JakartaGreater.com - Forum Militer
Jan 192015
 
image

Kapal selam Kilo 636 Vietnam

Jakarta – Setelah gagal mengamankan kontrak pengadaan kapal selam baru beberapa tahun yang lalu, pemerintah Rusia kembali mendekati pemerintah Indonesia untuk menawarkan kapal selam Kilo Class jenis 636, untuk memperkuat sistem pertahanan maritim negara.

Juru bicara Departemen Pertahanan Kolonel Djundan mengatakan, bahwa pada hari Kamis duta besar Rusia MY Galuzin telah bertemu dengan Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu untuk membahas kemitraan militer dan pertahanan antara kedua negara.

“Rusia siap untuk menyediakan beberapa sistem persenjataan penting, termasuk kapal selam Type 636, jet tempur Sukhoi Su-35 dan helikopter MI-17” kata Djundan kepada The Jakarta Post pada hari Jumat (17/01/2015), menambahkan bahwa Rusia juga siap untuk menyerahkan teknologinya.

KS Amur Rusia (Jakartagreater)

KS Amur Rusia (Jakartagreater)

Dia menolak untuk mengatakan apakah tawaran telah diterima, namun mengatakan kementerian masih bekerja untuk menemukan sistem senjata baru yang terbaik bagi negara.

Kapal selam diketahui sebagai mesin perang yang efektif yang dapat bertindak sebagai pencegah karena kapasitasnya yang bisa beroperasi secara diam-diam.

Kapal selam jenis 636 Rusia ditujukan terutama untuk operasi anti-kapal permukaan dan anti-kapal selam di perairan dangkal. Tipe ini juga tahan terhadap kondisi cuaca.

Negara-negara yang mengoperasikan kapal selam ini termasuk Aljazair, Cina, India, Rumania dan Vietnam.

Indonesia memiliki sejarah panjang dalam mengoperasikan kapal selam Rusia, dari Uni Soviet. Pada tahun 1967, Indonesia mengakuisisi 12 kapal selam Whiskey Class dari negara adidaya tersebut.

“Indonesia telah memiliki kerjasama militer dengan Rusia sejak pemerintahan presiden Rusia sebelumnya. Saya berharap kemitraan militer akan berkembang di masa depan, “kata Ryamizard selama pertemuan.

Kapal selam Kilo Model (foto: jakartagreater.com)

Kapal selam Amur  Model (foto: jakartagreater.com)

Pada tahun 2009, Rusia dan Korea Selatan bersaing untuk memenangkan kontrak pengadaan kapal selam untuk Angkatan Laut Indonesia, dan Korea Selatan akhirnya yang menang.

Indonesia menandatangani kontrak pada tahun 2011 dengan Daewoo Shipbuilding dan Marine Engineering (DSME) dari Korea Selatan untuk membangun tiga kapal selam Chang Bogo Class senilai US $ 1,07 miliar. Dua dibangun di Korea sementara kapal ketiga akan dibangun di fasilitas PT PAL di Surabaya sebagai bagian dari skema transfer teknologi.

Pada 2013, Indonesia mengadakan pembicaraan dengan Rusia untuk pengadaan sejumlah kapal selam kelas kilo-, di bawah kepemimpinan menteri pertahanan Purnomo Yusgiantoro.

Purnomo mengadakan pembicaraan dengan Galuzin untuk membahas pengadaan kapal selam, tapi belum ada kesepakatan yang dibuat.

Angkatan Laut indonesia saat ini mengoperasikan dua kapal selam buatan Jerman, KRI Cakra (401) dan KRI Nenggala (402), yang dibangun pada 1980-an. Kapal selam akan dinonaktifkan pada tahun 2020.

“Indonesia membutuhkan sedikitnya 12 kapal selam untuk mengontrol wilayahnya,” kata KSAL Laksamana. Marsetio pada bulan Desember 2014.

Dalam pertemuan dengan duta besar Rusia, Ryamizard juga menyatakan minatnya dalam pengadaan pesawat amfibi.

Menteri pertahanan mengatakan bahwa pesawat tersebut akan sangat penting untuk melakukan operasi pengawasan di wilayah laut indonesia. “Pesawat ini dapat digunakan untuk penangkapan kapal ikan ilegal dan evakuasi di laut,” katanya.

Dilaporkan sebelumnya bahwa Presiden Joko “Jokowi” Widodo dan Presiden Rusia Vladimir Putin telah bertemu selama pertemuan APEC tahun lalu, dan bahwa keduanya telah sepakat untuk melanjutkan kerjasama mereka dalam pertahanan dan teknologi militer.

Presiden Jokowi juga bertemu direktur jenderal badan senjata Rusia Rosoboronexport dan duta besar Rusia pada 8 Desember 2014. Dalam pertemuan tersebut, Presiden menegaskan bahwa Indonesia tertarik bermitra dengan Rusia pada teknologi militer. (TheJakartaPost.com).

Berbagi

  83 Responses to “Penawaran Baru Kapal Selam Rusia ke Indonesia”

  1.  

    test

  2.  

    Smg di pertimbangkan… Bs minta tot kyak cbogo nih.. Hehee

  3.  

    Menyimak

  4.  

    Tawar tawar trus tapi ga pernah jadi … KASIAN

    •  

      Betul bung,,
      dari dulu slalu ada tawar menawar tapi gagal dalam kesepakatan, kali ini tawaran lebih menarik dan lebih lengkap, bahkan ada tawaran tot juga, jika kali ini gagal juga, berarti para pengambil kebijakan tidak belajar dari kegagalan sebelumnya,,

  5.  

    Mantap…ks rusia.bsa nembak pensil 2b…ujian besar buat mlon.aus.shit….

  6.  

    Rusia..rusiaa..trnyata tabah sampai akhir jugaa..

  7.  

    Lontong balap

  8.  

    Berita yg berulang tanpa eksekusi

  9.  

    Sales yg gigih dan pantang menyerah walaupun kalah sama korea, masa yg ditawarkan kilo lg bosen ? Yg lain donk pa duta besar

  10.  

    mungkin ga ya?
    kayaknya sih …….

  11.  

    kowe ki ngemeng epe !!!!! ga ada dasarrrr baca2 dulu lagi

  12.  

    Kata siapa cuman gaya…cumsn ada udang dibalik penggorengan….siapa tau ks.y udah nonggol dimari…cuman pengalihan saja.perlu di ingat alutista nyang ato ini emang musti silent banget….kalau smbarang sesumbar bsa gak tertib nich kawasan regional…tu pendapat kakak saya nyang nota bene kerja jdi pra jurit atpol pp jakarta bogor…hehe

  13.  

    kita beli jika diijinkan menggunakan misil tipe lacm dan berikut teknologi vls buat ksnya.

  14.  

    capek,lada sama whiskey class yang ada dimodif saja yang penting dapat timbul tenggelem.

  15.  

    kira” goib gak hihihi

  16.  

    ambil yg amurnya bukan kilonya..

  17.  

    jgn tunggu lama” biar ada rasa bangga di hati ini

  18.  

    Kalo Bisa TOT dan Kerja Sama Produksi KS dan rudal2 nya seperti India dengan Rusia boleh-boleh saja, Mumpung kapal selam singaporn yang dibeli dari Jerman seri U216 belum di kirim

  19.  

    Penawaran baru 636 Catet .. di alinea atas disebutkn jg duta besas rusia ketemu dgn pak menhan membahas kemitraan yg sesuai komitmen pak presiden kemitraan yg setara bukan kemitraan kadal dikadalin..hehe
    di atas jg di sebutkan penawaran pendekar langit yaitu su 35 Catet , nu br tulisan kuli tinta , bukan ngaku2 kuli tinja ..kwkwkw

    – ngemeng bung jalo @ [email protected] bikinin artikel kabar tukino dn f 16 b 25 di garami jd rasa ngotot 52 id

  20.  

    saya hanya ingin pemerintah RI dan DPR RI berkaca kepada Vietnam soal perkuatan pertahanan negara, contoh tuh negara begitu konsisten dan tidak setengah-setengah ……… apa tidak malu kita ??

  21.  

    ayo donk pemerintah ambil biar g hanya pencitraan aja. soalnya leopard yg baru datang aja diaku-aku hasil idola oleh para penggemarnya yg entah g tau,pura2 g tau atau g mau tau.

  22.  

    infonya bikin :'(

  23.  

    kangen bung PS, datanglah…

  24.  

    akh CBG juga dah punya VLS,senyap juga, jadi buat apa kilo lagi,yg kurang cmn rudalnya,,kalo nanti kita dah bisa menyerap kapal selam sendiri kita mau buat sebanyak apa pun,segahar apa pun itu tergantung kita.
    CBG strong ! TOT strong!

  25.  

    Dari dulu ga ada yg baru.,slalu sja tanpa kpastian klo soal alutsista.,Goib teruuss.!
    1Kilo Beras = harga 9000rupiah,,
    1Kilo Telur ayam = 20000rupiah,,
    1Kilo minyak gorng = 12000,,
    1KILO CLASS 636 = Harga Goib,,!
    Ndang Tukuen Bos., ojo Kesuen.,!

  26.  

    ###########

  27.  

    RUSIA siap memberikan senjata penting sprti proyek kapal selam 636 dan su35 dan siap MENYERAHKAN.TEGNOLOGINYA,???busyet dah…!!!sampai melongo gw membacanya,,oh my GOD…!!!yg jd bikin dag dig dug serr adalah rusia siap menyerahkan tegnologinya???wow…..!!!!fantastis….!!!!masihkan ini tdk ditindak lanjuti oleh petinggi kita???ayo pak SS please teken kontrak secepatnya,demi kemandirian bangsa dan kedaulatan negara,,kami sebgai rakyat jelata siap dgn resiko apapun,,asalkan negara ini bisa hebat bs bikn pswt sekelas su35,bisa bikin kapal selam sekelas kilo,,kami rakyat jelata siap menyumbang harta benda kami jika memang ini ditindak lanjuti,kami siap jual ayam kami,kami siap jual kambing kami,kami tak peduli walau kami tdk bs makan dengan layak,walau kami tdk.bs beli baju baru walau kami tdk bs beli sepda motor baru,kami.akan.berikan apa yg kami punya demi negara ini,asal benar benar negara ini bisa mandiri,apalagi dengan tegnologi rusia,,.!!!!salam NKRI

    •  

      Kalo mau ToT,jangan nanggung,ambil yang mutakhir sekalian yaitu Amur.Kalau nggak gitu kita tak kan bisa mengejar kesetaraan tehnologi,ujung ujungnya kita bakal tertinggal terus walau ilmunya sudah di trasfer.

    •  

      kl gw gak siap ngasih harta gw utk negara cm utk beli pesawat sm kapal selem tau knp? uda jelas sih pasti diembat sm pejabatnya2. beli pesawat umpama harga sejuta bilangnya 5jt kan kerok.

  28.  

    Ks kilo tidak boleh menggunakan sistem AIP serta tidak mempunyai kelengkapan untuk pasukan katak melakukan operasi rahsia khusus bawah laut sebab itu TLDM tidak. embeli Kilo tapi Scorpene

    •  

      kilo yang diinstal aip adalah tipe “lada” class atau istilah ekspornya adalah amur. fasilitas/wahana khusus untuk sf di ks untuk semua tipe kilo memang tidak tersedia. scorpene adalah ks yang bagus apalagi ditambah mesma engine.

    •  

      Sayang kaga bisa nyelem, awalnya sih… Tapi yang penting itu bisa bikin sendiri, ga cuman beli. Dan gara-gara CBG, Rusia kelabakan kehilangan pasar potensial. Ya mau gak mau harus mau share teknologi.

      •  

        analisa yang bagus dari anda bung averois.. disaat seperti ini kalo rusia g mau bagi TOT dengan kita maka mereka akan rugi sendiri. bukankah sekarang mereka agak kelabakan dengan embargo khususnya dari negara anggota nato? bukankah indonesia itu sangat cantik dan potensial perekonomiannya yang didukung dengan jumlah SDM dan SDAnya dan juga punya pengaruh dimata dunia??

        mungkin rusia sekarang mencoba untuk tidak mengulang lagi kesalahan dalam peristiwa perang dingin yang dialami soviet dulu dalam menghadapi pihak barat salah satunya berusaha membangun hubungan ekonomi yang semakin intens di wilayah asia tenggara khususnya yang semakin menarik dan menjanjikan.

        •  

          rusia kelimpungan karena komponen elektronika untuk alutsista mereka juga bikinan jepang, korea dan amerika. tapi beruntung masih bisa bocor karena bisa lewat china. padahal rusia sendiri punya kapasitas untuk membuat sendiri semua komponen tersebut. dan sekarang mereka mencoba kembali mandiri seperti di era ussr.

          •  

            betul sekali bung alugoro.. demikaianlah keadaanya dinamika rusia sekarang pasca aneksasi krimea yang mengalami gangguan perekonomian. yang menjadi andalan rusia adalah ekspor minyak dan gas, tetapi skrg pihak barat yang dimotori USA menurunkan harga minyak dunia lewat peningkatan produksi miyak dibawah perusahaan mereka yang tersebar di berbagai negara.

            yang paling penting semoga pemerintah bisa mengambil keuntungan bisa memanfaatkan keadaan seperti ini dalam dinamika geopolitik dunia.. bukankah indonesia itu teramat cantik??

          •  

            Kesempatan yg baik bg pemerintah kita untk exploitasi teknologinya rusia….

  29.  

    Tinggal tunggu kmauan dn keseriusan dr pmerintah.. tuh sales nya dah mulai nawarin te ot te ot..

  30.  

    mudah-mudahan gk PHP lagiii

  31.  

    Cuma bisa berdoa aja, sambil berharap…

  32.  

    Sebenarnya, saya lebih tertarik jika PT PAL bisa kembangkan sendiri kelas midgetnya. Kalau bisa, bikin yang banyak dengan panjang 30 m. Tentu dibutuhkan terobosan teknologi dan strategi agar kelas midget menjadi raja di paparan sunda. Pertama endurance, baik penyelaman maupun daya jelajah, juga stabilitas kapsel pada kondisi sea state 5. Kedua adalah persenjataan. Tentu tidak bisa mengharapkan midget membawa VLS. Bagaimana memanfaatkan peluncur torpedo horisontal menjadi peluncur rudal jelajah. Ketiga, dengan ukurannya yang kecil, ditambah non-magnetic metal dan kulit senyap, tentu akan menjadi momok yang menakutkan karena biarpun kecil, sangat beracun, dan amat susah dicari.

  33.  

    Kalau beli KETENGAN apa iya dikasih TOT sama Papa Bear..kalau bener bagus lah buat melengkapi teknologi KS 209 pny kita yg sedang BERGURU ke KorSel..

  34.  

    Pasti ada perjanjian rahasia dari presiden sebelumnye..masa ga ada sih, coba aje liat kedekatan pres.putin dg pres.sby..semoga berlanjut dg pres.jokowi untuk melanjutkan kerjasama di bidang militer dg rusia..apelagi sebelumnye banyak yg nyari” kebenaran indonesia punya kilo ape blm..dari yg penasaran,fansboy ampe intel” negara laen yg disebar buat cari buktinye karena kedekatan indonesia dg rusia..bukan masalah ghoib tapi masalah alutsista ga bisa seenaknye di publish untuk umum..

    ….NKRI HARGA MATI….

  35.  

    Dari dl om rusky tawarkan kilo ke indo ga mau apa udah punya jd cr yg lebih strooooong? mn bung beri km pencerahaan br ga mimpi terus…….

  36.  

    Untuk melawan hegemoni asu mau tak mau Indonesia memang harus mengandalkan tehnologi uncle putin, sebab kalau dari asu kita tidak akan pernah dibiarkan lebih hebat dari sekutu nya asu di kawasan ini, dan ini memang stretegi yg diterapkan asu sejak dahulu kala, jadi kita ini sebenarnya udah sadar dari sejak zaman embargo dulu, tapi kita kan enggak mau terang terangan stop hubungan militer dgn asu, kan bisa berabe urusannya, karena kita masih dalam memperkuat otot otot militer kita di segala l ini ,so dan ini juga ditunjukkan pemerintah kita dgn bersedia ambil elang botak secend dari asu, nanti dipakai untuk ronda dikawasan Natuna, itupun dari 24 unit yg atau lebih saya kurang tahu pasti banyaknya, sampai sekarang baru dikirim 3 atau 5 unit, so coba jawab kenapa lama sekali siapnya adakah sesuatu yg lain yg mau di jadikan asu sebagai nilai yg mesti diikuti oleh Indonesia, hati hati terhadap asu, siapa tahu perpanjangan kontrak freeport menjadi alasan elangbotak jadi dilama lamakan selesainya, kita udah sama sama tahu hutang asu sama lybia di bayar boom untuk menghancurkan khaddafi, so lihat sekarang seperti apa lybia, Irak, suiriah dan banyak lagi korban korban yg lainnya, maka menurut pendapat saya uncle putin udah tahu maksud kita seperti àpa dan hubungan dengan uncle putin bagi Indonesia adalah hubungan bak saudara kandung antara abang dan adik yg saling udah sma sama tahu memainkan peran nya masing masing di kawasan dan masalah ks itu maksudnya juga udah sama sama tahu dan menurut saya yg awam ini pun kamerad kamerad semua pasti udah tahu semua, jadi untuk apa dulu pak sby sampai memainkan gitar khusus menyanyikan lagu selamat ulang tahun untuk saudara tua kita,pastikan udah sama sama mengerti dan hubungan seperti apa itu yg sekarang menjadi sesuatu yg berusaha untuk dibongkar sama egen egen asu yg ada diluar dan didalam negri kita, ngerti kan maksudnya, maaf cuma analisa orang kampung, weleh weleh

  37.  

    iya cuma minat, buat apa beli kalau tetangga sudah paranoid, kah kah….

  38.  

    Joss ..

  39.  

    Wow..

  40.  

    Lihat mock up- nya amur, punggungnya mirip cakra/nanggala…

  41.  

    @ bung Gue dan @ bung Diego… tolong cek email…. terima kasih teman

  42.  

    SAYA BARUSAN BACA DITIPI ONE N METRO DI NEWSTICKer NYA BERTULISKAN “INDONESIA MELIRIK SU35 UNTUK MEMPeRkuat ARMADA UDARA”

  43.  

    semoga saja haluan akhir ke eropa timur (rusia) soalnya tdk pake acara embargo kaya asu sama negara eropa lainnya tapi jangal lupa TOT plus joint product….

    nkri harga mati….

  44.  

    PALING GA 12 PCS LONTONGNYA…
    AMIN

  45.  

    wess mantep nih,,,
    pertamax

  46.  

    kalau bener…ikut berbunga bunga nih,,,semoga aja lancar..carr proses nya

  47.  

    Ulasan bung garuda bagus, coba ta,mabah data datanya akan semangkin perkasa

  48.  

    mending beli s 400/ s 500 50 biji ..
    trus minta tot fulll service …. mantapp dah …

  49.  

    nubi mohon ijin gabung om.. 😀

 Leave a Reply