Aug 092016
 

Jenderal senior NATO, Denis Mercier mengatakan para pemimpin Barat terlalu lambat dalam mengambil keputusan untuk melawan Rusia.

Mercier merupakan Kepala Komando Sekutu untuk Transformasi (ACT), salah satu dari dua posisi militer di NATO. Keluhan jenderal NATO ini muncul setelah Moskow ditawari untuk kembali ke meja perundingan sebagai upaya untuk meredakan ketegangan. ”Ini salah satu pelajaran dari Ukraina.

Tanggap cepat bergantung pada dua poin. Di sisi militer itu bergantung pada kemampuan untuk beroperasi dengan sangat cepat.

Tetapi (di sisi lain) juga bergantung pada respon dalam keputusan politik,” ujar Jenderal Mercier, sebagaimana dilansir Financial Times, Senin (8/8/2016). Dia mengeluh karena kepala negara-negara NATO gagal untuk bertindak secepat pasukan militer.

”Kita dapat memiliki kekuatan siap untuk disebarkan dalam 24 jam, tetapi mereka hanya akan melakukannya jika (Dewan Atlantik Utara) memberi mereka perintah,” ujarnya.

Dewan Atlantik Utara (NAC) adalah badan politik NATO yang bertugas membuat keputusan tentang pengerahan pasukan, dan setiap usulan harus diambil dengan suara bulat. Hubungan antara Rusia dan NATO telah memanas reunifikasi Crimea dengan Rusia dan pecahnya krisis Ukraina pada 2014.

Meskipun Rusia berulang kali membantah terlibat dalam konflik di Ukraina Timur, NATO tetap menumpuk kekuatan militer besar-besaran di Eropa Timur. Jenderal Mercier juga mengeluh pada kinerja pemimpin negara-negara NATO yang lambat merepons intelijen. ”Pada bulan Februari, menteri-menteri pertahanan NATO disajikan dengan skenario hipotetis insiden di Lithuania, termasuk serangan cyber pada infrastruktur kunci oleh Rusia dari pelabuhan Klaipeda, dan kerusuhan yang dipentaskan oleh agen-agen yang terkait dengan Moskow,” katanya. Dengan data itu, pengambil keputusan politik negara-negara NATO tidak bertindak, sehingga militer NATO tidak bisa berbuat banyak untuk melawan Rusia.

  32 Responses to “Pemimpin Barat Lambat Ambil Keputusan Perang Melawan Rusia”

  1. terus kalo lambat…. apa maunya langsung serang gitu… alamat wW 3 dong… sabarlah…

    • Tergantung mayoritas sudut pandang masing-masing pihak.
      Selama NATO bilang Nuklir = Maut
      dan Rusia bilang Nuklir = Pesta
      dan orang-orang Nyebelin bilang Nuklir = Pelanggaran HAM
      NATO akan mikir-mikir melulu kalau mau perang lawan Rusia

  2. Jadi perang nuklir kah? Atau star wars?

    • star war jilit 2 lah….kan sudah dimulai…
      rusu & china vs usa..tuh pada kirim roket keruang angkasa ke pangkalan rusu dan usa
      dengan muatan amunisi 2 nuklir dan laser….
      bye bye ..pakfa ,f22..dll

  3. kalo perang juga mikir2 apalagi lawan rusia, perang bisa berlarut2 ditambah kondisi ekonomi eropa yang masih belum pulih

  4. Jenderal suruh kita perang
    waktu perang Jenderalnya di belakang
    mengatur strategi perang katanya
    faktanya hanya mau mati belakangan

    • Napoleon gak pernah mimpin pasukannya dari belakang bung
      Sebutin siapa Jenderal sejati yang pernah mimpin pasukannya dari belakang:
      Aleksander, Leonidas, Hanibbal, Attila The Hun, Tamerlane, …

      Apa mereka pernah duduk jongkok di bunker waktu perang ???

  5. Fakta itu kejam Jenderal !!!!

  6. Jenderal songong yg di lawan itu beruang segar bugar…kalau aku jd putin negara ku di serang ribuan nuklir tak luncurkan ke negara penyerang

  7. Lambat atau takut ambil keputusan bung.

  8. Bener jg, sdh brkali2 prajurit trdepan nato bersiap2 utk invasi rusia dgn gerak cepat mrk sampai tersebar ke seluruh perbatasan uni eropa dan rusia. Tp para pemimpin2 barat (nato) dinilai lambat utk menyatakan perang dgn rusia. Mungkin ada niatan rusia utk berunding sesuatu hal, jika perang akan makan banyak korban jiwa dan meteriil, jika perang jgn menggunakan senjata kimia apalagi nuklir dan jika perang jgn sampai menyerang penduduk sipil yg tdk siap dgn peperangan modern. Mungkin hal2 spt itulah yg masih dirundingkan oleh pemimpi 2 kedua belah pihak…tentara2 barat memang sdh tdk sabar utk menyerang rusia, krn hampir setiap ada ketegangan dgn rusia selalu mrk dikirim ke perbatasa , tp stelah berunding mrk dtarik kemnali ke negara masing2, nah hal ini lah mungkin yg membuat para tentara nato bosan dgn kebijakan2 para pemimpin barat (nato).

  9. Kan Jenderal Mercier sudah mengatakan bahwa, “sementara Kita dapat memiliki kekuatan siap untuk disebarkan dalam 24 jam, tetapi mereka hanya akan melakukannya jika (Dewan Atlantik Utara) memberi mereka perintah,”. Maksud pak jendral itu militer NATO siap dalam tempo yg sesingkat-singkatnya untuk disebar melabrak Rusia sementara para pemimpin negara NATO malah asyik berdiskusi, berdebat menimbang dan mencari solusi alternatif lain dalam berurusan dg Rusia. Jadi bola ada ditangan para politisi negara-negara yg tergabung dlm NATO.

  10. NATO punya GURKHA, pasukan pemberani, hebat, rindu perang, ga takut mati dan tidak terkalahkan.

    • Nggedebus…..

      Pasukan Gurkha sdh pernah bertempur melawan arek-arek Suroboyo pd 10 november….
      Selain itu pernah bertempur dg para milisi dan sebagian pasukan khusus Indonesia ketika Dwikora merebut Kalimantan Utara ( serawak)…..

  11. Saatnya eropa borong produk amerika….
    Kapan lagi…
    Mau perang nih…
    Dollar harus tetap diatas.. .
    Jangan biarkan roda berputar..

    • Roda pasti akan berputar
      karena tujuan dibuatnya roda adalah untuk berputar
      tidak ada imperium yang abadi di dunia
      pasti akan terganti
      karena siang bukan untuk selamanya
      dan malam bukan untuk seterusnya

  12. gertak doang, emang berani???? perang sama negara yg punya ribuan rudal jelajah nuklir ?

  13. Kl berani kn udh dr kmren2…
    Hrs ada alasan untung rugi jaman skrg unt memulai perang…
    Mengingat biaya perang yg tdk murah…

  14. kalo nato jadi perang dgn ruski negara nehara muslim akan merdeka ayo dukung perang.!!

  15. gk bakalan perang, saya yakin di belakang nato ada negara-negara anggota nato yg msh pro rusia, (kucing dlm karung) itu kalo perang trjdi sesungguhnya.

  16. Takut pasukan hitam dibilang Rusia..hihihi…seperti dikisahkan dari tetangga sebrang warung.

  17. Takut pasukan hitam dibielakang Rusia..hihihi…seperti dikisahkan dari tetangga sebrang warung

  18. ambil hikmahnya az,bro,..mau perang dingin atau pake acara ledak-ledakan,yang penting rusia ataupun USA and the genk nge-diskon mainan bagusnya plus TOT,,kita jaga rumah saja jgn sampai kecolongan sama Asing,Aseng,Asem.that’s all beibbehh.

  19. rusia tetap strong….wkwkwkw

  20. NATO Mau perang tanpa bantuan jerman dan perancis percuma. Apalagi jerman dan perancis pro rusia. Amerika dan inggris lagi miskin anggaran militer

  21. Russia kelihatan santai2 aja tuch.. Pasti Russia sdh berpikir matang2, jika NATO menyerang.. saya yakin Russia akan mengirim Nuklir nya ke Negara2 Anggota NATO, dan kasel Nuklir yg siaga di pesisir amerika tdk ketinggalan mengirimkan muatannya ke kota2 besar Amerika. Krn jika tdk menggunakan Nuklir, percuma jg meladeni scr konvensional.. malah akan kalah, jd sekalian saja habis-habisan biar tau rasa semua.

  22. Rusia stop pasokan gas ke eropa udah pasti tereak-tereak tuh orang-orang di eropa. Sama halnya seperti ukraina, kalo rusia ngga kasihan ke rakyat di ukraina udah pada mati kedinginan tuh rakyat di ukraina.

    Gak susah kok bikin diam negara-negara anggota nato di sekitar perbatasan rusia. Jadi ngga perlu pake nuklir atau perang juga rusia udah diatas angin.

 Leave a Reply