Jul 052019
 

Pendidikan Brevet Dikkopaska TNI AL Angkatan ke-42 Ditutup

Surabaya, Jakartagreater.com – Wadan Kodikopsla Kodiklatal Kolonel Laut (P) Phundi Rusbandi mewakili Komandan Kodikopsla Kodiklatal Laksamana Pertama TNI Irwan Achmadi, M.Tr, (Han), secara resmi menutup Pendidikan Brevet Komando Pasukan Katak TNI AL angkatan ke- 42 tahun anggaran 2018 yang pada Jumat 5-7-2019 digelar dilapangan Apel Sekopaska Kesatrian Kodikopsla Kodiklatal, Ujung, Surabaya.

Dikkopaska TNI AL angkatan ke-42 ini diikuti 25 prajurit TNI AL dari berbagai Kotama berpangkat Perwira Pertama, Bintara dan Tamtama sebelumnya telah menempuh pendidikan selama 10 bulan di Sekolah Komando Pasukan Katak (Sekopaska) yang berada dibawah Pusat Pendidikan Khusus (Pusdiksus) Kodikopsla Kodiklatal.

Komandan Kodikopsla Kodiklatal Laksamana Pertama TNI Irwan Achmadi, M.Tr, (Han)., dalam sambutan yang dibacakan Wadan Kodikopsla Kolonel Laut (P) Phundi Rusbandi menyampaikan bahwa pendidikan Brevet Kopaska mempunyai tujuan dan sasaran untuk membentuk prajurit TNI AL yang berkualifikasi Komando Pasukan Katak yang memiliki sikap dan mental Pancasila, Sapta Marga dan Sumpah Prajurit serta memiliki kecakapan dan kemampuan untuk melaksanakan tugas-tugas khusus aspek laut yang mencakup operasi intelijen maritim, penyusupan dan penghancuran sasaran melalui laut.

Pendidikan Brevet Dikkopaska TNI AL Angkatan ke-42 Ditutup

Lebih lanjut dikatakan Kopaska merupakan pasukan khusus yang mampu berperan ganda, disamping melaksanakan tugas intelijen, Kopaska juga mampu melakukan pembersihan bawah air untuk melemahkan kekuatan musuh, terutama untuk mendukung operasi amphibi dan peperangan laut khusus. Menurutnya dengan kemampuan yang dimilki, prajurit Kopaska diharapkan mampu mendekati sasaran operasi baik melalui darat, udara, permukaan air maupun dari bawah air secara senyap tanpa diketahui pihak musush.

Kepada seluruh mantan siswa, Pati bintang satu dipundak ini mengucapkan selamat dan bangga atas keberhasilan para siswa dalam menyelesaikan pendidikan ini dengan baik. Dankodikopsla ini berharap agar bekal pengetahuan dasar Komando Pasukan Katak yang didapatkan hendaknya selalu dikembangkan lebih lanjut di kesatuan agar mampu meningkatkan profesionalisme sebagai anggota Kopaska TNI AL.

Pendidikan Brevet Dikkopaska TNI AL Angkatan ke-42 Ditutup

Di akhir amanat tertulisnya, Komandan Kodikopsla juga mengingatkan kepada para mantan siswa Dikkopaska agar terus berusaha untuk belajar dan berlatih secara rutin, karena pendidikan yang dijalani baru merupakan pendidikan dasar yang harus terus menerus dikembangkan melalui latihan-latihan yang berlanjut di kesatuan nantinya.

Upacara penutupan pendidikan ditandai dengan prosesi penyematan Brevet, pemasangan baret dan penyerahan sertifikat pendidikan Kopaska TNI AL oleh Irup kepada perwakilan mantan siswa Dikkopaska angkatan 42 tahun anggaran 2018. Upacara juga dihadiri oleh para Komandan Pusdik, Komandan Sekolah Instruktur, para Perwira Staf dan undangan. (Kodiklatal).