Oct 302014
 
Kapal Trimaran KRI Klewang yang terbakar dibangun lagi

Kapal Trimaran KRI Klewang

Kapal perang X3K dibangun oleh pembuat kapal asal Swedia, North Sea Boats yang berbasis di Indonesia dan dirancang sebagian oleh pembangun kapal terkenal, LOMOcean Desain LTD. Tujuannya adalah untuk membangun kapal perang siluman, berkecepatan tinggi, kapal multi-peran rudal yang bisa mendominasi peraiaran pesisir Indonesia.

Dengan panjang 63 meter, X3K ini bukan kapal patroli kecil, dan dengan model lambung trimaran yang bisa memecah ombak serta mesin kembar MJP 550 jet air, kapal ini bisa bersaing dengan kapal yang lebih kecil dan bahkan mengikuti mereka ke daerah di mana kedalaman air hanya enam meter. Kapal ini didukung oleh empat mesin diesel MAN12 yang masing-masing mengeluarkan 1,800hp, yang dapat mendorong kapal mendekati kecepatan 40 knot selama melakukan sprint. Dalam mode jelajah (cruises) kapal melaju pada kecepatan 16 knot meski di gelombang tinggi dan memiliki jangkauan lebih dari 2.000 kilometer.

X3K bisa dikatakan memiliki desain yang sangat siluman, dengan dua set modul peluncur empat tabung rudal anti-kapal yang tersembunyi di balik panel datar di atas dan di belakang bridge kapal. Delapan rudal anti-kapal C-702 China dapat digunakan untuk target berukuran menengah dan kecil, atau terhadap sasaran-sasaran yang lebih besar, jika ditembakkan dengan mode salvo. Alternatif lainnya adalah memasang empat rudal jelajah canggih yang mematikan RBS-15 Mk3 buatan Saab yang dapat digunakan untuk menyerang, baik kapal-kapal besar dan target darat yang besar yang ditembak dari kejauhan.

Bagian belakang kapal dilengkapi ruangan peluncuran kapal boat yang dapat dengan mudah melepas atau memasukkan kapal berkecepatan tinggi (RHIB) dengan panjang 11 meter. Sebuah meriam Bofors Advance 40mm dipasang di atas bridge (ruang kontrol) kapal, untuk terlibat dalam pertempuran permukaan dan udara, termasuk menjadi sistem senjata (CIWS) utama, dari kapal. Kabarnya bahwa torpedo dan sistem rudal pertahanan anti-pesawat juga dapat diakomodasi, semua terselubung di balik kulit kapal siluman ini.

Senjata kapal dipandu radar kualitas tinggi Sea Giraffe 1X 3D yang mampu melakukan pendeteksian udara dan permukaan. Fire control director Ceros 200 buatan Saab juga dipasang di atas bridge, dan sistem ini mampu mengarahkan tembakan atau memberikan solusi penargetan terhadap pesawat musuh. Keunikan sensor dan konfigurasi senjata ini memberikan peningkatan line-of sight dari sensor kapal dan sudut tembak yang lebih baik untuk meriam kapal.

Semua sistem ini terikat ke dalam “open arsitektur” sistem manajemen tempur (CMS) 9LV Mk4 series buatan Saab, yang mana komandan kapal X3K dapat mengintervensi dengan sebuah pusat informasi tempur mini yang terletak di bagian belakang bridge yang modern (state-of-the-art). Secara total kapal sangat otomatis ini diawaki oleh sekitar 21 pelaut dan perwira, dan satu lagi kontingen 9 persona operasi khusus yang bisa diangkut dan dikirim bahkan bahkan untuk misi berdurasi panjang.

Seluruh paket X3K ini didesain untuk memiliki kekuatan powerfull namun elegan dan futuristik yang dibangun untuk mendominasi lingkungan tempur yang unik bersamaan dengan menyediakan signature control yang ‘seimbang’, daya pukul pertempura, dan biaya pemeliharaan/ bertahan hidup.

Misi untuk desain kapal radikal ini mencakup kontra-pembajakan, penyundupan narkoba, keamanan pantai, operasi khusus, serangan permukaan, anti-terorisme, pengawasan, kontrol wilayah laut dan penegakan aturan penangkapan ikan. Selain itu, kapal dapat digunakan untuk melaksanakan misi lain, seperti pembersihan ranjau, yang lambung komposit nya sangat disesuaikan dengan pekerjaan itu.

Model KRI Klewang yang baru

Model KRI Klewang yang baru

The Short Life of KRI Kelewang
Kapal pertama dari empat X3K Indonesia, direncanakan disebut KRI Kelewang, yang merupakan nama Indonesia untuk pedang tradisional yang panjang dan tajam, yang secara resmi diluncurkan pada bulan Agustus 2012.

X3K diresapi/ di-infus struktur busa serat karbon vinylester untuk kemudahan konstruksi, ketahanan korosi, ringan dan kekuatan tinggi, dan itu sangat berguna untuk meredam radar, termal, magnetik dan akustik kapal. Semuanya ini ditambahkan untuk mengurangi pendeteksian dan meningkatkan survivability, terutama di wilayah pesisir pantai yang berantakan dan berisik.

Satu hal konstruksi serat karbon X3K mungkin bukan ide yang bagus ketika kapal harus berurusan dengan api, setidaknya jika dibandingkan dengan desain kapal siluman baja tradisional. Setelah hanya tiga minggu percobaan laut yang sangat sukses, Kri Kelewang terbakar di pelabuhan, dan terbakar dengan cepat, benar benar menyerah pada api.

Tidak ada yang tewas dalam kebakaran, yang dikabarkan disebabkan oleh arus pendek dan diperparah oleh kenyataan bahwa peralatan pencegah kebakaran belum dipasang pada kapal yang masih bersifat percobaan. Beberapa mengklaim api cepat berkobar karena bahan komposit kapal, sementara yang lain mengatakan kapal aluminium juga akan terbakar secepat itu. Api mungkin bisa dihentikan dengan cepat jika ada alat pemadam yang memadai di dalam kapal.

Akibatnya program X3K ditunda tanpa batas waktu, tetapi sekarang kembali berjalan lancar, dengan perubahan material utama untuk struktur kapal yang dimasukkan ke produksi. Kali ini, perusahaan pertahanan raksasa Swedia Saab, menjalankan seluruh program dan mengatakan akan menggunakan teknologi sangat maju “senyawa nano-komposit” untuk struktur kapal, yang diklaim sangat tahan api.

Peningkatan Kualitas X3K KRI Klewang Class
Empat kapal masih tetap dipesan TNI AL, dan akan memiliki perangkat tambahan yang cukup besar dibandingkan dengan kapal pendahulunya. Ini termasuk sensor di tiang utama (mask) kapal, ruang senjata tersembunyi, dan persenjataan tambahan yang banyak diantaranya masih rahasia. Dek belakang kapal mungkin diperpanjang untuk menampung helikopter dan pesawat tak berawak, sebuah fitur yang mungkin penting ketika akan masuk ke pasar ekspor untuk untuk jenis kapal yang ramping.

Tergantung pada bagaimana hasil empat kapal pertama dibuat, Indonesia merencanakan memesan sampai 20 KRI Klewang, belum lagi prospek eksport untuk kapal trimaran siluman ini yang masih terbuka. Bahkan, kapal ini bisa melebihi kemampuan wilayah operasional kapal LCS AS yang tidak dirancang untuk beroperasi di laut dangkal, untuk deploy brown water operations.

Swedia, negara yang tampaknya menjadi master standar bangunan kapal tempur pesisir siluman, telah memiliki korvet Visby Class jenis mono-hulled yang juga program berjalan dari anak perusahaan Saab dan menggunakan banyak sistem yang sama seperti di X3K tersebut / KRI Klewang Class. Bahkan, meski bentuk kedua kapal sangat berbeda, namun akan memiliki kemampuan yang sama, meskipun Visby Class adalah desain yang lebih matang.

Korvet Visby Class

Korvet Visby Class

Sebuah versi Visby Class yang disempurnakan telah menjadi bagian daftar paling atas, untuk perubahan LCS (Litoral Combat Ship) secara parsial. Namun adaptasi dan pola pikir dari desain kapal pesisir di balik KRI klewang Class juga membuatnya menjadi pesaing yang sangat menarik. Hal ini juga tampaknya bahwa Klewang Class, setelah dikembangkan, mungkin lebih murah daripada Visby Class yang dibangun di negara asalnya, Swedia, bukan Indonesia.

Karena sudah ada rencana untuk meningkatkan kualitas keduanya, Visby Class dan Klewang Class, baik dengan dek penerbangan penuh dan fasilitas penerbangan di buritan, AS bisa membeli dua dari kapal yang telah ditingkatkan mutunya itu, dengan biaya pembuatan satu Littoral Combat Ship versi AS. Hal ini akan memungkinkan Angkatan Laut AS untuk mendapatkan kapal yang tepat di tengah banyaknya tawaran kapal LCS dari yang berukuran besar hingga kecil.

Program LCS AS dibatasi
Terjadinya over budget dan kemampuan Program LCS Amerika serikat yang di bawah standar, membuat Pentagon membatasi pembuatan kapal ini dari 52 menjadi 32 kapal, sebuah tindakan yang telah dipikirkan lama dan terlambat. Jika program selanjutnya dipotong menjadi total 12 kapal, enam untuk Freedom Class dan enam untuk Independence Class, maka dana dari 40 LCS yang tidak dibangun dapat digunakan untuk pembangunan seperti yang telah diuraikan di atas.

Jika dana dari 40 LCS itu diolah, dengan biaya rata-rata $ 500 juta per kapal, dan tambahan $ 200 juta untuk semua modul kapal, maka akan ada dana sekitar $ 24 miliar tersedia, dan itu artinya, ada penghematan $ 100 juta untuk produksi setiap kapal dari perkiraan konservatif kami.

Dengan $ 24 miliar, Angkatan Laut AS, bisa mendapatkan 20 armada survivable, frigat multi-peran yang juga dapat memberikan serangan pertahanan wilayah udara dan permukaan over-the-horizon, bersama dengan sebagian besar peran LCS saat ini.

USS  Independence LCS

USS Independence LCS

Anda dapat mengutak atik struktur kekuatan seperti yang anda suka dan tentunya disesuaikan dengan budget yang tersedia. Namun sebuah gambaran yang jelas adalah, dengan pembatalan pemesanan sebagian LCS AS dan membeli kapal LCS yang lebih murah, hal ini masih menyisakan 80 persen kemampuan kapal LCS dengan biaya hanya sekitar setengahnya. Dana sisanya dapat dibelikan kapal real frigate multi-role dan patrol boat, sesuai dengan misi yang ditetapkan.

Dengan tambahan pengadaan real frigate multi-role, US Navy mendapatkan sebuah kapal yang masih dapat beroperasi beberapa derajat di daerah pesisir, yang juga masih sangat mampu menyerang musuh di balik cakrawala (OTHT) dan melindungi dirinya sendiri dan kapal di bawah payung defensif-nya sendiri tanpa perlu perlindungan kapal perusak atau cruiser pendamping. Dengan kata lain, Angkatan Laut mendapatkan kemampuan perang dan fleksibilitas operasi yang lebih baik dengan harga yang sama. Kemampuan independence class untuk operasi pesisir pantai benar-benar kurang dalam hal apa pun kecuali dalam lingkungan ancaman terendah.

Sebagai keuntungan tambahan dari pemotongan program LCS sampai 12 kapal, Angkatan Laut bisa membeli puluhan kapal patroli Mark VI yang benar-benar bisa berurusan dengan ancaman brown water, juga bisa mencapai/ menyelesaikan puluhan misi lebih pendek yang berorientasi pada perairan pesisir lainnya seperti force protection, kontra-terorisme, operasi khusus, narkoba dan senjata ilegal, keamanan perbatasan dan lainnya. Menggunakan LCS besar untuk melakukan banyak misi seperti ini, benar-benar berlebihan, dan juga secara pertimbangan ekonomi. Mengirim kapal pearang berharga $ 600 juta, untuk melakukan pekerjaan kapal patroli berharga $ 15 juta yang dapat melakukannya lebih baik berbuat lebih baik, dan dan beresiko rendah, adalah tindakan yang tidak masuk akal dan membuang uang pembayar pajak.

Kini kapal Klewang class yang sudah diupdate atau saudara dari kapal Swedia Visby Class, tampaknya mampu mengambil peran baru, di tengah persaingan dengan jenis-jenis kapal perang lainnya. (defence-update).

  60 Responses to “Kapal Perang KRI Klewang Jilid 2”

  1. Izin menyimak ndan…

  2. Mantab memang

  3. Lanjutkan

  4. …ditunggu penampakan versi up grade dgn jeroan sweden….

  5. Trimaran Jalan terus… buktikan kita mampu

  6. bakalan ngetrend nih model kayak gini 2015.

  7. Setiap melihat KapRang Klewang ada perasaan Bangga dng Design & Kemampuan kapal ini..

  8. Lanjutkan,….Salam para sepuh n warjager…sr.

  9. Gimana rasanya naik kapal ini ya…hull dari karbon fiber,GRT pasti kecil,dengan speed 16 knot,dan kondisi laut yang bergelombang,apa kagak mabuk laut crewnya yaa…..

    • Gross register tonnage (GRT) pada tahun 1994 telah diganti dengan Gross tonnage (GT) , yang adalah fungsi dari volume semua ruang kapal tertutup (dari keel sampai funnel) diukur ke bagian luar rangka lambung http://en.wikipedia.org/wiki/Tonnage. Tidak ada kaitannya dengan bahan material lambung kapal.

      KRI Klewang mempunyai lambung trimaran yg justru dapat membelah ombak sehingga lebih nyaman dibandingkan dengan lambung biasa.

  10. Artikel ini yg di tunggu2 dari minggu kemaren,, bung antonov mana yah,,,

    Lebih sangar KRI klewang klo semua sistem senjata bs masuk, termasuk ASW dan torpedo nya, apalagi ditambah rudal SSM RBS mk 15, berikut SAM nya,, dgn mode siluman,,, makin di takuti tetanga sebelah timur utara selatn dan barat daya,

    yg 12 unit sisa nya msh model KCR atau udah di perbesar ke bentuk korvet yah?

    • Dilihat dari panjang kapal 63 m, maka ruangan untuk senjata terbatas : 1 Bofors 40 mm, 8 C-705 atau 4 RBS-15, tidak ada tempat lagi untuk SAM atau torpedo ASW. Bofors 40 mm bisa diganti dengan CIWS 30 mm.

      Mungkin C-705 dikurangi jadi 4 untuk tempatkan torpedo ASW. Tapi bagaimana menempatkan sonar di hull trimaran?

      • Klo baca tulisan diatas
        # kabar nya bahwa torpedo dan sistem rudal pertahanan anti pesawat dapat di akomodasikan, semuanya terselubung dibalik kulit kapal siluman ini #
        Berarti blm pasti yah bung antonov, masih kabar nya…

  11. Pas banget buat laut kita,,,tp kok cuma pesan 4 biji

  12. Minimal 24 unit dan ada versi pakai rudal yakhont

  13. mantaappppp…..

  14. KRI Klewang emang dahsyat, tajam dan mematikan.

  15. KaLau negara kita sudah akrab begini dengan saab jangan2 grippen di akusisi juga , hadduh keceLe aku 🙁

  16. yang saya belum tahu, posisi kapal ini dalam doktrin pertahanan kita dimana ya? waktu itu kan sudah dibabar oleh bung PS. Apakah dalam role yang sama dengan KCR-KCR itu?

  17. nyimak nyambi sunah rosul….

  18. Mantab bener made in bumi osing…bukannya struktur bahannya campuran dr pasir lumajang ya. Mohon pencerahannya

  19. klewang ada rudal SAM nya ga ya??
    Mohon pencerahan…

    • Kayaknya belum ada SAMnya bung, PSUnya sepertinya “baru” Bofors 40mm mk4 saja yang dipasang (semoga jawaban saya salah)

      • cuma bofor bung?
        sudah cukup blm kira2 yak

        • Jelas sangat kurang…..
          Paling tidak harus ditambah CIWS 6 laras untuk menghajar rudal dan fighter supersonik, perlu juga ditambah medium SAM (mica atau aster) untuk menghajar target lebih jauh. Tapi untuk medium SAM sepertinya belum bisa diaplikasikan ke KCR klewang, yang paling mungkin adalah penambahan CIWS

          • Moga varian selanjutnya Bung bisa dipasangi pengaman diri sendiri..

            Kapal mahal, kagak ada pengaman pribadi yaa pa gak sasaran empuk

  20. Semoga ada suatu terobosan
    seperti dapat menembakan RBS-15 MK3 secara maksimal (200km) hanya menggunakan radar kapal tanpa menggunakan heli OTH.
    Kalo kemampuan ASW untuk KCR Klewang mungkin belum bisa ditambahkan.
    Dari beberapa sumber yang saya baca, senjata di haluan Klewang adalah Bofors 40mm mk4.
    Mungkin kedepannya perlu diganti menggunakan CIWS sekelas Goalkeeper atau Phalanx atau kalau nggak AK-630 yang versi stealth. CIWS mutlak diperlukan kapal cepat untuk perlindungan diri dari rudal anti kapal musuh (walaupun punya kemampuan stealth).

  21. Coba di-test lagi dengan percikan api, korsluiting listrik, tembakan peluru, ledakan kecil…. terbakar lagi enggak???

  22. Kata blogl sebelah, klewang disamakan dengan KS alias ghoib: jumlah dan pangkalannya. Blog militer ASU juga menuliskan article yang judulnya Dear US Navy kalau pengen beli Littoral cOmbat ship, beli yang seperti Klewang Class.

    • Tulisan artikel ini sepertinya terjemahan sebagian dari web ini: http://foxtrotalpha.jalopnik.com/dear-us-navy-the-futuristic-x3k-is-the-littoral-combat-1644205558

      Intinya adalah kritikan atas program LCS AS yang dipandang tidak efektif dan efisien mengingat dengan budget yang besar menghasilkan kapal yang sesungguhnya tidak sesuai untuk daerah littoral. Keunggulan klewang class adalah kecil, cepat, desain siluman, murah dan dapat dibuat di galangan kapal yang “sederhana”. Hal ini berbanding terbalik dengan LCS nya AS (Freedom and Independence class) yang mengalami overbudget dan diturunkan target pembangunannya dari 52 kapal ke 32 kapal.

      Disebutkan juga bahwa AS layak mempertimbangkan versi upgrade dari Klewang Class atau sepupunya (Visby Class) sebagai LCS yang “sesungguhnya”, yang dipandang akan lebih memiliki daya pukul di daerah littoral dibandingkan LCS AS (Freedom dan Independence class) saat ini.

      Tuh mantap gan, desain klewang class bahkan dipandang lebih mantap dibandingkan Freedom dan Independence class, dan disarankan untuk diambil oleh USA Navy…hehe

  23. Dari awal dan saat terjadinya kebakran saya enggak percaya kalo KLEWANG terbakar…..
    Terlalu banyak indikasi kalo KLEWANG YG TERBAKAR benar2 FIBERGLASS…..

  24. akhirnya yang buat jadi SAAB, bukan Indonesia lagi ya, mungkin joint production aja dengan negara kita, tapi untuk beberapa fitur penting tetap dipasok oleh SAAB Swedia.

    Nangsib2…..

    • Lah kan emang dari awal SAAB yang bikin ….

    • Akhirnya yg tenar dipenjuru dunia nama negri Swedia melalui SAAB nya, padahal asal usul yg menciptakan dn membuat klewang pertama kali adalah pt Lundin Invest Banyuwangi – Indonesia …
      Kok jadi terbalik ya …
      Bukankah dulu konon katanya mr john lundin menetap di bali itu dikarenakan dia kecewa terhadap pemerintah Swedia yg kurang perhatian terhadap perusahaan kapal dinasti Lundin yg berdiri sejak jaman kakeknya dahulu.
      Oleh krn itu beliau menetap di Indonesia (Bali) dn merintis dr awal lagi dgn mendirikan usaha perkapalan di banyuwangi dgn nama pt Lundin Invest tsb dn menciptakan serta membuat klewang I, tanpa bantuan Swedia …
      Lha ko skrg klewang nya jadi made in Swedia dn bkn made in Indonesia …
      Mudah”an ada pencerahan nih dr dr para sesepuh dn rekan warjag lainnya.
      Mf jika keliru …

      • PT Ludin khan memang punya pak ludin dan kebangsaan swedia, tapi engineer2 yg build itu kapal dari anak2 bangsa kita. klw saya kira2 awal mula kemunculan ini klewang karena ada blue print yg ditunjukkan ke TNI, trus kemudian dibuatkan sample fisik sesungguhanya dengan bahan agak murah(pak ludin & User maen gambling, memberi umpan ikan kecil untuk mendapat ikan besar). Truss ikan besar bilang ok saya pesen 4 dehh ngak jadi 3, selanjutnya nanti akan saya pesan hingga 24 unit untuk seluruh wilayah NKRI.hehe. IMHo.. Hanya my imagenation .:D

      • Bukan made in Swedia bung… tapi made in Swasta (Pt.Lundin). Yang nanti kedepannya kalo klewang jilid 2 ini berhasil, maka klewang-klewang selanjutnya akan ditingkatkan kandungan lokalnya sampe diatas 60%.

        CMIIW

  25. klo liat manuver uss independence di yusup mantep bgt dah ah,mdh2an kri klewang jg bs sehebat uss independence

  26. Ampun ndan…. mata kuliah 4 SKS yang bikin cenut-cenut. 😀

  27. Apa KRI klewang sdh lolos dari kelima persyaratan tsb bung PS?
    Klo misalkan ada benda lain di atas nya semacam UAV atau heli apa akan mempengaruhi sifat stealth nya?

  28. terimakasih bung PS atas ilmunya, bener2 dapet wangsit di malam jumat, hehe

  29. Maaf nDan PS,
    Yang datang ntar KRI Klewang 63m atau yg 92m ..?

    Maaf anak TK numpang tanya

  30. kapal masa depan,,,siluman,ramping,lincah,kenceng dan armanent lengkap

    naik kelas lah jangan masih sekedar KCR :mrgreen:

  31. mantabzzz…angkat jadi artikel ae ki 😆

  32. Ijin menyanjung dan memuji kpl perang kebanggaan Bangsa..

    DAHSYAATT..MANTAAB..

  33. Nyimak pencerahan para sesepuh, sambil jualan ayam di pasar.

  34. Kalo kapal2 stealt kayak gini,, saya kok jadi teringat film seri nya Hulk Hogan berjudul Thunder in Paradice.. hehehehe

  35. semoga cepat terlaksana dengan baik…..

  36. …kalo Bung PS udah tersenyum ijo-ijo di malam jumat lagi…..walah itu aku artikan nunggu delivery date-nya aja buat si klewang II jeroan sweden….

    salam hormat untuk Bung PS sekeluarga

  37. rekae moco tp kok yo ra mudeng2 ya..
    nice artikel bung, tambahan ilmu nie..terima kasih banyak..

  38. biar moto ora kesel nonton sikik video :

    http://www.youtube.com/watch?v=K-Cp4jIzVSM

    VS

  39. Dari segi teknologinya lebih hebat mana ya antara KRI KLEWANG dengan USS Independent?

  40. Prestasi Indonesia,patut diapresiasi.

  41. Artikelnya mantab ndan ps…walaupun mumet untuk diikuti otak kuli macam saya..hehe

  42. Kok mirip artikel ini ya bung PS troubadour-analisateknismiliter.blogspot.in/2007_09_01_archive.html?m=1

  43. troubadour-analisateknismiliter.blogspot.in/2007_09_01_archive.html?m=1

  44. Kabar kapal ini gimana ya? kok seperti ada bumbu bumbu konspirasi, janganlah ah~

 Leave a Reply