Jan 252015
 
PT Freeport Indonesia (KOMPAS/B JOSIE SUSILO HARDIANTO)

PT Freeport Indonesia (KOMPAS/B JOSIE SUSILO HARDIANTO)

Jakarta – Pemerintah dalam hal ini Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dan PT Freeport Indonesia sepakat untuk memperpanjang pembahasan amandemen kontrak hingga enam bulan ke depan.

“Jadi kita membuat rancangan kelanjutan Memorandum of Understanding (MoU) yang akan expired (tanggal) 24 Januari 2015,” kata Direktur Jenderal Mineral dan Batubara (Minerba), Kementerian ESDM, R Suhyar, Jakarta, Jumat (23/1/2015).

Sukhyar menuturkan, pemerintah bersama Freeport akan menyusun poin-poin kesepakatan baru di luar yang lama. Ada fokus-fokus tambahan dalam MoU yang baru ini, salah satunya adalah memperbesar benefit Freeport bagi Papua.

“Pertanyaannya kan kenapa diperpanjang? Satu, yang jelas (MoU) pertama belum selesai. Kedua, kita ingin Freeport membangun Papua,” kata Sukhyar.

Lebih lanjut dia bilang, Freeport bisa membangun industri di Papua, paling gampang adalah membangun indsutri hilir berbasis tembaga. Menurut Sukhyar, opsi ini lebih mudah ketimbang Freeport membangun smelter di Papua.

Pertama, sudah ada pasokan tembaga yang bisa dipasok ke Papua. Kedua, industri hilir tembaga dinilai lebih menjanjikan. “Apa misalnya? Pipa, tembaga aloy, kawat, dan plat-plat baja. Itu lebih promising. Tapi bukan berarti (di Papua) tidak ada potensi membangun smelter copper,” imbuh dia.

Namun, saat dikonfirmasi soal keinginan pemerintah agar Freeport membangun smelter di Papua, Sukhyar tidak menjawab dengan tegas. “Yang jelas, kalau ingin memperlihatkan wujud pemurnian, kalau mau cepat itu di Jawa. Di Papua butuh waktu lama, tapi bukan berarti tidak bisa. Tapi yang cepat (dibangun di Papua) adalah industri hilir berbasis tembaga. Itu lebih promising,” kata Sukhyar. (Kompas.com).

Bagikan Artikel :

  47 Responses to “Pemerintah Perpanjang Pembahasan MoU dengan Freeport”

  1. Hmm nyimak dl

    • Wah pertamax ternyata… akhirnya…

      Kalo nggak bikin smelter mana kita tahu sebenarnya ada kandungan apasaja…

      Gelagatnya batal nih pembangunan smelter di papua…
      Diganti sama pabrik tembaga dan tambahan f16 blok 60 buat gantiin f5…

    • negara kita kaya, tapi bangsa nya banyak yg miskin bagaikan mati di lumbung padi.

  2. Tepat seperti ap yg sy sampaikan braspa hari lalu, hal INI sesuai wangsit guru saya ! Pak jokowi akan makin merapat ke usa , hal INI adalah langkah yg tepat untuk menghadang cina, langkah jitu pak !

  3. berpuluh2 tahun freport di papua juga ga ada efek positifnya buat papua…. usiiiiiir freport dari indonesia!!

  4. MoU pertama harus selesai dalam waktu dekat. Jika belum kelar juga bertele-tele > 6 bulan harap yang ini ditendang juga biar gol sekalian. Ups salah. Biar dikasih kartu merah.

  5. setuju usir aja freport dr nkri.. bikin repot negara aja…

  6. sluman slumun slamet
    ternyata hanya gertak sambal
    izin ekspor tidak jadi dibekukan

    Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2009
    Pasal 102
    “Pemegang IUP dan IUPK wajib meningkatkan nilai tambah sumber daya mineral dan/atau batubara dalam pelaksanaan pertambangan, pengolahan dan pemurnian, serta pemanfaatan mineral dan batubara.”

    • dalam doktrin sniper dikenal istilah environmental sound masking
      untuk menyamarkan posisi, mereka memanfaatkan kegaduhan/kebisingan yang ditimbulkan oleh alam, misalnya hujan deras, suara petir, deru pesawat terbang, dll untuk menyamarkan posisi. saat terjadi kegaduhan/kebisingan mereka akan melepaskan tembakan sehingga posisinya akan sulit dilacak karena suara tembakan tertutup kebisingan.

      saat terjadi kegaduhan antara KPK dan POLRI, Freeport melepaskan tembakan 😀

      • Pemikiran yang jitu dari anda bung.. se7

      • sangat jelas, kekisruhan di negeri ini adalah bagian dari skenario asu dan para anteknya,,saya kira RI tidak akan pernah menjadi kuat, untuk 10 atau 20 thn yg akan datang, penguasa freeport menguasai militer asu sedangkan militer asu mengusai departemen pemerintahan, freeport akan melakukan segala cara untuk tetap memuluskan bisnisnya,,kalaupun pemerintah sekarang berani menentang freeport maka nasibnya akan sama seperti zaman bung karno,,,

      • MANTAP BROOOO, mantan taipur yah,….mengintai di balik lumpur” kekekekek

    • kita tunggu solusi dari Bung Danu

  7. ” Kedua,, kita ingin Freepeort m e m b a n g u n Papua.” kata Syukhar.
    miris bener komennya,, harusnya kan anak bangsa yg membangun bangsanya sendiri…. atau mgkin saya yg gagal paham sama komen beliau ya,, entahlah.

  8. Sakit hati ini rasanya

  9. ko jadi kita yang ngalah? kalau lewat tenggang waktu udah cabut aja ijin export nya sesuai aturan.. ngapain di perpanjang lagi Mou nya.. hadeuuuhh..

  10. Tidak apa-apa bangun smelter di jawa, yang penting itu ada di Indonesia…!!

  11. Janji janji tinggal janji.. 😉

  12. Toh pemimpin2 negara ini yg terdahulu sudah bisa merasakan pengaruh ASU saat memimpin negara ini, Sapa pemimpin negara ini yg terdahulu yg gak dipengaruhi oleh ASU, apa ya bisa langsung ekstrem berubah haluan menantang mereka, butuh pemimpin yg cerdas utk lepas dri bayang2 ASU sekedar berani saja tidak cukup krn di sini sendiri banyak pihak yg masih butuh backup dri ASU

  13. Mestinya pak jkw semprit dulu/ hentikan dulu kalo perlu gunakan jurus keluarkan kartu pintar/sehat he.he. jadi ngelantur… kalo freeport tidak mau bangun smelter

  14. Pemimpin n pemangku amanah rakyat di negri ini gk bakalan berani nolak keinginan asu….. . Mental tempe . .

  15. Yang jelas tdk ada yg musti disalahkan..

    Sy pernah berbincang dngn dosen geologi waktu sy ke gunung padang dan membahas pt preport yg hasil kekayaan alam nya mengakir ke US .

    Dia menjawab . Kang ini murni kesalahan pada zaman sy . Orang2 pada zaman saya
    dulu ketika pd zaman bapa orng2 kita belum tau hasil kekayaan geologi yg berapa d freport itu apa. Yg kita hanya tau adalah tembaga.

    Setelah kita pintar. Kita tau bahwa kekayaan alam frefort itu mengandung emas . Uranium dan tembaga.

    Al hasil semakin taun kita buat perjanjian2 baru setelah kita tau kekayaan freport itu apa.

    Nah kedepan tergantung pada zaman kalian . Bagai mana pemerintahan dan ahli2 pada zaman kalian membuat regulasi tentang freport.

    Begitulah perbincangan sy dengan salah satu dosen geologi di Universitas Padjadjaran UNPAD BANDUNG.

  16. http://www.hukumonline.com/berita/baca/lt54c23cd6470ea/renegosiasi-belum-tercapai–pemerintah-perpanjang-mou-dengan-freeport

    kurang asem para pejabat negeri ini, selama ini qta bagi hasil dg fripot 40%, yg digembar-gemborkan royalti 1%, sedangkan pengolahan bahan mentah di luar negeri, sehingga qta tdk pernah tahu pasti berapa bahan mentah yg di olah di sana, untung bpk besar mewajibkan bahan mentah wajib di olah di sini, sehingga nantinya dapat diketahui berapa besar dosa dan kesalahan para maling2 nirrojim, prett cuih

  17. Numpang nyimak

  18. Kata mbah bowo:perang itu gak enak dek

  19. Izin nyimak ,cari wawasan

  20. Alhamdulillah freeport nggak diusir jadi aman nkri, yang penting rakyat bisa makan tidur nyenyak kerja aman bisa beli rumah bagus mobil bagus bisa poligami hehehe sipdah aku dukung freeport jangan sampe ngadu sama om bama yang macem macem ya karena saya masih pengen hidup enak jangan sampe disini dibuat kayak iraq, suriah, Ukraina, Afganistan hiiiii amit amit dah mau emas habis nggak papalah sing penting aman saya pun nggak butuh emas kok yang penting jangan ngelawan us bahaya russia aja ko apalagi kita?

  21. SEPERTI YG SUDAH SAYA KATAKAN
    SETIAP ARTIKEL UJUNG UJUNGNYA MENGHUJAT PDI,JOKOWI,USA DLL.
    PADA SOK SUCI,SOK BENAR.
    CARA MENGUCAPKAN LAFAZD/ KATA KATA MAKIAN DAN HUJATAN BEGITU FASIH,,IBARAT SANTRI PONDOK PESANTREN DAH QATTAM QUR’AN BERKALI KALI

  22. Emangnye nih negara dah merdeka..??? Blm ..!! Tau g sich loch..!! Selamat freeport.!! Selamat menjajah kembali.. Back to.SR…

    …NKRI HARGA MATI…( mudah”an bukan slogan doank,sebab negara dijual sedikit demi sedikit).

  23. thn 2009 itu uda ada perjanjian ma frefort sm sby .. harus bangun smelter dlm 5 thn .. jth tempo 2014 january tu blom di bikin mlh pmrth ngeluarkan pp izin export .. smelter ttp gak ada ..
    klu sekarang kontrak belum di setujui sampai pihak frefort memenuhi 6 syarat ..4 uda di penuhi tinggal 2 yaitu smelter dn pembagian 30 % klu gak bisa penuhi ke kartu merah ..jd sekarang izin export 6 tuk memenuhi anggaran pembangunan smelter yg mencapai 2/3 my dolar ..

  24. Ralat = 60 % bagi hasil bukan 30 % .. mf mf mf klu pmrth kemaren 40 % .. , nah klu gak bs penuhi siap pulkam

  25. Memakmurkan Irian? Dari tahun 68 irian gitu-gitu aja…konflik, jalan rusak dan pembangunan tidak merata…apanya yg membangun, membangun demi kelancaran distribusi, YA! tapi membangun kesejahteraan, TIDAK!

  26. dasar penjual negara
    ga ada nasinalisme

  27. maaf koreksi dikit om, yg di tandatangani menteri ESDM kemarin adalah perpanjangan MOU export mineral mentah, memperpanjang izin export mineral mentah seperti yg di lakukan pemerintahan pak SBY enam bulan yg lalu, tp dlm MOU kali ini ada tambahan kewajiban yg hrs di penuhi freeport untuk membangun industri hilir di papua sebelum freeport membangun smelter yg rencananya di bangun di gresik bekerjasama dg petro kimia gresik. jd yg di tanda tangani bukan perpanjangan kontrak karya om krn perpanjangan kontrak karya br akn di ajukan 2019, atau dua tahun sebelum habis masa kontrak yg lama. kalau baca berita fahami dg telitidan benar biar gak salah tafsir om, dan satu lg mengelola indonesia yg rakyatnya belum sedewasa org2 barat cara berfikirnya gak semudah yg anda omongkan.

  28. yg di maksud freeport membangun papua oleh pak suhyar itu ”agar freeport bercontribusi ke pemerintah setempat dlm membangun papua, bukan menyerahkan papua ke freeport” yakinlah presiden jokowi jauh lebih pintar dari kita2 yg ada di sini, mari kita kawal pemerintahan ini dg kritik yg membangun kalau kita mengaku cinta NKRI, jangan cuma menghujat. NKRI hrs di jaga dan jangan mudah di adu oleh pihak2 yg ingin melemahkan indonesia.

  29. Gak menghujat joko cs, tapi kenyataan memang jadi antek ASU, bilang apa lagi?

  30. ahh kayak ga tau aja,bukanya semenjak dari sebelum pemilu penggiringan opininya adalah pemerintah vs barisan hijau.

    mungkin si penggiring lg mikir,siapa tahu umpan lambung,termakan oleh pemerintah senyampang pak prof intel,pak as’ad n kang luhut lg di lingkaran

    klo itu tercapai kan bisa napak tilas orba Lama

    paling orangnya juga barisan itu itu saja,maka klop kalo di kaitkan dengan ulasan @extrada diatas

  31. me-NASIONALISASIKAN Freeport itu butuh banyak duit hoooo,,,,, makanya REFOLUSI MENTAL dulu,,,,, hidup REFOLUSI MENTAL,,,,,tau gak kalian artinya REFOLUSI MENTAL?

  32. Bung Diego ijin shere PT SMELTING GRESIK
    PT Smelting didirikan pada Februari 1996 sebagai peleburan tembaga pertama dan kilang di Desa Manyar-Tlogopojok, Gresik, Jawa timur, Indonesia.
    dengan sekitar US $ 500 juta untuk biaya konstruksi langsung. Pabrik ini awalnya dirancang untuk menghasilkan 200.000 ton per tahun dari “LME =London Metal Exchange – Grade A” katoda tembaga dari 660.000 ton per tahun konsentrat tembaga yang disediakan oleh perusahaan tambang dalam negeri. Saat ini tingkat produksi katoda tembaga telah diperluas untuk lebih dari 300.000 TPY=Tons Per Year, dengan prioritas itu dijual untuk pasar Indonesia dan sisanya diekspor ke pasar Asia. Untuk produk asam sulfat, granular slag dan gipsum yang dikirim ke pasar lokal, dan anoda slime dan tembaga-copper telluride yang diekspor ke pasar internasion

    PT. Smelting menerapkan teknologi Mitsubishi untuk proses peleburan tembaga. The Mitsubishi proses peleburan tembaga terus menerus dan mengubah teknologi menggunakan tiga tungku. Ketiga tungku terkait dengan launders tertutup, di mana semua bahan cair terus ditransfer oleh gravitasi.

    Tembaga konsentrat (Cu: 30%, S: 30%, Fe: 25%, Gangue mineral 15%) dimasukkan melalui tombak pipa dengan oksigen diperkaya udara ke dalam tungku peleburan kemudian teroksidasi dan meleleh dengan reaksi eksotermis untuk membentuk campuran cair dari matte (Cu: 68%) dan slag. Matte dipisahkan dari slag dengan perbedaan berat jenis dalam tungku pembersih terak. Matte yang lebih teroksidasi untuk membentuk tembaga blister (Cu: 98,5%) dalam tungku mengkonversi.

    Dua kilometer jetty dan 230 meter dermaga dirancang untuk menangani 35.000 ton kapal dengan kapasitas muat normal 350 ton / jam.
    Dermaga dapat juga digunakan untuk terak pemuatan ke kapal oleh belt conveyor reversibel.

  33. Tinggal pilih aja 2 opsi :
    1. Papua lepas dari Indonesia(proxy war) kalo ngotot..mau nasionalisasi…..atau
    2. tetap di Indonesia dgn kepemilikan Freeport secara bertahap…plus investasi..

    Mau contoh…skr logis g harga minyak skr..dari 100 USD ke 40’an USD..ini kan utk gebuk negara Iran…Rusia…dan Venezuela…

    Amrik ama Saudi plus negara teluk..punya skenario politik. soal harga minyak .

    Percayalah ini dasar aslinya…g usah ribet…

  34. INI adalah langkah yg jitu, kita perlu aliansi dengan USA untuk menghadang cina ! Dan juga untuk transfer teknologi kfx jet , Tanpa restu USA gk mungkin Korea mau berbagi ! Kami akan selalu mendukungmu pak , sampai titik darah penghabisan kebenqran akan kami bela !!! Lanjutkan pak ini untuk kebaikan bangsa !

  35. Nih baca yg belum baca

 Leave a Reply