Nov 172016
 

morsi

Mantan Presiden Mesir Mohammed Morsi akhirnya lolos dari hukuman mati, setelah Mahkamah Agung (MA) Mesir mencabut vonis mati tersebut. Namun, MA memerintahkan agar Moersi disidang kembali terkait kasus pelarian besar-besaran dari penjara pada tahun 2011.

Meskipun tidak jadi dihukum mati, namun Moersi masih harus menjalani hukuman penjara untuk beberapa kasus lainnya. Mohammed Morsi terpilih sebagai presiden pada tahun 2012, setelah unjuk rasa massal berhasil menggulingkan Presiden Mubarak. Namun setahun kemudian Morsi dijatuhkan oleh militer menyusul aksi unjuk rasa yang menentang kepemimpinannya.

Pada Januari 2011, Morsi sedang ditahan di penjara Wadi Natroun ketika sekelompok pria bersenjata menaklukkan para penjaga dan membebaskan ribuan orang.

Dia bersama para terdakwa lainnya -termasuk pemimpin spritual Ikhwanul Muslimin, Mohammed Badie- juga diyatakan bersalah menculik dan membunuh para penjaga serta merusak maupun mencuri gudang senjata penjara.

Bulan Juni 2015, pengadilan -setelah berdiskusi dengan Mufti Besar Mesir, Shawi Allam- mengukuhkan hukuman mati atas Morsi dan 98 terpidana lainnya.

Belum jelas alasan Mahkamah Agung dalam membatalkan keputusan hukuman mati tersebut namun seorang pengacara Ikhwanul Muslimin mengatakan ‘hukum diterapkan dengan benar, “Keputusan sudah diperkirakan karena (hukuman Morsi) secara hukum cacat,” ujar Abdel Moneim Abdel Maksoud, dikutip dari kantor berita Reuters.

Para pendukung Morsi berpendapat bahwan pengadilan atas Morsi dan para pemimpun maupun anggota Ikhwanul Muslimin lainnya bermotif politik sebagai upaya hukum untuk menutupi kudeta. Keputusan Mahkamah Agung Mesir pada hari Selasa juga membebaskan dua putra Hosni Mubarak.

Sumber : BBC

Bagikan:

  6 Responses to “Pengadilan Mesir Batalkan Vonis Mati Mohammed Morsi”

  1.  

    “setelah unjuk rasa massal berhasil menggulingkan Presiden Mubara”

    kemaren disini jg mau kejadian spt itu, untung gk di bolehin nginep 😀

    btw, seandainya jokowi seorang erdogan mungkin banyak militer,pejabat publik, guru dll yg tidak sepaham di jebloskan kepenjara. tp untungnya dia tidak tirani dan diktaktor

  2.  

    cie yg pks

  3.  

    alhamdulillah. semoga yang terbaik untuk rakyat mesir.

  4.  

    ah kata siapa IM temenan ama syi’ah houthi ada dasarnya nya gak? atau hanya asumsi saja? 🙂

  5.  

    Fitnah aje Lo tong kerjaan nya

 Leave a Reply