Agu 102014
 
image

Marinir China melakukan latihan pendaratan tank ke garis pantai

image

image

image

image

pla-mar-2

pla-mar-3

China terus meningkatkan kemampuan Marinir mereka untuk operasi amphibi dan maritim. Latihan ini dihubungkan dengan perilaku China yang semakin agresif di Laut China Selatan.

Meski China mengklaim Marinir mereka telah berdiri sejak tahun 1950-an, namun bukti ke arah itu sulit ditemukan. Marinir China dianggap tidak ada sebelum tahun 1980-an, kecuali kumpulan pelaut dan prajurit yang belajar melakukan pendaratan di garis pantai.

Kini China terus membangun kekuatan Marinir dan mulai terampil melakukan pendaratan tank dan kendaraan lapis baja ke wiayah pantai, untuk melakukan penyerbuan (afcea.org).

Bagikan:

  73 Responses to “Pendaratan Lapis Baja Marinir China”

  1.  

    pertama euy

  2.  

    Lanjutkan…!!!

  3.  

    Pertamax kah

  4.  

    berharap anoa versi amphibi jg sudah ngambang…

  5.  

    Muntjul lagi baru selesai baca dah ada yg batu

  6.  

    Akhirnya dpt 10besar,salam kenal semuanya,trtama para sesepuh

  7.  

    semoga indonesia mau belajar dari cina

  8.  

    china agresif banget dg kesiapan pertempuran… moga betul apa kata bung @yayan.. kita punya lamborghini tp di pake di jakarta.. orang bakal mikir 2x klo mo balap ma kita… moga aja alutista TNI punya efek detterent spt lamborghini ato mungkin .. bugati veyron

  9.  

    Apa kabar tank medium Pindad? Perkembangannya sudah sampai mana ya? Apakah nanti akan ada versi amphibinya? Trus, canonnya pakai kaliber berapa? Bisa nembak sambil lompat2 ga ya?
    *ndak sabar mode: on

  10.  

    termasuk ifv seperti bmp 3f marinir tni al.

  11.  

    ke .10

  12.  

    Sependapat dgn bung Werch kita saat ini sebagai tentara paling amphibi di asia tenggara, jika kitaa bisa berkaca pada kegemilangan sriwijaya yg bisa buat koloni di madagascar dan majapahit yang bisa membabat abis kejayaan jenghiis khan, maka kita wajib kembali ke core nya yaitu maritim utk kembali lebih berjaya sebagai negara pemilik gugusan 18.000 pulau hingga menjadi most amphibious armies in the world. Semoga ….

  13.  

    Armor nya masih low 🙂

  14.  

    Marinir kita adalah marinir dengan Doktrin yang paling lengkap diasia tenggara,,dan sejak berdiri doktrinnya berkiblat ke USMC ,jadi bukan hanya sebagai pasukan pendarat saja seperti Royal marine Inggris,
    Ini menjadikan Komar sangat disegani dikawasan dengan kemampuan dan jumlah personil yang mumpuni,,

    Sedangkan The Royal Marinir merupakan adalah bagian dari layanan angkatan laut dan di bawah the full command of Fleet Commander ..Struktur pangkat korps sama dengan Angkatan Darat Inggris dengan petugas dan jajaran lainnya yang direkrut dan awalnya dilatih secara terpisah dari personil angkatan laut lainnya,The Royal Marine Corps (RM) adalah korps marinir dan infantri amfibi dari Inggris
    The Royal Marinir adalah marinir yang hanya berfokus, pada pasukan amfibi (pasukan pendarat) saja , highly specialised light infantry force of commandos… Mereka capable of deploying at short notice dalam mendukung tujuan militer dan diplomatik Pemerintah Inggris di luar negeri.mereka sering berjuang di samping Angkatan Darat Inggris dipertempuran seluruh dunia.

    Pendaratan atau Raid Lintas Permukaan adalah salah satu aplikasi dari Dalam Surface Warfare yang mencakup serangan dari laut ke laut (Lintas Laut),dari laut kedarat (lintas permukaan) ,dari darat kedarat (lintas darat) dan Dari udara ke darat airborne (Lintas Udara)
    NAH maksut dari RAID lintas Permukaan bila dilihat dari pakem nya Royal mariner Inggris adalah bagian dari Modern naval warfare maka royal marine hanya mengambil peran serangan lintas permukaan saja yaitu serangan dari laut ke darat (lintas permukaan)
    Jadi maksut raid Lintas Permukaan adalah serangan ampbhibi ,dan unit taifib melakukan perang litoral area untuk persiapan proses serangan amphibi ,sesuai dengan kemampuan Royal marine mereka yang Amphibious Light commando.
    Malaysia sedang menjajagi pembentukan marinir ikut pakem The royal marine Inggris.

    Doktrin marinir kita lebih luas tidak hanya lintas permukaan saja tetapi juga lintas udara (airborne)dan mobud
    Marinir kita selain Pasrat (pasukan pendarat) yonif.. juga meliputi
    Brigade Infantri dengan Yonif nya,
    Resimen Arteleri dengan batalyon arteleri,batalyon howitzer dan Batalyon roket
    Resimen Kavaleri dengan batalyon kendaraan pendarat ampibi,Batalyon Tank ampibi, dan Batalyon kendaraan Ampibi pengangkut arteleri
    Resimen bantuan tempur terdiri dari Yon Ang,Yon Komlek,Yon perbekalan dan peralatan,yon zeni,yon kes dan yon provost

    Denngan kekuatan yang komplit saat ini Komar dibandingkan dengan USMC hanya tertinggal MBT dan peran penerbangan yang belum dipunyai oleh marinir dan sekarang hanya bisa didukung oleh Penerbal.
    Jadi bila komplit misalnya maka Dan pasmar yang cuma berbintang satu bisa mengendalikan semua brigir,resimen dan bantuan tembakan udara dan mobud untuk melaksanakan sebuah serangan secara mandiri tanpa perlu repot rantai komando ,dan ini sangat ditakuti dikawasan

    China Doktrin Marinirnya menuju kesana,,,
    IMHO terawangan tukang warnet saja

    •  

      Sory harusnya bung KRI yang paling berkompeten menjelaskan roolnya beliau
      hehehehe

    •  

      jadi dengan kata lain ,kita memiliki Marinir yang paling mumpuni sekawasan Pak???
      hayo Pak KRI bantu menambahi hehehe

      •  

        gk slah klo jlukan HANTU LAUT dsematkn pd korps marinir TNI AL
        senyap,,mematikan..mmbwt lwan tkut…spt hantu yg mnakutkn.
        kmampuan tempur ny sudh truji dr wktu kwaktu…slhstu psukan elite kbnggaan Indonesia
        bravo tni!! 😀

    •  

      Royal Marine sejak PD 2 sudah bukan lagi unit amfibi konvensional tetapi sudah jadi Royal Marine Commando alias unit elit amfibi, apalagi sejak British Army dan RAF melikuidasi semua unit Commando, sehingga RMC satu2nya unit Commando di Inggris untuk dukungan operasi khusus.

      Di dalam Royal Marine selain unit Commando, juga ada SBS (seperti Kopaska) yang secara operasional di bawah Grup Pasukan Khusus Inggris.

      Sedangkan USMC lebih ke pasukan pemukul reaksi cepat dengan dukungan senjata berat (artileri, kavaleri / tank berat, serta pesawat udara) sendiri, beda dgn RMC yang dukungan artilerinya di-outsource ke unit Royal Artileri berkualifikasi commando.

      Jadi, RMC seperti lambang pisau komando di badge-nya, kecil tapi tajam menusuk, dan di belakangnya ada British Army untuk pukulan besarnya. Sedangkan USMC ya seperti kepalan tangan besi.
      Memang beda aliran.

      •  

        Karena berkualifikasi commando, maka prajurit RMC dilatih juga lintas udara, hanya saja airmobile menggunakan helikopter, bukan airborne / parasut.

        Sedangkan sebagian personil Kormar TNI-AL saya lihat ada brevet terjun payung.

    •  

      Mantap Bung Satrio. Berharap alutsistanya marinir makin dipermodern

  15.  

    kok tampilannya seperti rapuh sekali?? CMIIW

  16.  

    klo lihat modelnya sepertinya ZBD 2000 , “Expeditionary Fighting Vehicle ” nya China..

  17.  

    By the way…kenapa australia dengan garis pantai yang panjang sekali, ngga punya pasukan marinir!??

  18.  

    pas 20..

  19.  

    Seluruh matra kita di jajaran TNI dengan kelebihan dan skill masing masing matra jika disatukan dan semakin diasah kemampuannya seperti dalam latgab kemaren, saya yakin hasilnya bakalan dahsyat kalau melakukan penyerangan, di tambah dengan berbagai alusista dengan brand macem macem membuat musuh akan susah mikir antidot nya, pola strategi ini juga yang akan membingungkan pihak lawan dan cuman bisa menerka dan menebak alusista apa yang akan di turunkan ato dipakai oleh TNI kita apabila akan melakukan sebuat preemptive strike. hehehehehehe…… sebuah campuran alusista gado gado yang ada untungnya juga. :mrgreen:

    •  

      Gimana rasanya ya bung Nara, disengat 1 BTP dalam operasi pre emptive strike? Mereka tentunya pada maklum, sebelum BTP nya giliran mendarat, yg di atas dah pasti sdh nyengat duluan elemen2 kunci musuh.

      •  

        Ngeri bung. Umum kebanyakan melihat pas landing BTP nya (wuih 2 toh?). Kalau saya lihat penghancuran elemen2 musuh sebelum landing inilah yg justru paling menakutkan dan dipelajari. 2 BTP kalau sampa bisa landing bukanlah seuatu yg kebetulan, tapi berarti memang ada sesuatuyg luar biasa yg telah dihitung dgn cermat dan dilaksanakan dengan cepat. 1 MEU musuh itu sudah pasti heavily fortified ya kan? Sadar nggak ya kita kita bertanya kenapa selama ini pendaratan amfibi selalu startnya dari jauh. Misal dari Surabaya landing di Sangatta, Bengkulu dst yg perlu waktu lama. Saya melihat berarti ada unsur dadakan nan luar biasa dalam skema pre emptive strike yg dilakukan sebelum BTP mulai jalan, dan ini yg kurang di ekspose. Dan ini yang membuat para pengamat asing lemes. Betulkah demikian ya bung Jalo? Mohon kiranya kalau ada serpihan2 puzzle yg belum sempat dibabar dimari .. Thanks.

      •  

        Saya nonton D-Day Normandia, banyak linud yang gagal fungsi secara efektif. Akhirnya, pasukan pendaratnya yang kewalahan. Gimana ya cerita linud kita? ada yang punya nggak? ..

    •  

      bung nara. dibuat dong artikel reaksi kawasan plus luar kawasan terkait latgab kemaren.

    •  

      Saya nonton D-Day Normandia, banyak linud yang gagal fungsi secara efektif. Akhirnya, pasukan pendaratnya yang kewalahan. Gimana ya cerita linud kita? ada yang punya nggak? ..

  20.  

    Nexter Caesarnya tidak diminati Marinir kita ya bung Nara? Padahal cakep tuh barang …

  21.  

    Semoga anoa versi amphibi bisa segera terwujud, mengingat wilayah Indonesia 2/3 adalah air. Ditunggu aksinya JK, utk melanjutkan alutsista produksi dalam negeri. Sikat habis budaya wani piro aku oleh opo untuk menuju kejayaan NKRI.

  22.  

    @ ndan NARA…mf klo jd gk nymbung ma artikel.
    sy mu usul,,,gmn klo slhstu kaprang qt yg pling garang & canggih diberi nma KRI BAMBU RUNCING”
    mlambangkan KEKUATAN…SEMANGAT,PERJUANGAN & KEBEBASAN… 😀

  23.  

    Mau tanya sedikit pd bang Satrio, mengapa Dan Korp Mar sampai saat ini masih “irit”, yakni hanya sampai setingkat Mayjend (Bintang 2), padahal dari segi kuantitas ataupun kesatuan sudah banyak dan lengkap, seperti yg bang Satrio paparkan diatas. banyangan saya Korp Marinir adalah pasukan tempur serbu setara dengan KOSTRAD AD. Pimpinan KOSTRAD tertinggi dijabat perwira Jenderal Bintang 3 (Letjend). Ma’af oot, maklum ane cuma bakul kembang …

  24.  

    Bangganya jadi WNI terima kasih sesepuh semuanya pencerahannya bikin damai dan tenang akhirnya NKRI khususnya TNI makin kuat dan Gahar

  25.  

    Mohon pencerahaanya para sesepuh apakah LST TNI-AL yg baru dari PT Daya Radar Utama (DRU) apakah multi fungsi juga utk mengangkut segala jenis Tank milik TNI..ato hanya khusus utk angkut MBT Leopard saja terima kasih

  26.  

    Sekarang pasukan TNI yang berkualifikasi komando totalnya sudah ratusan ribu dong.
    Seluruh Korps Marinir
    Dua Divisi Kostrad
    13 Batalyon Raider
    5 Grup Kopassus
    dan Korpaskhas

  27.  

    Emang PZH 2000 amfibi mas?

  28.  

    PZH 2000

  29.  

    Cluenya mas Naryana menjawab mas WH di koment no 21. mas Wermacht..

  30.  

    klo tank amphibi yg kaliber 155 y mgkin pnya mamarika bung..jenis m109

  31.  

    Gak juga sih bung tom…bs saja pake non amfibi asal masih bisa di gotong LCU atau lsg di daratkan ke pantai dari LST…

    Tp setau sy marinir kita mementingkan mobilitas dan kecepatan…jd kalau kelewat berat mereka ogah…

    Saya malah sanksi mereka mau adopsi meriam cal 155 mm…keruan mereka beli semacam astross atau tambahan meriam LG 105 yg lebih efektif…

    Meskipun doktrin gedor mereka sama dgn USMC pd kenyataan di lapangan mereka beroperasi gak jauh jauh dari beach head…jd konsepnya tetap naval infantry.. urusan yg membutuhkan persenjataan yg lebih berat masih akan di tangani oleh AD…

  32.  

    Asal jangan AAV7A1 Assault Amphibious Vehicle aja bung nara. Klo spek pake kaliber 150mm harus mudifikasi sendiri. Pake BMD-4M Infantry Fighting Vehicle ganti kaliber 150 mm. Bisa gak ya.

  33.  

    mkin pnasaran neh ndan… 😀

  34.  

    Wah kalo Pasmar sudah berkekuatan ±60.000 prajurit, komandannya sudah sangat layak berpangkat letjen seperti Pangkostrad. Jadi nanti di TNI-AL ada 2 satuan tempur berkomandang bintang 3 dong ya? Komando Armada dan Korps Marinir.

    Kalau TNI-AU apakah bakal ada komandan berbintang 3? Apakah pangkohanudnas yang bakal bintang 3? Korpkaskhas yg berkualifikasi komando/parakomoando, komandannya sudah bintang 2, setara danjen Kopassus.

 Leave a Reply