Jun 282014
 
Kepulauan Natuna, Indonesia

Kepulauan Natuna, Indonesia

Jakarta – Wakil Duta Besar Tiongkok untuk RI, Liu Hongyang, menegaskan kembali, bahwa antara Indonesia dan negaranya tidak ada masalah sengketa Pulau Natuna. Pulau yang terletak dekat Riau itu, ujar Liu, memang milik Indonesia.

Demikian ungkap Liu yang ditemui di Universitas Al-Azhar Indonesia (UAI), pada Kamis, 26 Juni 2014. Menurut Liu, hal tersebut telah dijelaskan oleh Pemerintah Tiongkok kepada Indonesia.

“Telah ada kesepakatan antara Menteri Luar Negeri Ali Alatas dengan Menlu Qian Qichen bahwa Natuna memang milik Indonesia. Sementara RI mendukung kedaulatan di Pulau Nansha,” kata dia.

Penjelasan, imbuh Liu, bahkan telah disampaikan secara rinci ke Pemerintah RI.

Tiongkok mengklaim 90 persen wilayah perbatasan Laut Tiongkok Selatan seluas 3,6 juta kilometer persegi. Klaim Tiongkok itu dikenal dengan batas sembilan garis putus-putus (nine dash lines).

Nine dotted line of China

Nine dotted line of China

Laman china.org.cn, melansir klaim itu didasari peta kuno armada Laut Tiongkok pada abad kedua sebelum masehi. Isinya mengklaim Tiongkok sebagai penemu Kepulauan Nansha (Spratly).

Peta dikeluarkan Kementrian pendidikan sekolah dasar RRC pada tahun 1938

Peta dikeluarkan Kementrian pendidikan sekolah dasar RRC pada tahun 1938

Walau Indonesia tidak masuk ke dalam kategori negara pengklaim dalam sengketa Laut Tiongkok Selatan, klaim teritori itu tumpang tindih setidaknya dengan sebagian wilayah perairan timur laut Kepulauan Natuna, Provinsi Riau. Di perairan tersebut, setidaknya ada tiga blok eksplorasi minyak dan gas bumi milik Indonesia.

Menurut pakar hukum laut internasional, Hasjim Djalal, Indonesia telah dua kali berupaya menanyakan hal tersebut kepada Tiongkok secara resmi. Pertama, tahun 1994 silam dengan mengirim utusan diplomatik resmi. Namun, saat itu tidak ada jawaban.

Upaya kedua, dilakukan tahun 1995, ketika Menlu Ali Alatas berkunjung ke Beijing. Saat itu pertanyaan Ali dijawab Menlu Qian, bahwa Tiongkok tidak punya masalah dengan Indonesia.

Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa pun telah mengajukan keberatan soal nine dash lines tersebut ke PBB tahun 2010 silam. (VIVAnews).

  76 Responses to “Pemerintah Tiongkok soal Natuna”

  1. Pertamax

    • walah bung java baru kelihatan
      pa kabar bung

    • Asalamualaikum,wr,wb..Alhamdulillah klw pihak Negri JIN mengakui wilayah Natuna atas Negri YU,tpi kan trkadang ucapan lisan zaman skrang suka melenceng klw gak ada hitam d atas putih tuh Bung..apakah sudah ada kabar dri PBB / Negri JIN scra tertulis ? mohon pencerahannya..

    • perlu diperhatikan ketika dia berbicara pulau natuna, bukan laut natuna….hati2…

      • mengklaim 90% LCS sebagai wilayah mereka adalah ketamakan luar biasa. saya termasuk yang tidak percaya dengan statement RRC bahwa mereka menghormati kedaulatan Indonesia. kenapa mereka tidak melakukan hal serupa terhadap wilayah Vietnam, Filipina, dan Malaysia di LCS?

        mereka memang sengaja mengulur waktu dengan tidak memberikan ketegasan tentang posisinya di LCS. taktik mengulur waktu sambil memperkuat armadanya di LCS untuk melakukan effective occupation. terbukti dengan sumberdaya matra laut yang sekarang melimpah mereka bercokol di banyak pulau/atol dan negara-negara ASEAN yang terlambat menyadari hal tersebut tidak bisa berbuat banyak.

        taruhlah RRC benar-benar menghormati kedaulatan indonesia bahkan sama sekali tidak mengutak-atik ZEE Indonesia. tetap saja Indonesia harus bersikap dan berpendapat bahwa cara-cara klaim ala RRC di LCS tidak bisa dibenarkan. Indonesia tidak boleh menjadi bangsa oportunistik. hanya karena wilayah teritorialnya aman lantas menutup mata terhadap berbagai manuver RRC yang sangat-sangat merugikan kepentingan ASEAN dan menyalahi adab hubungan internasional.

        jika sampai terjadi 90% wilayah LCS dikuasai RRC maka semua negara ASEAN akan kerepotan termasuk Indonesia. bisa dipastikan RRC akan menerapkan ADIZ secara sepihak seperti yang merekan lakukan di Laut Kuning. selain itu, penguasaan LCS akan membuat RRC tepat berada di jantung ASEAN. mereka akan mempunya pijakan yang sangat strategis untuk melakukan ofensif ke seluruh wilayah Asia Tenggara.

        .

        • Betul menurut bung Xtrada…Kalau itu sampai terjadi Indonesia akan kerepotan mengahadapi si Cina. Apakah kita harus beraliansi dengan ASU menghadapi si SIPIT ini? Itu sama saja keluar dari mulut BUHAYA masuk ke mulut SINGHA…
          #komenoranggakngertimasalah.com#

  2. Izin nyimak…..!!!!

  3. Pertama

  4. 10 besar…nunggu sahur!?

  5. 5 gede

  6. Gambleh jebule nomer papat…
    Ya wis di lanjut tek ma’mum bae ya…

  7. Tidak pernah ada kawan atau lawan yang abadi..yang ada hanya kepentingan yang abadi. jadi kita harus cermat memahami manuver Tiongkok saat ini. NKRI Strong!

  8. 10 besar

    • semua negara membutuhkan sumber energi yang sangat besar untuk kelangsungan negara masing2,so indonesia harus lihai melihat perkembangan kepentingan energi negara2 dunia.

  9. 10 besar

  10. hadir

  11. kalo berdasarkan peta kuno jaman kerajaan Samudra Pasai, Sriwijaya, Majapahit dll, maka saat ini kita jg berhak klaim wilayah negara lain … hehehe

  12. Ok ini sih sama kayak Israel; asal claim.

  13. Saur…saur..saur…

  14. Kejelasan status kep. Natuna , Harus d pertegas . Baik secara diplomasi dengan negara terkait dan juga dengan pembangunan di natuna, penguatan militer yg sedang berjalan d kepulaun natuna juga wajib d teruskan baik AL ,AD,dan AU. NKRI harga mati !!! Salam warjag

  15. segera garap dan ekplorasi kandungan minyak dan gas didaerah tsb agar jelas bahwa itu bagian wilayah NKRI. tunjukkan pd dunia bahwa kita bisa dan sanggup menjaga dan mempertahankan keutuhan wilayah kita.

  16. Betul @Taufik Cooy..Tiongkok berpandangn Indonesia jgn terlibat & trbwa dlm konflik LCS,karena Jk Indonesia ikut mka Perang pasti berkepanjangan & hal ini yg tdk diinginkan Tiongkok Selain itu TNI Kita termasuk termasuk lawan yg paling siap Menghadapi ancaman & gangguan dr luar serta didukung Rakyatnya yg terkenal Militan dibanding antara Negara2 Asean alias Lawan Sepadan..Sifat kehati2an Tiongkok dlm mengenal lawan or musuh bs kita liat dr segi ekonomi dlm suatu negara..Nmun perlu jg kita cermati dg seksama,Apbila Perang Lcs dimenangkan TIongkok bukan tidak mustahil Negara Kita jd target selanjutnya..Nah maka dr itu saya sngat mndukung Indonesia Mandiri dlm BerAlutsista karena kita Negara yg berada ditengah2 konflik serta terkepung oleh pangkalan2 militer disekitar kita…Maju & Jayalah Negeriku Indonesia…Mf cm pndpt Org Prbtsn sekiranya klo da clh & koreksi mhn beribu mf yg sebesar2nya…Wassalam

  17. tiongkok tahu siapa INDONESIA dlu nd skrang..tiongkok jg tahu siapa dblakang INDONESIA..tiongkok tahu rakyat INDONESIA itu seperti apa nd tiongkok jg tahu INDONESIA kedepan bkal seperti ap !!!!
    Tiongkok sngat menghormati nd menghargai INDONESIA krn faktor sejarah nd hegemoni perjuangan bangsa INDONESIA untuk seperti sekarang nd tiongkok jg tahu klo INDONESIA = RUSIA …
    Salam buat warjag nd para sesepuh dsni..

  18. adakah yg pernah lihat peta asli kerajaan nusantara jaman keemasan ?(penasaran mode)

  19. setuju bung arul,….NKRI harga mati..

  20. setuju bung arul,….NKRI harga mati.

  21. Untuk saat ini china blm tlalu tbuka soal perairan natuna karena situasi belum memungkinkan,tp harus di ingat, itu nine dot line ga kan berkurang satu titikpun..ketika situasinya dah memungkinkan,bukan mustahil akan muncul ketegasan dari china soal klaim perairan natuna..china tentu berhitung jika harus bhadapan lnsg dgn beberapa negara yg didalamnya ada indonesia..akan lebih menguntungkan buat china jika situasinya hanya bhadapan dgn indonesia sendirian,setelah urusan klaim pulau spratly dgn beberapa negara selesai.

  22. Selamat santap sahur, makan seadanya yg penting berkah. He he he he he he

  23. China gak mau berspekulasi dengan bikin gara gara yang bisa mempengaruhi hubungan bilateral kedua negara,.
    Lihat sejarahnya sejak Gestapu hub diplomatik kedua negara dibekukan ,dan baru dibuka kembali pada tahun 1990, bayangkan 25 tahun gak bisa merapat ke Indonesia,,.
    Sedangkan indonesia adalah pasar bagi mereka dan nilai geostrategisnya sangat penting bagi China,,

    Kalau ada Presiden yang pro barat Kotok (kolot dan membabi buta) dan mulai menendang china dalam hubungan strategis bilateralnya,, maka bisa saja hubungan diplomatik dipermainkan..
    Dan ini tidak disukai oleh china dan mereka berkepentingan siapa calon presiden yang berkuasa di indonesia, yang kotok ke barat ,atau pro ke Timur ,atau yang sedang sedang saja ?? seperti kondisi sekarang ini …IMho..hehehehehe

    • Hmm selama ini yg saya lihat RI ya masih suka bermain mata dengan tiongkok maupun timur dibelakang AS. Salah satu contohnya diam diam joint exercise dengan tiongkok-rusia kemarin toh. Tetapi tetap RI menjaga hubungan mesra dengan AS karena dua2 nya pun masih punya kepentingan2 baik politik, ekonomi, pendidikan. Saya sih maaih agak yakin sepanas2nya LCS, RI akan selalu mencari win win solution dari kedua blok. Anyways saya maaih sangat berharap menlu kita jangan diganti, Bapak Marty was doing a great job so far.
      Selamat santap sahur dengam keluarga, salam hangat

      • tergantung siapa Presiden nya dan bagaimana menyikapi politik luar negeri Indonesia ..bung Papa..
        Didebat capres kemarin ,,saya kok gak yakin ada yang gak ngerti tentang klaim nine dash line,,LCS…?? sangat aneh kalau gak ngerti,,
        Maka dari itu saya akhirnya berkesimpulan bahwa bukan nya tidak ngerti ,,,
        tetapi….
        wis teruskan sendiri menurut keyakinan masing masing
        hehehehe
        pamit untuk sahur dulu
        over and out

        • Siapapun presidennya tetap dibatasi konstitusi jd tidak bisa tiba2 jauh melenceng atau merubah haluan seenak nya saja. Hmm soal debat capres kemarin yg saya lihat dua2nya masih menahan diri, karena tidak berani berspekulasi..jadi ya benar juga yg anda bilang tidak mungkin juga mereka tidak mengerti sama sekali. Hal terbaik bagi indonesia menurut saya jika memang ingin “mencelupkan tangannya” dalam konflik hanya sebatas pihak penengah atau sebagai mediasi pihak2 yg berkonflik. Kalau tidak mau tangannya basah ya lebih baik diam dan melihat saja kita benahin urusan dalam negeri dahulu.
          Okeh deh selamat sahur bung Satrio.

        • Maaf ikut nimbrung bung satrio dan bung papa… sy jg sependapat pernyataan bung satrio, tdk mungkin para capres kita tdk paham dgn kondisi LCS. Cuma masalahnya apa yg didapat dan apa yg ditawarkan sesuai dgn konsekwensinya atau tidak, karena terbukti serenggang2 nya hubungan kita dan tiongkok tetap tidak pernah lepas dr sejarah masa lalu… selamat saur bung satrio dan bung papa

          • Mangga atuh bung bung Rafly, wah sudah subuh dsini. Salam hangat untuk anda dan keluarga disana.

        • saya ngerti mksd ny bung satrio hihihi,….

    • tiongkok bukan nya nggga brani bung,, gampng saja bagi tiongkok untuk menaklukan asean seluruh asean,,

      tetapi yang mereka khawatirkan jikalau mereka sudah menang, as akan memnfaatkan kesemptan tu untuk menyerang mereka saat mereka lelah berperang engan asean.. kemenangan yang mereka usahakn akan sia2,,

      ckckck bgtulah kra2 menurut penerawangan aneh bn ajaeb saat lapr puasa ๐Ÿ˜›

  24. Setubuh @Bung Satrio..Indonesia ibarat Anak Nakal yg susah diatur trkdg menurut trkdg membangkang jd hrs pintar2 aja bgmna mnyikafi Anak Nakal itu sndiri…he..he.. Mf agak kolot mhn dikoreksi..Slm Bt Bung Satrio Met Sahur nie…

  25. Sepertinya para capres sedang bertarung di pilpres musti meluangkan waktu barang sebentar untuk mendengarkan pendapat para ahli strategi pertahanan dan hubungan internasional di warung ini….itulah kelebihan lapaknya bung diego…

  26. Yang pasti kalau bung pitik sahurnya ma daging ayam bung papa augusta,hehe…

  27. Setuju dengan temen2. Cuma perlu teman2 ketahui bahwa kami yg berada di natuna tak perlu diragukan lagi jiwa patriotismenya. Perlu kawan2 ketahui bahwa tahun 60an, mata yang yang berlaku di natuna adalah dolar, sangat makmur. Kemudian ditetapkan oleh pemerintah pakai rupiah, kemakmuran anjlok. Apakah terdengar masyarakat natuna protes? Tidak Ada. Bahkan ketika bagi hasil migas kami di bagi tidak seperti aceh Dan Papua pun kami tak masalah. Keinginan kami adalah bagaimana kami bisa mencari ikan dibatas laut teritorial dengan aman. Bahkan kalau perlu ke ZEE. Jadi kawan2 tak perlu kawatir dengan natuna. Sampai kapanpun natuna tetap NKRI.

  28. Garis putus-putus yg tadinya sembilan jadi sepuluh itu sudah jauh masuk ke ZEE kita. Ini yg perlu kita pertahankan jangan kaya dulu pemerintah karena 0 enemy 1000 friends pura2 tdak tahu, kapal Bakamla kita di-kuyo2 Coast Guard-nya China.

    • Betul bung Antonov, kejadian seperti itu harus di tidaklanjuti,, jgn diam saja,, hadirkan kapur Dan kasel di perbatasan laut Natuna, jangan sampai kejadian serupa terulang kembali,, dengan begitu Kita akan tahu klaim 9 garis putus-putus itu sampai di mana.. maaf cuma pendapat tukang Batik. Salam kenal buat bung Antonov, salam hangat buat anda sekeluarga.

  29. hehe menurut penerawangan aneh saya,

    jka no 1 yang terplh hub antara indonesia sm tiongkok akan menjadi dingin dan tdk semesra skrg,,
    karena indonesia akan berusaha mencelupkan badanya di dalam pusaran atas nama solidaritas asean dan karena takut jika china menang di lcs dan akan mencaplok wilayah RI
    jelas hal ini yang di tunggu tunggu oleh barat sm sekutu sekutunya,, mereka psti cm akan duduk mnis mlhat asean vs tiongkok berperang,, sambil mengambl mnfaat menjual alat perang mereka,, kemudian akan menyerang saat salah satu pihak melemh..

    jika nomor 2 yang rterplh kemungknan besar tak akan turut campur ke pusaran konflk dengan lcs
    china akan dengan senang hati menyambut karena tanpa indonesia asean akan kehilangan salah satu tangan,, yang berarti melawan org cacat atau aliansi yang tidak sempurna.. kemungknan china menang lebh besar,, tapi setelah itu negara2 asean psti akan bersinggungan dengan kita,, terus pengaruh indonesia di asean akan memudar karena indonesia di anggap tidak dpt melindungi asean dr claim china,,
    trus kemungkinan indonesia akan terlbat perang engan salah satu atau 2 negara asean,, nah di situ china memegang peranan penting menyerang indonesia saat kita dalam keadaan lemh se habis perang dengan salah satu anggota asean,, russia tak akan turut campur mengingat hubunganya dengan china juga sm sepert infonesa

    to be contenue

  30. tiongkok bukan nya nggga brani bung,, gampng saja bagi tiongkok untuk menaklukan asean seluruh asean,,

    tetapi yang mereka khawatirkan jikalau mereka sudah menang, as akan memnfaatkan kesemptan tu untuk menyerang mereka saat mereka lelah berperang engan asean.. kemenangan yang mereka usahakn akan sia2,,

    ckckck

  31. Yuup Benar @bung Antonov..Jgn remehkn ZEE Natuna kita..Siapkn & Perkuat Natuna sbgai Pangkalan Militer prbtsn kita sesuai clue Bung Nara Natuna….Pearl Harlbournya Kita…

  32. Laut zee natuna adalah bom waktu menunggu tepat saatnya diledakkan.mulai sekarang kita harus memiliki pemimpin yg tegas dan pro ekonomi kerakyatan.lakukan pemerataan pembangunan.agar rakyat nkri tdk ggampang dihasut.

  33. Ingat bung ini kasus lcs domainnya mbah wo jangan melupakan atau tidak mendengarkan ulasan dari si mbah…monggo di tunggu komennya mbah, aq kangen komenmu

  34. Jika Presiden terpilih tidak memiliki kapasitas dan kapabilitas seperti Pak SBY maka kabinetnya harus anegara orang2 seperti pak Marty, pak purnomo, Pak safrie, pak Dahlan, sehingga mampu memberi masukan dan pertimbangan. Dan lebih penting lagi DPR harus menjadi lembaga tinggi negara yang memang bekerja untuk bangsa dan negara melepaskan diri dari kepentingan partai atau golongannya. Sehingga bila eksekutif berjalan keluar dari rel maka tugas legislatif untuk meluruskan sesuai amanah undang-undang. Dan yang pasti dan terus dilakukan yaitu TNI tetap dikuatkan baik kuantitas maupun kualitasnya, niscaya tak ada satupun musuh negara baik dari dalam maupun luar negara yang berani merongrong keutuhan NKRI. Salam NKRI!

  35. China tahu benar karakter bangsa Indonesia yang rela makan apa saja termasuk singkong & daun pakis demi tegaknya kedaulatan & harga diri. Dan hanya Indonesia yang merdeka tanpa hadiah dan bantuan negara barat. Sejarah mencatat bahwa manunggalnya TNI & rakyat tidak akan ada lawan yang berani hanya dibutuhkan ketegasan presiden dan legislatif

  36. katanya indonesia kawan baik dgn china dan punya sejarah panjang dr jaman bung karno,jd ngapain khawatir mereka nyaplok wilayah kita..atas dasar itu ya jd nggak mungkinlah china tega ngambil wilayah kita,indonesia kan sahabat kentalnya..he he

  37. Siap2 buka puasa hari pertama (ikut pemerintah)…utk surabaya jam 17.26. menu sego pecel khas madiun lauk rempeyek, kalo lauk ayam sdh mblenger…tiap hari pegang ayam. xixixi. salam kenal utk Bung @ Guns….salam sejahtera.

  38. ralat, bukan Provinsi Riau, tetapi provinsi Kepulauan Riau, mksh

 Leave a Reply