Mar 312014
 
Tank Leopard 2A4 TNI AD

Tank Leopard 2A4 TNI AD

Rekan rekan Media,
1. Ada beberapa hal yang perlu kami jelaskan sbg respon dari pendapat Bapak B.J. Habibie tentang Tank Leopard TNI AD Rabu (26 Maret) kemarin.

2. Ada 140 negara pengguna MBT diseluruh dunia, dengan 65 jenis MBT yang berbeda.
– Khusus Tank Leopard digunakan oleh 20 negara besar (14.3 % dari total MBT), mulai dari Australia, Austria, Brazil, Canada, Chili, Denmark, Finlandia, Jerman, Yunani, Indonesia, Italy, Lebanon, Norwegia, Polandia, Portugal, Singapura, Spanyol, Swedia, Swiss, sampai Turki.
– Dari 20 negara tsb, HANYA 3 (15 %) yang memiliki Padang Pasir. 85 % dari negara2 tsb TIDAK MEMILIKI Padang Pasir.

3. Berat Tank Leopard dihadapkan jalan & jembatan di Indonesia.
– Sekalipun berat Tank Leopard +/- 60 Ton, TEKANAN JEJAK pada tanah hanya 0.8 kg/cm2 atau 8.9 Ton/m2. TEKANAN JEJAK ini relatif sama dng Tank AMX-13 (Berat 14.5 Ton) & Scorpion (Berat 8 Ton).
– Dengan TEKANAN JEJAK 8.9 Ton/m2, Tank Leopard SANGAT MEMENUHI syarat gunakan Jalan Kelas 1 & 2 di Indonesia (Perda : MUATAN SUMBU TERBERAT di jalan Kelas ini bisa lebih dari 8 Ton/m2).
– BEBAN TERBAGI RATA Tank Leopard (q = 2.38 kNm2) masih lebih kecil dari Jembatan Kelas A & B (q = 4.46 kNm2) di Indonesia (lebar 6m, panjang 40m).
– Tank Leopard mampu manuver off road, di permukaan berlumpur, di sungai dng kedalaman < 4m.

4. Untuk penempatan 103 unit Tank Leopard TNI AD :

– Batalyon Kavaleri 1 Kostrad, Cijantung (total 41) :
* 13 Leopard 2A4.
* 28 Leopard 2 RI.

– Batalyon Kavaleri 8 Kostrad, Pasuruan (total 41) :
* 28 Leopard 2A4.
* 13 Leopard 2 RI.

– Pusat Pendidikan Kavaleri, Padalarang (total 4) :
* 3 Leopard 2 RI.
* 1 Leopard 2A4.

– Kompi Kavaleri CAMB, Sentul :
* 13 Leopard 2 RI.

– Kompi Kavaleri Pusat Latihan Pertempuran, Baturaja (total 4) :
* 4 Leopard 2 RI.

– Dari kebutuhan 103 garasi Tank Leopard, 82 diantara-nya (79.6 %) sudah selesai dibangun di berbagai lokasi tsb. Sisa-nya akan diselesaikan tahun 2014.

Brigjen TNI Andika Perkasa
Kepala Dinas Penerangan TNI AD

(by Jalo)

Bagikan:

  170 Responses to “Penjelasan TNI AD tentang Tank Leopard”

  1.  

    Hahahaha.. Jangan Khawatir Bung.

    Pasti ada kok, bukan cuma Batalyon Mekanis berat yang hanya dilengkapi MBT leopard, tetapi juga dilengkapi dengan Penerbad Apache sebagai Payung Udara, juga Infanteri yang juga dilengkapi dengan ATGM dan ManPADS, mungkin juga mobile SAM type xxx.

    Mungkin banyak yang protes MBT ditempatkan di Kalimantan karena alasan kontur tanah, Padahal sejatinya Tank dibuat memang untuk medan yang tidak bisa dilewati oleh kendaraan beroda ban. Lagipula Akses Jalan menuju Malaysia Timur maksudnya adalah Kuching dan Kinabalu, sudah dibangun dengan sangat baik oleh Malaysia sendiri. Semua MBT Indonesia tinggal masuk saja

  2.  

    Tanpa mengurangi rasa hormat pada bapak cendekia Indonesia Mr. Habibie, saya mau kasi anologi sederhana begini:
    suatu saat pemda suatu kota mau buat rute trayek baru untuk pengangkutan kota yang handal, murah, dan bisa masuk jalan-jalan kampung.
    Untuk nara sumber dipilih 2 segmen: Ahli tata kota + Pengamat transportasi VS End User.
    Segmen pertama bilang, lebih cocok Avanza, popoulasi banyak shg part mudah, murah dan mobil merakyat.
    Segmen kedua yaitu end user yang terdiri dari juragan angkot dan supir angkot pilih mobil pick up yang dimodif.
    Mana yang cocok, ternyata akhirnya mereka pilih pick up modif, karena lebih murah, meskipun mobilnya bukan khusus penumpang, tapi bisa dipake jadi angkot. alasannya, toh angkot bukan untuk perjalanan antar kota malah buat masuk gang. trus masih bisa angkut sayur belanjaan pagi2 buta…tanpa takut merusak interior dan kaki-kaki mobil….

  3.  

    bung@ NYD aduuuuhhh ada dua nickname BORNEO di jkgr tolong e-mail nya di cek saya takut akan berbuah provokasi

    terimakasih

    •  

      Iya, memang beda. ‘Borneo’ dan ‘borneo’ punya IP dan email berbeda

      •  

        kalau begitu aku tambah informasinya :

        Kalimantan barat ada 3 Kabupaten yang akan di isi dengan MBT leopard, yaitu Sambas, Sanggau dan kapuas Hulu. dari 3 Kabupaten itulah MBT Indonesia masuk ke Kuching Malaysia.

        Untuk Kalimantan Timur, Marinir Indonesia akan mendarat di Tawau dan Lahat datu, Begitu Tawau selesai, Pasukan akan bergabung di Lahat datu untuk kemudian membuat pertahanan dan menunggu pasukan Malaysia dari Kinabalu.

        Begitu Pasukan Malaysia dari kinabalu bergerak ke Lahat datu, Pasukan khusus akan diterjunkan ke Pinggiran Kota Kinabalu dengan diikuti pendaratan Pasukan langsung ke Pantai Kinabalu dan akhirnya bertemu dengan pasukan marinir dari lahat Datu.

        Malaysia Timur Selesai !

        •  

          dalam skenario itu bantuan dari semenanjung bisa ditahan oleh kekuatan laut dan udara di wilayah Riau Kepri hingga Natuna. Semenanjung dan Sg juga terancam serangan dari Sumatera jika ‘intervensi’, sementara FPDA tidak terikat kewajiban untuk menjaga Malaysia Timur. Saya yakin skenario, bagaimanapun ‘liarnya’ sudah diperhitungkan dan dihitung oleh semua pihak, bukan tanpa alasan Sg dan MY merapat pada US untuk perlindungan

      •  

        Oh iya Lupa..

        Terima kasih Malaysia, Anda telah membangun jalan yang sangat bagus di Serawak dan sabah supaya bisa dilalui oleh Tank-Tank Leopard kami.

  4.  

    saya sependapat dengan anda bung @melektech, tapi apa boleh buat, barang udah deal, tinggal delivery aja,,,,,
    Biar tni belajar dengan pengalamanya,

  5.  

    maaf oot.
    mohon klarifikasi dan pencerahan dari sesepuh warjag,, apa benar berita dibawah ini:
    25 unit LVT 7A1 lainnya belum diserahkan kepada Indonesia karena Jakarta tak mampu membayar ongkos pengapalan dari Seoul….Sementara itu, nasib 10 buah LVT 7A1 yang kini dioperasikan oleh Korps Marinir juga tak tentu… (Damn the torpedoes)

  6.  

    deket kota minyak??sebelah mana balikpapan bung Nara??

  7.  

    kota minyak ? balikpapan ? sebelah mana bung nara ?
    atau maksud anda kota lain seperti tarakan dan bontang ?

  8.  

    MAJU DAN JAYALAH TNI ku, Tidak usah di dengar Suara Jokowi and The Gank yang tidak ingin INDONESIA BERJAYA DI BUMI NUSANTARA. Kalau Perlu Beli Lagi 10.000 atau 100.000 Tank Leopard Untuk Pertahanan Bangsa Indonesia.
    Jokowi Cuma bisa beli BUS BEKAS KARATAN dari CHINA.

  9.  

    SR

  10.  

    Pengadaan leopard 2 itu udah benar dansesuai strategi yg telah dijalankan. Soal penempatan, bisa adanya bko atau pergeseran alutsista. Kemungkinan bertahap datangnya itu tank dan semoga kedua capres memahami pentingnya strategi pertahanan

  11.  

    Kenapa tank leopard hanya ditempatkan dipulau Jawa. Seharusnya dari sisi geografis posisi pertahanan darat strategis itu perbatasan daratan kalimantan barat, kalimantan utara, dan irian. Di tiga titik inilah seharusnya tank canggih ditempatkan, bukan semua pulau Jawa. Indonesia bukan hanya pulau JAwa yang dijaga. Jawa itu harusnya kapal perang aja diperbanyak dan pelatihan pesawat tempur. Jangan sampai 4 pulau dianak tirikan. Tanah JAwa aja yg dijaga pake tank canggih. Tapi wilayah yg jelas2 perbatasan darat, hanya tank tua tahun 90an.ini pesan untuk intel TNI dan panglima, jelas ada kecemburuan masyarakat antar pulau yang memunculkanrasa diskriminasi wilayah jawa terhadap 4 pulau besar terutama pulauyg berbatasan darat.

  12.  

    Saya mendukung penuh untuk MEF alutsista TNI. Tapi ya harus disamaratakan penyebaran alutsistanya kesemua wilayah Indonesia baik sumatra,jawa,kalimantan,sulawesi, dan irian. Walau 1 tank leopard aja diperbatasan setidaknya ada disebar. Jangan hanya di pulau Jawa aja ramai-ramai dibagi. kami warga kalimantan juga ingin dijaga tank leopard diperbatasan. warga irian juga. Seluruh INdonesia juga. Pemerataan alutsista.