Jun 192017
 

Dok. Tentara Arab Saudi (PV2 Andrew W. McGalliard / commons.wikimedia.org)

Dubai – Penjaga perbatasan Arab Saudi menembaki kapal nelayan Iran di Teluk, menewaskan seorang nelayan, ujar kantor berita Tasnim Iran pada 17/6/2017, di tengah tingginya ketegangan antara dua negara yang saling bersaing itu.

“Dua kapal Iran yang sedang memancing di perairan Teluk Persia terdorong oleh gelombang. Di sana mereka ditembak oleh penjaga perbatasan Saudi … dan satu nelayan Iran tewas terbunuh,” ujar kantor berita setengah-resmi itu mengutip sebuah pernyataan pejabat kementerian dalam negeri.

“Kami mengangkat masalah ini untuk menentukan apakah perahu Iran telah melintasi perbatasan Saudi atau tidak, namun tindakan dari kapal Saudi tidak sesuai dengan kemanusiaan dan prinsip pelayaraan,” kata Majid Aqababai, direktur jenderal kementerian urusan perbatasan, seperti dikutip oleh Tasnim.

Tidak ada reaksi langsung dari Saudi. Laporan Iran mengatakan kejadian tersebut terjadi Jumat malam.

Hubungan antara kedua negara berada pada posisi terburuk mereka dalam beberapa tahun belakangan. Pekan lalu Riyadh, bersama dengan pemerintah Arab lainnya, memutuskan hubungan dengan Qatar, dengan alasan dukungan Qatar terhadap Iran.

Beberapa hari kemudian, bom bunuh diri dan penembakan di Teheran terjadi, menewaskan 17 orang. Iran mengulangi tuduhan bahwa Arab Saudi mendanai petempur, termasuk kelompok IS.

Riyadh membantah terlibat dalam serangan tersebut.

Iran dan Arab Saudi saling menuduh perusak keamanan wilayah dan dukungan yang berlawanan dalam konflik di Suriah, Yaman dan Irak.

Antara/Reuters

  5 Responses to “Penjaga Perbatasan Arab Saudi Tembaki Perahu Iran”

  1. enakkan jadi nelayan vietnam saja…… Mancing ketangkep diberi makan…dan dipulangkan naik pesawat disambut dubes…..huehehe…

  2. semakin lama arab saudi makin kliatan paranoid. serang sesama arab n kongsi dengan AS..

  3. Adu domba barat lewat sebuah organisasi Isis untuk memecahbelah negara negara arab.. semoga tak merembet ke asia tenggara dan timur deh yaa

  4. Negara musang bertepuk tangan karena politik adu dombanya sukses!

 Leave a Reply