Aug 062017
 

Kapal selam KRI Ardadedali – 404 TNI AL di Okpo, Korsel (KBS View)

DSME sedang merampungkan kapal selam kedua pesanan Indonesia di galangan kapal di Okpo, Gyeongsang Selatan, Korea Selatan. Kapal selam kedua ini bernama Ardadedali – 404.

Sebelumnya pada tanggal 2 Agustus 2017, DSME telah menyerahkan pesanan kapal selam pertama Indonesia, KRI Nagapasa-403 type 209/1400.

KRI Ardadedali – 404 TNI AL (KBS View)

Dalam video peluncuran KRI Nagapasa-403, DSME menampilkan sedikit footage KRI Ardadedali – 404, yang juga sedang bersandar di galangan kapal DSME, Okpo, Geoje, Gyeongsang Selatan, Korea Selatan.

Kapal selam Changbogo 209/1400 class ini menggunakan empat mesin diesel MTU 12V 396 dengan empat alternators dan satu motor listrik Siemens 3.7MW. Kapal selam dilengkapi 8 peluncur torpedo diameter 533 mm, yang mampu menembakkan torpedo dan rudal Harpoon UGM-84. Juga dilengkapi persenjataan peluncuran ranjau laut.

Kapal selam KRI Ardadedali – 404 TNI AL (KBS View)

Dengan panjang 61 meter, kapal selam ini mampu mengangkut 40 kru dan mengarungi laut sejauh 8520 km – 10.000 km tanpa isi ulang perbekalan, sekitar bolak-balik Jakarta – Sydney, Australia, atau sekali perjalanan Jakarta ke Ankara, Turki.

Seiring dengan pengerjaan kapal selam Ardadedali-404 di Korea Selatan, pihak TNI ALtelah merampungkan pelatihan para calon awak kapal selam di Koarmatim, Surabaya. Naval Submarine Command Korea Selatan akan melakukan pelatihan pengoperasian kapal selam KRI Ardadedali (404) selama tiga minggu kepada awak kapal selam dari TNI AL sebelum siap diberangkatkan ke Indonesia.

Adapun kapal selam ketiga, KRI Alugoro 405, akan dirakit di PT PAL, Surabaya, Indonesia, sebagai bagian dari transfer of technology.

  28 Responses to “Penampakan Kapal Selam KRI Ardadedali-404”

  1. hehehe..udah liat duluan di kios sebelah…xixi maap ya bung diego…xixi

  2. Joss gandos

  3. nama nama di sematkan di KS RI ..semua di ambil dari nama nama senjata andalan para ksatria dalam tokoh pewayangan mahabarata …karena para ksatria tsb menggunakan senjata tsb di saat kondisi terdesak…..apakah begitu juga maksud dan esensi dr penamaan alutsista Strategis ini ?

    • Alugoro yg masih ada sampai sekarang, nama lengkapnya limpung alugoro. Senjata milik kerajaan Majapahit untuk melindungi nusantara. Pernah disebutkan presiden soekarno saat pidato kampanye dwikora, yg saat itu Indonesia dikroyok beberapa negara dari semua penjuru.

  4. wah no induk nya 404 nih..Not Found senyap dibawah air…wkwkwkwk

  5. Nama panah nya arjuna.. Mantappp

  6. Senjata pamungkas para ksatria pewayangan

  7. eeeeessssssssss……..

  8. seharusnya pembelian dari korsel ini ditambah lagi karna keuntungannya lebih pada kita yaitu dari TOTnya, tidak usah beli dari lain produsen, lanjutken yg ini demi kemandirian kelak, fikirkan jangka panjangnya

  9. Kalau di embargo suku cadangnya itu tidak lebih dari sebuah rongsokan.

  10. Negara ini akan benar benar kuat jika kita menciptakan teknologi pertahanan yang kita produksi sendiri.

  11. tambah lagi

  12. kagak bisa tepat wkt kyknya kang??? spt yg lalu lalu…xixi

  13. Yang bungkusan putih di atasnya ks itu apa ya, kok kelihatannya rahasia banget

  14. Diks sebelumnya ga ada tuh bagian yang ditutup kain putih…. Ada yang tau apa itu?

  15. Kapal selam KRI Nagabanda nya mana.?

  16. Di detik ke-32, disebutkan bahwa Korea Selatan menjadi negara ke-5 di dunia yg mengekspor kapal selam selain Inggris, Rusia, Prancis dan Jerman. Gua rasa, selain kelima negara diatas, ada beberapa lagi negara yg pernah mengekspor kapal selam, yaitu Swedia (ekspor ke Singapura), Belanda (ekspor ke Taiwan) dan Tiongkok (ekspor ke Bangladesh).

  17. tambah lagi dong… 214

  18. La kok cuma merakit doank dapetnya pt pal?
    Harus minim bs buat hull donk.

  19. Itu tabung putih di atas kapal selamnya apa ya??

  20. Saya yakin sdm PT PAL bisa buat kapal selam mandiri selama didukung dana dan fasilitas oleh pemerintah

 Leave a Reply