Dec 192016
 

Sukhoi Su-35

Jakarta – Skema imbal beli atau pola yang diterapkan oleh pemerintah dengan mewajibkan eksportir negara mitra dagang untuk membeli produk dalam negeri, dinilai mampu untuk meningkatkan ekspor serta membuka pasar-pasar baru tujuan ekspor.

Direktur Fasilitasi Ekspor dan Impor Direktorat Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan Nusa Eka, Jumat mengatakan bahwa skema imbal beli tersebut wajib untuk pengadaan barang pemerintah yang berasal dari impor dengan nilai tertentu dan atau berdasarkan peraturan perundangan.

“Saat ini kita melihat ada perlambatan ekspor, dan imbal beli ini bisa kita pergunakan sebagai salah satu instrumen untuk penetrasi produk ekspor. Selain itu juga salah satu instrumen untuk mengatasi hambatan dan kendala ekspor,” kata Nusa Eka, di Jakarta. 16/12/2016.

Kementerian Perdagangan telah mengeluarkan Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 44/M-DAG/PER/6/2016 tentang Ketentuan Imbal Beli Untuk Pengadaan Barang Pemerintah Asal Impor sebagai landasan hukum untuk instrumen tersebut.

Skema imbal beli merupakan suatu cara pembayaran barang yang mewajibkan pemasok luar negeri untuk membeli dan atau memasarkan barang tertentu dari Indonesia sebagai pembayaran atas seluruh atau nilai sebagian barang dari pemasok luar negeri.

Selain imbal beli, instrumen lain yang bisa dipergunakan oleh pemerintah antara lain adalah barter atau pertukaran barang dengan barang lain, pembelian kembali dan offset atau pembelian barang dimana pemasok luar negeri menyetujui untuk melakukan investasi kerja sama produksi dan alih teknologi.

Skema imbal beli tersebut wajib dilaksanakan pada program pengadaan barang asal impor, seperti oleh Kementerian Lembaga, Badan Usaha Milik Negara, Badan Usaha Milik Daerah, Lembaga Pemerintah Non Departemen, yang menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara.

Salah satu contoh rencana pengadaan barang oleh pemerintah dengan menerapkan skema imbal beli dan offset adalah pengadaan delapan unit pesawat tempur Sukhoi SU-35 senilai 1,14 miliar dolar AS. Dalam kesepakatan tersebut, skema imbal beli yang wajib dilakukan oleh pihak Rusia senilai 570 juta dolar AS.

Dalam konteks imbal beli, Indonesia sudah menawarkan sebanyak 35 produk ekspor kepada pihak Rusia. Sejauh ini pihak Rusia sudah menyampaikan keinginan mereka untuk membeli karet alam produksi dalam negeri, namun tidak menutup kemingkinan untuk membeli produk lainnya.

Rata-rata impor Rusia dari dunia untuk karet alam pada 2011-2015 tercatat sebesar 11,5 juta dolar AS per tahun. Namun, dari rata-rata nilai impor tersebut, Indonesia sama sekali belum menjadi negara pemasok kebutuhan Negeri Beruang Merah tersebut.

Produk yang ditawarkan dalam skema imbal beli antara lain adalah produk manufaktur seperti produk kayu, produk kimia, peralatan konveksi, elektronik dan lainnya. Sementara untuk produk industri primer adalah logam mulia, kopi olahan, ikan olahan dan lain-lain, serta komoditi primer seperti udang, rumput laut, batu bara dan karet alam.

“Mereka sudah menyampaikan keinginan untuk membeli karet alam kita, tapi tidak menutup kemungkinan untuk produk lain,” kata Nusa Eka.

Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS), pada November 2016 tercatat ada peningkatan impor senjata dan amunisi sebesar 51,3 juta dolar AS. Secara kumulatif, pada periode Januari-November 2016 nilai impor Indonesia secara keseluruhan mencapai 122,86 miliar dolar AS.

Sementara untuk ekspor, pada periode yang sama mencapai 130,65 miliar dolar AS atau menurun 5,63 persen dibanding periode yang sama tahun 2015. Dengan demikian, hingga November 2016, neraca perdagangan masih mengantongi surplus sebesar 7,79 miliar dolar AS.

https://web.facebook.com/JakartaGreater

  84 Responses to “Pengadaan Jet Tempur Su-35, Gunakan Skema Imbal Beli”

  1. Bungkus

    • Tunda z, tunggu su-35 yg ada weapon bay agar lebih siluman masa kalah ddn f-15 eagle yg sudah ada versi silent……selain sulit terdeteksi radar persenjataannya juga banyak dlm badan dan cantelan…..

      • setau gw gaka da pesawat yg murni 100% siluman gak kedeteksi radar, selain IRST, gesekan badan pesawat dgn atmosfer menghasilkan kalor yg tinggi, radar pasif jg makin canggih jangkauan-nya

        • Dari ga kenal warjag..sampe getol ke warjag sampe males lagi ke warjag (susah komen).. tetep aja SU35 msh baru akan.. dah kyk balik jaman batu pake metode barter wkwkwk.. adeuhhh kowi2 prestasimu nol besar..jauuh mikirnya kyk bumi ma langit..parahhh

          • ..jauuh mikirnya kyk bumi ma langit..parahhh..

            ni orang koplak gak tahu koplaknya, yang langit sapa, yang beli sukhoi pake broker + mark-up?

            mau dibilang jaman batu kek, yang penting dapat su-35 dan bayarnya gak pake devisa / valuta asing tapi pake hasil bumi indonesia, justru itu cerdas..

            ..adeuhhh kowi2 prestasimu nol..

            mikir dikit ‘plak, bagus mana 2+ tahun beli 8 su-35 atau 10 tahun beli 12 su-27/30?

          • Jujurkan , beli disalahin enggak beli disalahin karepmu opo?

          • Ubed : Sok tau loh ! kalau loe cuman mau beli sedikit jangan bawa2 indonesia, pemerintah mengupayakan yang terbaik buat ni negara!

      • @jujurkan

        Amit-amit jabang bayik…masih idup ente rupanya?

        Penghuni neraka aja keberatan ketitipan ente…

    • Weh… ternyata pejabat kita banyak yg pinter2…… ga rugi sekolahnya dan ga salah kalo diangkat jadi pejabat penting…. xixi…

      “Saat ini kita melihat ada perlambatan ekspor, dan imbal beli ini bisa kita pergunakan sebagai salah satu instrumen untuk penetrasi produk ekspor. Selain itu juga salah satu instrumen untuk mengatasi hambatan dan kendala ekspor,” kata Nusa Eka, di Jakarta. 16/12/2016.

      Nah loh….. cerdas kan !!……. Ga kayak gue, tiap hari kerjaan cuman nyinyir di forum….. la gimana mo diangkat jadi pejabat ??…… siapa juga yg mo ngangkat jadi pejabat ….. 😆

    • Bodo amat emang gua pikirin..eneg gua.

    • Ga jd ToT kah dituker dg imbal beli. Maintenance tetep mahal krn hanya rusky yg bisa. Ga ada alternatif.

    • BELI KETENGAN NGAREPNYA TOT SELANGIT.

      KALAU KE ASU GA PERNAH NUNTUT APA2 GILIRAN KE RUSIA….DUUUH BYK YANG BERUSAHA MENJEGALNYA.

      GMN PEMEBLIAH F16 YNG 24 UNIT ITU DAPAT TOT APA ?

      TOT NYA YA ITU TADI JATUH SATU UNIT.

      • dpt TOT beli barang bekas dr ASU, jg bagi hasil Freeport naik dr 5% ke 10%… Se7 ga Se7 harus Se7 kalo ga mau diacak-adul sama ASU

    • Cb gantian rusia srh beli saham freeport.

  2. Dari jaman saya kecil dulu ada tukang loak keliling kampung, modusnya nyari bangkai sandal jepit trus dibarter ma ikan asin…

    Kalo sukhoinya boleh gak ya ditukar ma ikan asin…???

  3. cara pinter……nah gitu dong…..

  4. tuker tembakau atau roko jadi,, pasti mau rusia kn mayoritas peroko sesuai kebutuhan,, hheee

  5. Alternatif yg bagus bisa menghemat belanja alusista serta meningkat kan ekspor ke luar negri untuk komoditi tertentu yg sudah di sepakati ..
    Ayoo yg jago ngitung di tunggu itung”an nya ..

    • Apa Rusia masih terganjal embargo ya, transaksi tidak boleh pake Dollar? sementara Indonesia belum punya perjanjian transaksi antara Rusia dan Indonesia dengan memakai mata uang masing2. Mungkin satu2nya cara ya imbal beli.

  6. Oke juga, kita punya sumber daya alam yang melimpah sementara rusia punya teknologi, semangat menukar

  7. Terus kapan su 36 nya sampe NKRi??

  8. tot teknologi pesawat di barter dengan komoditi sandang, pangan … wah… wah… luarbiasa…

  9. La,,,,wong mau beli peralatan untuk jaga keamanan Negara kok neko-neko imbal dagang kek apa kek, kayaknya nggak iklas saja untuk pertahanan NEGARA,,,klo di korup itu ok saja,gimana sih,,,,!INDONESIAKU SEMOGA DALAM KEADAAN AMAM-AMAN SAJA….

    • justru disitu kelebihan sistem barter, gak pake duit, bikin alergi para k*rupt*r.
      selamat tinggal dollar, selamat php reminbi…

  10. Akal bulus made in ina….otak atik gatok…demi kejayaan indonesia raya…membanggakan,..goreng terus bos sampai gratiiis kalo bisa…

  11. USD 1,14 milyar atau USD 1140 juta hanya dapat 8 unit ? Yakin ?

    Dikibulin kok percaya…

    Xixixixi

    Ingat lho untuk modernisasi (peremajaan, upgrade dan mengganti alutsista tua) total ada 120,6 trilyun dan 93,9 trilyun di antaranya untuk TNI AU saja.

    Prediksi saya :

    Pengganti F5 dananya diambil dari 93,9 trilyun ini.

    Demikian pula untuk pengganti Hawk 109/209 serta pengganti Hercules…

    93,9 trilyun itu bisa dapat berapa pespur dan berapa heavy lift transport aircraft ?

    Xixixixixi

  12. Kapan

  13. Wah jadinya digoibin dengan anggaran 1,14 milyar Dollar masa cuman 8 unit…malaysia 900 juta Dollar ajah dapat su 30 mkm 18 unit… wah untungnya banyak tuh..mngkn pembeli dan pedagang cingcay..Yap semoga saya salah..

  14. pengadaan delapan unit pesawat tempur Sukhoi SU-35 senilai 1,14 miliar dolar AS.…. wuihhhh gile benerrr,,, tu dh paket super duper lengkah kah beserta TOT ny..

  15. menurt kabar trnyata su 35 lengkap $165 jt per unit .

  16. tukar saja dengan harta nya para koruptor Indonesia, ….. noh ambil banyak di singaporno !!!
    ( Heran, untuk urusan pertahanan negara yang sangat penting, bukan nya dipermudah, malah dibuat berbelit belit ), ………. gak punya duit belagu !!!

    • justru karena duit pas2an makanya dibayar pake komoditas, klo banyak duit ya belinya langsung 5 skuadron dibayar C A S H, gimana sih ente?

  17. “Salah satu contoh rencana pengadaan barang oleh pemerintah dengan menerapkan skema imbal beli dan offset adalah pengadaan delapan unit pesawat tempur Sukhoi SU-35 senilai 1,14 miliar dolar AS.” smoga tdk skedar contoh tp harga sbnarnya untuk 8 pespur su-35 dgn persenjataan lengkap + tot……hoooooreeeeee……, ngimpiiiiiiiii……

  18. Pedagang dan pembeli sama sama untung. Pantesan lama.
    Tapi pembelian berikutnya akan lebih cepat karena sudah ada skema yang disepakati

  19. Terserahlah bayar skema apa yang penting cepat beli, senjata lengkap cepat datang. Heraann untuk pertahanan Negara kok pelit dan hitung2.

  20. Rusia butuh karet alam untuk diterapkan dikapal selamnya untuk mengurangi kebisingan.imbal beli yang sepadan !

  21. Untuk beli su 35 masih mbulet

  22. itu namanya project cerdas yang di beli juga barang bagus brand new, pke tot jga. beda dengan yang sebelumnya yang dibeli barang skrap (elbot/herky)
    .

  23. Bang, kasih 3 T/Rp. 3.000.000.000.000 buat beasiswa ANAK indonedia. Kan mayan buat Nambah orang berkualitas. Trus klo uda lulus masukin ke PT. DI/PT PINDAD.

  24. saya nyumbang kripik pisang dan kacang goreng buat tambah2 beli sukhoi… pasti orang rusky senang sambil nyruput vodka plus camilan dari saya… hihihi

  25. Tes

  26. sebenernya karena yg di beli adalah senjata andalan Indonesia wajar itu lama prosesnya apalagi pemerintah pinter sampai penawaran di beli dgn barter jadi tidak nyentuh ke dollar sama sekali, tahap awal utk menjauhkan ketergantungan USD negara Indonesia. Terus berkreasi Pak Jokowi jadikan Indonesia sebaik mungkin supaya Rakyatnya selalu mendoakan mu sehingga lapang jalan mu baik di dunia maupun di akhirat nanti.

  27. masih ada yg nyinyir?? heran deh. nanti kalo di beliin elbot made in gurun mau loh?? 😀

  28. E ala gak ndang tuku mergo bingung caranya bayar lek tuku. Sepertinya pembayaran pake uang jd masalah. Apa mau Russia pake sistem barter dengan barang2 wong mereka lagi butuh uang untuk membiayai modernisasi militernya . Apalagi sekarang Russia kena sangsi dari ASU dan kawan2.

  29. Jadi ingat sejarah CN235 buatan PT DI pesenan Thailand yg dibayar pake beras ketan oleh Thailand. Hehe pemerintah saat itu dikritik dan dicacimaki. Pesawat kok ditukarkan beras hehe. Putin apa mau dicacimaki oleh rakyatnya?

  30. Waahhhh…tentang sukhoi lg
    Berpikir positif ajalah, walaupun agak ngganjel.
    Yg ngotot bener pingin beli SU-35 Indonesia kok negara orang yg diwajibkan pake klausul barter. Pake acara didenda segala klo gak memenuhi. Mbok yo mikir…Rusia jg gak butuh2 amat kok pespurnya dibeli. Yg Rusia mau dpt duit kontan pak lek kalo mau beli alutsists mereka.
    chins 2 milyar dolar dpt 24, kits 1,14 dpt 8 unit. Kalo yg lalu pasti sdh dibilang di mark up, dikorupsilah. Alasannya skrng ada TOT. Emang tau atau petnah liat RAB pengadaannya atau kontrak nya.? Sdh bisa bilang di Mark Up atau dpt TOT…apalagi pake bilang dana segitu dpt pespur brp ya.? Preettt lah lek…lek. Akibat kebanyakan makan nasi lengkap hrg 15 rb makanya jd hypokrit.
    Seng sabar…seng sabar..yg penting pespurnya datang walau pake cara nungging sekalipun. Musuh2 NKRI sdh pada lebih berani.
    Kerja…kerja..kerja…biar bisa cpt dpt duit buat beli pesawat. Salam damai

  31. kok berita su 35 muncul lagi.suueebeell aku.

  32. Aku suka dengan bank ruskye…kerja,kerja,kerja,,,jgn pda nyinyir mulu… Xixuxuxi
    Minum kopii duluh campur sianida biar pikiran damai selalu…

  33. tujuannya sih baik, kt perlu apresiasi itu..
    tp jauh didalam lubuk hati, rasanya kok nyesak ya..urusan alutsista utk pertahanan negara kok dibuat begitu njlimetnya yo ? kalo semisal utk pembelian barang2 lain selain alutsista bolehlah..
    tp kalo aturannya sprt ini rasanya akan susah bagi NKRI utk memiliki alutsista2 yg gahar dan berkelas.
    bagaimana pula jika keadaan mendesak (akan terjadi perang) ? tentunya akan repot jika kebijakan imbal beli ini diterapkan.
    keinginan negara ini utk menjadi kuat sprtnya akan melalui banyak rintangan.
    hanya pendapat pribadi, maaf jika salah

  34. Catat : 8 pespur su-35 fix!!

  35. Memalukan, klo ga ada uang ga usah pake alasan imbal beli, ga usah beli su 35, masa bodo, bodo amat urusin su 35, percuma, jgn tdlalu bnyk janji, mending kagak usah beli alutsista apapun, benahi saja infrastruktur di seluruh indonesia, klo itu yg ingin dilakukan, aq sdh muak dgn su35 dan apache, sdh trlalu lama dijanji2in tp hasilnya nol kosong…bosen bgt bacanya…su 35 rongsok su35 jelek su35 barang loak….puaaaasssss????..

  36. Xixixixi sabar nak.. wkwkwkwk

  37. mmm mungkin ini salah satu yg membuat lamanya negosiasi,,,
    cerdas tapi bagi saya gregetannnn wkwkw

  38. Saya dapat iformadi Indonesia harus mengeluarkan dana -+ 1.320 juta US$ untuk 8 unit Sukhòi SU-35?
    Jika di bandingkan dengan China untuk memiliki 24 unit Sukhoi SU-35 hanya -+ 2.000 juta US$.

    Oleh karena itu pihak Indonesia masih melakukan penawaran untuk pembelian 8 unit Sukhoi SU-35, karena perunit dari Sukhoi SU-35 dalam kondisi ‘komplit’ dapat mencapai US$165 juta. Harga tersebut sudah termasuk training, ground equipment, persenjataan, upgrade dan ToT.

    Sumber :
    * http://googleweblight.com/?lite_url=http://radarmiliter.blogspot.co.id/2016/12/tak-kenal-lelah-menawar-menhan.html&lc=id-ID&s=1&m=929&host=www.google.co.id&ts=1481754330&sig=AF9Nedk05iDKaDA-jrei0z5Q6to15PlunA

    * Janes.com (12/12/2016)

    * http://googleweblight.com/?lite_url=http://jakartagreater.com/su-35-china-lebih-canggih-dari-su-35-rusia/&ei=m4eUJ-qJ&lc=id-ID&s=1&m=929&host=www.google.co.id&ts=1481789649&sig=AF9NedmLFe7XwbnW9PNlT4O3uK0yCWwLaQ

    #ManaYangBenar?

  39. Di barter sama syahnini, dewi persis dan raisah cukup gak ya….?

  40. Mo gmn lg… semoga…

  41. Akhirnya,, wuihhh titik terang kah ini?

  42. Qt sudah deal beli 2ska su35 dg bang rusky. Utk tahap awal qt beli 8 dl. #edisimimpibasah

  43. F22 Raptor idolaku dah deket. KFX siluman biarin ajah. Hahaha

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)