Mei 042019
 

Cipulir, Jakarta Selatan, Jakartagreater.com   –   TNI Angkatan Laut dalam hal ini Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut (Seskoal) melaksanakan Penandatangan Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan Institut Teknologi Bandung (ITB) pada Jumat 3 Mei 2019 bertempat di Gedung Samadikun Seskoal, Cipulir, Jakarta Selatan.

Perjanjian Kerja Sama antara TNI AL yang diwakili Komandan Seskoal Laksamana Muda TNI Dr. Amarulla Octavian, S.T., M.Sc., D.E.S.D, dengan ITB yang diwakili oleh Rektor ITB Prof. Dr. Kadarsah Suryadi, DEA.

Dalam sambutannya Danseskoal Laksda TNI Dr. Amarulla Octavian, S.T., M.Sc., D.E.S.D, menyampaikan acara penandatangan PKS di bidang pendidikan, pelatihan, penelitian, pengkajian dan pengembangan serta pemanfaatan sarana dan prasarana yang saling menguntungkan dalam rangka pemanfaatan sumber daya antara TNI AL dengan ITB merupakan kehormatan Seskoal mendapatkann kepercayaan sebagai mitra kerjasama Perguruan Tinggi bersama ITB.

“Dengan telah ditandatanganinya Perjanjian Kerja Sama ini dapat meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia dalam hal ini Pasis Seskoal untuk menjadi pimpinan di TNI, TNI AL dan di Pemerintahan,”ujar Danseskoal.

Sementara itu Rektor ITB Prof. Dr. Kadarsah Suryadi, DEA., mengungkapkan rasa kagumnya kepada TNI Angkatan Laut dalam bidang pendidikan. Diharapkan kedepannya, kerjasama ini dapat ditingkatkan dan diperluas lagi sehingga kedua belah pihak dapat saling menguntungkan.

Kerjasama selama 3 tahun ini memiliki ruang lingkup antara lain :

  1. Pengembangan dan penyiapan sarana dan prasarana pendidikan.
  2. Pelatihan penelitian.
  3. Survey/penyelidikan dan pengkajian terkait pertahanan dan keamanan di laut .
  4. Pemanfaatan sarana survey.
  5. Laboratorium dan perpustakaan yang dimiliki Seskoal dan ITB.
  6. Peningkatan kemampuan Sumber Daya Manusia yang dimiliki Seskoal dan ITB.
  7. Pemanfaatan publikasi bersama karya tulis ilmiah dan penertiban jurnal Seskoal dan ITB untuk kepentingan bersama.
  8. Pertukaran informasi dan konsultasi di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi dari ITB, termasuk yang terkait dengan pembuatan dan pengembangan program aplikasi Ocean Prevention System (Octopus), Sistem Transfer dan Manajemen Data Akademik (STRADA) dan Sidik Jari (Fingerprint) kepada Seskoal.
  9. Bantuan tenaga pendidik dalam rangka pertukaran dosen dan pembimbingan tesis.
  10. Pemanfaatan Penelitian bersama.
  11. Kerjasama dalam Program Seat In.

Hadir dalam pelaksanaan Penandatangan PKS , Wakil Direktur Bidang Kemitraan ITB Dr. Firmansyah, S.T., M.T., Ketua Tim Peneliti ITB Dr. Armi Susandi, M.T beserta anggota tim Peneliti ITB dan para Pejabat Utama Seskoal. Acara diakhiri dengan latihan menembak pistol di lapangan tembak Seskoal. (tni.mil.id)