden indonesia yang brani tegas….sudah takdir bung..indonesia negara besar tapi plongah-plongoh..cuma satu presiden yang brani tegas..SOEKARNO!!!!…selain itu plongah-plongoh kayak kerbau dicucuk hidungya alias manut gampang disetir..

  7.  

    syukur alhamdulillah akhirnya siap tayang salah satunya masukan dr warjag dan warpatga….net tv PATRIOT..

  8.  

    Berani ga pemerintah.?? Klo bisa jgn diperpanjang kontraknye, biar bangsa ini yg meneruskan..masa hasil bumi bangsa sendiri dikeruk abis”an sama bangsa laen mau sih…namanye penjajahan secara halus tapi akibatnye terasa ampe 7 turunan..

    …..NKRI HARGA MATI….

  9.  

    Pilu…sedih…cuma dijadikan perahan.
    Negeriku malang.
    Negeriku sangat mudah diadu domba.apalagi
    Perihal kekayaan..pangkat ..jabatan.
    Kalau mendengar kekayaan Indonesia dikeruk habis-
    habisan sedih rasanya hati ini.
    Hanya bisa berhayal dan berandai- andai diturunkan sang patriot
    pemberani yang berani Menasionalisasi aset-aset bangsa yang dikuasai asing.
    @#rakyatjelata.

  10.  

    Yah nasib negeri kuli tak akan punya keberanian melawan sang majikan..sakiiitt rasanya hati rakyat ini melihat ketidak beranian para pemimpin..padahal rakyat sangat mendukung keberanian pemimpin..

  11.  

    Berani???

    •  

      Berani??? Pertanyaan yg saya pikir akan mengusik pemerintah saat ini apabila mempertimbangkan kembali apa yg sudah kita beri pada freeport.

      Sedikit flashback kebelakang, Freeport beroperasi di Indonesia berdasarkan Kontrak Karya yang ditandatangani pada tahun 1967 berdasarkan UU 11/1967 mengenai PMA. Dalam Kontrak karya, seluruh urusan manajemen dan operasional diserahkan kepada penambang. Negara tidak memiliki control sama sekali atas kegiatan operasional perusahaan, negara hanya memperoleh royalty yang besarnya ditentukan dalam KK tersebut.

      Berbeda dengan PSC (Production Sharing Contract) yang berlaku di industri minyak dan gas bumi, Di dalam PSC negara bertindak sebagai pemilik minyak dan gas bumi yang dihasilkan. Karena itu, Negara berhak mengatur, mengawasi dan mengendalikan kegiatan operasional minyak dan gas bumi, termasuk ke mana dan dengan harga berapa minyak dan gas yang dihasilkan itu dijual. Untuk kontraktor, mereka mendapatkan upah berupa minyak atau gas bumi dalam bentuk bagi hasil produksi (production sharing).

      Melihat perbedaan tersebut untuk tambang emas dan tembaga Freeport, diharapkan pemerintah berani membongkar lagi model kontrak karya tambang Freeport di Papua. Ganti dengan model kontrak yang sesuai dengan konstitusi dimana negara sebagai pemilik sumberdaya alam, berhak atas emas dan tembaga yang dihasilkan. Selanjutnya berikan bagian Freeport sebagai upah bagi kontraktor secara layak. Tak ada lagi cerita Negara tidak punya akses terhadap emas dan tembaga yang dihasilkan, tidak sekedar re-negosiasi kenaikan angka royalti bagi Negara memang penting, tetapi tidak sepenting menguasai atau memiliki emas dan tembaga yang dihasilkan dari sana.

      Kembali kepada pertayaan bung surti diatas, apakah Presiden Jokowi berani mengambil jalan ini ???

      Imho

      •  

        Tahun 1967….
        Pas pergantian pemerintahan, Asu langsung “tancap gas”

        •  

          Yesss…. Dengan dukungan dari Washington, untuk meningkatkan GNP negeri ini, Presiden Suharto mulai mendorong investasi asing ke Indonesia. Bank-bank Jepang dan Amerika dengan Citibank sebagai lead bank mulai berdatangan ke tanah air dan memberikan pinjaman dana-dana ke Indonesia, khususnya untuk membiayai proyek-proyek mega di sektor migas dan pertambangan.

      •  

        Itu sama saja Washington-tipu Jakarta.-tipu jayapura.-tipu rakyat.-tipu’ siapa?””’

  12.  

    Bisa ditarik jg neh dubes blake..

  13.  

    Mari kita sama2 meratapi nasib..
    hasil bumi pertiwi dijarah negara lain..sampai hari qiamat…
    karna para pemimpin kita…
    tak ada yg mampu melawan penjajahan modern..
    sdh saatnya pemimpin harus punya senjata
    anti perang modern…
    negara aman ..ekonomi dijajah habis2san

  14.  

    tambang penghasil emas akan dilepas amrik gt aj? saya rasa tidak mungkin, kita lihat aja lobi2 nya, gak mungkin freeport dilarang ekspornya dalam jangka panjang, ato bahkan di putus kontraknya, bukan nya tidak nasionalis ya, tp mental pemerintah saat ini blm cukup berani untuk melakukan itu. anda tau? emas disana itu emas yg sudah tua, sekali dapat bisa langsung dijual tanpa pengolahan yg kelewat panjang, dari 6 pipa penyaluran hasil pengolahan tambang, 2 diantaranya adalah pipa jalur emas, selama amrik di papua, amrik gak akan bangkrut! gak percaya gak papa, cuma tukang konter kok ini yg omong, mhn maaf kalo ada kata2 yg kurang berkenan, salam..

  15.  

    untuk rakyat Papua, gimana solusinya nih, ayo gabung sini, luahin apa yang ada dlm hati kalian, sapa tau ada yang kebuka matanya

  16.  

    Ayo pak presiden jokowi, sekarang buktikan kecintaan anda sama nkri, kami rakyat indonesia sangat menantikan seorang pemimpin Indonesia yg mampu berbicara lantang ke siberat, untuk saat ini kami hentikan dulu exsport, tender dikaji ulang, royalti dibagi 60 nkri 40 siberat, ok, pak presiden Republik Indonesia, kami mendambakan bapak menyelamatkan sda Indonesia untuk kesejahteraan rakyat indonesia, semoga.

  17.  

    Ooh… makanya asu kasih bantuan maritim hampir 500M, wah masih tidak ada apa2nya tuh seharusnya 1.000T untuk maritim.

  18.  

    AKU YAKIN ITU BOMBER TU-16 yang menurut situs deagel.com bahwa kita punya bomber tu – 16 tapi jumlahnya yg jdi tanda tanya berapa ? linkny juga ada

  19.  

    Ayoo Freeport… Ga usah bangun smelter…
    Untuk NKRI

  20.  

    di bekukan seterusnya……….

  21.  

    BEKUKAN

  22.  

    NGAPAIN ACARA KECEWA SEGALA

  23.  

    poin divestasi saham juga saya gk suka
    “Freeport juga setuju melakukan divestasi saham sebesar 30 persen kepada Pemerintah Indonesia, pemerintah daerah, BUMN ataupun BUMD, sesuai aturan yang berlaku.”

    sudah lama sekali operasi, tp sampe sekarang hanya 30%, harusnya minimal 51%

    semua kembali ke pemerintah deh, mdh2n tegas

    •  

      INDONESIA HARUS KONSISTEN MENEKAN FREEPORT AGAR MEMBUAT SMELTER, KALAU TIDAK ADA NIAT BAIK DARI FREEPORT TUK BUAT SMELTER MAKA PEMERINTAH INDONESIA HARUS TEGAS MENGHENTIKAN EKSPOR MINERAL OLEH FREEPORT, PEMERINTAH TIDAK BOLEH TAKUT FREEPORT AKAN MENGHENTIKAN OPERASINYA KARENA AMERIKA TIDAK AKAN MELEPASKAN FREEPORT KARENA KEUNTUNGANYA YG LUAR BIASA. TIDAK BOLEH ADA NEGOSIASI PERPANJANGAN KONTRAK SEBELUM SMELTER JADI.SEMOGA PRESIDEN JOKOWI BISA LEBIH TEGAS DARI SEORANG JENDERAL SEPERTI YG DI UCAPKANYA WAKTU KAMPANYE. RAKYAT INDONESIA MENAGIH JANJI ANDA BPK PRESIDEN YG TERHORMAT.

    •  

      Rakyat Papua tak pernah dapat.yg dapat pejabat yg kenal orang jakarta

  24.  

    Itu yg bilang paling anteknya asu bung.. rakyat indonesia pasti inhin freeport kluar dari NKRI

  25.  

    Buktikan !!!!! ini milik kita. Salam NKRI

  26.  

    Bukannya ga mampu Bung Kunto ga ada niat brg x…
    Atau takut ketahuan bahwa ada kandungan material lainnya yg lbh berharga… brg x…

  27.  

    Ini salah satu blunder yang di tinggalkan pemerintahan SBY.Laut kita di jarah ikannya di biarkan saja,exsekusi hukuman mati yang seharusnya telah dilakukan tidak dilaksanakan.Freeport yang sudah dua tahun tidak bayar royalti di biarkan saja,bahkan ngeyel belum juga bikin smelter.Yang repot pemerintahan Jokowi sekarang.Karena sudah terbiasa di biarkan pemerintahan sebelumnya.Ayo pemerintah jangan ragu,kita bisa kok olah sendiri tambang emas di papua tanpa modal asing.

    •  

      PEMERINTAH HRS TEGAS INI NEGARA KENA HRS TAKUT BERBUAT TEGAS KLO MERUGIKAN NEGARA PRESIDEN JOKOWI HRS MENUNJUKAN DAN MEMBUKTIKAN KLO DIA TDK SEPERTI PERKIRAAN KEBANYAKAN ORANG, KARENA BERASAL DRI SIPIL.

    •  

      kalo ada datanya boleh saya diberi tahu bung komerat, pemerintah sby blm bisa menekan ilegal fishing karena kapal dan bbm nya lum cukup, belia tidak mengeksekusi mati karena mempersiapkan kekuatan pemerintahan jika sudah tepat waktunya maka tidak ad yg protes karena pemerintahannya yg kuat, masalah freeport slh pak sby juga? setau saya royalti dinaikkan pada jaman pak sby, kalo masalah perpanjangan kan memang tahun 2017, jatahnya mr. jokowi sekarang. cmiw.

    •  

      Jgn lupa peninggalan PR yg terpaksa hrs dikerjakan Jokowi…..Kenaikan BBM

      •  

        Mana bbm turun lagi. Bagus sby ngga naikin bbm krn tahu bbm bakal turun.sekarang bbm 6700! Malu deh ngga dengerin saran demokrat. Jangan juga biasain nyalahin sby.

  28.  

    DUIIIT… DUIIIT :mrgreen:

  29.  

    Mungkin kbnykan rkyat indonesia bakalan lbih suka kalo freeport..
    Go to the hell..

  30.  

    INDONESIA HARUS KONSISTEN MENEKAN FREEPORT AGAR MEMBUAT SMELTER, KALAU TIDAK ADA NIAT BAIK DARI FREEPORT TUK BUAT SMELTER MAKA PEMERINTAH INDONESIA HARUS TEGAS MENGHENTIKAN EKSPOR MINERAL OLEH FREEPORT, PEMERINTAH TIDAK BOLEH TAKUT FREEPORT AKAN MENGHENTIKAN OPERASINYA KARENA AMERIKA TIDAK AKAN MELEPASKAN FREEPORT KARENA KEUNTUNGANYA YG LUAR BIASA. TIDAK BOLEH ADA NEGOSIASI PERPANJANGAN KONTRAK SEBELUM SMELTER JADI.SEMOGA PRESIDEN JOKOWI BISA LEBIH TEGAS DARI SEORANG JENDERAL SEPERTI YG DI UCAPKANYA WAKTU KAMPANYE. RAKYAT INDONESIA MENAGIH JANJI ANDA BPK PRESIDEN YG TERHORMAT.

  31.  

    kalau seandainya di bekukan izin eksport di bekukan, di ambil alih ataupun di nasionalisasikan, dan saya yakin asu ngga akan diam be?itu saja, kenapa asu menempatkan pasukan di sonotan ya itu salah satunya untuk antisipasi adanya hal tersebut, itu semua masuk aka? dan asu sendiri beralasan kemanusiaan, ataupun ingin lebih dominan dari si naga.
    maaf hanya analisa oot.

  32.  

    Sebaiknya di carikan pengganti biar semangat membuat smelter,,,

  33.  

    Pak jokowi inilah kesempatan untuk membuktikan ketegasan bapak, tendang saja freeport, berani gak ???

  34.  

    salam bung semua

    NKRI harga mati

  35.  

    pak presiden
    sudah waktunya free port hengkang dari ibu pertiwi,

  36.  

    Pemerintah harus tegas dan melaksanakan kewajibannya yg diamanatkan UU, jgn ada pengecualian.
    Apapun keputusan pemerintah bila itu mencerminkan hak serta martabat negara, rakyat akan mendukung apapun akibatnya.
    Tp jika pemerintah tdk mau melaksanakan kewajibannya secara baik, rakyat hanya dpt menilai bagaimana mental para pengontrol serta pelaksana UU sekarang ini.

  37.  

    Bung, harap jangan esmosi melulu. Liat kenyataan, saya pikir itu menteri sudah proporsional, sesuai dengan perjanjian awal. Kamu mau kita melanggar perjanjian yang sudah dibuat sebelumnya? Yang penting sekarang kan progress ke depan harus lebih baik daripada pemerintah sebelumnya. Pergunakan akal, jangan okol melulu…

  38.  

    Nasionalisasi saja freeport kalau ga mau patuh pada aturan pemerintah…..kalau pemerintah berani akan membuktikan ketegasan indonesia di mata dunia..karena telah berani melawan si berat cs..

  39.  

    Jangan ngemis ke Freeport Pak Menteri …. Takut sekali kalo freeport ga beroperasi dengan alasan ekonomi terganggu…bah.

  40.  

    itulah dek…kenapa asusila menekan belanda untuk menyerahkan papua pada indonesia..karena ya itu tadi..mental orang indonesia masih inlander dan gampang disogok…kalo kerjasama dengan belanda ya susah karena belanda itu terkenal sebagai bangsa pedagang yang pelit…ngono lho son..

    ————-
    –114.125.191.151 / Anda dibanned PERMANEN karena mencatut nama banyak orang–Admin–

  41.  

    Para warjagers sekalian, saya ada beberapa pertanyaan yang beberapa hari ini bikin penasaran. Dirut Freeport yang baru, Maroef Sjamsuddin, dulunya adalah wakil kepala BIN. Beliau ini berlatar belakang militer (Angk. Udara). Setahu saya, beliau bukanlah wakil pemerintah karena sampai saat ini pemerintah RI masih melobi untuk diberi jatah kuris 1 direksi. Yang jadi pertanyaan saya:

    1.) Apakah wajar perusahaan sebesar Freeport menunjuk seseorang yang ngga punya latar belakang usaha pertambangan sebagai Dirutnya? Apakah ini Dirut berkuasa penuh ataukah hanya Dirut sebagai “boneka”?

    2.) Dengan latar belakangnya sebagai wakil kepala BIN, dan juga pangti TNI, apa alasan Freeport mengangkat beliau? Apakah sebelumnya sudah punya hubungan dekat dengan Freeport sejak lama? Apakah wajar seseorang yang menempati posisi tinggi dalam bidang intelijen negara punya kedekatan dengan perusahaan2 asing? Apakah ngga ada informasi2 rahasia negara yang bocor?

    Apakah para warjager sekalian ada yang bisa memberi saya pencerahan?

    •  

      Secara etika dan norma harusnya mantan BIN tesebut mempertimbangkannya sebelum mengambil jabatan itu.Terlebih perusahaan itu lagi bermasalah dengan kita.Tapi ada juga plus minusnya beliau ikut bergabung.Kalau jiwa nasionalisnya tinggi pasti beliau berusaha membawa perusahaan itu untuk memberikan manfaat besar buat negara.Tapi bila malah semakin membuat freeport semakin membangkang .Hal yang paling baik beliau lakukan adalah mengundurkan diri secepatnya.

      •  

        Proxy War bung..yg punya prepot gk mw lngsung tatapn muka ma rakyt Indonesia, tapi mrka mengadu rakyt n rakyat…ruar biasa mrekaa…tinggl liat tontonan ajaaa…

      •  

        Bukannya saya berpikiran negatif, tapi kok saya lebih percaya sama teori bung yang kedua ya (dimana bikin freeport lebih membangkang). Karena pikiran saya (semoga salah) ngga mungkin Freeport dengan sukarela menerima mantan intel Indonesia, apalagi jadi Dirut, kecuali kalo si intel ini orangnya mereka. Sedih juga sih kalo petinggi2 kita justru malah jadi agen2 asing begini.

  42.  

    Kan sekarang Pimpinan Freeport matan BIN, TNI antek ASU, pasti mereka merasa PD melawan pemerintah karena mereka udah TsT sma TNI antek ASU

  43.  

    Kontrak freepot s/d 2022 dalam kontrak akan diperpanjang atau diputuskontrak 3 tahun sebelum kontrak brrahir yaitu 2019. Tahun 2019 klo mau jangan diperpanjang stop saja. Buat perjanjian baru atau kelola sendiri jika mampu. Karena klo distop sekarang berhafapan dengan peraturan tambang international yg dibuat asu dan euro.

    •  

      kita ksh prepot..mreka ksh apa ya bung k ngra ini?

      apa barang2 bekas yg dihibahin?…

    •  

      Tapi pemerintah SBY kan udah bikin MoU untuk menjamin kepastian investor freeport yang membenamkan dana 15 milyar dollar ASsebelum beliau turun. Artinya walau belum diperpanjang sudah ada kesepahaman untuk perpanjangan kontrak.Berani nggak pemerintahan sekarang membatalkan MoU tersebut ??

  44.  

    Sudah lah bang jangan terlalu banyak bicara masalah Papua kalo belum pernah ke Papua.hanya bikin marah

  45.  

    Dan jangan suka suka bicara mau bela rakyat Papua tapi tidak mengerti kebiasan hidup orang Papua.jangan lah pintar pintar karena rakyat papu sederhana

  46.  

    Hmmm……?..

  47.  

    Jujur, kami sdh sgt enek atas sikap freeport yg slm ini ingin menang sendiri.
    Bg kami sebaiknya kontrak freeport tdk dperpanjang lg atau dibatalkan sj.
    Klu dipikir2 kita dapat apa sih drnya, selain kjengkelan dan ketidak nyamanan.
    Duit? jg tdk, kcl org trtentu.
    Kestabilan moneter? jg tdk, buktinya, tabungan rakyat dari hari kehari nilainya makin berkurang sj, dulu 9jt=$1000, skrg 12 jt.
    Keamanan? jg tdk, tiap kali kita minta saham lbh drnya, gerakan teroris papua berulah.
    Bubarkan freeport!

  48.  

    Kasihan negeri ini cuma di kasih sampah sama freeport…
    ga sebanding dengan pendapatan si mamarika…

    Bekuken sajaganti aja operatornya , si Antam jg bisa ko….
    jangan mau jadi budak di negeri sendiri

    INDONESIA JAYA

  49.  

    Menurut wangsit, beliau pak jokowi akan mengedepankan cara2 diplomasi untuk masalah freport. Tidak akan mencabut ijin freport dan akan makin erat kerjasama dengan usa, yakinlah tindakan beliau dibimbing tuhan dan itulah yg terbaik untuk kemaslahatan bangsa

 Leave a Reply