Mar 312014
 
Tank Leopard 2A4 TNI AD

Tank Leopard 2A4 TNI AD

Rekan rekan Media,
1. Ada beberapa hal yang perlu kami jelaskan sbg respon dari pendapat Bapak B.J. Habibie tentang Tank Leopard TNI AD Rabu (26 Maret) kemarin.

2. Ada 140 negara pengguna MBT diseluruh dunia, dengan 65 jenis MBT yang berbeda.
– Khusus Tank Leopard digunakan oleh 20 negara besar (14.3 % dari total MBT), mulai dari Australia, Austria, Brazil, Canada, Chili, Denmark, Finlandia, Jerman, Yunani, Indonesia, Italy, Lebanon, Norwegia, Polandia, Portugal, Singapura, Spanyol, Swedia, Swiss, sampai Turki.
– Dari 20 negara tsb, HANYA 3 (15 %) yang memiliki Padang Pasir. 85 % dari negara2 tsb TIDAK MEMILIKI Padang Pasir.

3. Berat Tank Leopard dihadapkan jalan & jembatan di Indonesia.
– Sekalipun berat Tank Leopard +/- 60 Ton, TEKANAN JEJAK pada tanah hanya 0.8 kg/cm2 atau 8.9 Ton/m2. TEKANAN JEJAK ini relatif sama dng Tank AMX-13 (Berat 14.5 Ton) & Scorpion (Berat 8 Ton).
– Dengan TEKANAN JEJAK 8.9 Ton/m2, Tank Leopard SANGAT MEMENUHI syarat gunakan Jalan Kelas 1 & 2 di Indonesia (Perda : MUATAN SUMBU TERBERAT di jalan Kelas ini bisa lebih dari 8 Ton/m2).
– BEBAN TERBAGI RATA Tank Leopard (q = 2.38 kNm2) masih lebih kecil dari Jembatan Kelas A & B (q = 4.46 kNm2) di Indonesia (lebar 6m, panjang 40m).
– Tank Leopard mampu manuver off road, di permukaan berlumpur, di sungai dng kedalaman < 4m.

4. Untuk penempatan 103 unit Tank Leopard TNI AD :

– Batalyon Kavaleri 1 Kostrad, Cijantung (total 41) :
* 13 Leopard 2A4.
* 28 Leopard 2 RI.

– Batalyon Kavaleri 8 Kostrad, Pasuruan (total 41) :
* 28 Leopard 2A4.
* 13 Leopard 2 RI.

– Pusat Pendidikan Kavaleri, Padalarang (total 4) :
* 3 Leopard 2 RI.
* 1 Leopard 2A4.

– Kompi Kavaleri CAMB, Sentul :
* 13 Leopard 2 RI.

– Kompi Kavaleri Pusat Latihan Pertempuran, Baturaja (total 4) :
* 4 Leopard 2 RI.

– Dari kebutuhan 103 garasi Tank Leopard, 82 diantara-nya (79.6 %) sudah selesai dibangun di berbagai lokasi tsb. Sisa-nya akan diselesaikan tahun 2014.

Brigjen TNI Andika Perkasa
Kepala Dinas Penerangan TNI AD

(by Jalo)

Bagikan Artikel :

  170 Responses to “Penjelasan TNI AD tentang Tank Leopard”

  1. pertama

    • setidaknya TNI AD harusnya punya 10 batalyon MBT taruh di pulau jawa 3 batalyon,sumatra 2 batalyon, kalimantan 3 batalyon, sulawesi 1 batalyon dan papua 1 batalyon dan masing2 plus batalyon tank medium/ringan dan panser 8×8,6×6

    • Ok, tapi nanti kalau sudah dibawa ke Kalimantan ternyata TIDAK ambles, situ berani lari bugil di depan umum yaa…!

      • Boleh, saya suka bugil, terutama sama ###mu……………..wk…wk..wk…

        • Haha, cuma segitu aja sampeyan. Baru ditantang sedikit langsung keliatan sifat cemennya dan moralnya yang rendah. Kalau memang jantan, akui salah dan lari bugil keliling monas kalau memang Leopard 2 tidak ambles di Kalimantan!!!

        • sebenernya,. dari omongan pak B.J. Habibie itu ga menyebutkan langsung ambles,.. karna beban yang diberikan ke jalan itu hampir mendekati titik kritisnya, maka memang tidak akan ambles secara langsung,.. namun, setelah dilalui tank leopard, secara otomatis kemampuan jalan akan berkurang secara drastis untuk menerima beban berat diatasnya,.. klo berkali-kali dilalu-in leopard,. bukan tidak mungkin akan hancur,. CMIIW

        • AMBLES APANYA YG AMBLES, ADA ADA SAJA. KALAU ANDA SEMUA RAGU COBA SAJA TES DAN TARUH DI DAG RUMAH KU SAJA ITU LEOPARD, KALAU PERLU CARI TANK YG LEBIH BESAR DAN LEBIH BERAT LAGI UNTUK TNI,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,PADA CINGENG LOH……………..

  2. uhuk uhuk..batuk..

  3. Kedua…puluh

  4. Leopard sdh dibeli masih saja jadi kontroversi.
    Si mbah Habibi lebih baik kembangin pesawat aja deh yg super cuanggih klw bisa melebihi boeingnya ASU baru maknyusss.

  5. Bung jalo, klo penempatan caesar dan atross yg fix skrg dimana? apakah juga divisi 1 & 2 kostrad juga atau di perbatasan??

  6. Penjelasan bagus tarik mang monitor sambil mata meler sbelah kayak h jajamiharja trim salam

  7. Tanpa bermaksud menggurui; kebiasaan sebagian org kita, suka bikin kontroversi, bikin lebih “alot”; barang sdh dibeli dan sdh mulai datang msh aja diributin. Pengadaan yg dulu2, spt Parchim dan Scorpion klo seandainya mau “diributin” pantas koq utk diributin. Tapi kita2 (hampir semua org) rela dan ikhlas koq melupakan dan atau memaafkan….

    • Ya sudah nggak apa-apa bung. Anggap saja sebagai pengingat kalau masih banyak infrastruktur yang perlu dibenahi dan digunakan sesuai standarnya. Bagaimana jalan yang mungkin tidak sesuai standar tetap dibuat, lantas yang melintas juga overweight tapi terus terjadi. Itu justru PR yang tak berujung, mulai jaman baheula sampai detil ini.

  8. Astross ditempatkan di perbatasan kalimantan,untuk mengimbangi astross malay

  9. ke-10 deh

  10. Bung diego, bung jalo… Tank leopardnya yang di tempatin di jawa sekitar 105 tank. Trus yg di tempatin di kalimantan perbatasan, sumatera, papua, bali berapa jumlahnya dan kapan datangnya? Kalo dari a1 list nya bung nara indonesia bakal di perkuat 350 tank leopard.

    • Aduuh gimana jawabnya ya…
      Kalau kedatangannya sampai 2017,

      Mungkin yang daerah lain kalau ada latihan bisa diperbantukan kesana. Contoh kasus Batalyon Infanter 413 Bromoro yang di BKO untuk menjaga perbatasan kita dengan Sabah dan Sarawak. Mungkin penempatan Tank Leopard bisa dibuat demikian. Sukhoi aja bisa diperbantukan ke Natuna, πŸ™‚

      IMO-Maaf kalau ngawur

    • Leopardnya disimpan di Kostrad, bukan Kodam, artinya bisa dikerahkan kemana saja, tergantung kebutuhan. kostrad kan tidak punya teritori, alias mobile, beda dgn Kodam. Mungkin Kalau jumlahnya nanti bertambah, kodam Mulawarman harus punya, karena mereka front line

  11. bukan ane yg janji, noh bang pajajaran yg nyuruh..lagean di demak ijo kagak ada leo..kalo pun ada, apa bole sipil masuk n narsis poto poto sambil nyium meriem leo..lupain aja, jangan maksa ah hahag πŸ˜€

  12. tuh kan, argumen yang bawa2 padang pasir emang lucu, udah jadi sejarah baku siapa yang merancang tank pertamakali, dan dimana pertamakali digunakan, ini malah ngomong padang pasir (kata nenek, browsing dulu sebelum komen)

    TEKANAN JEJAK = ground pressure, bicara tanah hutan kalimantan yang dipikirkan itu ground pressure, jangan pikirkan bobot yang 60 ton.
    bicara jembatan baru bicara berat tank.
    makanya kalau konsep ini masih sulit dipahami, jadi sr dulu sambil belajar tekun, nimbrung diskusi malah jadi kacau, ujung2nya emosi…

    • Bagi saya video yg sy share di topic sebelumnya dah jelas gmn gambarannya….dan jelas penjelasannya bahwa ‘mud’ yg dalam tidak pake itungan ground pressure utk menjebak anda……lihat dua video yg saya share.

      Atau ada yg sering keliling ditambang2 kalimantan? Atau hutan kalimantan? Bukan dikotanya tp blusukan krn sy sempat dagang keliping ke area tambang kalimantan juga sulawesi….

      • bung java,

        kemarin kan juga udah dipajang juga soil map oz sebagai ilustrasi?

        jadi route serbuan tank (plan A, B, C dst) sudah diplot jauh2 hari berdasarkan data soil map tsb, (di mana lokasi tipe2 tanah yang cukup keras dst) tidak asal slonong sana sini sekenanya…

        • Ok….tp coba liat sonora mereka menyiapkan medan sampai dirubah tuh hutan jd kebon sawit….sehingga kondisi naik menjadi ‘laik dilalui’ pendekar krn untungnya kalimantan bukan riau yg tanah gambut. Tp apapun memang kebun sawit pasti tanah akan menjadi keras atau dikeraskan dan fisitu otomatis terjadi pemetaan ‘on site’ krn bagaimanapun canggihnya satelit tetap butuh uav utk detil lapangan mau us mau negara maju apapaun dan tentunya kita sampai tot dg jerman yg pesawat kecil 2 awak itu. Dan bisa ditebak IMHO sonora tidak tergantung pd pintu masuk entikong untuk mbt…..kan beritanya dah ada klo dah uji sukses nembus kebon sawit mereka.

          Intinya tetap bung data satelit jg butuh validasi lapangan…..’on site’

        • Dan tambahan sungai dan rawa dikalimantan itu beda dg sungai di video bung jalo……sungai penuh riam dan curam serta air deras bisa kejebak tuh mbt dan jenis tanah rawa pun bisa amblas tuh mbt….IMHO

          Coba main ke pedalaman mahakam atau sungai2 kecil lainnnya…..mahakam itu gede butuh alat angkut kalo mbt masuk bisa ga keluar lg sekalian sama snorkelnya krn dalam dan lumpur atau bahkan ‘mud’ bekas tambang dan erosi….

          • Ok bung, sama seperti yang dijelasin Bung Danu diatas..
            Para prajurit TNI AD juga pasti sudah tahu mana jalan yg bisa dilewat dan mana yang tidak… Mana daerah sungai yang dilewati dan mana yg tidak. Untuk soil map kan kita sudah punya, pemetaan lahan dikalimantan sekarang sudah berjalan. Kerjasama Lapan dengan dittopografi sudah berjalan, itu pemetaannya ada melalui satelite dan ada yang melalui UAV…

            Dulu ada teman2 warjag yg pernah menulis,(lupa saya), intinya kalau warga biasa berjalan dari daerah A ke B butuh 2 hari TNI cuman 1 hari.

          • Ikut nimbrung sesepuh punten
            Tenang saja masalah MBT mah KASAD skrg dr zeni masalah teknis begini sdh hapal luar kepala jgn dijadikan polemik leo ini,dulu sy pernah naik lst eks jertim ampun pada bolong bodinya rongsokan bener itu barang dulu dibeli kbrnya bukan beli brg yg rongsok tp beli teknologinya punten hatur nuhun

        • lha, emang anda yakin ekspedisi pasukan khusus di kalimantan baru2 ini tidak melakukan validasi lapangan terhadap data satelit?…

          • Ekspedisi Khatulistiwa, itu menggunakan GPS…
            Ekspedisinya tidak beraptokan pada patok perbatasan tapi berdasarkan data satelit… Jadi kangen dengan tim Ralasuntai

          • Semoga bung danu@…selain data satelit posisi patok jg yg lainnya …

          • GPS udah menu wajib, dan kemungkinan besar soil mapnya udah digitized dan bisa dicopy ke tablet, tinggal click di posisi tertentu pada area jenis2 tanah yang dinginkan, bacaan koordinatnya akan keluar, lalu dibandingkan dengan bacaan GPS,
            idealnya juga dilakukan pengambilan sample tanah untuk diteliti di lab mekanika tanah sebagai konfirmasi tambahan…

          • Iya bener bung, Jelajah Khatuistiwa tahun 2012 silam begitu bung…
            Para peneliti mengambil beberapa sample tanah sepanjang 2004 kilometer dari situ banyak penemuan yang sudah masuk ke dokumen topografi. Pernah saya minta release soal samplenya, tapi katanya gak usah ini jadi dokumen pribadi TNI AD aja.

        • melanjutkan sedikit tentang soil map / peta jenis tanah:

          soil map mengidentifikasi bidang2 tanah dipermukaan bumi menurut jenis tanahnya. jenis tanah yang berbeda memiliki daya dukung yang berbeda pula, satuan untuk daya dukung tanah = satuan berat (kg dsb)

          dibagi satuan luas (cm2 dsb).

          > besi seberat 1 kg diletakkan di atas lumpur sawah apakah akan ambles?
          orang lugu mungkin akan langsung menjawab ‘ambles’, tapi orang yang lebih cerdas akan balik bertanya, besi 1 kg tsb berbentuk seperti apa, jika berbentuk anak timbangan 1 kg yang masif/pejal mungkin ambles, tapi jika berbentuk lembaran tipis dan lebar seperti seng kemungkinan besar akan mengambang di atas lumpur!
          orang kedua ini sudah mampu berpikir dalam tingkat lebih tinggi dan dapat memahami konsep ground pressure.

          ground pressure merupakan lawan dari daya dukung tanah, yang satu aksi, lainnya reaksi, aksi dan reaksi memliki satuan yang sama, dalam hal ini satuan berat (kg dsb) dibagi satuan luas (cm2 dsb).

          dari duniatambang2012.blogspot.com
          Daya Dukung Tanah.
          Adalah kemampuan tanah untukmendukung alat berat yang berlalu-lalang diatasnya. Apabila suatu alat berat berada di atas tanah, maka alat berat tersebut akan memberikan β€œGround pressure”, sedangkan perlawanan yang diberikan adalah β€œDaya Dukung”. Jika ground pressure alat lebih besar dari daya dukung tanah, maka alat tersebut akan terbenam.

          yang masih penasaran dengan daya dukung tanah bisa google (soil) bearing capacity…

          • maaf ikut nimrung bung sepuh @bung danu buat tanah di kalimantan ber variasi tergantung dari topografi tanah tersebut, ada gelombang sedang, gelombang kuat yang banyak anak sungai kecil (jeram yg terjal), termasuk wilayah pegunungan apalagi wilayah perbatasan indonesia dan malaysia terbentang pegunungan meratus yang cukup tinggi itu tanah cukup keras tapi vegetasinya susah pohonnya masih segede drum itu harus diberesin dulu buat infrasnya.tapi jangan kwatir banyak jalan x perusahaan loging….klo rawa ,,saya rasa tidak semua perbatasan di kalimantan rawa ….jadi merut saya tolong pemetaan wilayah di petakan ulang baik topografi, geologinya,.untuk acuan kesetabialan tanah….maaf baru belajar …..

          • Bung bagaimana perbandingan berat tank yg 60 ton dg luas penampang tank??? Atau malah dg luas penampang roda rantai tank??? Berapa ketemunya dibanding dg daya dukung mud??

          • Bung Danu maaf kita disini ada org yg teknik loh….meski lugu

          • bung log,

            berbagai jenis peta yang anda sebut (topografi/kontur, geologi dsb) harusnya sudah dimiliki sejumlah instansi seperti bappeda, PU, TNI-AD, bakosurtanal, direktorat geologi masalahnya apakah sudah saling terkoordinasi, skala peta (umum atau rinci) dan seberapa update.

            bung java,
            “perbandingan berat tank yg 60 ton dg luas penampang roda rantai tank” itulah yang disebut ground pressure leo, dan menurut kadispen TNI AD relatif sama dng tank AMX-13 (14.5 ton) & Scorpion (8 ton).
            karena anda telah mendefinisikan sendiri ‘ground pressure’, saya yakin anda dapat menyimpulkan keterangan kadispen, berat leo 4x amx 13, tapi ground pressurenya relatif sama, lalu apa yang diutak atik?

            daya dukung rata2 tanah gambut 0.84 ton/m2 menurut puslitbang PU, jadi leo dan amx akan ambles, harus dihindari.
            TNI-AD telah 1/2 abad menggunakan amx-13 dan menguasai jenis2 medan yang dapat dilalui, gp leo tidak jauh beda (artinya leo samasekali bukan masalah besar yang harus mengundang kontroversi berlarut2).
            saya tidak berhasil mencari daya dukung lumpur.

    • Intinya bagi saya…ambil positifnya komen haji bibie……coba dl leo di hutan tropis kita cari ‘antisipasinya’….sy pendukung leo sejak awal kok utk kemajuan tni.

      Dan setali tiga uang dg apache terbaru type E utk test medan di penjagaan maritime secara luas dan lama……utk ujicoba bagi paman sam jg. Krn sy blom pernah dengar atau baca peruntukan apache utk maritim……..IMHO

      • pak habibi tidak salah dan tni ad pun demikian. jika dirujuk fungsi utama leo sebagai penggentar otomatis untuk sistem offensif. misalkan jika oz macam2 dan kita bisa menandingi superioritas udara maka mereka akan defensif. seandainya mereka defensif dengan mbt masak dilawan dengan infantri murni ? yang jadi masalah adalah mobilitas utama dari leo tersebut. meskipun punya lpd 4 unit dan mungkin nambah lst khusus leo, sebaiknya kita punya all in one transporter yang bertaji seperti kelas iver huitfelt yang bisa mandiri bawa leo dan sanggup bertahan terhadap serangan kapal atau pesawat musuh. tentunya diluar battle group/armada yang lain. jika itu dipenuhi otomatis sonora maupun sonora akan berpikir seribu kali untuk berbuat nakal. karena “Kami Siap Mendaratkan Leo 2 Kami di Tanah Kalian”

  13. lah, quote diatas kog jatuh dimari..oke oke maapin maapin..
    bang diego, pesen dipasangin tombol hapus bias biso apus dopost, markasi bang, ane out..

  14. Siang rekan2 warjager & sesepuh.

    ijin nyimak & belajar..

    salam

  15. Para sesepuh mungkin bisa menjawab ini, apakah mungkin agar tidak membuat heboh jiran. Nanti disebar tanpa berita .. πŸ™‚

  16. Seventeen…

  17. LST yg bisa ngangkut Leo blm ada (masih dlm proses penyelesaian di Lampung)

  18. tenang brow …nanti di kalimantan bakal ada 3 btalyon MBT +apache +altileri

  19. Di test aja , khan udah ada 2 Leo yg dtg kesini, ajak media ikut.
    Gitu aja koq repot

  20. terjawab sudah semua keraguan akan leopard….hanya tni yang tahu apa yank mereka butuhkan….bravo TNI !!!!!!!

  21. leo ini perisai yg digunakan apa ya? titik lemahnya dimana? sudah lulus tes RPG 28 atau roket antitank yg lainnya? diharapkan kelemahan diperbaiki.

  22. Untuk yang semua perbatasan ya pasti di amankan bro, ngga mungkin diinfoin resmi. Nanti kayak pendekarnya malaysia yang kena jebakan TNI diperbatasan gara-gara koar2. Pokoknya tenang aja gan, ngga ada perbedaan dari sabang sampai merauke. TNI juga pasti tau, yang dibutuhin tingkat keamanan extra itu di mana, dan butuh pengamanan setingkat apa untuk alutsistanya.

  23. cocok tuh kalimntan sm ppua.. jawa sulawesi sumtr pke medium aja… hehehe

  24. AMX 13 dan Scorpion nanti di kalimantan.. skrng pindad lagi retrofit amx 13. baru 23 unit dulu. sisa nya ada 400 lagi. sambil tunggu projek medium tank pindad & fnss turki selesai.

  25. Untuk orang2 yang masih sj melemparkan opini2 yang menimbulkan kontroversi….Dengarkan!!
    Kalian percuma saja berkoar-koar…toh MBT Leo dibelanjain oleh TNI AD. Dan barangnya jg sdh pada berdatangan. So….Shut up!! Menurut saya…kedatangan MBT ini sangat besar manfaatnya…selain meningkatkan kewibawaan dan moral prajurit di perbatasan Kalimantan dan Malaysia…juga ada manfaat teknologi yang akan didapat krn pembelian MBT LEo dari Jerman diperoleh denngan TOT. Ini yang penting.

    So…yang masih tidak suka dengan kedatangan LEO…mending kalian tutup mulut dan telinga kalian rapat2…. krn LEO akan mengaum2 di bumi nusantara….
    Jayalah NKRI SELALU dan SELAMANYA

  26. mungkin gene @bang java..
    pertama, ane mo minta maap dolo yg kemaren..ane tarik semua kata ane..besik ane kagak militer n tingkat pendidikan ane cuma ampe stm n lingkungan ane cangkeme trocoh semua plus ane belon pernah ke mana2 jadi maklumin kalo ane kagak bisa merangkai kata n kagak intelek πŸ˜€

    kedua, soal itung2an gron presur leo ntu sejatinya buat mengkonter orang2 yg punya pendapat kalo leo kagak cocok n leo bakal ambles nginjakin di semua tanah di indonesia..itungan lewat jembatan ada n beda lage..
    soal mud ato lumpur ntu juga laen lage, salah satunya lewat peta yg bang danu sampeken..soal lepas dari lumpur ilmu wajib buat semua pasukan tenk mungkin kata2nya kurang tepat tapi maksudnya adalah cara para personel tenk mengatasi rintangan sebuah genangan lumpur ato ketika kejebak lumpur wajib dipelajari..mangkanya alatnya harus ada dolo, tni harus punya dolo tenk leo n pendukungnya trus dicoba jalan dihutan disawah dibukit termasuk dilumpur ntu..gendalanya apa n ngatasinya gemana, dari situ tni bisa tau..pabrik tenk bisa bilang gene geto kan emang dah mencoba, kalo kata coba kedengeran ndeso n kayak kagak pas ya ganti aja dgn kata dites ato diuji..ane malah pengennya ntar dibuatin kolam lumpur dari yg lumpurnya encer ampe kentel lengket, dari yg cetek ampe dalem biar bisa buat latihan..
    soal pidio ente, jangankan yg kayak ntu..yg kerendem ampe leher turet aja ada, cara ngatasinya ya digali..
    trus ada yg bilang, ntar pas kejebak lumpur si leo jadi siting dack n mudah di gengbeng dong..nurut ane kalo perang ntu itungannya laen lage, jangankan yg kejebak lumpur, yg medan keras n enak buat manuper aja bisa digengbeng..mangkanya tni harus punya dolo trus dicoba/dites/diuji/dipraktekkin..bukan sekadar berdasarkan asumsi n teori..
    pake imho, pake cemiyu, pake just my noceng..

    • Wokeh……

      Dan tambahan bung kalo2 bener kejebak ‘mud’ seperti gambatan video yg sy share itu dah bonyok duluan klo rombongan iring-iringan tank 1 brigade dah bisa kebayang gmn bonyoknya pasukan sebelom bertempur…… πŸ˜€

      Akur dah……

      • abang seh mikirnya kalo atu tenk yg kejebak lumpur trus lumpuh semua, kagak bisa geto bang..tapi misalken ntu abis dari medan perang n ada kemungkinan di kejar, kalo ane yg nyopirin ya langsung ane tinggalin, semudah ntu aja bang..lagean sebelon pasukan maju ato sedang mundur kan ada yg maju doloan n ngawasin, tim ekspedisi ato surpeyor ato apa namanya ane kagak tau..bisa pake komodo, bisa pake anoa, bisa pake tenk medium/ringan, bisa pake uav, bisa pake pesawat ithik iwir ato jalan kaki..yg jelas ne tim buat kasih inpoh ke markas apa yg sedang terjadi di lapangan, masalah ntar markas mo kirim bantuan pa kagak ya ntu tergantung nasib n doa ente hahag πŸ˜€

  27. Hehee πŸ˜€ ..bagus yah,,disini kita memakai bahasa anti intelegent,byr bingung para mata2 yg ikut ngopi di warung ini, misal sonora sonotan, nah ini,pas “bahasa anti intelegent”nya kena ASU..jadi keren kan πŸ˜€

  28. Bangkitlah anak kalimantan… πŸ˜‰

    • ya, Kalimantan yang kuat bisa membebaskan Malaysia timur dari Semenanjung dan dari ancaman China πŸ˜‰ rakyat Serawak juga harus bangkit, orang seperti Taib Mahmud bisa pension dengan nyaman setelah puluhan tahun menyerap darah Serawak tidak akan terjadi jika kalian mau bangkit dari tekanan dan penindasan

      jangan tertipu orang Semenanjung yang mengaku anak Serawak/Sabah :mrgreen:

      • dia itu si intel mblayu yang frustasi karena negaranya jadi lelucon dunia gara2 dukun mereka bawa kelapa dan keranjang saat cari pesawat yang hilang πŸ˜€

  29. buat bang java indonesia anda lupa waktu jualan kripik di kalimantan ada pembangunan jalan beton?
    apa harus saya sebutkan semua asal anda dari mana dan dulu anda benjualan di mana biar anda ingat tempat itu

    • Silahkan bung…….ini kok jd pribadi yah.

      Perasaan dah ada yg berhasil masuk ke FB sy….silahkan info latar belakang saya.

      Sy dl kuliah di ITS….
      Sy pernah agak lama di kaltim n beberapa kali trans kalsel…
      Skrg sy jualan di sby sering ke pal

      • hehehe saya tadi cuma bercanda bang, maaf ya, hm tapi apa anda betul2 tau tempat yg saya maksudkan.
        soalnya kalau saya banyak ngomong takutnya nanti keceplosan terus ada yg marah sampai harus ganti rencana

    • Dan persahaan sy tempat bekerja skrg termasuk 10 besar supplier di pal….

      Jd wajar sy sring ke pal…
      Juga banyak teman serta adik alumni di pal……

    • bung @anak batu, silahkan berbeda pendapat dan ‘serang’ pendapat dan opini orang dengan pendapat yg anda rasa lebih tepat, tapi jangan bersifat pribadi. thanks

    • Hahaha……

      Silahkan bung….

      Sy jg banyak dpt training masalah korosi dan sy anggota coating inspector meski dah gak aktif….krn sy pernah kerja di HO Jakarta perusahaan coating Eropa walau sebentar.

      Kalo yg lain banyak mulai jaman susah awal lulus……..

    • Saya kerja melanglang buana bung batu@……

      mulai kaki lima sampai HO perusahaan asing…….sampai ke s’pore…..

      Sy malah jarang kerja di surabaya….baru kali ini dan awal dulu….

      Sy kontraktor, konsultan dan freelance keliling nusantara bung batu@ tp paling jauh Sumatera sampai Manado…..

  30. ntu cuman kurang titik koma doang..yg mo disebutin semua ntu nama2 jalan ato jalan2 yg dolo baru dibangun pake beton, n bang java di minta nyebutin dolo tinggal dimana n bang anak batu bisa nyebutin jalan2 yg sekiranya bang java tau karna pernah tinggal n keliling disekitar situ, geto maksudnya..ah pada salah paham dueh..
    masak kalah ma lulusan stm, hahag πŸ˜€

  31. sabar rekan2 jgn pake emosi yg penting diskusinya utk kemajuan tni kt kedepan thanks

  32. masih sy simak bung lanjut

  33. oot

    saudara kembar di semenanjung Korea hari ini saling tembak2an.

  34. gak baca brp hari udh byk artikel masuk, utk temen warjag dihilangkan aja nulis2 pertamax, atau apalah gk penting…ulasan dan pendapat adalah yg terpenting.trims cuma saran

  35. @Bungnara bung mirage yang kefoto di lanud gading itu gimana kebenarannya ??

  36. Pantesan dah ngumpul disini.. sayangnya gak bisa sumpah serapah kalo disini..:-D

  37. mantaaaaaaap….lumayan kota saya kebagian 4 buah mbt leopard 2RI, selamat datang leo πŸ™‚

    • Selamat ya bung, nanti gak jauh dari Baturaja ada 8 Unit Helikopter Fennec di Squadron-12 Serbu Waytuba…

      • mau nya apache bung πŸ™‚ hehe, disini emg cocok jadi sarang nya leo…jangan kuatir bung disini sebagian jalan lingkar kota juga udah cor beton & sudah biasa di lalui kendaraan angkut berat, tiap hari tidak kurang ratusan fuso penganggut batubara mondar mandir di daerah ini, kontur tanah nya sesuai dg nama kota baturaja (keras & berbatu) sungai pun rata2 punya kedalaman 2-3 meter, lahan berlumpur pun bisa dibilang sangat jarang

        kalopun ada areal tanah nantinya yang bakal di lewati leo saya yakin leo bakal melenggang dengan gagah dibarengi dg senyuman karena saya lihat truck kontainer milik pertamina yg notabene bawa alat2 pengeboran minyak atau pun rig gitu bisa dg leluasa lewat di jalan yg belum beraspal…jarak dg ibukota pun tidak terlalu jauh kurang lebih 6-8jam perjalanan darat

        moga pas ada latihan gabungan tni disini bisa ikut menyaksikan lagi dentuman meriam, dan raungan fennec + leo

        • Hahahahaha, bisa tuh bung kalau rencana Ketua komisi 1 DPR, Mr. Mahfud Siddiq merealisasikan anggaran belanja alutsista senilai 200 trilliun… πŸ˜‰

          • amieenx2, jgn lupa dibisikin ke kom 1…itu gaji nya supir maupun kernet si leo, fennec, apache, kasel sampe masinis nya sukhoi juga perlu di tingkatkan hehe…jangan sampai mainannya harga selangit sedangkan penghasilan si empunya mainan justru bagai langit & bumi

            kedepan mestinya ada perobahan dari segi kesejahteraan di tingkat akar rumput, bayangin dengan rumah tetangga sebelah yang bisa dibilang miskin SDA penjaga rumah nya justru di kasih mainan kelas wahid & kesejahteraan nya juga terjamin, bandingkan dengan penjaga rumah kita sedang & akan di manjain dengan mainan baru dengan tugas mengamankan SDA yang begitu besar justru kesejahteraan nya masih minim….jangan lagi ada penjaga pertahanan maupun keamanan di negara ini yang justru bentrok dengan junior nya setelah memasuki masa pensiun karena di usir dari rumdin….ironis πŸ™

  38. Parah men, kasian kalimantan dan sumatra gak kebagian tanknya, jangan di mulu ..

  39. Pembelian 103 MBT Leopard itu memang SALAH. Untuk kondisi kawasan yang sedang bergejolak seperti sekarang ini, yang kondisinya bisa dikatakan seperti api dalam sekam, Pembelian 103 MBT memang SALAH BESAR.

    Salah Besar’nya adalah Indonesia hanya membeli 103 MBT Leopard, seharusnya Indonesia membeli setidaknya 300 sampai 450 MBT Leopard.

    Untuk pulau kalimantan saja, maksudnya adalah kalimantan barat, AD membutuhkan setidaknya 150 MBT leopard, yaitu di kabupaten sambas 40 Leopard, di kabupaten Sanggau 40 MBT terakhir di kabupaten kapuas hulu 70 MBT.

    jika perang pecah, dengan didahului bom bardir ratusan rudal dan bom presisi dari pesawat AU, dengan dipayungi puluhan heli Apache dan di iringi ratusan ribu infanteri, 40 Leo Sambas masuk ke lundu lanjut ke kuching, 40 leo Sanggau masuk lewat Tebedu lanjut ke kuching dan terakhir 70 leo kapuas hulu melakukan long march ke timur, melewati betong, saratok, sarikei, mukah, bintulu, miri dan berhenti di jembatan sungai batang baram.

    Untuk Kalimantan Timur, cukup diurusi oleh marinir

    • saya jadi semangat membacanya @mbah moel. tapi klo sabah-serawak bergabung ke NKRI tanpa harus perang lebih bagus lagi

    • ‘konon’ sekitar 100 lebih Leopard eks AD Spanyol jadi diambil, dan ada opsi untuk menerima tawaran MBT eks Russia (350 unit). Dengan Kogabwilhan setiap wilayah akan mendapat kekuatan sesuai dengan bentuk ancaman, IMHO- Kalimanatan yang punya perbatasan darat panjang adalah salah satu lokasi penempatan MBT terlepas dari apapun pers liris resmi

    • Ini pertanyaan sama seperti kenapa kita gak membeli 10 skadron sukhoi.. Kenapa cuman satu skadron, itu salah besar…

      πŸ˜€

      • Jawabannya nunggu setelah pemilu saja Bung Jalo. hahaha

        Sepertinya ada kelompok besar yang berani invest di salah satu bakal calon presiden yang ingin agar UU minerba di batalkan lalu di ikuti dengan perbaikan kerjasama militer dengan Australia dan dilanjutkan dengan penambahan hibah pesawat tempur F-16 BRE ( bekas rawan embargo ) gosong dah impian punya skadron pemukul kelas berat ( SU-35).

        akan terulang lagi “keanehan” insiden Hawk 209/109 kupang menghadang F-18 hornet Australia dan bandara El tari kupang di kentutin sambil wira-wiri oleh 8 F-18 Hornet Australia ( 1999), 2 F-16 AU kejar-kejaran dengan 5 F-18 Hornet Amerika di Bawean ( 2003 ), dan Bandara Hang Nadim batam di kentutin F-18 Hornet Australia.

        Semoga siapapun pemimpin yang terpilih, TNI AU bisa kembali Superior di Bumi Selatan.

        • Waduh semoga tidak terpilih ya bung calon presiden yang antek2 blok barat..

        • Iya mbah Moel, saya juga memantau bakal calon presiden kita, kebetulan sekarang lagi tugas mengurusi caleg dan capres…

          Udah dua capres yang saya temukan mempunyai rekam jejak atau ada deal2 dengan barat. Nah ini yang patut diantisipasi, arahnya adalah salah satunya arahnya untuk pencegatan UU smelter. Tapi maaf saya gak berani membuka siapa orangnya disini, :-)…

          Visi misinya menjanjikan, tapi lihat deal2nya itu yang ngeri.

          • Bung Jalo@, saya pengen sekali dapat clue tambahan untuk capres seperti ini, supaya jangan salah pilih nantinya, tq

          • Siap bung, nanti ya bung gak bisa sekarang…
            Salam πŸ™‚

          • maaf bung jalo ..ane takut presiden yg akan datang ini karena selama ane di lapangan jadi geologist hampir seluruh kalimantan n sumatra untuk konsesi batubara dan meneral punya dia …ngakunya sih pro petani…petani aja pada takut buat beladang di intu karena ijin kawasannya punya dia juga …ane takut kalo dia jadi presiden itu jaminannya n peta kehutanan berubah…maaf lancang….

          • Yup bener bung loq, saya aja kaget saat main ke rumahnya, sangat2lah mewah.. Tapi dia pintar, siapa yg baru mengenalnya pasti akan bertekuk lutut. mungkin karena ilmu yg dia dapat di ASU, tapi mudah2an nih orang jangan sampai terpilih… Silahkan bung cerna, tuh perusahaan batu bara dan mineral punya siapa… Ups:-SS

          • @jalo : upss saya tahu bung siapa yang punya grup perusahaan batubara dan mineral πŸ™‚ ada clue lagi kah supaya tidak salah pilih?masih ada satu lagi lho bung…

        • benar bung, takutnya cawapres atau pembantu2 nya mrpkan antek
          asing atau double agent spt jaman suharto dulu yg tdk mau indonesia maju dan bakalan byk lagi bumn yg dijual murah apalg kalo bumn tsb bernilai strategis spt indosat.

      • KESALAHAN juga terjadi dlm kepemilikan 2 ks…SALAH BESAR
        πŸ˜€

    • Bung @Yudi : harapannya memang mereka bergabung dengan NKRI secara damai / referendum. tetapi kalau di amati, Sentimen Serawak berdiri sendiri jauh lebih besar, Sepertinya ada kecenderungan Kerajaan Serawak menunggu kerajaan federal malaysia di semenanjung mengalami perpecahan untuk bangkit berdiri sendiri.

      Bung @Nowyoudont : Sepertinya lebih bagus kalau kita fokus dengan memperbanyak MBT Leopard saja, idealnya di kisaran 450 Unit. Tidak perlu kita ambil MBT bekas Russia karena semakin banyak type MBT akan semakin mahal biaya operasional dan maintenancenya.

      Dengan memiliki 450 MBT Leopard, kita bisa cukup konsentrasi untuk membangun Tank Medium yang benar-benar handal, gesit, bisa berenang, dan mematikan termasuk sangup melumat MBT sekalipun

    • betul setuju, memang mef 1 kualitas dulu, mef selanjutnya kualitas dan kuantitas dibanyakin.
      untuk wilayah sebesar NKRI target mukan minimum lagi tapi menuju ideal setelah itu menuju maksimum essential force klo bisa

  40. menjelang pesta emng hot.ada aja yg dipermasalahin.
    gajah bukannya bisa di dataran pasir,tanah dan kota ya..?
    gajah di simpan kota untuk sementara sebelum makanannya tersedia.. πŸ˜€
    yg mau saya tanyakan infrastruktur pendukung mobilisasi ni gajah udah sesuai kebutuhan jumlahnya belum ya…?

  41. salam kenal bung
    bagi para sesepoh warjag tlg pencerahan
    mef 1 udah lewat plus 1/2 mef 2
    klo boleh tau apa yg sdh fix dri 1/2 mef 2

    • bung@ jalo saya sangat ingin tau siapa calon RI1 yang pro asu itu mohon bung jalo kasih tau saya

      kasih tau saya melalui NOPE saya +6281251######
      TERIMAKASIH SEBELUMNYA
      oya bung ini menyangkut masa depan bangsa salah pilih RAKYAT menderita

      • Bung nowy boleh minta tolong gak, nomernya bung borneo di sensor aja…:-)

        Maaf ya merepotkan…

        Bung borneo, sekarang saya masih riset bung… Saat ini buktinya ini masih saya pelajari lagi, karena takut bahaya black campaign… Nanti kalau sudah final Insyallah akan saya buat artikelnya atau saya hubungin bunh borneo… Nomernya sudah saya save, terima kasih bung…

        • Saya mohon maaf langsung menuduh orang, sebenarnya maksud saya itu ada 2 yg terindikasi pro-barat

          • Terimakasih bung@ NYD maaf saya kelewat bersemangat untuk mengetahui kandidat RI 1 yang cinta BANGSA dan TANAH AIRNYA bukan mereka yang meng-atas namakan bangsa/negara untuk kepentingan pribadi/golongan

            Terimakasih juga buat bung@ JALO atas tanggapan anda
            bung@ jalo sebaiknya tidak usah di buatkan artikel terlalu riskan untuk JKGR
            saya pribadi lebih berharap agar bung mau memberi tau saya melalui nmr yang anda bilang sudah anda save,
            tapi ini cuma pendapat awam saya tentu anda beserta bung NYD, DIEGO dan para sepuh lebih tau

            salam NKRI (HARGA MATI)

          • Ga apa2 bung Borneo, saya juga sama koq pnasaran he he he.. tapi mungkin karena saya faham bung Jalo ga bisa share terlalu terbuka jadi saya nahan diri. BTW dulu bung Satrio pernah ngasih tips mengenai Capres, tips-nya agak membingungkan πŸ˜€ tapi intinya selidiki latar belakang Capres tersebut, bagaimana dia mendapat kekayaannya dsb..

            Ngomong2 bung Satrio, kemana ya dia? mudah2an sehat dan menampakan diri lagi. Jika tidak, nanti kita patungan beli apel jin dan menyan :mrgreen:

          • Siap bung…
            Tapi itu cuman analisa saya dan tim ya…
            Saya gak ada niat mendoktrin, πŸ™‚

          • Oya bung,sy juga minta di kasih tau donk bung orangnya,sms ke nope di 087880859###..( tolong bung now nanti di sensor nope gw ya,setelah di save sm bung jalo pastinya ) soalnya ane baca visi dan misi salah 1 calon yg sepertinya agak2 membela freeport,.tolong bung jalo dan bung now help me,gw lg galau nih mau milih yg mana,
            Thx bung jalo N now

          • Aduh galau saya, semua kirim nomer HP kasihan bung Nowy..
            Ini email saya, jaloloh@yahoo.com jaloloh@gmail.com
            silahkan…

          • EEhh salah, maksudnya jaloloh@gmail.com

          • saya ikut juga yang bung jalo..langsung japri via email yahh..salam πŸ™‚

  42. BUNG@ jalo sebenarnya saya mau kontak ke akun GMAIL bung jalo hehehe
    tapi gara2 lepi ngadat maksud saya laptop saya error terpaksa install OS jadi lupa pasword GMAIL saya akhirnya ga bisa masuk G

  43. Selamat malam warjager maaf baru nongol ,;liburan jalan jalan ke Utara πŸ˜€
    Bang ED
    komentar pak HiH Sam dicomot sudah ijin belum ..nanti marah lagi ,,,.

    Perimbangan Info Juga untuk Warjager biar berpikir Jernih,
    Pembelian Kapal eks Jertim itu pada awalnya tidak melibatkan pak Habibie secara resmi
    Awalnya Kapal kapal tersbut tadinya telah disurvey tim kecil TNI, kemudian diputuskan untuk mengambil secara BERTAHAP dan tidak membelinya secara Borongan ,
    Namun rencana akuisisi oleh pemerintah Indonesia tercium oleh LSM setempat dan kapal yang sudah siap tersebut dirusak yang mengakibatkan jadwal penyeberangan gagal.
    (Mungkin bung Yayan tahu kenapa LSM disana kok anti Indonesia ,bila mengingat bung yayan pernah ikut demo diJerman)

    Hal ini di dengar Pak Harto dan diambil alih dan kemudian di tunjuk Pak Habibie selaku Ketua Tim karena kedekatan hubungan beliau dengan Helmut Kohl Kanselir Jerman.saat itu dan diputuskan membeli secara borongan dan mendapatkan Kredit dari pihak Jerman dan hal itu memanfaatkan loby dan jalur dari pak Habibie.dan saat itu yang ngincer kapal eks Jertim bukan hanya Indonesia saja ada AL dari Nigeria yang juga membelinya

    Namun terjadi friksi antara pak Habibie dengan Alm Jend, Eddy Sudrajat yang berakibat majalah Tempo di breidel oleh Harmoko karena memuat berita yg menghebohkan tersebut.
    Untuk 2 jenis kapal “Parchim” dan “Frosh” dilayarkan sedangkan “Condor” dikirim lewat kapal barang.

    Ingat Lho saat itu Indonesia sudah mulai diembargo oleh amerika serikat negaranya pak HHSam tersebut berkaitan dengan Insiden Santa cruz Dilli,dan amerika selalu meneropong apa alutsista yang dibeli oleh Indonesia karena pada saat itu pak Harto sudah mulai berpaling dan mau mempergunakan alutsista dari blok Timur dan Indonesia mulai membuka Hubungan diplomatik dengan china pada thn 1990 cmiiw
    Dan harus di ingat bagaimana kondisi kapal kapal TNI AL saat itu sejak diembargo oleh Amerika ,banyak Fregat kita yang dari blok barat amerika,belanda dan Inggris yang susah sucadnya , pilihan menggunakan kapal dari blok Timur adalah yang masuk akal karena amerika sudah bersabda embaro dan mau menggulingkan pemerintah Soeharto yang mulai membangkang,,
    Amerika posisi bisnisnya sudah aman karena KK Freport sudah diteken oleh pak Harto,makanya berulah,

    Memojokan pak Habibie disaat sekarang ini kurang tepat karena kondisi politik Indonesia lagi memanas menjelang pemilu,pendukung pak habibie juga banyak dan jangan terpecah belah karena hasutan mengangkat pembelian kapal eks Jertim ,,enak yang menghujat tetapi tidak tahu sejarah dan kondisi politik dan kondisi Indonesia dimasa peralihan blok saat itu,apalagi kondisi alutsistanya,
    Setelah Fregat eks Amerika dan Inggris tidak berlayar karena efek embargo siapa yang menggantikan tugas patroli? Parchim kan ? yang perlu dikoreksi mungkin ada penyelewengan anggaran dalam akuisisinya tetapi peran pak Habibie meloby dan menggunakan jalurnya agar Jerman mau memberikan kapal eks Jertim tersebut patut dihargai walaupun lagi ditekan oleh Amerika,karena saat itu untuk langsung membeli ke rusia belum berani terang terangan

    Dan jangan dikira pembelian Leo,Grob, Bremen dll sekarang ini tidak menggunakan loby dan conection dari pak Habibie,,ingat pak Habibie sangat dihormati di Jerman bahkan mengantongi Kewarganegaraan kehormatan dari Jerman,
    Tante merkel sangat percaya kepada pak Habibie berkaitan dengan info tentang HAM dan kondisi ekonomi Indonesia dan Tante merkel tidak dapat ditekan oleh kekutan dari luar negeri

    Yang patut Dicermati kenapa Pak Habibie bersuara keras mengkritisi pembelian Leo tersebut
    Analisa saya MUNGKIN ADA wewenang yang dilanggar oleh pemerintah berkaitan dengan menggunakan jalur dan loby dari pak habibie,,(dilewati),,sehingga pak Habibie berang,
    Jangan beranggapan pak Habibie butuh angpao/komisi dan semacamnya karena pak Habibie sudah cukup dengan penghasilan dari Royality hak paten beliau yang dipakai oleh perusahaan penerbangan Internasional seperti Airbus dan Boeing,tentunya hak paten teknologi dunia penerbangan tidak murah seperti royality hak patent menemukan teknologi becak

    Semoga analisa saya salah tetapi semoga polemik ini tidak berlanjut karena bila pak habibie yang dihormati di Jerman malah dihujat oleh bangsanya sendiri yang sotoy maka pemerintah Jerman akan menoleh dan bertanya dalam bahasa Jerman ” Iki ONO OPO TO”
    walau aku rapopo

    • Nah, ini muncul πŸ˜€

      alhamdulillah kalo sehat mah, saya khawatirnya sakit masuk angin :mrgreen: soalnya anak saya juga lagi sakit nih.

      • Alhamdulillah sehat selalu bung Now walau sedikit batuk kena musim pancaroba ini.
        Semoga kawan kawan warjager lainnya juga sehat wal afiat
        Konsumsi vitamin C kelihatannya akan membantu daya tahan tubuh menghadapi perubahaan cuaca

        Ijin baca baca dulu banyak tertinggal artikel dan koment
        besok insya Allah aktif memberi koment kalau gak sibuk

        • Alhamdulillah sehat ya bung…

        • Alhamdulillah bung Jalo

          Bung Jalo saya juga diemail yaa prediksi anda karena saya juga punya prediksi mungkin bisa dicrosscek πŸ˜€

        • Ok siap bung saya siap prediksinya bung…
          Itu hasil berguru sama bung satrio sama teman2 warjag soal “Dicari Capres Penjaga Alutsista Asli Indonesia” jadi inisiatif melakukan riset ama beberapa teman seprofesi. Ada beberapa yang diindikasi, cuman saya masih perlu kroschek lagi karena datanya baru dari satu sumber.

          Terima kasih, prediksi bung satrio nanti saya kroschek…

    • siap… sudah izin Bung Satrio

    • Allahu Akbar….

      Dua orang yg saya hormati bukan berarti mengkultuskan krn sy anggap termasuk pejuang yg ‘ikhlash’ tanah air adalah Soekarno beserta angkatan kemerdekaan dan Habibie, insyaallah.

      Akan saya bela sebisa mungkin….sejernih mungkin dan seobjective mungkin.

      Dua pemimpin ini banyak meninggalkan sejarah dan peninggalan berharga demi kemajuan indonesia meski tak luput dari kekurangan pribadi sebagai manusia.

      Bagi saya pribadi tak akan berani menghina orang yg (saya anggap ikhlash) krn urusannya dg Allah Tuhan Yang Maha Esa

    • Terima kasih om satrio…..anda telah membuka mata saya….

      Saya hanya berdasar keyakinan saja tanpa tahu sejarah yang detil.

      Saya terhubung dengan putera beliau yg ke-2 bung Tarekh Habibie dg Facebook dan sempat ada gathering bersama teman2 di rumah beliau jln Gedung Hijau PI jaksel.

    • @bung satrio

      Saya pribadi sangat mengagumi beliau terutama dlm hal kepakaran aeronautika.tp sbg negarawan jujur sy tdk respek.terlihat dr cara beliau beberapa kali berkomentar baik acara talkshow atau wawancara berita.beliau terlalu vulgar dlm mengomentari hal hal yg sensitif dan perlu penelitian lebih jauh.

      Mengenai kapal jertim sy pernah memposting komentar beliau yg menyalahkan cuaca untuk melindungi kapalnya.tp setelah diselidiki SOP lah yg tdk di ikuti.memang beliau berkepentingan atas kapal itu karena menyangkut namanya namun janganlah seketika menyimpulkan sesuatu tanpa bukti kongkrit apalagi berdasarkan penelitian empiris…beliau kan ilmuwan kok ngomongnya kyk anak sma praktikum di lab…

      Kapal jertim sendiri sy gak akan mendebatnya.itu kapal bagus kok apalagi buatan jerman menskipun teknologinya soviet.apalagi memang di peruntukan untuk perairan dangkal sehingga cocok dgn negara kita…apalahi terobosan teknologinya yg cukup maju di eranya…

      Justru saya menyoroti kewarganegaraan ganda habibie apalagi pada saat ia menjadi presiden..terlihat sikapnya yg ambigu dan menempatkan sains di atas segalanya…dia tahu hanya jerman yg bs memuaskan kehausannnya pada ilmu pengetahuan dan untuk itu dia harus tetap menyanyikan deutschland uber alles…didukung lg kewarganegaraan indonesia menganut azas sanguinis (berdasarkan kelahiran) sedangkan jerman ius solli (masa tinggal) jd beliau bs berkewarganegaraan ganda.ia tahu indonesia belum bs memberi dukungan seperti yg bs di berikan jerman..

      Sikap seperti ini umum pada ilmuwan apalagi kelas kakap.seperti banyak ilmuwan jerman selesai PD2 yg di bujuk mau pindah kewarganegaraan dan bekerja untuk negara2 pemenang perang seperti werner von braun (bp NASA).ada yg di bujuk dgn jabatan dan uang ada yg di paksa dgn todongan senjata…sy berkhusnuzon habibie tdk termasuk dua kriteria cara tersebut…

      Mohon maaf kalau tdk berkenan hanya pendapat pribadi,sy gak pro partai atau calon apapun karena blm yakin sama calon2 dan partai yg sdh di sodorin..

      • @bung Wehr : jangankan pak habibie yang negara keduanya memang Jerman, bung Wehr saja pakai nick tentara Jerman PD 2 lho, bukan sesuatu yang berbau TNI. saya rasa cerita dari bung satrio sudah menenangkan, tidak usah diperpanjang lagi. peace πŸ™‚

        • @Bung yudi

          He he iya juga sih…tp kata orang bijak sih apalah artinya sebuah nama…yg penting jiwannya…

          Ya sudah anggap sj selesai…sori bung satrio…

    • …Analisa saya MUNGKIN ADA wewenang yang dilanggar…
      (= pak BJ tersinggung karena suatu hal / tatakrama)

      analisa yang sangat menarik dan bisa menjelaskan banyak hal,
      banyak jenis alutsista dibeli TNI, kok hanya leo yang sangat ‘diperhatikan’ ?

      selain itu, meski argumen2 teknisnya juga gak mantap, tapi banyak kata2 keras dilontarkan.
      kombinasi kedua hal ini wajar jika membuat banyak orang yang tidak paham kisah di balik berita menjadi tidak nyaman.

      memang sulit menyuarakan dan membungkus masalah ‘non-teknis’ dengan kemasan teknis…

  44. Kostrad Medan operasinya mobile Dari sabang sampai merauke, beda dengan Kodam. Sekarang pasukan kostrad juga sudah jaga perbatasan Kalimantan. Kalau intensitas meningkat, ya mereka tinggal order alutsista itu/ leo ke Markas.

    Karena leonya masih terbatas, ya terpaksa disimpan dulu di pasukan yg mobile. Kalau kondisinya genting, pasukan kostrad berikut Leo leonya bisa di BKO kan ke Kodam Mulawarman. Danrem serta Kasi Ops yg akan atur strategi pertempuran, membawahi pasukan yg di BKO.

    Kalau sudah genting bukan hanya Kostrad yg diBKO, tapi juga melibatkan Satuan satuan lain seperti kopassus, intelijen, Marinir dan lain pain.

    Perang di Indonesia unik, Kalau Ada pertempuran, semua Satuan akan mengirim unit unit terbaiknya. Ngumpul deh kopassus, kostrad, Denjaka, Clandestine, dll

    • @diego : kenapa harus selalu begitu ya bung…

    • Alutsista terbatas, pasukan terlatih dengan segala keperluan Dan logistiknya juga terbatas. Ya terpaksa alutsista strategies itu disimpan dipasukan mobile yg bisa digerakkan dalam 24 jam.

      Kenapa Kalau perang, pasti akan keroyokan Dari berbagai Satuan, Karena setiap unit punya kekurangan dan kelebihan. Untuk pertempuran di wilayah pantai, pastilah diurus marinir dan denjaka. pasukan Kodam akan lebih Paham territorial, sementara kostrad Dan kopassus jadi pasukan pemukulnya. Kalau Ada musuh lapis Baja, komandan akan minta bantuan kavaleri/kostrad. Ada jembatan yg tdk bisa dilalui atau butuh demolition, minta bantuan Zeni. Musuh susah dipukul lewat darat, minta bantuan penerbad, logistik udara bantuan TNI AU dgn herculesnya. Logistik, angkut pasukan Dan alat berat minta bantuan TNI AL.

      Para kepala staff, menyiapkan pasukan yg akan diminta Panglima lewat AsOps nya. AsOps akan suplai pasukan kepada Pangdam. Pangdam akan kendalikan peperangan yg digelar oleh para Danrem Dan AsOps-nya.

      Kalau hasil dilapangan tak bagus, Danrem bisa diganti, Kalau hasil masih tak bagus, Pangdam bisa diganti. Kalau masih tak bagus, berarti kita Kalah, Dan peperangan berubah menjadi gerilya yg melibatkan seluruh warga dewasa

  45. Indonesia harus dapat menjaga kenetralannya dengan alutsista yang mumpuni, ekonomi yang kokoh, dan pemimpin yang tegas dalam hal kedaulatan NKRI dan bersahabat dengan negara-negara sekitar.

    Jangan sampai perang / konflik antara pihak-pihak yang berebut LCS berlangsung di halaman dalam NKRI, RI harus mendesak semua pihak yang melewati tiga ALKI agar menandatangani MOU penggunaan ALKI untuk kegiatan damai sehigga jika berlangsung perang antar pihak-pihak tersebut maka kapal-kapal perang mereka terlarang melalui ALKI karena Indonesia berusaha menjaga kenetralannya atas konflik LCS. MOU itu menjadi dasar Indonesia menjelaskan sikapnya ke dunia sehingga jika terjadi penyalahgunaan atas MOU itu oleh satu atau lebih pihak yang terlibat konflik LCS maka Indonesia dapat berdiri tegas menyatakan bahwa pelanggaran itu dilakukan oleh pihak lain bukan oleh Indonesia dan Indonesia tetap akan menjaga kenetralannya.

  46. Hahahaha.. Jangan Khawatir Bung.

    Pasti ada kok, bukan cuma Batalyon Mekanis berat yang hanya dilengkapi MBT leopard, tetapi juga dilengkapi dengan Penerbad Apache sebagai Payung Udara, juga Infanteri yang juga dilengkapi dengan ATGM dan ManPADS, mungkin juga mobile SAM type xxx.

    Mungkin banyak yang protes MBT ditempatkan di Kalimantan karena alasan kontur tanah, Padahal sejatinya Tank dibuat memang untuk medan yang tidak bisa dilewati oleh kendaraan beroda ban. Lagipula Akses Jalan menuju Malaysia Timur maksudnya adalah Kuching dan Kinabalu, sudah dibangun dengan sangat baik oleh Malaysia sendiri. Semua MBT Indonesia tinggal masuk saja

  47. Tanpa mengurangi rasa hormat pada bapak cendekia Indonesia Mr. Habibie, saya mau kasi anologi sederhana begini:
    suatu saat pemda suatu kota mau buat rute trayek baru untuk pengangkutan kota yang handal, murah, dan bisa masuk jalan-jalan kampung.
    Untuk nara sumber dipilih 2 segmen: Ahli tata kota + Pengamat transportasi VS End User.
    Segmen pertama bilang, lebih cocok Avanza, popoulasi banyak shg part mudah, murah dan mobil merakyat.
    Segmen kedua yaitu end user yang terdiri dari juragan angkot dan supir angkot pilih mobil pick up yang dimodif.
    Mana yang cocok, ternyata akhirnya mereka pilih pick up modif, karena lebih murah, meskipun mobilnya bukan khusus penumpang, tapi bisa dipake jadi angkot. alasannya, toh angkot bukan untuk perjalanan antar kota malah buat masuk gang. trus masih bisa angkut sayur belanjaan pagi2 buta…tanpa takut merusak interior dan kaki-kaki mobil….

  48. bung@ NYD aduuuuhhh ada dua nickname BORNEO di jkgr tolong e-mail nya di cek saya takut akan berbuah provokasi

    terimakasih

    • Iya, memang beda. ‘Borneo’ dan ‘borneo’ punya IP dan email berbeda

      • kalau begitu aku tambah informasinya :

        Kalimantan barat ada 3 Kabupaten yang akan di isi dengan MBT leopard, yaitu Sambas, Sanggau dan kapuas Hulu. dari 3 Kabupaten itulah MBT Indonesia masuk ke Kuching Malaysia.

        Untuk Kalimantan Timur, Marinir Indonesia akan mendarat di Tawau dan Lahat datu, Begitu Tawau selesai, Pasukan akan bergabung di Lahat datu untuk kemudian membuat pertahanan dan menunggu pasukan Malaysia dari Kinabalu.

        Begitu Pasukan Malaysia dari kinabalu bergerak ke Lahat datu, Pasukan khusus akan diterjunkan ke Pinggiran Kota Kinabalu dengan diikuti pendaratan Pasukan langsung ke Pantai Kinabalu dan akhirnya bertemu dengan pasukan marinir dari lahat Datu.

        Malaysia Timur Selesai !

        • dalam skenario itu bantuan dari semenanjung bisa ditahan oleh kekuatan laut dan udara di wilayah Riau Kepri hingga Natuna. Semenanjung dan Sg juga terancam serangan dari Sumatera jika ‘intervensi’, sementara FPDA tidak terikat kewajiban untuk menjaga Malaysia Timur. Saya yakin skenario, bagaimanapun ‘liarnya’ sudah diperhitungkan dan dihitung oleh semua pihak, bukan tanpa alasan Sg dan MY merapat pada US untuk perlindungan

      • Oh iya Lupa..

        Terima kasih Malaysia, Anda telah membangun jalan yang sangat bagus di Serawak dan sabah supaya bisa dilalui oleh Tank-Tank Leopard kami.

  49. saya sependapat dengan anda bung @melektech, tapi apa boleh buat, barang udah deal, tinggal delivery aja,,,,,
    Biar tni belajar dengan pengalamanya,

  50. maaf oot.
    mohon klarifikasi dan pencerahan dari sesepuh warjag,, apa benar berita dibawah ini:
    25 unit LVT 7A1 lainnya belum diserahkan kepada Indonesia karena Jakarta tak mampu membayar ongkos pengapalan dari Seoul….Sementara itu, nasib 10 buah LVT 7A1 yang kini dioperasikan oleh Korps Marinir juga tak tentu… (Damn the torpedoes)

  51. deket kota minyak??sebelah mana balikpapan bung Nara??

  52. kota minyak ? balikpapan ? sebelah mana bung nara ?
    atau maksud anda kota lain seperti tarakan dan bontang ?

  53. MAJU DAN JAYALAH TNI ku, Tidak usah di dengar Suara Jokowi and The Gank yang tidak ingin INDONESIA BERJAYA DI BUMI NUSANTARA. Kalau Perlu Beli Lagi 10.000 atau 100.000 Tank Leopard Untuk Pertahanan Bangsa Indonesia.
    Jokowi Cuma bisa beli BUS BEKAS KARATAN dari CHINA.

  54. Pengadaan leopard 2 itu udah benar dansesuai strategi yg telah dijalankan. Soal penempatan, bisa adanya bko atau pergeseran alutsista. Kemungkinan bertahap datangnya itu tank dan semoga kedua capres memahami pentingnya strategi pertahanan

  55. Kenapa tank leopard hanya ditempatkan dipulau Jawa. Seharusnya dari sisi geografis posisi pertahanan darat strategis itu perbatasan daratan kalimantan barat, kalimantan utara, dan irian. Di tiga titik inilah seharusnya tank canggih ditempatkan, bukan semua pulau Jawa. Indonesia bukan hanya pulau JAwa yang dijaga. Jawa itu harusnya kapal perang aja diperbanyak dan pelatihan pesawat tempur. Jangan sampai 4 pulau dianak tirikan. Tanah JAwa aja yg dijaga pake tank canggih. Tapi wilayah yg jelas2 perbatasan darat, hanya tank tua tahun 90an.ini pesan untuk intel TNI dan panglima, jelas ada kecemburuan masyarakat antar pulau yang memunculkanrasa diskriminasi wilayah jawa terhadap 4 pulau besar terutama pulauyg berbatasan darat.

  56. Saya mendukung penuh untuk MEF alutsista TNI. Tapi ya harus disamaratakan penyebaran alutsistanya kesemua wilayah Indonesia baik sumatra,jawa,kalimantan,sulawesi, dan irian. Walau 1 tank leopard aja diperbatasan setidaknya ada disebar. Jangan hanya di pulau Jawa aja ramai-ramai dibagi. kami warga kalimantan juga ingin dijaga tank leopard diperbatasan. warga irian juga. Seluruh INdonesia juga. Pemerataan alutsista.

 Leave a Reply