Pengganti F-5 Tiger Masih Rahasia

24

Su-35 (photo : Bmpd. Livejournal)

Pengganti F-5 Tiger II masih rahasia!. Hal tersebut dinyatakan oleh Kepala Staff TNI AU Marsekal Hadi Tjahyanto seperti dilansir oleh Gatra.

Marsekal Hadi juga menyatakan, pesawat tempur terbaru yang merupakan pesawat tempur generasi 4.5 diharapkan sudah bisa datang pada akhir tahun 2017.

TNI AU membutuhkan pesawat tempur canggih dari generasi 4.5 yang berkemampuan sedikit dibawah pesawat tempur generasi kelima, selain untuk meningkatkan kemampuan alutsista TNI AU dengan pesawat tempur canggih juga untuk menjaga keseimbangan kekuatan dengan tetangga-tetangganya yang akan segera memiliki pesawat tempur generasi kelima.

Datangnya pengganti F-5 Tiger pada akhir tahun 2017 seperti ditargtetkan oleh TNI AU akan sulit terwujud karena Indonesia masih belum menandatangani kesepakatan final pembelian pesawat tempur baru. Selain itu untuk proses produksi pesawat tempur baru, juga proses pelatihan pilot dan teknisi bisa memakan waktu sampai beberapa tahun.

Saat ini menurut Marsekal Hadi, para pilot pengawak F-5 Tiger II  tetap mengasah kemampuannya bersama pesawat tempur T-50 Golden Eagle, Sukhoi Su-27 dan Su-30.

59 KOMENTAR

  1. gampang klo itu gripen c/d, tp sulit jika yg dibeli su35, ga mungkinlah tiba di akhir toan ini…kemungkinan besar gripen atau viper…semoga bisa tiba tepat di akhir taon…tp yg diharapkan hadir utk akhir taon ini ya hanya gripen…

  2. Mungkin gak ya bisa datang akhir tahun ini… sedangkan kesepakatan pengiriman msh blm ada kejelaan kapan akan d tandatangani… kalo itu mungkin terjadi… kemungkinan yg d kirim adalah SU-35 yg d buat untuk AU Rusia yg berbahasa Rusia spt yg d kirimkan k Chinten….
    Seandainya beralih k F-16V ato Gripen E/F… sama jg petanyaannya… mungkin gak bisa datang d akhir tahun ini… krn merakit pesawat baru tdk sama dg menggoreng pisang… tp kalo seandainya beralihnya ke Gripen C/D… apa mungkin pesawatnya msh baru…? buatnya jg butuh waktu yg tdk sedikit… kalo bekas bisa saja datang bgt tanda tangan kontrak… tp kalo seandainya Gripen C/D baru bisa d datangkan akhir tahun ini… wah kita patut berpraduga ini… jangan2 Gripen g laku d jual shg stock d pabrik msh banyak….
    :malu :malu :malu