Jul 142017
 

Dok. Pasukan TNI (Antara)

Biak  – Komandan Korem 173 PVB Biak, Papua Brigjen TNI Nyoman Cantiasa menyiagakan 20 Prajurit TNI di pulau terluar Mapia, Kabupaten Supiori untuk mengantisipasi pelarian simpatisan ISIS pasca-perang dengan Militer Filipina ke wilayah pulau Mapia, Kabupaten Supiori.

“Saya harapkan prajurit TNI yang mendapat kepercayaan menjaga pengamanan pulau terluar harus senantiasa meningkatkan Patroli untuk mencegah masuknya anggota ISIS dengan menggunakan luasnya wilayah perairan Papua,” ujar Danrem 173 PVB Brigjen Nyoman Cantiasa seusai pelepasan 20 orang Prajurit, Pasukan Pengamanan pulau terluar Mapia pada Kamis sore 13-7-2017 di pelabuhan Biak.

Brigjen Nyoman mengatakan, penugasan Prajurit TNI di pulau terluar dalam wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia merupakan nawacita dari program pemerintahan Presiden Joko Widodo untuk memberikan kenyamanan warga dalam melaksanakan program Pemerintah.

Program pembangunan yang dilakukan Pemerintah di pulau terluar, menurut Brigjen Nyoman, bertujuan meningkatkan kesejahteraan warga yang bertempat tinggal di daerah terluar, terdepan dan terpencil.

Sebelum ditempatkan sebagai Prajurit pengamanan pulau terluar, telah dilaksanakan pemilihan secara ketat, di antaranya menyangkut kesehatan, fisik dan mental serta kemampuan akademis Prajurit.

“20 orang anggota TNI yang dikirim ke pulau terluar merupakan Prajurit yang tangguh dan siap tempur dalam mengamankan keutuhan wilayah NKRI di kawasan Pulau Mapia, Brasi dan Fanildo,” kata Brigjen Nyoman Cantiasa.

Brigjen Nyoman mengatakan batas waktu penugasan bagi 20 orang Prajurit TNI di pulau terluar Mapia selama 9 bulan.

Pelepasan 20 Prajurit Pasukan Pengamanan pulau terluar Mapia terdiri 10 orang dari TNI Angkatan Darat dan 10 orang Prajurit Marinir TNI AL  dilakukan Danrem 173 PVB Brigjen Nyoman Cantiasa, pada  Kamis sore pukul 17.00 WIT dan diberangkatkan  dari pelabuhan Biak dengan kapal perang TNI AL, dilansir ANTARA, 13/7/2017.

  5 Responses to “Pengiriman Prajurit ke Pulau Mapia, Antisipasi ISIS”

  1. kog sedikit ya ….cuma 20 orang..9 bulan lagi…

  2. 20/personel sdh cukup, mereka pilihan

  3. Biar sedikit, bikin penyakit.

  4. Bener alesannya ISIS….xixixix…freport…mendekati jadwalnya bung…

 Leave a Reply