Sep 192014
 

Merujuk pada perjanjian Landas Kontinen antara RI-Malaysia yang disyahkan di Kualalumpur 27 Oktober 1969 masing-masing pemerintah RI oleh Mentaben Prof Dr. Ir. Sumantri Brodjonegoro dan pemerintah Malaysia oleh Penguam Negara Abdul Kadir bin Jusof. Kemudian Idonesia meratifikasi dengan Keppres No.89 Tahun 1969 tanggal 5 Nopember 1969 (Lembaran Negara 1969 No. 54) telah disepakati penetapan 25 titik coordinat yaitu: 10 titik di Selat Malaka, 10 titik di Laut Natuna dan 5 titik di utara Tanjung Datok, wilayah Prov Kalbar.

 

Dimana Garis Pangkal (baseline 21) pada coordinat 109º 38´ 8? BT- 02º 05´ 0? LU (± 210 meter dari pantai utara Tanjung Datok) yang dilengkapi dengan Base Point 35 atau Titik Dasar (TD.35) atau Titik Ikat di pantai Tanjung Datok, telah di depositkan di lembaga internasional PBB.

 Patok Dishidros TNI AL pada TD.35 Tahun 2005 tergusur abrasi pantai, berkat kepedulian Babinsa Tanjung Datok dan masyarakat binaannya, patok itu dapat diselamatkan, ± 5 meter dari kedudukan patok semula, dibangun Pos Babinsa Permanen Tanjung Datok, dari hasil Swadaya.

Pembangunan MercusuarMalaysia Mei 2014 itu jika mengacu pada MoU Indonesia-Malaysia di Kualalumpur 27 Oktober 1969, Pasal 1, ayat (1), point A, dinyatakan bahwa Base Line 21 di Tanjung Datok telah disepakati pada coordinat 109º 38’ 8” BT – 02º 05’ 0” LU, sedangkan Mercusuar Malaysia yang dibangun di wilayah Laut Teritorial Indonesia di coordinat 109º 38’ 8,70” BT – 02º 05’ 0,3” LU. Terdapat selisih hitungan 5,70” BT – 0,3” LU (masuk wilayah Laut Teritorial NKRI sejauh ± 1.390 meter, atau ± 800 meter dari pantai terdekar di Tanjug Datok Indonesia).

Sementara itu, sesuai Konvensi Hukum Laut Internasional (UNCLOS 1982) dalam Pasal 80 secara tegas telah disebutkan bahwa: “negara yang mempunyai hak berdaulat di Landas Kontinen dan Hak Eksekutif untuk membangun dan memiliki kewenangan serta pengaturan instalasi (mercusuar) di atasnya; adalah Negara Kepulauan seperti NKRI”.

Oleh karena itu saya tidak mengatakan bahwaBeacon yang dibagun oleh fihak Malaysia di wilayah abu-abu (wilayah sengketa),hal ini bisa membuka celah hukum dan Malaysia akan menuntut ke mahkamah internasional atas wilayah abu-abu itu. Demikian jawaban Kasilistra Pendam XII/Tpr Mayor Inf Drs. Umar Affandi, M.H atas pertanyaan Presenter pada acara Berita TNI AD di Studio ANTV Wisma Antara Jl. Merdeka Jakarta Selatan Lantai 9,pada segmen Dialog dengan tema “Pangamanan Perbatasan di Tanjung Datok, Kalimantan Barat baru-baru ini.

Pertanyaan Presenter ke dua: “seberapa penting perbatasan bagi suatu negara, khususnya dikaitkan dengan kedaulatan NKRI” ?.Jawaban narasumber yaitu bahwa: “batas suatu negara penting ketika pemerintah telah menjadikan wilayah perbatasannya sebagai halaman depan negara. Oleh karena itu batas negara menjadi sangat penting jika dihadapkan pada kedaulatan negara, karena hal ini berkaitan dengan multiplayer efect, misalnya dalam pengelolaan Sumber Daya Alam, penyusunan Rencana Umum Tata Ruang Nasional, Pangamanan Perbatasan dll”.

Pertanyaan ketiga: “mungkinkah pelanggaran batas negara menjadi sumber konflik seperti Israel dengan Palestina”. ? Jawaban narasumber: “harus kita bedakan antara pelanggaran batas negara dengan konflik Israel-Palestina.

Dimana konflik tersebut dipicu adanya aksi penculikan warga Israel oleh Palestina, dibalas dengan penculikan warga Palestina oleh Israel. Eskalasinya berkembang menjadi konflik bersenjata. Sedangkan pelanggaran batas negara bisanya berupa: perkebunan lintas batas negara, perusakan patok tanda batas negara, penghilangan patok, bahkan penggeseran patok sehingga salah satu negara wilayahnya berkurang. Oleh karena itu persoalan antara Indonesia dengan Malaysia selaku sesama anggota Asean tentu saja dapat diselesaikan via forum diplomatik.”

Pertanyaan ke empat: “strategi apa untuk menghindari ancaman “? Jawaban narasumber: “melalui Operasi Pengamanan Perbatasan Darat Indonesia-Malaysia, sebagaimana diatur dalam Perkasad /94/XI /2009, maka strategi yang dilakukan guna menghindari ancaman wilayah perbatasan negara kita adalah: a) Mencegah upaya peluasan wilayah darat negara kita oleh negara lain yang berbatasan langsung dengan NKRI. b) Mencegah kegiatan infiltrasi dari negara lain, yang akan melewati wilayah perbatasan darat dengan NKRI. dan c) Mencegah pemanfaatan wilayah perbatasan negara sebagai titik pertemuan aktifitas terorisme internasional. Serta d) Mencegah semua kegiatan illegal (illegal action) melalui perbatasan darat dengan NKRI dll”.

Pertanyaan Presenter pada sesien terakhir yaitu: “kehadiran imigran di wilayah perbatasan Indonesia, menguntungkan atau merugikan kita” ?.Jawaban narasumber bahwa: “berbicara tentang untung atau rugi, maka kehadiran imigran di wilayah Indonesia tentu saja dapat merugikan kita, karena akan menjadi Pekerjaan Rumah(PR) bagi pemerintah Indonesia”.

Indonesia Bertindak.

Usai talk show, narasumber menjelaskan bahwa: “aksi negeri Jiran ini sontak membuat Indonesia bertindak,  sebagai langkah awal TNI AL mengerahkan 1 kapal perang kelas Korvet, KRI 877 Sutedi Senoputro, Kapal dengan Meriam dan Torpedo ini juga mengangkut tim Hidro Oceanografiuntuk melakukan survei dilokasi BeacondanTNI AL mengirim pesawat intai amfibi Casa U621 yang bertugas untuk memonitor lokasi tsb.

Berikutnya TNI AL mengerahkan 3 unit kapal perang  dan berusaha mendekat ke lokasi pembangunan Beacon,  Upaya TNI ini membuat Kru pembanguan Beacon dan kapal perang Malaysia yang bertugas mengawal pembanguanMercusuar itu, lari tunggang langgang, ini dilihat dari kepulan asap hitam yang keluar dari kapal perang Malaysia yang menandakan mereka pergi dengan buru-buru dan memacu kecepatan kapal sekencang mungkin.

Yang menjadi pertanyaan mengapa kapal perang Malaysia terkesan kabur saat didekati oleh kapal perang Indonesia? bukankah dulu mereka menampilkan sikap arogansi saat sengketadi Karang Unarang (Ambalat) yang membuat harga diri bangsa kita benar-benar dipandang sebelah mata oleh Malaysia. Menurut kabar dari TKP di perairan Tanjung Datok, ternyata kapten kapal Malaysia Fauzi mengidentifikasi ada beberapa kekuatan bawah laut dari pihak TNI AL yang ternyata diam-diam telah mengepung mereka, bahkan kontak dari kapten kapal kepada petinggi TLDM ternyata sia-sia karena kekuatan tidak terlihat dari pihak Indonesia telah mengintercept komunikasi mereka, wow…pantas ia kabur dengan terburu-buru.

Yang menjadi pertanyaan berikutnya, untuk apa Beacon ini mereka buat? tentu saja banyak yang bisa didapat oleh Malaysia jika berhasil memasang peralatan di wilayah ini, salah satunya  sebagai bukti pendukung jika suatu saat mereka kembali  mengajukan masalah ini ke mahkamah internasional di PBB, tapi tunggu dulu…. menurut analisa saya, ternyata itu bukan Beaconsembarangan, pembanguan ring ini bukan murni untuk dudukan Mercusuar, tetapi akan digunakan untuk kepentingan TLDM, dimana di ring ini nantinya akan diinstall berbagai Alutssista.

Kapten kapal Malaysia Fauzi menerangkan bahwa pembangunan Beacon ini atas perintah Kerajaan dan jika sudah selesai membangun di Tanjung Datok pemerintah Malaysia berencana akan membangun 6 unit yang sama dan 1 unit diperairan Sebatik Kalimantan Timur.Demikian kata salah seorang penjaga Suar Tanjung DatokberinisialBS dari Dinas Perhubungan Laut Wilayah III/Ptk,yang didampingi anggota Satgas Pamtas Yonif 143/TWEJ berinisial Serda SG.

Authentikasi : Kasi Pensat Penerangan Kodam XII/Tpr Mayor Arm Muskardi A.Md

Sumber : www.kodam-tanjungpura.mil.id

Bagikan:

  104 Responses to “Pengamanan Perbatasan di Tanjung Datok Kalimantan Barat”

  1.  

    selamat pagi,..

    ijin nyimak

    •  

      Wah…jd makin percaya klo armada KS indonesia yg ghoib2 itu bnyak. Di tulisan di atas disebutkan kapten fauzi TLDM mengidentifikasi “beberapa” kekuatan armada bwh laut tni al yg mengepung mereka. Kata2 beberapa menunjukkan berrti KS indonesia yg mengepung itu bnyk, makanya kpl prng mlysit lari terbirit2. Jd bangga liat armada KS tni al yg ghoib2. Makin yakin dgn ndan PS dgn sgla clue nya. Colek ndan PS utk hadir bakar menyan dulu… tolong dibabar dimari scra rinci ndan PS, waktu itu KS type apa aj yg terlibat & KS type apa yg canggih banget bs mengintercept komunikasi kpl tldm??? Mhn babaran & penjelasan ndan laksamana PS…

  2.  

    Amankan bung!

  3.  

    Mantap one

  4.  

    Selamat pagi….

  5.  

    tu hantu bawah lautnya banyakkan?,jadi pada lari tunggang langgang deh!

  6.  

    laksanakan..!!

  7.  

    wooow kreeen 🙂

  8.  

    Mau bikin 6 lagi boleh tapi di kualalumpur…kalo diwilayah NKRI nanti saya cat lagi warna MERAH PUTIH.

  9.  

    keduluan terus hehehe

  10.  

    waspadalah, Ternyata pembangunan beacon di tj.datok itu atas perintah kerajaan malon, dengan rencana busuknya untuk memprovokasi dan mengintervensi wilayah NKRI, disini sudah terlihat jelas bhw kerajaan maling tsb adalah bahaya laten, yg mengancam RI, karena itu pemerintah RI tidak cukup hanya bersikap ” tegas ” saja !!!

  11.  

    lo kan…mirip.dengan ulasan bung ps…

  12.  

    @bung ps.jalo.ss.pr.nr.pw.gue.moel.sby.dll..sampai sekarang kok masih belum di robohkan ya ? apa pertimbanganya?

  13.  

    lanjutkan

  14.  

    eh ….absen SEBELAS. MANTAB

  15.  

    Harusnya di salvo pake yakhont tuh kapal perang malon…

  16.  

    Kalau dikabarkan cuma 2 kapal selam, sepertinya hebat sekali itu 2 kapal selam dalam waktu singkat dapat menjangkau seluruh wilayah rentan konflik di Indonesia.
    Kapal selam memang alutsista strategis yg termasuj paling dijaga kerahasiaannya dalam banyak hal. Sudah alamnya / sifatnya yang memang rahasia (berjalan diam-diam di bawah permukaan).
    Jayalah TNI khususnya dalam hal ini TNI-AL dan satuan bawah permukaannya.

    •  

      Ya.. namanya aja KS ghoib walaupu cuman 2 cakra dan Nanggala tapi bisa kemana mana diseluruh perairan NKRI.. malahan bung @yayan pernah nyampaikan clue kalo KS kita pernah memisah perang air antara kapal penjaga pantai Vietnam dengan armada coasguard China di perairan LCS di artikel sebelumnya..

      biarlah mereka mengira – ngira jumlah KS TNI yang pasti jumlah dan jenis harus tetap ghoib, kalo berurusan dengan barang ghoib maka semuanya akan keder/ takut kualat, he..he..

      jangan mesam mesem bung PS.. he.he..

  17.  

    Maap bung PR ane mau nanya apakah ada kemungkinan sabah dan serawak gabung ke pangkuan NKRi,…

  18.  

    mikkiiiiiiirrr !!!!!!!!!!

  19.  

    mantap,,,slam knal bung cucu,,kabar hantu laut mulai keluar truss di akhir pemerintahan pak sby,ada apakah gerangan…..? he..he..he

  20.  

    Ya memang KS kita cuman 2 biji kok.tapi 2 dan teman teman.
    itulah namanya pauka ghoib….silent killer

    mantap jayalah TNI ku Jayalah NKRI

  21.  

    ikut bung Wkl pada mikir

  22.  

    hihihi.. kalo bukan 2 terus maunya berapa sih, sabaar jangan malu.. yg tiga lagi dibikin.

  23.  

    Menurut kabar dari TKP di perairan Tanjung Datok, ternyata kapten kapal Malaysia Fauzi mengidentifikasi ada beberapa kekuatan bawah laut dari pihak TNI AL yang ternyata diam-diam telah mengepung mereka, bahkan kontak dari kapten kapal kepada petinggi TLDM ternyata sia-sia karena kekuatan tidak terlihat dari pihak Indonesia telah mengintercept komunikasi mereka, wow…pantas ia kabur dengan terburu-buru.

    wow pernyataan resmikah ini? mohon pencerahannya sepuh warjag?
    NB jum’atan dulu.

  24.  

    wani piro..

  25.  

    ya sudahlah gak usah dibesar-besarkan, toh itu lebih besar brada di perairan RI ko.
    anggap saja sentilan buat kita, dan adik yg baik memberi peringatan dengan caranya sendiri atau berbeda dari logika ita.. gak usah diruntuhkan sayang…udah cape adik manis bantu bangun buat kk terkasih jagan disia siakan doong.. kalo dipasang ladar maritim plus rudalnya itu sepertinya cocok

  26.  

    Ha..ha..
    Kl gini kan enak bacanya…
    Bahasa keren nya “mak jlebb…” 😀

  27.  

    Logika tdak mesti harus terlihat dulu baru percaya yg namanya itu logika, tapi harus percaya dgn materi antara luas dan suatu kebutuhan. Indonesia itu luas dan dikelilingi lautan mana mungkin KS nya ada dua, ditambah dgn adanya event hut tni sekala besar dgn menampilkan alutsista masing2 matra… salah satunya menampilkan kapal selam…. inilah yg namanya materi logika, mana mungkin ks indo ada 2 sdngkan antara 1 nya ikut event. trus yang jaga rumah sopo…..? Hehehehe. Salut sama TNI AL love NKRI. Jgn tunjukin kehebatan kita, tapi kalau perang itu ada kita siap melayaninya. Damai itu indah, perang itu musibah….. lu geser patok gue sikat. Semoga selalu damai. Aminnnn

    •  

      ssstt…. kalo sudah tahu cukup bilang dua aja bung, biarkan saja negara lain bilang apa, judulnya TNI kita hebat.
      dua, tiga, sepuluh atau empatpuluh delapan juga gak masalah, malah bagus dan tidak harus diperdebatkan lagi.. cukup bung PS yg tau jumlahnya brapa. hehe..

      mbah bowo kemana yaa, blm kelihatan… bakar menyan dulu aaahh

  28.  

    Selain pada itu, saya melihat kita bisa belajar dengan malaysia bagaimana negara tsb sudah mempunyai siasat untuk membangun mercu suar di daerah sengketa. Rencananya selain di tanjung datuk juga di daerah sengketa lainnya di pulau sebatik kalimantan utara. Secara de facto, pembangunan mercu suar tsb sdh menandakan bahwa malaysia sdh ekstensi disana spt diutarakan diatas “salah satunya sebagai bukti pendukung jika suatu saat mereka kembali mengajukan masalah ini ke mahkamah internasional di PBB”. Jangan sampai kesalahan kita di sipadan dan ligitan terulang lagi. Saya juga concern dengan masalah perbatasan kita dengan timor leste krn mereka malah lebih agresif melakukan pembangunan di daerah sengketa dgn kita.

  29.  

    Ane Hadir ndan semua , lagi tunggu JOE anak semenanjung ….. , mana niih kok g nongol ,

  30.  

    malaysia sungguh “menggemaskan”

  31.  

    wkwkwkwk,..

  32.  

    wkwkwkwk,..

  33.  

    Apakah ada KS Malon yg udah jadi Rumpon?

  34.  

    Nah yang jadi pertanyaan saya, apakah tuh tiang malon sekarang masih berdiri atau udah dirobaohkan? Jgn hanya dipasang bendera Merah putih saja… sebab kalo sampe maju ke pengadilan Internasional, tuh tiang bisa dianggap aset malon dan menguntungkan malon.

  35.  

    Kalau aku mau bicara keberukkan malon sampai tujuh turunan, tujuh tanjakan tidak habis.jadi fikirkan masaalah malingsia dari memikirkan Indonesia. kita lihat saja nanti berapa hutang malon sampai kerajaan tak ader wang buat beli senjata

  36.  

    Hanya utk menghalau SATU kapal TLDM, Indon menghantar armada KS dan korvetnya beberapa buah.
    Memalukan bangat dan armada KS nya mudah terdeteksi yah.
    Kihkihhhh

  37.  

    Indon cinta damai?
    Dwikora?
    Trikora?
    Wakakaaaa

  38.  

    @cebeg
    ceritanya lebih seram dan mengasikkan bung di banding versi blog nya. Karena posisi lat trimatra adalah 100km lbh. Cma karena Mereka sering masuk ya sdh di peringatkan msh ngeyel terpaksa di “Bina”. Namanya Pemburu tdk pernah bawa “bagasi” krn bakal hambat gerak tim,klo sdh puas Peras Cucian ya lsg buang. Mslh mrk masuk 10km dlm 1!jam mah hal kecil,kami mlh masuk smpai markas mrk trs taro “Dog Tag” di meja komandan mereka tanpa di deteksi. Mereka itu kalo Latgab dg kita “curang” mulu,makanya para shiruken malas latian dg mrk,lbh enak sparing sma cina,AS,Ausie,Rusia krn kita blh eksplor kemampuan kita vs mereka maksimal. Kalo Malaysia-singapore slalu minta jgn pake munisi tajam,tp krn anak2 udh pd bete kadang di selipin MTj diantara Blank munition.. hehehe

    #trol malon ga ush ditanggapin,nti mrk jg nyesel klo @satrio bekep mrk pnya situs.
    #scorpene nya udh bsa nembak terpedo blm pak cik?

  39.  

    Ngemeng aja lu kayak tamu

  40.  

    “Jangan bilang cantik sebelum ber make up ” itulah pribadi anda…..hahahhahahaha..hahahhahahah

  41.  

    Lama2 eneg juga ngebaca koment malingsia citizen, mohon ditertibkan bung admin

  42.  

    Berdasarkan penelitian school of sciences university of paisley scotlandia, yang diterbitkan oleh biological psychology ditemukan hubungan antara aktifitas sex dan potensi penurunan tekanan darah serta pengurangan frekwensi stress pada manusia.

    Bila ternyata kelakuan anda saat ini masih STRES perlu di telusuri, apakah anda melakukan sex dengan manusia atau bukan?? Atau malah anda tidak pernah merasakan nikmatnya sex sehingga otak anda tidak sehat akibat tekanan darah yang tersuplai ke otak terlalu banyak…. 😀

  43.  

    kalo ane cuma mau bilang Bravo KRI Ghoib “Tabah Sampai Akhir” hehhee
    salam bung PR,bung PS,Bung Nara,Bung Jalo,Bung Diego para sesepuh semuanya dan juga para penjaga amanat rakyat pembela tanah air dan NKRI yg sebentar lagi berulang tahun

 Leave a Reply