Pengalaman Mantan Pilot USAF Terbangkan Pesawat MiG-29

Jakartagreater.com  –   Jet tempur MiG-29, yang dikembangkan di Uni Soviet pada 1980-an, masih digunakan di 29 negara di seluruh dunia. Setidaknya 200 pesawat MiG-29 yang dimodernisasi saat ini dalam pelayanan Angkatan Udara Rusia.

Majalah Amerika National Interest mengutip pernyataan mantan pilot Angkatan Udara AS (USAF) Guy Razer, yang memuji karakteristik kinerja jet tempur MiG-29 buatan Soviet.

Outlet berita itu mengingatkan bahwa meskipun MiG-29 telah melakukan penerbangan perdananya pada tahun 1977, pesawat tersebut tetap menjadi “salah satu dari pesawat tempur paling banyak di dunia”.

Pada tahun 2001, Letnan kolonel USAF Razer melatih pilot Polandia, 2 tahun setelah Polandia bergabung dengan NATO dengan “membawa pasukan besar pesawat tempur buatan Soviet ke dalam aliansi”, termasuk MiG-29, dirilis Sputniknews.com, Senin 2-11-2020.

Pesawat MiG-29. (@ Russian MoD)

Dia mengatakan bahwa selama salah satu penerbangan pelatihan, dia berada di kursi belakang memimpin MiG-29 dan menemukan bahwa dibandingkan dengan F-15E yang biasa dia gunakan, pesawat tempur buatan Soviet “sangat bermanuver saat dibutuhkan tetapi  membutuhkan banyak bahan bakar untuk mewujudkannya “.

Terlebih lagi, Razer kemudian memiliki kesempatan untuk sebentar menerbangkan MiG-29 sendiri, mendorongnya untuk sekali lagi mengakui kemampuan manuver jet tempur yang tinggi meskipun pesawat tersebut “kurang dalam kesadaran situasional dan jangkauan secara keseluruhan dibandingkan dengan jet NATO kami”.

Pesawat MiG-29. (@ Russian MoD)

MiG-29 adalah pesawat tempur multiperan generasi keempat, dengan modifikasi serial pertamanya memasuki layanan dengan Tentara Soviet pada tahun 1983.

Saat ini Angkatan Udara Rusia memiliki sekitar 200 MiG-29 yang telah dimodernisasi dengan mesin yang ditingkatkan kemampuannya, radar modern, dan sensor pencarian dan pelacakan inframerah, serta kapasitas bahan bakar yang sangat meningkat.

TERPOPULER

3 pemikiran pada “Pengalaman Mantan Pilot USAF Terbangkan Pesawat MiG-29”

  1. Pesawat tempur Russia ..Mig 17 … Mig 21 Dan Mig 29 Memang bagus sekali Dan diakui test pilot Dari USA Dan …Perancis.
    Mig 17 juga banyak sekali mengalahkan pesawat tempur USA di Vietnam.
    Tapi USA tidak mau mengakui ini… ace nya Vietnam Lebih banyak Daripada ace nya USA..

Tinggalkan komentar