Pengembangan JF-17 Blok-III Masuki Babak Baru

15
15
Jet tempur JF-17B/FC-17B yang dikembangkan bersama China-Pakistan melakukan terbang perdana. © FYJS

JakartaGreater.com – Menurut laporan dari sumber berita China menunjukkan bahwa Chengdu Aircraft Industry Group (CAIG) telah mencapai tonggak baru dalam pengembangan JF-17 Thunder Block-III yaitu memasuki “tahap perancangan awal”, seperti dilansir dari laman Quwa.org.

Blok-III dijadwalkan sebagai upgrade besar bagi jet tempur JF-17 yang melibatkan subsistem elektronik baru, termasuk radar AESA, sebuah sistem pernika (EW) terpadu, sistem kendali terbang otomatis fly-by-wire (FBW) dan helmet-mounted display and sight (HMD/S).

Menurut Sina News, CAIG telah berhasil menentukan konfigurasi optimal untuk subsistem baru Blok-III, dan memastikannya memberikan peningkatan kemampuan yang nyata.

Perubahan yang dilaporkan meliputi modifikasi pada badan pesawat untuk radar AESA yang kemungkinan merupakan modul transmite/receive (TRM) baru dari Nanjing Research Institute of Electronics Technology (NRIET) – terkait dengan sistem EW- yang disematkan di badan pesawat dan perubahan “orientasi dari pipa ventilasi kokpit”.

KLJ-7A, radar AESA canggih buatan China yang akan disematkan pada pesawat tempur JF-17/FC-17 Blok III. © NRIET

CAIG melaksanakan pekerjaan pada jadwal yang relatif padat, yang berpotensi menyelaraskan dengan rencana Angkatan Udara Pakistan (PAF) untuk memproduksi JF-17 Thunder Blok-III pada tahun 2019 atau 2020.

Saat ini, PAF bermaksud untuk mendapatkan 50 jet tempur JF-17 Blok-III.

15 COMMENTS

LEAVE A REPLY