Jul 082017
 

Su-35 (photo : Bmpd. Livejournal)

Pengganti F-5 Tiger II masih rahasia!. Hal tersebut dinyatakan oleh Kepala Staff TNI AU Marsekal Hadi Tjahyanto seperti dilansir oleh Gatra.

Marsekal Hadi juga menyatakan, pesawat tempur terbaru yang merupakan pesawat tempur generasi 4.5 diharapkan sudah bisa datang pada akhir tahun 2017.

TNI AU membutuhkan pesawat tempur canggih dari generasi 4.5 yang berkemampuan sedikit dibawah pesawat tempur generasi kelima, selain untuk meningkatkan kemampuan alutsista TNI AU dengan pesawat tempur canggih juga untuk menjaga keseimbangan kekuatan dengan tetangga-tetangganya yang akan segera memiliki pesawat tempur generasi kelima.

Datangnya pengganti F-5 Tiger pada akhir tahun 2017 seperti ditargtetkan oleh TNI AU akan sulit terwujud karena Indonesia masih belum menandatangani kesepakatan final pembelian pesawat tempur baru. Selain itu untuk proses produksi pesawat tempur baru, juga proses pelatihan pilot dan teknisi bisa memakan waktu sampai beberapa tahun.

Saat ini menurut Marsekal Hadi, para pilot pengawak F-5 Tiger II  tetap mengasah kemampuannya bersama pesawat tempur T-50 Golden Eagle, Sukhoi Su-27 dan Su-30.

Bagikan:

  59 Responses to “Pengganti F-5 Tiger Masih Rahasia”

  1.  

    Lbh baik pemerintah menambah SU30 SM 1 skuadron di makassar

  2.  

    Su 35 bkn pengganti f5…mungkin gripen
    Su 35 jd ska baru???

  3.  

    Yeeee.. Bijimana nih… Gorenggg terus ampe gosong…

  4.  

    gampang klo itu gripen c/d, tp sulit jika yg dibeli su35, ga mungkinlah tiba di akhir toan ini…kemungkinan besar gripen atau viper…semoga bisa tiba tepat di akhir taon…tp yg diharapkan hadir utk akhir taon ini ya hanya gripen…

  5.  

    Lama amat keputusannya.. Seakan tak ada plaining sblum F-5 Tiger dipensiunkn..

  6.  

    Beli generasi 5 dong… Ne gara besar harus punya.. Untuk mencegah pengintaian.

    •  

      Mau beli kemana…??? F-22 g d jual…. J-20 msh blm beroperasi scr penuh apalagi J-31… T-50 PAK FA blm operasional…. trs mau beli generasi 5 nya d mana….?
      :ngakak :ngakak :ngakak

  7.  

    Wow.. Pengganti f5 akhir taun dh tiba.. Mungkin berita nya yg dh tiba…
    Gua sih pengganti f5 pengen nya typhoon.. Su35 buat skuadron baru..

  8.  

    NGGANTUNG!!! BOSEN…!! beritanya kakean cocot ujungnya ngambang..

  9.  

    Susahnya jadi penonton ya ….

  10.  

    Hornet, Falcon, Eagle

    Rafale, Gripen, Typhoon

    MiG 35, SU 35

    JF17

  11.  

    Alaaaah mu mu ngomong apa jg ude g yakin…gen ini gen itu…su.35 aj kg klar…klear…ini bilang..lain…seolah bli dua pespur…ky punya duit bnyak aja…klo ky rusia ada bnyak jenis amerika bnyk jenis..lh kita ..bikin aj blm beres…pke bilang lbih lbih

  12.  

    Pengadaan jet tempur pengganti F5 Tiger yg berbelit-belit sbg siasat utk mengelabui negara2 tetangga. Tdk semua yg menyangkut rahasia pertahanan negara hrs dipublikasikan.

  13.  

    mungkin gripen E/F

  14.  

    beritanya simpang siur,SU 35 atau gripen nih?

  15.  

    Emang dibikin simpang siur biar pada kepo..

  16.  

    Tau2….dh Nongol…

  17.  

    ganti ajah semua dengan f16 2000 unit ajah gak apa apa lah !!dr pada ribet cape dueh…

  18.  

    ada yg tahu gak bung Tn. PHD kemana?

  19.  

    Mungkin yang dimaksud KSAU UNTUK SEMENTARA penggantinya pake SU-27 hasil upgrade an di Belarusia yang akan dikirim di akhir 2017 ini… beli kok mollooorr bosen baca nya..

  20.  

    Kok ya pakek rahasia segala, beli pakek uang rakyat ya rakyatnya harus tahu

  21.  

    paling tejas

  22.  
  23.  

    Bikin orang gerrrr sj dipercepatlah.

  24.  

    Dasar payah.

  25.  

    Beli Gripen aja dulu, lengkap dengan senjatanya. Lebih efisien untuk mencegah blackflight di perbatasan. 3 skuadron sudah lebih dari cukup, ToT nya bisa membantu Indonesia dalam membangun pesawat IFX.

  26.  

    Kayak main layangan

  27.  

    Pespur generasi 4,5 yg single engine…

  28.  

    10 unit memang kurang,, tapi apa bila di sesuai kn dgn kbutuhan,, pasti cukup dan memuaskan,,

  29.  

    aduk trsssss

  30.  

    Wis bosen mocone………

  31.  

    Sakarep mu

  32.  

    Tenang saja.. tahu nanti nongol di akhir 2017.. Sukhoi SU-35.. asal jangan golden T-50 saja, pesawat tempur kelas menengah..

  33.  

    Santai, ditunggu saja sampe ladang gandum dihujani meteor coklat dan jadilah koko crunch…..

  34.  

    Dan penggantinya f5 ternyata adalah….
    tejas indihe selamat…selamat :thanks2

  35.  

    Hmmmmm… …. .

  36.  

    Bung – bung semua salah, pemenang tender pengganti skuad f15 yang sangat mungkin datang akhir tahun atau molor awal tahun depan adaaallaaaaaaahhhhhhh jeng jeng…. yak penggantinya adalah : SUPER TUKiMIN??????????

  37.  

    Mungkin gak ya bisa datang akhir tahun ini… sedangkan kesepakatan pengiriman msh blm ada kejelaan kapan akan d tandatangani… kalo itu mungkin terjadi… kemungkinan yg d kirim adalah SU-35 yg d buat untuk AU Rusia yg berbahasa Rusia spt yg d kirimkan k Chinten….
    Seandainya beralih k F-16V ato Gripen E/F… sama jg petanyaannya… mungkin gak bisa datang d akhir tahun ini… krn merakit pesawat baru tdk sama dg menggoreng pisang… tp kalo seandainya beralihnya ke Gripen C/D… apa mungkin pesawatnya msh baru…? buatnya jg butuh waktu yg tdk sedikit… kalo bekas bisa saja datang bgt tanda tangan kontrak… tp kalo seandainya Gripen C/D baru bisa d datangkan akhir tahun ini… wah kita patut berpraduga ini… jangan2 Gripen g laku d jual shg stock d pabrik msh banyak….
    :malu :malu :malu

  38.  

    Hihihi… Ayo Coba Tebak Ntar Klau Bener Di Kasih Sepeda Sama Om Admin… 😆

    #Just Kidding Loh

  39.  

    congrats !!! buat bung Jimmy
    top sales 2017 …
    traktir yee …

  40.  

    maaf suhu, kan gen 4,5 suhu? fa50 bkn deh kyknya…maaf ane sy lancang suhu… :malu2

 Leave a Reply