Mar 262017
 

AH-64E Apache Guardian. (US Army)

Penerbangan Angkatan Darat (Penerbad) direncanakan menerima 3 unit helikopter jenis Apache pada November 2017. Helikopter tersebut akan melaksanakan tugas sebagai armada tempur dan patroli.

“Apache juga bisa kita fungsikan untuk mendukung patroli perbatasan dan keamanan laut. Helikopter ini sangat canggih sehingga membutuhkan penanganan khusus, termasuk kesiapan operatornya (pilot) dan pemeliharaannya. Sekarang ini para pilot dan teknisi sedang berada di negara pembuat untuk mengikuti pendidikan terkait dengan pembekalan kemampuan pengoperasian dan pemeliharaan,” ujar Wakil Komandan Pusat Penerbangan TNI Angkatan Darat Brigjen TNI Eko Susetyo, seperti dilansir krjogja.com pada Minggu (26/3).

Kehadiran Apache diharapkan bisa menggantikan helikopter yang sudah beroperasi selama 30 tahun.


Helikopter Apache Diharapkan Tampil pada HUT TNI 2017

TNI Angkatan Darat telah memesan delapan unit helikopter Apache dengan kontrak pengadaan mencapai 295,8 juta dolar AS.

Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD), Jenderal TNI Mulyono, mengatakan bahwa dirinya berharap helikopter itu dapat ditampilkan saat HUT TNI pada 5 Oktober 2017 mendatang.

“Saya harap pada 5 Oktober secara fisik minimal bisa didatangkan dulu agar rakyat Indonesia yakin dan tahu itu menjadi program dari Angkatan Darat yang nantinya harus dibeli,” ujar Jenderal Mulyono, seperti dikutip Antara pada Senin (23/1).

Proses pengadaan helikoter Apache masih terus dilakukan hingga saat ini. Komunikasi dengan pabrikan dilakukan intensif agar helikopter itu segera tiba di Tanah Air. “Kita harus tahu, pengadaan itu sekarang kontrak tidak bisa langsung datang. Melalui proses panjang,” kata KSAD.

Sumber: krjogja.com dan Antara

  35 Responses to “Penerbad Akan Terima 3 Helikopter Apache pada November 2017”

  1. Tot sekalian

  2. Ditunggu kedatangannya nih kalo bisa sama S70 nya biar bisa jadi duet maut Penerbad….Bravo TNI

  3. Tot nya apa ya kira2?

  4. Lanjutkan……Hidup NKRI

  5. Apache beli yg bnyk.. kok cuma 8.. nek iso Amati Tiru Modifikasi. Nek ra iso yo podo ae nyugehne Amerika.. Apache indonesia paling udah di downgrade spec nya masih bagus punya singapore . Padahal harga pembelian kita lebih mahal.. hadeh..

  6. heli favorit

  7. Tot y apaan?

  8. Diam-diam ternyata kapal markas KKP pesanan bu susi tengah dibangun disebuah galangan dinorwegia…sdh hampir rampung malahan.

    Ati2 kapal pencuri ikan…siap2 disruduk kapal KKP

  9. kurang gahar kalo g berdampingan dengan kamov

  10. Setuju deh dg komen bung Patih pragota n bung peuteuy. Saya yakin apache RI tak secanggih milik singapore biar tu versi seri E. Utk kamov 52/mil 28 kalo minat buat pendamping apache bisa digunakan utk tni al (marinir)/tni au (pashkas) sebagai elemen payung udara dan BTU,selain utk antisipasi bahaya ancaman embargo sepihak asu atau nato. Jadi gak lumpuh total seperti kejadian lampau.

  11. Sy yakin apache yg akan datang udah di downgrade ama ASU atas permintaan Singaporn..soalnya tetangga2 kita gk rela indonesia pnya alutsista canggih.

  12. ini yg make departemen kehutanan aja, buat nyikatin pembalak dan pembakar hutan

  13. apache tni ad siap membumi hanguskan malon….

  14. jika telat datangnya minta denda tuh soalnya itu beli bkn hibah

  15. Apa TOTnya ya? Klu dr AS gok ribut ote2, klu dr yg lain sibuk diganjal ote2. jd curiga!

  16. Dulu ada yg bilang Rusia pelit ToT.. Lha ini Malahan si Amerika Gk ngasih ToT apa2.. masih mending cuma di kasih ToT Rusia buat Amunisi daripada gk dapet ToT apapun dari Amerika… Mending beli Ka-52 harga 2×lebih murah daripada Apache. Centelan Ka-52 ada 6 sedangkan Apache Cuma 4…. Apache cuma menang ketinggian terbang dan beberapa komponen elektronik….

    #Sales Boeing berikan Penjelasannyan

  17. Ditingkatin sendiri di PT DI

 Leave a Reply