Nov 152017
 

Dok. Pesawat Nurtanio N219, 16/8/2017. (Foto : : Donny Hidayat – LAPAN)

Tanjung Selor. Jakartagreater.com – Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara berniat membeli pesawat buatan anak negeri N-219 Nurtanio untuk kebutuhan transportasi masyarakat di wilayah perbatasan RI dengan Malaysia.

Gubernur Kaltara Irianto Lambrie di Tanjung Selor, Kalimantan Utara, Senin, 13/11/2017 menyatakan bahwa niatnya membeli pesawat dengan banderol harga Rp80 miliar itu akan segera dikoordinasikan dengan DPRD setempat.

Dia menegaskan, meskipun Pemprov Kaltara selaku pemegang kewenangan tertinggi soal penggunaan anggaran namun tetap dikoordinasikan dengan legislatif selaku mitra kerja dalam pemerintahan.

“Untuk pembelian dan kerja sama pengoperasian pesawat multifungsi (N-219 Nurtanio) itu akan dikoordinasikan dengan DPRD Kaltara terlebih dahulu selaku mitra kerja dalam pemerintahan,” ujarnya.

Selain itu, Gubernur Kaltara juga akan berkonsultasi dengan Menteri Dalam Negeri (Tjahyo Kumolo) terkait rencananya tersebut. Irianto Lambrie mengutarakan, minimal satu unit pesawat jenis ini telah dimiliki Provinsi Kaltara pada 2019.

Irianto Lambrie mengungkapkan, dari segi finasial Pemprov Kaltara mampu membeli pesawat ini hingga dua unit, tetapi menyangkut pembayarannya perlu dikoordinasikan dengan DPRD Kaltara dan Mendagri.

Jika rencana pembelian pesawat N-219 mendapatkan persetujuan dengan DPRD setempat maka penganggarannya dapat dicantumkan dalam APBD 2018.

Keseriusan Pemprov Kaltara untuk memiliki pesawat ini, pihaknya bersama DPRD akan mengunjungi PT Dirgantara Indonesia (DI) mempertanyakan mekanisme pembayarannya.

Irianto Lambrie juga mengharapkan, pembelian pesawat ini melibatkan investor (swasta) dengan sistem “B to B” business to business. (Antara).

  6 Responses to “Pemprov Kaltara Berminat Beli Pesawat Nurtanio”

  1. bagus harus bangga dan gunakan produk bangsa

  2. Cukup murah.. Harusnya tiap pemda bs beli.. Tapi mslhnya tidak tiap pemda butuh krn geografisnya berbeda beda

  3. Good,pemda mn lg nih yg mau beli

  4. Pemda Kaltara layak memiliki pesawat jenis ini. Mengingat jika kunjungan kerja ke daerah2 di kaltara masih banyak kabupaten disana yg blom terhubung lewat darat. Jika Kal Star kembali beroperasi di Kaltara dengan menggunakan pesawat ini, pasti tingkat pemenuhan penumpangnya tinggi dan frekuensi penerbangannya bisa ditingkatkan.
    Makin laris manis N219.

  5. Bisa diprioritaskan untuk daerah daerah yang secara geografis sulit ditempuh dengan darat, seperti pedalaman papua, pedalaman kalimantan. sangat membantu untuk menurunkan ongkos logistik. saya sangat antusias dengan pesawat ini. semiga para pemangku kepentingan juga. senang membayangkan indonesia memiliki transportasi udara murah dari dan menuju ke daerah pedalaman.

  6. Lanjutkan dgn versi Ampibi berguna untuk daerah2 kepulauan yg tdk memiliki akses bandara sebagai pendukung tol udara dan laut yg diwacanakan pemerintah!

 Leave a Reply