Pendaratan Lapis Baja Marinir China

73
153
image
Marinir China melakukan latihan pendaratan tank ke garis pantai

image

image

image

image

pla-mar-2

pla-mar-3

China terus meningkatkan kemampuan Marinir mereka untuk operasi amphibi dan maritim. Latihan ini dihubungkan dengan perilaku China yang semakin agresif di Laut China Selatan.

Meski China mengklaim Marinir mereka telah berdiri sejak tahun 1950-an, namun bukti ke arah itu sulit ditemukan. Marinir China dianggap tidak ada sebelum tahun 1980-an, kecuali kumpulan pelaut dan prajurit yang belajar melakukan pendaratan di garis pantai.

Kini China terus membangun kekuatan Marinir dan mulai terampil melakukan pendaratan tank dan kendaraan lapis baja ke wiayah pantai, untuk melakukan penyerbuan (afcea.org).

73 KOMENTAR

  1. china agresif banget dg kesiapan pertempuran… moga betul apa kata bung @yayan.. kita punya lamborghini tp di pake di jakarta.. orang bakal mikir 2x klo mo balap ma kita… moga aja alutista TNI punya efek detterent spt lamborghini ato mungkin .. bugati veyron

  2. Sependapat dgn bung Werch kita saat ini sebagai tentara paling amphibi di asia tenggara, jika kitaa bisa berkaca pada kegemilangan sriwijaya yg bisa buat koloni di madagascar dan majapahit yang bisa membabat abis kejayaan jenghiis khan, maka kita wajib kembali ke core nya yaitu maritim utk kembali lebih berjaya sebagai negara pemilik gugusan 18.000 pulau hingga menjadi most amphibious armies in the world. Semoga ….

  3. Marinir kita adalah marinir dengan Doktrin yang paling lengkap diasia tenggara,,dan sejak berdiri doktrinnya berkiblat ke USMC ,jadi bukan hanya sebagai pasukan pendarat saja seperti Royal marine Inggris,
    Ini menjadikan Komar sangat disegani dikawasan dengan kemampuan dan jumlah personil yang mumpuni,,

    Sedangkan The Royal Marinir merupakan adalah bagian dari layanan angkatan laut dan di bawah the full command of Fleet Commander ..Struktur pangkat korps sama dengan Angkatan Darat Inggris dengan petugas dan jajaran lainnya yang direkrut dan awalnya dilatih secara terpisah dari personil angkatan laut lainnya,The Royal Marine Corps (RM) adalah korps marinir dan infantri amfibi dari Inggris
    The Royal Marinir adalah marinir yang hanya berfokus, pada pasukan amfibi (pasukan pendarat) saja , highly specialised light infantry force of commandos… Mereka capable of deploying at short notice dalam mendukung tujuan militer dan diplomatik Pemerintah Inggris di luar negeri.mereka sering berjuang di samping Angkatan Darat Inggris dipertempuran seluruh dunia.

    Pendaratan atau Raid Lintas Permukaan adalah salah satu aplikasi dari Dalam Surface Warfare yang mencakup serangan dari laut ke laut (Lintas Laut),dari laut kedarat (lintas permukaan) ,dari darat kedarat (lintas darat) dan Dari udara ke darat airborne (Lintas Udara)
    NAH maksut dari RAID lintas Permukaan bila dilihat dari pakem nya Royal mariner Inggris adalah bagian dari Modern naval warfare maka royal marine hanya mengambil peran serangan lintas permukaan saja yaitu serangan dari laut ke darat (lintas permukaan)
    Jadi maksut raid Lintas Permukaan adalah serangan ampbhibi ,dan unit taifib melakukan perang litoral area untuk persiapan proses serangan amphibi ,sesuai dengan kemampuan Royal marine mereka yang Amphibious Light commando.
    Malaysia sedang menjajagi pembentukan marinir ikut pakem The royal marine Inggris.

    Doktrin marinir kita lebih luas tidak hanya lintas permukaan saja tetapi juga lintas udara (airborne)dan mobud
    Marinir kita selain Pasrat (pasukan pendarat) yonif.. juga meliputi
    Brigade Infantri dengan Yonif nya,
    Resimen Arteleri dengan batalyon arteleri,batalyon howitzer dan Batalyon roket
    Resimen Kavaleri dengan batalyon kendaraan pendarat ampibi,Batalyon Tank ampibi, dan Batalyon kendaraan Ampibi pengangkut arteleri
    Resimen bantuan tempur terdiri dari Yon Ang,Yon Komlek,Yon perbekalan dan peralatan,yon zeni,yon kes dan yon provost

    Denngan kekuatan yang komplit saat ini Komar dibandingkan dengan USMC hanya tertinggal MBT dan peran penerbangan yang belum dipunyai oleh marinir dan sekarang hanya bisa didukung oleh Penerbal.
    Jadi bila komplit misalnya maka Dan pasmar yang cuma berbintang satu bisa mengendalikan semua brigir,resimen dan bantuan tembakan udara dan mobud untuk melaksanakan sebuah serangan secara mandiri tanpa perlu repot rantai komando ,dan ini sangat ditakuti dikawasan

    China Doktrin Marinirnya menuju kesana,,,
    IMHO terawangan tukang warnet saja

  4. Seluruh matra kita di jajaran TNI dengan kelebihan dan skill masing masing matra jika disatukan dan semakin diasah kemampuannya seperti dalam latgab kemaren, saya yakin hasilnya bakalan dahsyat kalau melakukan penyerangan, di tambah dengan berbagai alusista dengan brand macem macem membuat musuh akan susah mikir antidot nya, pola strategi ini juga yang akan membingungkan pihak lawan dan cuman bisa menerka dan menebak alusista apa yang akan di turunkan ato dipakai oleh TNI kita apabila akan melakukan sebuat preemptive strike. hehehehehehe…… sebuah campuran alusista gado gado yang ada untungnya juga. :mrgreen:

      • Ngeri bung. Umum kebanyakan melihat pas landing BTP nya (wuih 2 toh?). Kalau saya lihat penghancuran elemen2 musuh sebelum landing inilah yg justru paling menakutkan dan dipelajari. 2 BTP kalau sampa bisa landing bukanlah seuatu yg kebetulan, tapi berarti memang ada sesuatuyg luar biasa yg telah dihitung dgn cermat dan dilaksanakan dengan cepat. 1 MEU musuh itu sudah pasti heavily fortified ya kan? Sadar nggak ya kita kita bertanya kenapa selama ini pendaratan amfibi selalu startnya dari jauh. Misal dari Surabaya landing di Sangatta, Bengkulu dst yg perlu waktu lama. Saya melihat berarti ada unsur dadakan nan luar biasa dalam skema pre emptive strike yg dilakukan sebelum BTP mulai jalan, dan ini yg kurang di ekspose. Dan ini yang membuat para pengamat asing lemes. Betulkah demikian ya bung Jalo? Mohon kiranya kalau ada serpihan2 puzzle yg belum sempat dibabar dimari .. Thanks.

  5. Mau tanya sedikit pd bang Satrio, mengapa Dan Korp Mar sampai saat ini masih “irit”, yakni hanya sampai setingkat Mayjend (Bintang 2), padahal dari segi kuantitas ataupun kesatuan sudah banyak dan lengkap, seperti yg bang Satrio paparkan diatas. banyangan saya Korp Marinir adalah pasukan tempur serbu setara dengan KOSTRAD AD. Pimpinan KOSTRAD tertinggi dijabat perwira Jenderal Bintang 3 (Letjend). Ma’af oot, maklum ane cuma bakul kembang …

  6. Gak juga sih bung tom…bs saja pake non amfibi asal masih bisa di gotong LCU atau lsg di daratkan ke pantai dari LST…

    Tp setau sy marinir kita mementingkan mobilitas dan kecepatan…jd kalau kelewat berat mereka ogah…

    Saya malah sanksi mereka mau adopsi meriam cal 155 mm…keruan mereka beli semacam astross atau tambahan meriam LG 105 yg lebih efektif…

    Meskipun doktrin gedor mereka sama dgn USMC pd kenyataan di lapangan mereka beroperasi gak jauh jauh dari beach head…jd konsepnya tetap naval infantry.. urusan yg membutuhkan persenjataan yg lebih berat masih akan di tangani oleh AD…

  7. Wah kalo Pasmar sudah berkekuatan Β±60.000 prajurit, komandannya sudah sangat layak berpangkat letjen seperti Pangkostrad. Jadi nanti di TNI-AL ada 2 satuan tempur berkomandang bintang 3 dong ya? Komando Armada dan Korps Marinir.

    Kalau TNI-AU apakah bakal ada komandan berbintang 3? Apakah pangkohanudnas yang bakal bintang 3? Korpkaskhas yg berkualifikasi komando/parakomoando, komandannya sudah bintang 2, setara danjen Kopassus.