Apr 122017
 

Tank tempur utama T-72B1 Angkatan Bersenjata Nikaragua

Pengiriman puluhan tank tempur buatan Rusia untuk Nikaragua membuat negara-negara di Amerika Tengah merasa khawatir, ujar Kepala Komando Selatan AS Laksamana Kurt Tidd, pada hari Kamis (06/04/2017) seperti dilansir dari RBTH Indonesia.

Sebagaimana dalam artikel Jakarta Greater yang lalu, diberitakan bahwa Nikaragua telah menerima batch pertama tank tempur utama T-72B1 Rusia, menurut sumber di industri pertahanan Rusia.

“Sekitar 20 MBT T-72B1 dikirim ke Nikaragua pada bulan Juni 2016. Tank-tank yang tersisa seharusnya disediakan akhir tahun ini. Negara Amerika Latin tersebut rencananya menerima total 50 tank T-72B1”, kata sumber itu.

Nikaragua telah memesan sebanyak 50 unit tank tempur utama T-72B1 dari Rusia dengan harga mencapai US $ 80 juta (sekitar Rp. 1,06 triliun), angka tersebut hampir setara dengan nilai anggaran pertahanan tahunan negara itu.

“Rusia telah menunjukkan sikap yang mengkhawatirkan dengan menyediakan tank tempur bagi Nikaragua. Hal ini berdampak pada stabilitas regional” ujar Tidd, seperti yang dikutip Sputnik News. “Ini dapat membuat negara-negara tetangganya mengalihkan sumber daya mereka untuk melawan ancaman, serta mengatasi tantangan-tantangan pembangunan, untuk mempertahankan keseimbangan kekuatan di kawasan”.

Kosta Rika adalah salah satu negara tetangga Nikaragua yang sudah menyatakan khawatir atas pembelian tank tersebut. Menlu Kosta, Rika Manuel Gonzalez tahun lalu mengatakan bahwa dengan pembelian tank tersebut, negara tetangganya telah memulai perlombaan senjata.

Hubungan diplomatik Rusia dan Nikaragua membaik sejak Daniel Ortega kembali menjadi presiden di negara dengan populasi terbesar keempat di Amerika Tengah tersebut pada tahun 2007. Tahun lalu, Rusia memulai pembangunan kompleks kedutaan, pusat pelatihan anti narkoba, dan fasilitas satelit di Nikaragua.

T-72B1 ini memiliki alat pelacak target otomatis, sistem informasi manajemen casis, RCWS anti-pesawat NSVT Utes kaliber 12,7 mm, unit daya tambahan (APU), dan sistem navigasi GPS/GLONASS. Tank dilengkapi meriam 2A46M kaliber 125 mm dilengkapi dengan stabilizer. T-72B1 telah menerima pelindung ledakan reaktif (ERA) Kontakt-1 yang dikembangkan pada pertengahan 1980-an.

Bagikan Artikel:

  31 Responses to “Pengiriman Tank T-72 Rusia ke Nikaragua Bikin AS Khawatir”

  1. amien

  2. Ini tank kulitnya keras kaya badak bercula satu

  3. Kalau diadu head to head..T72 vs Leopard …. Menang yang mana ya ?

  4. Kirim ke Indonesia gk neehhh??

  5. tank jadul 70 an, pakai armor pasif dgn lempengan baja.. jebol kalo dihantam pakek missile dgn peluru sabot

  6. Kenapa Rusia gak boleh jualan semjata ??

    Kalo Amerika yang julan senjata boleh2 saja !!! Hufttttt

  7. Test.

  8. Bilakah Tank Armata bersanding dengan Tank leopard di NKRI ini, sayang sekali…. terlalu.

  9. laaah peralatan tempur dieee disebarkan ke perbatasan rusia bijimenong bgono

  10. lebay si asu ini.. baru sama tank aj udah kuatir..apa lagi udah pake s club..

  11. adakah kekawatiran tetangga stelah kita kerahkan segala sumber daya untuk alutsisa..

    edisi nanya..
    (tetangga mana ya)

  12. Ada2 aja alasan si cowboy, klu dia menjual senjata kpd negara lain suka2nya gak memikirkan keseimbangan kawasan bila mendukung sekutunya! Dagelan ala holywood!

  13. Polisi dunia

  14. Jadi alasan aus khawatir dengan peningkatan anggaran belanja pertahanan Indonesia, seharusnya tidak boleh terjadi jika menilik ke ranah “keadilan”

    mereka duluan yg melakukan peningkatan belanja dengan menghadirkan hornet di masa itu,,
    dan malay dg mig 29, serta singa dengan F15 (khusus ini belum terkejar oleh RI sampai saat ini)

  15. mayan sih…klo kekurangan mbt bsa pke ini… T-72B1 upgrade an terakhir dari T-72 adalah th 2013 untuk brigade infantry ke 35 rusia adalah mesin baru…..proteksi tambahan ERA…. peningkatan kontrol sistem penembakan spt pada T-90..meriam baru smoothbore 125mm 2A46M yg bisa utk ammo APFSDS , HEAT utk jarak 3000m,HE utk 4000m dan missil AT-11 Sniper utk 5000m….klo harga murah knp tidak….

    • tapi kita tidak akan membelinya bung, gengsi katanya sih

      • apa gengsi sama pendekar punya tetangga sebelah….klo harga andai lebih murah dari punya tetangga, yg ini asli rusia….yg tetangga buatan polandia…mungkin buat marinir cocoknya t-90 minta yg MS, tp ya lbh mahal…klo armata negara yg bikin aja msh kurang..andai bisa beli kpn dtgnya..klo ini buat nicaragua pas lah..

        • mungkin saja bung, disini dan dunia umumnya terlena oleh label atau merek, masalah fungsi dan keunggulan yang biasanya hanya beda dikit kadang diabaikan demi “harga diri”

  16. Jadi klo negara laen yg jual beli senjata, amrik merasa khawatir… amrik jual amraam dan apache ke indonesia, rusia ga khawatir… kok amrik jd baperan kyk cewek abis ditinggal pacar

 Leave a Reply