JakartaGreater.com - Forum Militer
Oct 042014
 

Selain pengadaan 16 jet tempur Sukhoi SU-35 dan 6 kapal selam Kilo, TNI juga sedang mendatangkan 8 Helikopter Apache Guardian, serta 12 helikopter angkut pasukan (multirole) Black Hawk. Tidak itu saja, tiga kapal selam Changbogo serta dua frigate Sigma 10514 juga dalam proses pengadaan. Bahkan frigate Sigma 10514 akan dibuat hinggak 10 kapal. Mulai kapal kedua, frigate Sigma akan dibangun di PT PAL Surabaya. (Harian Kompas, 03/10/2014).

Pengadaan Helikopter Apache dan Black Hawk oleh TNI (Data Kapal Selam Kilo Indonesia (Photo; Koran Kompas 03/10/2014)

Pengadaan Helikopter Apache dan Black Hawk oleh TNI (Data Kapal Selam Kilo Indonesia (Photo; Koran Kompas 03/10/2014)


Bersamaan dengan pengadaan helikopter Apache dan Black Hawk tersebut, digelar pula latihan perang antara TNI AD dengan US army di Situbondo, Jawa Timur. Latihan Garuda Shield tahun ini bisa dikatakan sudah termasuk skala besar dalam latihan taktik pertempuran di hutan, berupa pelatihan dan mengintegrasikan operasi Batalyon Mekanis (Stryker dan Anoa) dari tentara kedua negara.

Yang menonjol dari latihan berjangka satu bulan ini terutama dikirimnya empat helikopter serang Apache ke ujung timur Pulau Jawa.

Latihan Garuda Shield 2014 yang melibatkan helikopter Apache US Army di Situbondo, Jawa Timur (Photo by U.S. Army Sgt. Brooks Fletcher, 16th Mobile Public Affairs Detachment)

Latihan Garuda Shield 2014 yang melibatkan helikopter Apache US Army di Situbondo, Jawa Timur (Photo by U.S. Army Sgt. Brooks Fletcher, 16th Mobile Public Affairs Detachment)

Latihan ini memuncak dengan serangan Operasi gabungan helikopter Apache, Black Hawk, dan Stryker berdampingan dengan helikopter MI-35P Indonesia buatan Rusia, serta pasukan lapis baja Indonesia.

TNI, tahun depan akan menerima satu dari delapan Apache, versi Echo terbaru (Guardian), dan sisa diharapkan an dikirim hingga tahun 2017.

Beberapa pejabat TNI berencana menyebarkan empat helikopter Apache di Kepulauan Natuna, Laut China Selatan sebagai pelindung terhadap klaim China yang semakin tegas di perairan tersebut.

Keempat helikopter Apache dibawa ke Indonesia untuk latihan Garuda Shield, diterbangkan ke kota Surabaya untuk parade militer besar-besaran 7 Oktober, yang menandai ulang tahun ke-69 berdirinya TNI.

Meskipun penerbang Indonesia tidak pernah benar-benar menerbangkan Apache, namun mereka mengambil langkah pertama dengan mengakrabkan diri dengan helikopter tersebut.

“Kami mulai dalam apa yang kita sebut skenario merangkak-jalan-lari, yang kita mulai dengan pelajaran akademik, sosialisasi, hingga menerbangkannya,” kata Letnan Kolonel Hunter Marshall, 25th Aviation Regiment. Setelah itu kita bekerja melalui perencanaan, bagaimana melakukan misi bersama-sama.”

Letkol Marshall menggambarkan tentara Indonesia sebagai “penerbang yang sangat mahir,”. Ia menambahkan TNI akan memiliki pilot yang mampu menerbangkan Apache dengan cara yang hebat.

Selama latihan serangan udara tersebut, Apache dengan kemampuanya yang unik selalu masuk dalam skenario perang yang dibangun.

Chief Warrant Officer 2 Jesse Brenay Sr, salah satu pilot helikopter apache yang ikut dalam latihan penembakan itu, melakukannya berdampingan dengan pilot Indonesia. “Teknologi baru Apache akan menuntut para pilot Indonesia untuk menyesuaikan taktik dan teknik perang mereka”, ujar Brenay.

“Cara mereka berperang akan berubah”, ujar Brenay. “Semacam apa yang kami demonstrasikan di sini, mencoba untuk mengajarkan kepada mereka. Sistem komunikasi di Apache akan membuat komunikasi mereka dengan pasukan di darat, akan lebih baik.

Latihan Garuda Shield 2014 yang melibatkan helikopter Apache US Army di Situbondo, Jawa Timur (Photo by U.S. Army Sgt. Brooks Fletcher, 16th Mobile Public Affairs Detachment)

Latihan Garuda Shield 2014 yang melibatkan helikopter Apache US Army di Situbondo, Jawa Timur (Photo by U.S. Army Sgt. Brooks Fletcher, 16th Mobile Public Affairs Detachment)

“Jadi kita mengajarkan latihan perang yang mengintegrasikan pasukan udara dan darat,” katanya. “Ini semacam konsep baru bagi mereka. Ini sesuatu yang kami lakukan dengan sangat baik dalam 13 tahun terakhir di Irak dan Afghanistan, jadi kita menyampaikan pelajaran. ”

Integrasi Apache adalah “alasan besar kami di sini,” kata Brenay.”. Apache membawa mereka ke dalam status baru di wilayah ini karena tetangga mereka mulai meng-upgrade alutsistanya, dan saya pikir mereka ingin menjaga kekuatan TNI. Ini adalah kemajuan besar untuk mereka. ”

Jepang, Korea Selatan dan Singapura adalah salah satu negara yang telah membeli Apache dari Boeing.

Brenay dijelaskan uji coba helikopter Apache di Indonesia sebagai “semacam culture shock bagi kami” karena mereka biasa menerbangkan Apache di high altitude, di Fort Carson, Colo.

“Ini benar-benar pertama kalinya kami membawa Echoes ini ke permukaan laut di luar Hawaii dan menjalankan Apache ini, melihat apa yang bisa dilakukan Apache,” katanya. “Apache ini cukup mengesankan.”

Helikopter Apache melakukan penembakan dalam latihan Garuda Shield 2014 (Wyatt Olson/Stars and Stripes)

Helikopter Apache melakukan penembakan dalam latihan Garuda Shield 2014 (Wyatt Olson/Stars and Stripes)

Pilot Angkatan Darat lainnya, Capt. Josh Brown, antusias tentang Indonesia yang membeli Apache, tetapi signifikansi lebih besar dari pembelian pesawat tersebut adalah pasukan AS dan Indonesia belajar untuk beroperasi secara efisien bersama-sama, apakah itu dalam pertempuran atau untuk kemanusiaan bantuan / bencana.

Koordinasi antara kedua pasukan, baik di udara atau di darat, menunjukkan “bagaimana kita akan melakukan pekerjaan di masa depan,” kata Letnan Kolonel Michael Trotter, komandan Batalion 2, Resimen Infanteri 1, dari Lewis -McChord, yang memberikan kontribusi banyak pada elemen di Garuda Shield.

“Kami tidak akan pergi ke perang lain sendirian lagi,” kata Trotter. “Kami harus bermitra, apakah itu untuk operasi tempur atau apabila diminta oleh pemerintah tuan rumah untuk bantuan, baik bantuan kemanusiaan atau bantuan bencana. Kita bisa berjalan setelah latihan ini, menjadi sanga percaya diri.” (stripes.com).

Berbagi

  141 Responses to “Pengenalan Helikopter Apache untuk TNI AD”

  1.  

    1

  2.  

    mantep deh

  3.  

    Tambah lagi 8 biji thun 2015 sama mi35 nya dilengkapi

  4.  

    Test masuk 10 besar…

  5.  

    Siank

  6.  

    Mantap.. ngefans banget ama nie indian.. meski kurang respect ma ASU, tp saya objective aja, heli yg satu ini emang masterpiece..

  7.  

    block III jenis baru, belum pernah ADA pengalaman untuk menjalankan misi maritime. Something new even for the US army…belum pernah dengar kan apache menghancurkan kapal laut permukaan. Kalau ngancurin ranpur dan nyiramin prajurit sering.

    •  

      Riwayat hidup Apache di maritim ada dong .. Saat ini Apache sudah mangkal di LHD di Teluk Persia. Banyaknya (ratusan) kapal cepat rudal dan torpedo kelas 27ton hingga 200+ ton menjadi ancaman serius armada AS dan konconya di Teluk Persia. Untuk itu Apache ditugaskan untuk menetralkan kapal2 kecil ini ibarat menguber kendaraan lapis baja.

  8.  

    izin nyimak.

  9.  

    10 besar

  10.  

    hadir hehe

  11.  

    Absen :mrgreen:

  12.  

    “Kami tidak akan berperang lagi saja,” kata Trotter…

    (hmm, masih nebak2 kalimat aslinya…)

    •  

      β€œWe are not going to fight another war alone,” Trotter said

      kami tidak akan bertempur (dalam perang lain) seorang diri…

      (jadi inget you’ll never walk alone)

      •  

        bung danu, meskipun di kata kita non-blok tapi kita ngga tau satu dekade mendatang kita bener jadi sekutu seperti yang mereka harapkan, faktor apa yang sebetulnya mencadi incaran mereka di luar ekonomi (SDA), apa betul kita sebetulnya sekutu yang diinginkan mereka (sekali lagi diluar konteks ekonomi)

        •  

          sebenarnya konsep non block ditujukan pada saat perang dingin setelah era 50-60an, antara AS – Uni Sovyet

          Semenja jatuhnya Uni Sovyet & berubahnya paradigma politik internasional tidak ada lagi non block, baik secara konsep maupun de facto. Yang ada adalah negara netral semacam Swiss & Austria.

          Dan untuk itu pun dibutuhkan kekuatan ekonomi secara nyata, atau menjadi negara penyangga kepentingan kedua belah blok (bufferstaat).

          CMIIW

        •  

          bung DD, imho yang lebih mereka kuatirkan mungkin jika kita merapat ke koko panda…

          •  

            Menurut analisa wong deso lulusan sd justru kitalah yg merapat ke asu melihat perkembangan lcs dan klaim china atas perairan natuna .itunng2an tni seandainya kita terseret konflik ama panda apa 100% mr putin mau bela kita atau sebaliknya malah kerja sama hancurin kita skenario itulah yg tni waspadai walaupun kita non blok kita harus tetap merepat ke asu untuk saat ini hanya asu yg mampu mengimbangi kekuatan cina dan saya tidak ada maksut merdahkan tni saya yakin agresos manapun di muka bumiini tak menang melawan kita

          •  

            ada idiom bhs inggris ‘sitting on the fence’, kadang2 ini perlu dilakukan,

            http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/8/8a/Sat_on_the_Fence_-_JM_Staniforth.png

            πŸ™‚

          •  

            yang enak tetangganya dong, ngliat dengan santai sambil makan kwaci….

      •  

        Thanks Bung Danu, membuatnya menjadi jelas

  13.  

    hadir

  14.  

    ini baru nama nya alutsita gado gado….. nanti berperang bareng MI35, tengok mana yg lebih hebat

  15.  

    Lumayan, dapat 10 besar, beberapa tahun ke depan kesiapan TNI benar2 di uji,, klaim tiongkok di LCS contohnya,, ane curiga memang apache sengaja di plot di natuna, kagak boleh di papua dll

  16.  

    Klo saya ngfan ma teknologi nya, seakan2 jadi acuan utk pertempuran masadepan , tp tetep tidak suka sama org2 di pentagon dan gedung putih atau org2 senator nya…

  17.  

    semoga bisa jadi acuana bagi PT DI untuk mewujudkan Gandiwa Helikopter Serang Made In Indonesia, perpaduan Apache dan MI 35.

  18.  

    Selamat siang, selamat istirahat dan selamat Hari Raya Qurban..

  19.  

    semakin jaya NKRI

  20.  

    @ Bung Diego
    Selain pengadaan 16 jet tempur Sukhoi SU-35 dan 6 kapal selam Kilo… ???????????

    itu really yang bung ? nyata apa semu ni..

    •  

      Bantu jawab mengenai pengadaan 16 jet tempur Sukhoi SU-35 dan 6 kapal selam kilo itu berita dari kompas bung…

    •  

      Sorry jadi rancu. Saya sudah split dua artikel di atas. Sorry tadi saya campurkan

      •  

        jadi itu benar2 nyata ya bung bkan hoax belaka? kalo memang bnar sih itu bagus, tapi kalo boongan PHP banget tu beritaa

        •  

          Sebetulnya yg perlu digaris bawahi adalah kalimat “Proses Pengadaan”, setiap proses pasti ada step by step, dan pertanyaannya untuk proses Su 35 ini sedang di step manakah didalam “Proses Pengadaan” dimari… dan ane rasa ini barang masih akan dan bisa saja mbulet/gagal/ditikung barang lain, kecuali Su 35 ditulis dalam “Proses Pembuatan”, yg artinya sudah deal kontrak.. IMHO

      •  

        met siang bung diego, met kenal sy aktif menyimak . tp pasif comment. .
        ada kasus menarik sewaktu engineer sukoi meninggal di bali krn over dosis minum. . kabar burung mengatakan bahwa engineer rusia itu sewaktu di mataram kaget terheran2 karena di sana sudah byk pespur sukoi padahal menurut dia baru ada bbrp yg mereka kirimkan, krn merasa dirinya sbg delegasi test flight yg resmi sempat mempermasalahkan kasus tsb. . biar ga kakean bacot kt org sby yaa terpaksa dech diabisin
        So . . kesimpulannya sukoi sdh ada di indonesia jauh hari dr yg kt perkirakan

        •  

          Meninggal di bali??yg ane tau di makasar.minum miras oplosan..yg dibali kagak pernah denger.
          Mataram lanudnya kecil bung…kasi 3 sukhoi aja dah kebek… before ada BIL lo ya…lagian shelternya juga gak banyak

    •  

      Pernah baca di web russia yg diterjemahkan dg bantuan “google translate”…
      -klo SU-35 sptnya sesuai dg berita kompas
      -kemudian dg Kilo klo dl recnnya 6-12 unit menggantikan armada usang Cakra class,tp batal krn kendala dana dg rincian yg 6 unit terdiri dari @4 kilo dan @2 Amur-950 class kemudian masuk daftar U-209/class changbogo menggantikan.
      Tetapi dg skema keuangan baru yg ditawarkan Russia apa rencana yg dulu itu terwujud? Wallahu a’lam…

  21.  

    Hemmm … 16 SU 35 ??? Kapan neh datangnya???

  22.  

    Selamat siang, selamat istirahat dan Selamat Hari Raya Qurban.

  23.  

    payung.infanteri kita.

  24.  

    Semoga semakin rukun dgn AS. TNI juga semakin profesional dgn doktrin perang modern

  25.  

    mantapp tni ku,…

  26.  

    ada yg suka dgn teknologi apachenya tp tdk suka dgn negara penciptanya..tdk konsisten atau munafik ya hehe tp saya yakin dlm lubuk hati byk org,sdh pasti mereka percaya klo teknologi tinggi militer amerika jauh lbh unggul dr rusia/china..cm lantaran amerika identik dgn yahudi jd mereka “terpaksa” utk tdk mengakuinya..pdhl rusia jg byk yahudi nya,rusia dan china jg dgn komunisnya..

    •  

      untuk helo memang apache memang terfavorit. untuk alutsista lain mungkin berbeda. coba ada tidak padanan untuk bmd4 atau sprut sd ?

    •  

      saya termasuk yang tidak suka dengan ASU bung frans……
      sederhana saja, semua agama apapun di dunia itu saya kira tidak ada yang mengajarkan segala bentuk kejahatan, tidak semua rakyat mau itu ASU dan sekutunya, Rusia/Cina yang kebijakan nya menginterprestasikan keinginan rakyatnya, tidak tutup mata dengan kebijakan luar negeri mereka yang ditentang warganya sendiri,
      Yang saya benci di sini kan Pemerintahannya bukan warga negeri apalgi anda menyinggung soal agama.
      Didalam keluarga, saya dengan ortu saja beda keyakinan, dengan adik kandung beda lagi. tapi itu tidak menjadikan suatu masalah dalam kehidupan kami sehari-hari,
      Jadi tolong jangan bawa2 agama kedalam forum ini, mau itu Islam, Kristen,Yahudi,dll toh yang terpenting sifat dan perbuatannya dalam kehidupan,

    •  

      Itu tidak benar, bagi saya baik teknologi Rusia dan Amerika sama baiknya dan keduanya memiliki karakteristiknya masing – masing sesuai doktrin militer yang dianutnya. Dan terutama teknologi Rusia tidaklah jauh tertinggal, ini hanya masalah uang dan ulasan media. Perihal alut sista buatan negara mana yang akan diambil itu terserah para pengambil keputusan yang menentukan strategi militer negara ini, tidak aa hubungannya dengan agama! Tentang rasa tidak suka yang cenderung mengarah benci oleh sebagian besar rakyat Indonesia kepada Amerika lebih karena arogansi, imperialisme modern dan premanisme negara yang telah mereka perbuat selama ini. Dan ya, kami umat Muslim membenci perbuatan Amerika yang mendukung Israel atas etnic cleansing, penjajahan struktural serta aneksasi Palestina, serta segala kekacauan yang telah mereka perbuat diseluruh penjuru dunia, dan semua itu bukanlah suatu alasan yang sederhana namun sangat mendasar. Bung frans, apakah anda berniat merendakan kami dengan kata kata anda yang menyepelekan itu?!

      •  

        Benar bung STMJ…. Sista US didukung marketing support yg handal, maka berterima kasih lah mereka kepada CNN, TIME dan Hollywood yang dengan sukses menjadi agen propagandanya. Masalah teknologi ada kelebihan dan kekurangan karena sifat dasarnya seperti itu, sebelum ada ISS astronot siapa yg bisa bertahan selama bertahun2 di stasiun antariksa??

    •  

      Comment Bung Frans ini 1000% benar dan sangat cerdas…..

      •  

        Iya yang mulia yonhap…bung frans 1000% benar dan cerdas….tp inget diatas langit masih ada langit…santo aja masih bs berbuat salah…inget petrus kan? Ups…kategori sara gak enih?

      •  

        Lama2 koment anda berdua dg bung frans kyk cecungguk imprealis bung, g ada segi baik y dimata anda akan kebanggaan sebagai warga NKRI. Klo sesekali sebagai pengkritik bisa dimaklumi tp kebnyakan dr bung yonhap koment nyembah2 ke ASU & Zionis. Klo anda berdua hidup dizaman sebelum NKRI merdeka bisa2 sodara sendr yg berjuang demi kemerdekaan anda akan laporkan ke Belanda dg ganti diberikan kemewahan. Maaf admin….lama2 g enak jg klo sdh menggiring ke SARA…. apa yg sdh pernah dibanned sekali lagi sdh sj dibanned selama y?? Borok klo lama2 dipelihara jg akan menjalar ke kulit yg msh sehat.

    •  

      Ini bukan masalah yahudi atau bukan, ini krn amerika sering kali menggurui dan ikut campur urusan dalam negeri indonesia. Saya sbg pencinta negeri ini pasti tdk akan rela negara saya ini diinjak2 atau dicampuri oleh mereka apalgi didikte.

      Saya apresiasi kemajuan kerjasama yg slg menguntungkan dan sederajat antara indonesia dan amerika sm halnya hubungan kerjasama indonesia dgn cina, rusia dan india. Indonesia perlu kerjasama yg seimbang dgn dua blok tsb.

    •  

      Udah bung.. Sabar.. Orang spt itu kalau di ladeni emang seneng buat ulah..dan pasti akan di ulang lagi.. Emang itu tujuan mereka.. Memang baiknya Di cuekin aja spt para sesepuh yg tak pernah menganggap mereka berdua ada.. Memang sejatinya mereka berdua tak pernah ada dlm dunia nyata ini.. Smoga.. Aamiin…

  27.  

    Brati apache sudah full ammo juga jdi gak beli sendiri2

  28.  

    Apache number one.
    Jangan lupa chinook juga di beli πŸ˜€

  29.  

    Apache nya pasti lebih dari delapan.

  30.  

    paling di kandangin…..kan sama amrik dalemnya dah di kasih sensor untuk mata matain kita…….dan TNI AD tau itu……………

  31.  

    Apache…….apa cheee?….apa sheee…?

    #suruputkopimerak

  32.  

    Betapa menyakitkannya embargo, sampai ibu pertiwi kehilangan tim-tim. pesawat ini ditujukan utk bertempur melawan cina, kalau utk bertempur melawan sonotan dah sonora pasti ga bisa terbang ne pesawat tdk multifungsi.

    •  

      Karena itulah bung, kita tidak mengandalkan sumber pengadaan alusista dari 1 blok saja. Sebab ancaman untuk negara kita dari berbagai arah. GADO-GADO adalah jawabannya.

    •  

      bung Kang Somay, koq utk lawan sonotan dan sonora, mungkin dibawa jalan2 ke papua saja bisa kena semprit dan diremote off.xixixixi.Betapa sakitnya kalau ingat embargo bersamaan dng lepasnya timtim..salam hangat.

  33.  

    Garuda shield membawa TNI ke perang modern jadi tahu dimana letak musuh yg harus dihadapinya,ke depanya harus banyak latihan dengan si asu,supaya tahu bagaimana taktik perang modern bukanya perang gerilya hit and run terus…dotkrin perang pejuang 45 hanya dipakai bila Radar dan GPS mati baru perang rakyat semesta dipakai…

  34.  

    sayangnya apacbe ini pengirima nya di incrit2 satu2 sampai tahun 2017. . gmn bs garang dlm pertempuran kalo nunggunya segitu lama. . . ini baru order 8 unit, bgmn kako 2 skadron apache ? bisa 50 tahun baru komplit pengiriman nya. .
    Dasar si ASU . . mgkn itu sekedar pengalih perhatian agar TNI berpaling dr mitra sejati Om Rusky. . dan target utamanya perpanjangan kontrak freeport mulus . .
    Makasih yaa angpownya tante Hilary hahaha. .

    •  

      Ya emang bikinnya juga nggak seperti bikin motor mainan yang sehari bisa produksi 10 unit bung. Positif tinking aja.

      •  

        Tp utk 8 biji memang terlalu lama sampai 2017, emangnya boing industri rumah tangga? Wajar saja bung pepe punya analisa lain

        •  

          Emang sampeyan tau kapasitas produksi Boieng? Kok bisa bilang terlalu lama.

        •  

          pesawat terbang bukan produksi massal yang bisa jadi ratusan unit per hari.

          begitu juga komponen2nya sebagian besar bukan komponen umum yang tersedia di toko. bukan pula komponen yang mudah dan cepat pembuatannya misalnya dengan injection molding ataupun metal forging/stamping.

          juga bukan pesawat televisi atau kulkas yang jumlah komponennya ratusan. bukan pula industri otomotif yang vendor2nya berada dalam satu kawasan industri.

          mengelola ribuan komponen yang disulai oleh puluhan bahkan ratusan vendor dari berbagai negara bukan pekerjaan cepat dan gampang untuk barang serumit pesawat militer

      •  

        Betul bung Tedjo. Mungkin para pekerjanya sibuk mengurusi pesanan-pesanan pesawat dari negara lain juga [ apache jadi ngantri ]. Bikin pesawat juga harus ekstra hati-hati dan teliti karena taruhannya nama besar mereka. IMHO

  35.  

    Bung @Diego , dia mah nggak pesimis cuma emang nggak ada kepercayaan diri dan merasa paling pinter dan paling mengetahui segalanya.

  36.  

    selamat sore. bung muda2han sehad semuanya?? APACHE memang heli hebat tapi kalau misalnya NKRI bersitegang dengan australi paling buat pajangan doang hahahahaha mama rika bilang tunggu dulu itu saudara muda gue kalau sampek tu APACHE dipake nyerbu saudara gue atau sama sekutu2 gue tak embargo lagi lu mau di embargo lagi lu janga paman sam?? tapi tapi gak ada tapi tapian saya kasi APACHE itu untuk menghadapi panda hayya hayya ??hahahahahhha?? http://www.theglobal-review.com/content_detail.php?lang=id&id=16380&type=105#.VC-nN8WSydg

  37.  

    Wah keren nih. bagian Timur diisi Alutsista buatan papa bear bagian barat diisi alutsista paman sam. emang cerdik Indonesia 1x dayung 2 – 3 pulau dilampaui. tar bagian tengah diisi SAM jarak sedang S 400 kalo bisa ! buat ngimbangin F 35 tetangga ! KILO KILO satu dua KILO dah siap sama yakhontnya.

  38.  

    Jangan berburuk sangka bung!
    Para pemimpin kita pastinya sudah belajar dari pengalaman masa lalu.
    Mereka lebih ngerti apa yang terbaik untuk TNI kita.

  39.  

    Ga tau sy pribadi kok ngerasa datar aja kalau kt beli produk ASU & British perasaan kt yg pny ni barang tp penggunaanya mrk yg atur..jd seperti tangan & kaki di iket..alasannya HAM..lah mrk ngacak2 Timur tengah korban sangat bnyk ga pernah singgung2 soal HAM..:(

  40.  

    a ga percaya klo apace ga bisa but nembak sonotan
    mikrocip aja jebol di sini ama anak stm kampong
    masak insinyur kita ga bisa oprek tu pesawat
    buktinya f16 paska embargo tetap terbang
    malah industri strategis malah nanjak
    a percaya ama bangsaku klo soal ini.

  41.  

    Apachenya mungkin buat pajangan saja dan harus menggunakan alutsista rusia jika berkonflik ama australi atau singapur tapi kalo ketemu china di natuna ya….hajar bro!gerakan militer indonesia dapat merubah keseimbangan kawasan jika indonesia memihak.strategi china seharusnya tdk mengusik indonesia tetapi siapa yg tahu jika china kuat!

  42.  

    kenapa ya RI ga beli heli kamov ka 50…pasti tambah greget..

  43.  

    Rudal jenis apa yang terdiri dari 4 rudal tanpa silo, dibawa pakai truk dengan ban rantai, truknya tidak terlalu besar. Mohon pencerahan ilustrasi tsb. Trims. hehehe

  44.  

    Testt.

  45.  

    Tessss.

  46.  

    Ga bisa komen nihh. tessss

  47.  

    tesss

  48.  

    Hayyy warjagers test 123.

  49.  

    jadi TKW dong….

  50.  

    alutsista ketengan eperiwer
    beli hind harusnya sekalian 1 skuadron malah cuma 5 unit
    beli apache nanggung amat cuma 8 unit
    apa lagi sukhoi, setelah nunggu satu dekade baru lengkap 16 unit + senjata
    f16 cuma punya 10 unit, itu juga gak punya amraam, baru di mef ada penambahan 24 unit + amraam

    •  

      lebih baik terlambat daripada tidak ada sama sekali bung :mrgreen:

      •  

        Selamat malam bung @Ngurah Rai. Piye kabare. salam kenal.
        mau nanya dikit bung, seberapa lama & besar kah ancaman yang akan kita hadapi, sampai kita hrus memesan alutsista paling gahar (laut & udara) dri om rusky. & siapakah yang menjadi ancaman utama buat kita?.

        Salam hangat buat bung NR. matur nuwon…:)

        •  

          malam bung sempakkoyak πŸ˜€ ancaman yang kita hadapi saat ini sangat besar dan sudah mulai nya proxy war sehingga mau tidak mau TNI mempercepat MEF.pintu depan,belakang samping kanan dan samping kiri NKRI sudah mulai di goyang orang gerombolan siberat bung.oleh sebab itulah Panglima TNI bekerja keras untuk mendatangkan semua alutsista gahar buat menjaga keutuhan NKRI :mrgreen: logikanya begini kalo rumah kita sudah pernah disatroni sama maling sekali maka maling yang pernah mensatroni itu pasti akan balik ke rumah kita untuk kedua kalinya.maka dari itulah kita membeli alat penjaga rumah dari maling πŸ˜€ imho

  51.  

    alutsista ketengan eperiwer
    beli hind harusnya sekalian 1 skuadron malah cuma 5 unit
    beli apache nanggung amat cuma 8 unit
    apa lagi sukhoi, setelah nunggu satu dekade baru lengkap 16 unit + senjata
    f16 cuma punya 10 unit, itu juga gak punya amraam, baru di mef ada penambahan 24 unit + amraam
    cuma bisa berharap moga di mef 2 gak ada kabar tni beli alutsista ngeteng

  52.  

    alutsista ketengan eperiwer
    beli hind harusnya sekalian 1 skuadron malah cuma 5 unit
    beli apache nanggung amat cuma 8 unit
    apa lagi sukhoi, setelah nunggu satu dekade baru lengkap 16 unit + senjata
    f16 cuma punya 10 unit, itu juga gak punya amraam, baru di mef ada penambahan 24 unit + amraam
    moga2 di mef2 gak ada berita tni beli alutsista ngeteng

  53.  

    makin bertaji

  54.  

    Wanjiiiir….. Komennya bukan double lagi nih namanya jadi triple

  55.  

    tambah garang nich TNI ,, jngn lupa dan s300 buat kohanudnas biar tmbh nyetel ,,

  56.  

    mereka pasti bantu tapi abis itu kita digebuk

  57.  

    ini baru mantap….. kalau TNI punya ini paling geger satu kawasannnn

    https://c1.staticflickr.com/5/4020/4545524962_32f49f18c6_z.jpg?_e_pi_=7%2CPAGE_ID10%2C2152016129

  58.  

    Pasti ujung-ujungny dikaitkan dgn HAM
    dilarang keras digunakan untuk melawan sonotan, sonora, upil.

    Numpang lewat ajalah πŸ™‚

  59.  

    saya tertarik pada pernyataan seorang forumer dari rrc yang kurang lebih berkata “Jika Nelayan dan Coast Guard kami berlayar di LCS (ZEE Natuna), apakah yang anda lakukan ?” apakah menembak para nelayan tersebut ? jika begitu kami akan datangkan armada kami yang lebih besar.

  60.  

    Kita main politik ber muka dua….untuk apa pya DPR MPR…guna kan keahliannya…jangan rakyat aja yg bisa ditipuuu…kalau emg pinter..bermain cantik dg negara2 besar..strategi itu perlu…utk kemajuan dan keselamatan bangsa…asal jangan negara ini di jual…

    •  

      Siapa bilang anggota DPR pinter2 ??
      Anda salah besar bung.. mereka hanya bisa memaksakan Kehendak dengan merubah UUD dan kebijakan pemerintah seenak udelnya ga jauh bedanya dengan PREMAN PASAR

  61.  

    Kok belum ada artikel baru ya…. Padahal buat temen malming dan takbiran

  62.  

    Aatu kata gilaa buat TNI kita sekarang, setelah video ttg kilo yg di PT Pal gw dapet eghhh dapett lagi video ttg buk minah yg dipake oleh TNI. Dan gilanya lagi sekilas jumlahnya lebih dari 5 unit dlm penglihatan anee. Waaaaw. Great TNI u are best strategy.

  63.  

    Setelah latihan 4 apache tsb akan ditinggal sebagai batch pertama…

  64.  

    Bung @reog lha kowe kuwi sopo.?? Lha kowe kuwi sopo.?? Meneng mundak ganteng…

  65.  

    Waduh… Berati kita salah pilih pemerintah/pejabat dong bung..

  66.  

    Waduh… Berati kita salah pilih pemerintah/pejabat dong bung..

  67.  

    Sabar bung diego… itu kan masih dalam “proses pengadaan” jgn emosi bgt gt.

    Asumsi saya sebagai orang awam :
    1.wartawan salah ketik
    2.sumber terlalu bersemangat
    3.ini memang benar

    Namun buat yg memang lebih suka bukti drpd berkhayal bebas,jelas sekedar tulisan kompas blmlah cukup sampai ada release resmi ato paling sial kek kasus m113 tiba2 nongol tu barang…kan suprise…
    So jgn terlalu yakin ama kompas..yakin itu ama yg Diatas πŸ˜›
    So tunggu resminya aja

  68.  

    pengadaan Sikorsky-s-97 Raider X2
    http://www.youtube.com/watch?v=TRv5OxPFeQo

  69.  

    boleh ga invasi ke malon? peta p.kalimantan ga enk dliat klo ga utuh

  70.  

    setuju bung….
    mungkin bagi mereka semua harus transparan di era demokrasi tanpa berpikir kepentingan negaranya kan itu yg diharapkan para budak penjajah….
    tapi bung sekalipun persenjataan kita lemah asal semangat juang kita masih tinggi tidak ada yg tidak bisa kita lakukan…

    TNI KUAT BERSAMA RAKYAT

 Leave a Reply