Pengganti F-5 Tiger Masih Rahasia

Su-35 (photo : Bmpd. Livejournal)

Pengganti F-5 Tiger II masih rahasia!. Hal tersebut dinyatakan oleh Kepala Staff TNI AU Marsekal Hadi Tjahyanto seperti dilansir oleh Gatra.

Marsekal Hadi juga menyatakan, pesawat tempur terbaru yang merupakan pesawat tempur generasi 4.5 diharapkan sudah bisa datang pada akhir tahun 2017.

TNI AU membutuhkan pesawat tempur canggih dari generasi 4.5 yang berkemampuan sedikit dibawah pesawat tempur generasi kelima, selain untuk meningkatkan kemampuan alutsista TNI AU dengan pesawat tempur canggih juga untuk menjaga keseimbangan kekuatan dengan tetangga-tetangganya yang akan segera memiliki pesawat tempur generasi kelima.

Datangnya pengganti F-5 Tiger pada akhir tahun 2017 seperti ditargtetkan oleh TNI AU akan sulit terwujud karena Indonesia masih belum menandatangani kesepakatan final pembelian pesawat tempur baru. Selain itu untuk proses produksi pesawat tempur baru, juga proses pelatihan pilot dan teknisi bisa memakan waktu sampai beberapa tahun.

Saat ini menurut Marsekal Hadi, para pilot pengawak F-5 Tiger II  tetap mengasah kemampuannya bersama pesawat tempur T-50 Golden Eagle, Sukhoi Su-27 dan Su-30.

Tinggalkan komentar